Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Industri minyak bumi ppt

1,501 views

Published on

KIMIA INDUSTRI MINYAK BUMI

Published in: Education
  • Be the first to comment

Industri minyak bumi ppt

  1. 1. INDUSTRI MINYAK BUMI Disusun oleh : TAUFIK HIDAYAT SASKIA PUTRI NURFIANTI
  2. 2. SEJARAH PENEMUAN MINYAK BUMI Di dalam sejarah manusia, minyak bumi pertama kali ditemukan atau dikenal orang di Timur Tengah, di Iran atau Parsi Kuno yang juga dikenal sebagai daerah Mesopotamia, minyak bumi mula-mula dikenal sebagai rembasan dan sumber yang terdapat di permukaan bumi. Industri minyak bumi yang modern muncul di Amerika Serikat pada abad ke-19, yang segera disusul oleh beberapa negara Eropa dan bagian dunia lainnya. Sebelum ditemukan pengusahaannya secara komersiil, minyak bumi telah dikenal di Amerika Serikat sebagai rembasan yang muncul dari permukaan bumi, semula sering dianggap sebagai barang aneh dan juga diperjualbelikan sebagai obat.
  3. 3. DEFINISI MINYAK BUMI Minyak bumi dalam bahasa inggris ‘petroleum’, dari bahasa Latin petrus–karang dan oleum– minyak), atau disebut juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar yang berada di lapisan atas dari beberapa area kerak bumi.
  4. 4. PROSES TERBENTUKNYA MINYAK BUMI
  5. 5. LANJUTAN
  6. 6. PROSES PEMISAHAN MINYAK BUMI Proses pemisahan minyak bumi dilakukan dengan menggunakan destilasi bertingkat
  7. 7. PROSES PENGELOLAHAN MINYAK BUMI Fraksi-fraksi minyak bumi hasil fraksinasi tidak langsung digunakan atau dipasarkan. Hasil destilasi merupakan produk-antara dalam pengolahan minyak bumi. Fraksi-fraksi yang diperoleh diolah kembali sesuai dengan kebutuhan jumlah rantai karbonnya. Proses pengolahan minyak bumi dilakukan dengan berbagai metode dan pendekatan tertentu sesuai dengan produk yang diinginkan. Berikut adalah proses pengelolahannya : PROSES HIDROKARBON CRACKING PEMURNIAN PENCAMPURANREFORMING ALKILASI DAN POLIMERISASI
  8. 8. PRODUK HASIL PENGELOLAHAN MINYAK BUMI DAN PEMANFAATANNYA GAS PETROLEUM Gas petroleum antara lain digunakan sebagai bahan bakar, bahan pembuat karbon, bahan pembuat bensin (khusus dari gas basah) dan bahan pembuat zat-zat kimia lain seperti CO2, H2, dan asetilen. BENSIN Bensin atau gasoline digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor. Istilah gasoline banyak digunakan dalam industri minyak, bahkan dalam perusahaan. MINYAK TANAH Minyak tanah banyak digunakan untuk lampu minyak dan kompor, sekarang banyak digunakan sebagai bahan bakar mesin jet (Avtur, Jet-A, Jet-B, JP-4 atau JP-8).
  9. 9. MINYAK DIESEL Jenis minyak diesel : 1. HSD (high speed diesel) yaitu jenis minyak diesel yang digunakan untuk mesin- mesin dengan putaran yang tinggi (±1000 rpm). 2. LSD (low speed diesel) yaitu minyak diesel yang digunakan untuk mesin-mesin dengan putaran <1000 rpm. LANJUTAN MINYAK PARAFIN WAX Kegunaan parafin antara lain : o bahan dasar pembuatan lilin yang biasanya dicampur dengan lemak hewan. o bahan pelapis tahan air o bahan isolasi listrik. MINYAK PELUMAS Minyak pelumas, biasa digunakan untuk lubrikasi mesin-mesin.

×