Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
1.
2.
3.
4.
5.

6.
7.
8.

DISUSUN OLEH:
M. IHSAN TRI WIBOWO
M. NISMAN FALICH
NAFIZA DINDA FARAHDITA
NISIA ANINDITA RINJANI...
Sumber daya alam (SDA) adalah
segala sesuatu yang muncul secara
alami yang dapat digunakan untuk
pemenuhan kebutuhan manus...
 Dapat diperbaharui

Adalah kekayaan alam yang dapat terus ada
selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan.
Conto...
 Sumber Daya Alam Hayati

Pertanian dan perkebunan
o
o

Pertanian: Padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, cabai, ubi, dan
...
 Sumber Daya Alam Nonhayati
o Air
o Angin
o Tanah
o Hasil tambang, seperti minyak bumi (Avtur, bensin, minyak
tanah, sola...
Kayu jati dari hutan Blora
sangat terkenal kualitasnya
dan telah lama menjadi
pemasok utama kebutuhan
kayu jati di sentra ...
Cengkeh adalah rempahrempah purbakala yang telah dikenal
dan digunakan ribuan tahun sebelum
masehi. Pohonnya merupakan
tan...
Menurut perkiraan para ilmuwan, minyak
bumi mulai terbentuk selama jutaan
tahun. Indonesia merupakan salah satu negara
pen...
@ Mengapa daerah Blora menjadi penghasil kayu jati kualitas terbaik di

Indonesia ?
=

Karena daerah tersebut gersang sehi...
Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia sangat
melimpah, baik yang hayati maupun nonhayati.
Setiap daerah memiliki keanekar...
Sumber daya alam di indonesia
Sumber daya alam di indonesia
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Sumber daya alam di indonesia

17,837 views

Published on

Published in: Education
  • Login to see the comments

Sumber daya alam di indonesia

  1. 1. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. DISUSUN OLEH: M. IHSAN TRI WIBOWO M. NISMAN FALICH NAFIZA DINDA FARAHDITA NISIA ANINDITA RINJANI NUR BAITI SALMA NUR HAFIDZAH DEVI KARTIKA PUTRI FITRIA DAMAYANTI RESTU SULISTYORINI (17/X-A3) (18/X-A3) (19/X-A3) (20/X-A3) (21/X-A3) (22/X-A3) (23/X-A3) (24/X-A3)
  2. 2. Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Yang tergolong di dalam SDA tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.
  3. 3.  Dapat diperbaharui Adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Contoh: Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air.  Tidak dapat diperbaharui Adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terusmenerus akan habis. Contoh: Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas.
  4. 4.  Sumber Daya Alam Hayati Pertanian dan perkebunan o o Pertanian: Padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, cabai, ubi, dan singkong Perkebunan: Karet, kelapa sawit, tembakau, kapas, kopi, dan tebu Tumbuhan o o o o o Bahan makanan: padi, jagung,gandum,tebu Bahan bangunan: kayu jati, kayu mahoni Bahan bakar (biosolar): kelapa sawit Obat: jahe, daun binahong, kina, mahkota dewa Pupuk kompos Hewan, peternakan, dan perikanan o Kerbau, kuda, unggas, sapi, dan ikan
  5. 5.  Sumber Daya Alam Nonhayati o Air o Angin o Tanah o Hasil tambang, seperti minyak bumi (Avtur, bensin, minyak tanah, solar, LNG, oli, vaselin, parafin, dan aspal)
  6. 6. Kayu jati dari hutan Blora sangat terkenal kualitasnya dan telah lama menjadi pemasok utama kebutuhan kayu jati di sentra kerajinan kayu jati seperti furniture jati dan souvenir kayu jati. Ada 2 jenis kayu jati, jati hutan yang dikelola perhutani untuk memenuhi kebutuhan ekspor dengan kualitas jati yang paling tinggi, dan jati rakyat (orang Blora menyebutnya dengan “jati kampung”) untuk memenuhi kebutuhan lokal dan nasional.
  7. 7. Cengkeh adalah rempahrempah purbakala yang telah dikenal dan digunakan ribuan tahun sebelum masehi. Pohonnya merupakan tanaman asli kepulauan Maluku (Ternate dan Tidore), yang dahulu dikenal oleh para penjelajah sebagai Spice Islands. Menanam pohon cengkeh saat seorang anak dilahirkan adalah tradisi penduduk asli Maluku. Secara psikologis ada pertalian antara pertumbuhan pohon cengkeh dan anak tersebut sehingga pohon cengkeh benar-benar dijaga dan dirawat oleh orang Maluku. Pada abad pertengahan (sekitar 1600 Masehi) cengkeh pernah menjadi salah satu rempah yang paling popular dan mahal di Eropa, melebihi harga emas
  8. 8. Menurut perkiraan para ilmuwan, minyak bumi mulai terbentuk selama jutaan tahun. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi. Kualitas minyak bumi Indonesia cukup baik. Kadar sulfur (belerang) minyak bumi Indonesia sangat rendah, sehingga mengurangi kadar pencemaran udara. Daerah-daerah penghasil minyak bumi di Indonesia adalah sebagai berikut: a) Sumatera, terdapat di Aceh (Lhoksumawe dan Peureula); SumUt (Tanjung Pura); Riau (Sungaipakning, Dumai); SumSel (Plaju, Sungai Gerong, Muara Enim) b) Jawa, terdapat di Wonokromo, Delta (JaTim); Cepu, Cilacap (JaTeng); Majalengka, Jatibarang (JaBar) c) Kalimantan, terdapat di Balikpapan, Pulau Tarakan, Pulau Bunyu dan Sungai Mahakam (KalTim) serta Amuntai, Tanjung, dan Rantau (KalSel) d) Maluku (Pulau Seram dan Tenggara) e) Irian Jaya (Klamono, Sorong, Babo)
  9. 9. @ Mengapa daerah Blora menjadi penghasil kayu jati kualitas terbaik di Indonesia ? = Karena daerah tersebut gersang sehingga sangat cocok untuk perkebunan jati dan akan menghasilkan jati yang tinggi dan berkuakitas baik. @ Mengapa Sulawesi Tengah penghasil cengkeh terbesar di Indonesia? = Karena kondisi alam di daerah tersebut sangat cocok untuk ditanami cengkeh, dan karena cengkeh telah tumbuh di daerah tersebut sejak zaman purbakala. @ Mengapa Indonesia termasuk sebagai negara penghasil tambang minyak? = Karena kualitas minyak bumi Indonesia cukup baik. Kadar sulfur (belerang) minyak bumi Indonesia sangat rendah, sehingga mengurangi kadar pencemaran udara.
  10. 10. Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia sangat melimpah, baik yang hayati maupun nonhayati. Setiap daerah memiliki keanekaragaman Sumber Daya Alam yang berbeda-beda.

×