Sistem Penglihatan

3,365 views

Published on

Published in: Education, Health & Medicine
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
3,365
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
221
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sistem Penglihatan

  1. 1. ANATOMI DAN FISIOLOGI PENGELIHATAN
  2. 2. KELOMPOK 3 Asep Rudi Irawan Linda Lidiawati Sucia Anditya Wawan Sutiawan Wini Khairiyani Wulan Yulian
  3. 3. ANATOMI MATA & FISIOLOGI MATA  1 Bagian Luar
  4. 4. 2 Bagian Dalam
  5. 5. Saraf Optik
  6. 6. Otot Mata
  7. 7. MEKANISME PENGELIHATAN Secara Singkat Mekanisme melihat adalah : 1. Cahaya masuk ke dalam mata melalui pupil. 2. Lensa mata kemudian memfokuskan cahaya sehingga bayangan benda yang dimaksud jatuh tepat di retina mata. 3. Kemudian ujung saraf penglihatan di retina menyampaikan bayangan benda tersebut ke otak. 4. Otak kemudian memproses bayangan benda tersebut sehingga kita dapat melihat benda tersebut.
  8. 8. GANGGUAN PENGELIHATAN Mata Miopi (Rabun Jauh) Mata miopi adalah mata dengan lensa terlalu cembung atau bola mata terlalu panjang.
  9. 9. Hipermetropi (Rabun Dekat) Mata Hipermetropi adalah mata dengan lensa terlalu pipih atau bola mata terlalu pendek. Mata Astigmatisma Mata astigmatisma adalah mata dengan lengkungan permukaan kornea atau lensa yang tidak rata.
  10. 10. Mata Presbiopi Mata presbiopi adalah suatu keadaan dimana lensa kehilangan elastisitasnya karena bertambahnya usia. Hemeralopi (Rabun Senja) Hemeralopi adalah ganguan mata yang disebabkan vitamin A kekurangan
  11. 11. Katarak Katarak adalah cacat mata yang disebabkan pengapuran pada lensa mata sehingga penglihatan menjadi kabur dan daya akomodasi berkurang. Buta Warna Buta warna merupakan gangguan mata penglihatan yang menurun. bersifat
  12. 12. Konjungtivitas Konjungtivitas merupakan penyakit mata akibat iritasi atau peradangan akibat infeksi di bagian selaput yang melapisi mata dan menular. Trakoma Infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlmydia trachomatis yang berkembang biak di lingkungan yang kotor atau bersanitasi buruk serta bisa menular
  13. 13. Kongjungtivitas Vernalis Kongjungtivitas Vernalis merupakan Penyakit iritasi atau peradangan pada bagian kornea akibat alergi sehingga menimbulkan rasa sakit. Selulitis Orbitalis (SO) Selulitis Orbitalis merupakan penyakit mata akibat peradangan pada jaringan disekitar bola mata.
  14. 14. Endoftalmitis Endoftalmitis merupakan peradangan berat dalam bola mata sehingga bola mata bernanah. Blefaritis Blefaritis adalah peradangan bilateral subakut atau menahun pada tepi kelopak mata.
  15. 15. Glukoma Glukoma adalah salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung, secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang sehingga akhirnya mata akan menjadi buta.
  16. 16. TERIMA KASIH

×