Artikel inisiatif

4,757 views

Published on

Published in: Career
1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
4,757
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
224
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Artikel inisiatif

  1. 1. Karangan : BOB NELSON
  2. 2. • Di manapun Anda bekerja, dengan siapa Anda bekerja; pimpinan mengharapkan bahwa Anda selalu mempergunakan keputusan terbaik Anda dan berusaha untuk mengerjakan apa yang perlu dilakukan bagi perusahaan supaya sukses. • Di tengah persaingan yang makin ketat, derasnya perubahan dan kecepatan bisnis, perusahaan membutuhkan orang yang dapat mengambil inisiatif, yaitu orang yang mampu dan mau melakukan apa yang perlu dilakukan tanpa diperintah  ini merupakan ciri khas dari seorang profesional yang terlatih.
  3. 3. • Setiap karyawan perlu dan harus memahami pentingnya kontribusi setiap individu bagi perusahaan dan berusaha keras untuk berinisiatif agar memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap pekerjaan, departemen, perusahaan. • Semakin lama Anda bekerja seharusnya membuat Anda menjadi lebih baik dan lebih berkembang; serta menjadi seorang yang dapat ‘membuat sesuatu terjadi’. • Setiap pekerjaan pasti memberikan pelajaran dan kesempatan yang sangat bernilai. Anda bisa mendapat banyak pelajaran pada berbagai pekerjaan, pada segala tingkat.
  4. 4. • Suatu tanggung jawab terpenting yang tidak pernah diminta dari Anda secara khusus tapi perlu selalu Anda ingat selama bekerja adalah : SENANTIASA LAKUKAN APA YANG PALING PENTING UNTUK DILAKUKAN TANPA MENUNGGU
  5. 5. PIKIRKAN - APA YANG PERLU DILAKUKAN ? Sebelum mulai tindakan mulailah dengan pemikiran bagaimana dapat melakukan sesuatu yang berbeda dan lebih baik dari pada apa yang dilakukan sekarang. a. Berusahalah memahami pekerjaan Anda dan proaktif untuk memperluas tanggung jawab Anda Dalam jangka pendek memang melelahkan dan menyusahkan diri sendiri, tetapi untuk jangka panjangnya hal tersebut akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang mampu dan berambisi untuk menyelesaikan tantangan dan Anda akan lebih berkembang.
  6. 6. b. Pikirkanlah bagaimana segala sesuatu dapat dilakukan dengan lebih baik. Jangan pernah berpikir bahwa hanya ada 1 cara yang benar untuk mengerjakan tugas. c. Bersikap efisien dalam bekerja dan dalam mengelola sumber daya dan sumber dana yang ada. d. Ajukan pertanyaan yang dapat membuat Anda mengetahui mengapa sesuatu harus dilakukan dan apa konsekuensinya. e. Ubahlah kebutuhan menjadi peluang. Kalau Anda dapat membaca dan memahami kebutuhan customer, maka sebenarnya Anda memiliki peluang untuk menambah demand. Kalau Anda dapat membaca dan memahami kebutuhan perusahaan, maka sebenarnya Anda memiliki peluang untuk mengembangkan diri.
  7. 7. JANGAN MENJADI PENGELUH Banyak karyawan mengeluh mengenai pekerjaan, atasan, customer mereka. Mereka tidak menyadari bahwa mereka juga adalah bagian yang bertanggung jawab atas lingkungan mereka sendiri. Mereka selalu memusatkan pada hal-hal yang negatif dan merasa bahwa mereka selalu mendapat getahnya saja. Banyak perusahaan mempunyai karyawan yang selalu mengeluh. Mereka hanya berharap orang lain menjadi penengah atau pihak yang membantu menyelesaikan masalah, tanpa mereka sendiri aktif berusaha menyelesaikannya. Untuk menghindarkan diri menjadi karyawan yang suka mengeluh adalah hindari karyawan yang selalu mengeluh. !Perhatian
  8. 8. BERSIAPLAH – KERJAKAN PEKERJAAN ANDA Setelah Anda mempunya ide, persiapkan untuk mempraktekkan ide tsb. Persiapan dapat dilakukan dengan cara diskusi, kumpulkan data, meneliti masalah dan mempelajari cara orang lain mengatasi situasi yang sama. a. Pelajari dulu apa yang tidak Anda ketahui b. Kumpulkan data yang diperlukan Data yang akurat merupakan suatu dasar yang baik untuk membuat peningkatan yang sistematis. c. Kembangkan pilihan dan rencana tindakan
  9. 9. d. Pikirkanlah semua langkah dan konsekuensi dari ide Anda. e. Sadarilah bahwa tidak semua orang peduli dan berpandangan positif terhadap ide Anda. Libatkan orang lain untuk menjalankan ide Anda dan buatlah ide Anda menjadi ide mereka juga.
  10. 10. JANGAN BERMAIN-MAIN DI TEMPAT KERJA Janganlah bermain-main di tempat bekerja, seperti bergosip, berpolitik atau bersekongkol. Datanglah ke tempat kerja untuk melakukan pekerjaan Anda dan lakukanlah dengan baik. Ketika Anda berbagi informasi tentang teman kerja yang lain di tempat kerja, ingatlah pertanyaan ini “Apakah hal itu benar?”, “Apakah ini baik?”, “Apakah perlu ?” Camkanlah selalu untuk berpikiran positif kepada teman kerja. Lakukanlah apa yang perlu dilakukan termasuk mendukung mereka di mana Anda bekerja dan dengan siapa Anda bekerja. Janganlah membicarakan hal-hal yang negatif terus menerus tetapi lebih baik jadilah orang yang berpikiran positif dan berwawasan ke depan. !Perhatian
  11. 11. TINDAKAN – LAKUKANLAH SESUATU YANG BERBEDA SEKARANG Ide saja tidak cukup. Anda harus melakukan suatu tindakan. Bekerjalah sebaik mungkin dengan memperhatikan sistem yang berlaku. Kalau Anda membuat kesalahan, Anda dapat belajar dari situ dan berusaha lagi. a. Beranilah mengungkapkan pendapat. Pendapat Anda mungkin bisa membantu kelompok/orang lain untuk bekerja dengan lebih baik. • Jadilah sukarelawan untuk menangani tugas yang sulit. Tidak ada yang mau menerima tugas sulit. Namun bila Anda mampu menyelesaikan tugas sulit itu, maka sesungguhnya Anda sudah mendapatkan kesempatan untuk mengalami suatu hal yang positif.
  12. 12. c. Sambutlah tantangan dengan kreativitas Jangan pernah mundur pada waktu menghadapi situasi yang sulit atau penuh tantangan, karena sebenarnya dalam kesulitan, dan jangan terpaku pada pola kerja yang biasa. Fokuslah pada apa yang Anda hadapi, dan teruslah menggali dan menelusuri kemungkinan-kemungkinan solusinya dengan berbagai alternatif cara. d. Carilah hal-hal yang positif dalam masalah Dalam setiap permasalahan, baik Anda berhasil atau gagal sekalipun, sesungguhnya banyak hal yang dapat Anda pelajari dari situ. Tetaplah cari sisi positif dari masalah yang Anda hadapi.
  13. 13. e. Jadilah orang yang membuat segala sesuatu menjadi kenyataan. Jadilah orang yang aktif! Jangan terlalu lama menganalisa dan membuat pertimbangan, cepatlah bertindak. Tanpa ada tindakan, Anda tidak pernah mencapai keberhasilan. Tanpa tindakan, maka planning dan cita-cita hanyalah sebatas mimpi. Ambillah inisiatif. Jangan menganggap manajemen harus tahu dan harus mengerjakan sesuatu untuk membenahi situasi yang buruk. Anda yang tahu situasi yang sebenarnya, sesungguhnya Andalah yang punya peranan penting untuk mengubah situasi itu.
  14. 14. BERTANGGUNG JAWABLAH TERHADAP TINDAKAN ANDA Bertanggungjawablah untuk diri Anda sendiri, untuk tindakan Anda. Buat diri Anda bertanggung jawab menurut standar Anda. Lakukanlah kewajiban anda dengan serius dan cekatan. Akuilah kesalahan Anda bila Anda melakukannya. Lihatlah di depan kaca dan bertanyalah kepada diri Anda sendiri “Apakah saya mengerjakan apa yang saya akan kerjakan ?” Apakah saya mengerjakan pekerjaan yang terbaik ?”. Laksanakan pekerjaan tanpa harus diingatkan dan jadilah pengkritik yang paling buruk dalam mengevaluasi diri sendiri. Buktikan pekerjaan Anda. Jadilah orang seperti yang Anda katakan dan kendalikan diri Anda, bertanggung jawablah atas komitmen Anda. Jika Anda mengubah komitmen atau rencana yang telah disetujui, lihatlah apakah itu disetujui oleh mereka yang telah berkomitmen dengan Anda. !Perhatian
  15. 15. TETAPLAH BERUSAHA – JANGAN MENYERAH Tindakan yang Anda lakukan belum tentu langsung membuahkan hasil baik, walaupun sudah melalui proses pemikiran mendalam. Apapun hasilnya jangan pernah menyerah. Maju terus dan terus berusaha. a. Jika sebuah ide tidak dapat dijalankan, evaluasi kembali situasinya. b. Jangan mengandalkan atasan Anda Atasan Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, jadi jangan membawa masalah kepadanya. Cobalah untuk menyelesaikannya sendiri dulu.
  16. 16. c. Tetaplah bertahan ketika rintangan muncul. Jadilah orang yang mampu mengatasi berbagai rintangan dan besemangat untuk menemui tantangan. d. Lakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda. Jika satu pendekatan tidak berjalan, teruskan mencapai tujuan Anda, tetapi lakukanlah dengan cara yang berbeda. e. Pelajari hal-hal lain yang kemungkinan besar tidak dilakukan oleh orang lain, sehingga Anda terlihat memiliki kelebihan dibandingkan orang lain.
  17. 17. HINDARI MENYALAHKAN Kebanyakan karyawan hanya mengerjakan yang diminta secara khusus kepada mereka. Jika mereka melakukan suatu kesalahan atau menemui kegagalan, banyak alasan yang dkemukan sebagai suatu pembelaan. Menyalahkan keadaan sering mengarah pada sikap menyalahkan pihak lain dan menciptakan energi negatif yang membuat situasi semakin buruh. Kendalikan diri Anda ketika Anda membuat alasan dan hentikan. Ubahlah perhatian pada apa yang dapat dilakukan untuk mengubah situasi yang terbaik dengan segera. Cobalah bertanya pada diri sendiri “Apa yang dapat saya lakukan untuk mencegah masalah ini ?”, “Apa yang dapat Anda pelajari dari situasi ini ?”. Selalu berpikiranlah positif ketika menghadapi situasi dan orang- orang yang tidak bak. Jadilah teladan. Pandanglah masa depan dan lakukan yang lebih baik. !Perhatian
  18. 18. HAL-HAL YANG MENGHALANGI INISIATIF Anda 1. FEAR (KETAKUTAN) Umumnya orang takut gagal atau takut salah. Tanpa pernah melakukan sesuatu, Anda tidak pernah tahu kemampuan Anda yang sesungguhnya. Ketakutan merupakan hal yang wajar, tetapi orang yang berhasil belajar mengalihkan ketakutan mereka dalam tindakan yang akan menambah kesempatan mereka untuk berhasil.
  19. 19. 2. FRUSTRATION (FRUSTRASI) Orang tidak mau melakukan sesuatu karena merasa tidak mempunyai wewenang untuk itu. Orang yang memiliki wewenang pun sering kali tidak mau berinisiatif. Padahal dewasa ini, wewenang yang terbaik bukanlah wewenang resmi dari suatu jabatan, tetapi lebih merupakan wewenang yang diperoleh dari keberhasilan masa lalu dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Jadi kalau Anda mau mendapatkan wewenang lebih besar, buktikan bahwa memang Anda adalah orang yang mampu.
  20. 20. Atau orang tidak mau berinisiatif karena tidak punya dukungan. Buktikanlah dan yakinkanlah bahwa ide Anda akan membawa perubahan yang lebih baik bagi tim maupun bagi perusahaan. Atau karena orang merasa tidak punya ketrampilan. Padahal ketrampilan seseorang akan semakin terasah bila ia aktif mencari cara untuk pengembangannya, antara lain dengan berani melakukan sesuatu yang sulit di luar yang biasa Anda lakukan.
  21. 21. 3. FAILURE (KEGAGALAN) Seringkali orang tidak berani melakukan sesuatu karena ia pernah gagal. Padahal Anda dapat belajar dari kesalahan/kegagalan yang Anda buat untuk dapat berhasil.
  22. 22. Bahwa sebenarnya Anda bekerja untuk pengembangan diri Anda sendiri. Perusahaan memang memberikan imbalan tetapi yang jauh lebih penting adalah Anda mengendarai ‘kapal’ Anda sendiri. Anda adalah penentu tunggal atas ide dan tindakan Anda. Bekerjalah dengan berfokus pada kekuatan Anda , sehingga Anda dapat memaksimalkan bakat dan kemampuan Anda . Kalau Anda ingin mengubah hidup Anda , itu harus dimulai dari diri Anda sendiri. Kendalikanlah diri Anda , bertanggung jawablah terhadap semua tindakan Anda . Bergaullah dalam lingkungan orang yang berpikiran luas serta bernergi dan mengharapkan kehidupan yang lebih baik.
  23. 23. Pikiran Anda akan membentuk kepercayaan diri dan keadaan Anda yang sesungguhnya. Kemudian dalam kenyataan dan secara langsung akan mempengarhi tindakan Anda. Jangan menunggu orang lain untuk memerintah Anda apa yang harus Anda lakukan. Temukanlah sendiri apa yang perlu dilakukan. Datanglah kepada Atasan Anda dengan usulan solusi, bukan dengan masalah. Bekerjalah untuk meningkatkan pekerjaan Anda sekarang, bukan untuk pekerjaan selanjutnya. Fokuslah pada apa yang Anda hadapi saat ini. Hidupkanlah mimpi-mimpi yang Anda miliki dengan semangat dan arahkanlah dengan inisiatif.
  24. 24. Ambil tindakan sekarang juga, jangan ditunda. Karena tindakan berbicara lebih lantang daripada kata-kata. Isilah hari-hari Anda dengan tindakan-tindakan yang membuat perbedaan. Tambahkan energi setiap saat. Dengan demikian, Anda akan menjadi aset yang tidak ternilai, bukan hanya bagi perusahaan – tetapi terlebih juga bagi diri Anda sendiri.
  25. 25. JANGAN HANYA MELAKUKAN APA YANG DIPERINTAHKAN KEPADA ANDA, LAKUKAN APA YANG PERLU DILAKUKAN

×