Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengelolaan dan pengembangan agroforestri

769 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pengelolaan dan pengembangan agroforestri

  1. 1. Pengelolaan dan Pengembangan Agroforestri Abdul samad hiola
  2. 2. ARAH PENGEMBANGAN AGROFORESTRI Pengembangan agroforestri, m enurut Raintree (1983) meliputi tiga aspek, yaitu (a) meningkatkan produktivitas sistem agroforestri, (b) Mengusahakan keberlanjutan sistem agroforestri yang sudah ada dan (c) penyebarluasan system agroforestri sebagai alternatif atau pilihan dalam penggunaan lahan yang memberikan tawaran lebih baik dalam berbagai aspek (adoptability)
  3. 3. Produktivitas Produk yang dihasilkan sistem agroforestri dapat dibagi menjadi dua kelompok, yakni (a) yang langsung menambah penghasilan petani, misalnya makanan, pakan ternak, bahan bakar, serat, aneka produk industri, (b) yang tidak langsung memberikan jasa lingkungan bagi masyarakat luas, misalnya konservasi tanah dan air, memelihara kesuburan tanah, pemeliharaan iklim mikro, pagar hidup, dsb. Peningkatan produktivitas sistem agroforestry diharapkan bisa berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani dan masyarakat desa.
  4. 4. Keberlanjutan Sasaran keberlanjutan sistem agroforestri tidak bisa terlepas dari pertimbangan produktivitas maupun kemudahan untuk diadopsi dan diterapkan. Sistem agroforestri yang berorientasi pada konservasi sumber daya alam dan produktivitas jangka panjang ternyata juga merupakan salah satu daya Tarik bagi petani.
  5. 5. Kemudahan untuk diadopsi Kegagalan penyebarluasan praktek agroforestri di kalangan petani seringkali disebabkan oleh kesalahan strategi, bukan karena keunggulan komparatif sistem agroforesti itu sendiri.
  6. 6. Perlu dipahami bahwa agroforestri bukanlah jawaban dari setiap permasalahan penggunaan lahan, tetapi keberagaman sistem agroforestri merupakan koleksi opsi pemecahan masalah yang dapat dipilih oleh petani sesuai dengan keinginannya. Apa yang dibutuhkan adalah cara yang sistematis untuk memadukan (matching) kebutuhan teknologi agroforestri dengan potensi system penggunaan lahan yang ada.

×