Peningkatan motivasi dan prestasi belajar p kn materi sistem

3,162 views

Published on

  • Be the first to comment

Peningkatan motivasi dan prestasi belajar p kn materi sistem

  1. 1. UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI MENDEKRIPSIKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI) MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS VA SDN 01MANGUHARJO MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Proposal PTK Oleh : SARY INDAH HIDAYATI NPM 09141195 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN IKIP PGRI MADIUN 2013
  2. 2. LATAR BELAKANG MASALAH1. Hasil belajar siswa rendah, yakni sebagian besar belum mencapai standar ketuntasan minimal.2. Rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang variatif.3. Interaksi pembelajaran tidak multiarah dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih kreatif.4. Siswa cenderung pasif dalam menerima pelajaran dan tidak memiliki keberanian untuk bertanya terhadap materi yang belum mereka ketahuidiam dan tidak antusias dalam melakukan diskusi.5. Tugas-tugas pembelajaran kurang memberikan kesempatan dan tantangan kepada siswa untuk berpikir kreatif.  Karena itu, perihal tersebut harus diubah agar lebih memotivasi siswa untuk belajar lebih baik.
  3. 3. RUMUSAN MASALAHBerdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah,maka dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut:  Bagaimana upaya peningkatkan prestasi belajar PKn untuk menjelaskan keutuhan NKRI melalui permainan ular tangga pada siswa kelas VA SDN 01 Manguharjo Madiun tahun pelajaran 2012/2013?  Bagaimana upaya peningkatkan prestasi belajar PKn untuk menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika melalui permainan ular tangga pada siswa kelas VA SDN 01 Manguharjo Madiun tahun pelajaran 2012/2013?  Bagaimana upaya peningkatkan prestasi belajar PKn untuk menjelaskan usaha-usaha menjaga keutuhan NKRI melalui permainan ular tangga pada siswa kelas VA SDN 01 Manguharjo Madiun tahun pelajaran 2012/2013?
  4. 4. PEMECAHAN MASALAH LANGKAH PEMBELAJARAN Guru menyajikan materi dengan singkat selama 10 menit. Guru membuat kelompok heterogen yang terdiri dari 4- 5 peserta didik. Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan menerapkan permainan ular tangga. Guru mempersiapkan permainan dan kartu soal serta jawaban kemudian memulai permainan dengan melakukan undian untuk mendapat pemain pertama. Pemain pertama yang telah didapat dari hasil undian harus melempar dua buah dadu untuk memulai permainan. Pemain pertama menjalankan bidak miliknya sesuai angka yang muncul pada dadu, kemudian dilanjutkan oleh pemain kedua, ketiga dan seterusnya.
  5. 5. LANJUTAN  Pemain yang berhenti pada kotak ular atau tangga harus mengambil kartu pertanyaan dan menjawab pertanyaan tersebut.  Bila pemain/ kelompok mendarat di ujung bawah sebuah tangga maka harus mengambil kartu yang bertanda T dan menjawab pertanyaan tersebut. Apabila pemain/kelompok tersebut menjawab dengan benar mendapat poin 1 dan dapat naik tangga sesuai dengan gambar pada kotak. Namun bila pemain tidak dapat menjawab dengan benar maka tidak dapat naik ke ujung atas tangga.  Sedangkan bila pemain/kelompok mendarat di ekor ular maka akan mengambil kartu bertanda U dan menjawab pertanyaan tersebut. Apabila pemain/kelompok tersebut menjawab pertanyaan benar mendapat 1 poin dan tetap bertahan di kotak tersebut. Namun bila pemain atau kelompok tersebut tidak dapat menjawab dengan benar maka harus turun ke kepala ular.  Guru mengawasi jalannya permainan sambil menilai kegiatan peserta didik yang sedang berlangsung
  6. 6. TUJUAN PENELITIAN Berdasarkan masalah penelitian yang telah dirumuskan di atas, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :  Mendeskripsikan upaya peningkatkan prestasi belajar PKn untuk menjelaskan keutuhan NKRI melalui permainan ular tangga pada siswa kelas VA SDN 01 Manguharjo Madiun tahun pelajaran 2012/2013.  Mendeskripsikan upaya peningkatkan prestasi belajar PKn untuk menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika melalui permainan ular tangga pada siswa kelas VA SDN 01 Manguharjo Madiun tahun pelajaran 2012/2013.  Mendeskripsikan upaya peningkatkan prestasi belajar PKn untuk menjelaskan usaha-usaha menjaga keutuhan NKRI melalui permainan ular tangga pada siswa kelas VA SDN 01 Manguharjo Madiun tahun pelajaran 2012/2013.
  7. 7. HIPOTESIS PENELITIANBerdasarkan masalah dan tujuan penelitian yang telahdirumuskan di atas, hipotesis tindakan penelitian ini adalahsebagai berikut:  75% siswa kelas VA SDN 01 Manguharjo Madiun tahun pelajaran 2012/2013 untuk menjelaskan keutuhan NKRI prestasi belajarnya akan meningkat mencapai SKM 70 jika diajar dengan menggunakan permainan ular tangga.  75% siswa kelas VA SDN 01 Manguharjo Madiun tahun pelajaran 2012/2013 untuk menjelaskan makna Bhinneka Tunggal prestasi belajarnya akan meningkat mencapai SKM 70 jika diajar dengan menggunakan permainan ular tangga.  75% siswa kelas VA SDN 01 Manguharjo Madiun tahun pelajaran 2012/2013 untuk menjelaskan usaha-usaha menjaga keutuhan NKRI prestasi belajarnya akan meningkat mencapai SKM 70 jika diajar dengan menggunakan permainan ular tangga.
  8. 8. MANFAAT PENELITIAN1. Bagi Peneliti Dapat memperkaya wawasan dan pengalaman dalam mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi di kelas. Memberikan pengalaman dalam menyusun dan mengembangkan karya tulis ilmiah, khususnya dalam membuat laporan penelitian.2. Bagi Guru Hasil penelitian ini akan memberikan masukan dan wawasan tentang cara atau strategi yang tepat untuk mengatasi masalah pembelajaran, khususnya yang terkait metode dan media pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien dalam pembelajaran.3. Bagi Peserta didik Mendorong siswa untuk mencapai prestasi yang lebih baik dan meningkatkan minat siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang lebih bergairah.4. Bagi Orang Tua Memberikan masukan yang berharga tentang prestasi belajar anak sehingga orang tua siswa akan dapat memberikan pembinaan kepada anak untuk tetap menjaga dan meningkatkan proses dan prestasinya.5. Bagi Sekolah Memberikan masukan yang berharga, terutama dalam pembinaan akademik bagi guru dan siswa dalam hal peningkatan mutu proses dan hasil belajar SDN 01 Manguharjo Madiun.
  9. 9. KAJIAN PUSTAKA Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Pembelajaran PAKEM PKn SD Negara Kesatuan Republik Indonesia Prestasi belajar Permainan Ular Tangga
  10. 10. METODE PENELITIAN Rancangan Penelitian Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenispenelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Pada tiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu: 1.Perencanaan Tindakan (planning) 2.Pelaksanaan Tindakan (action) 3.Tahap pengamatan (observation) 4.Refleksi (reflection)
  11. 11. LANJUTAN  Lokasi dan waktu penelitian Penelitian dilaksanakan di SDN 01 Manguharjo Madiun, Jl. Hayam Wuruk no. 2 Kota Madiun. Tindakan penelitian ini dikenakan pada siswa kelas V semester I. Pembuatan rencana tindakan berdasarkan refleksi yang ditulis pada proposal dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober sampai 2 November 2012, dikerjakan setiap hari Sabtu. Pelaksanaan tindakan dikerjakan mulai pada tanggal 10 November sampai 20 Desember 2012. Jam pelajaran 2 pertemuan setiap minggu dengan setiap pertemuan 2 x 35 menit.
  12. 12. Subyek penelitian Subjek penelitian adalah siswa kelas IVC SDN 01 Manguharjo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 18 orang
  13. 13. LANJUTAN  Prosedur Penelitian Penelitian yang akan dilaksanakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan evaluasi- refleksi.  Teknik pengumpulan data Pegumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan tes  Teknik analisis data Penelitian tindakan kelas (PTK) analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan membandingkan tingkat keberhasilan atau tercapainya masing-masing siklus
  14. 14. SEKIANTERIMAKASIH

×