Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Aliran sesat

13,688 views

Published on

  • Be the first to comment

Aliran sesat

  1. 1. CONTOH-CONTOH ALIRAN SESAT DI INDONESIA I. Inkar Sunnah Pada tahun 1980-an yang lalu, muncul di wilayah Jakarta dan sekitarnya sebuah pengajian yang menamakan dirinya golongan Qur`aniyah, yaitu golongan yang hanya percaya kepada Al-Qur`an saja sebagai dasar hukum dalam Islam dan menolak hadits (semua hadits) sebagai sumber hukum Islam kedua. Mereka menyikapi hadits Nabi SAW sebagai ajaran sesat dan menyesatkan. Di antara tokoh-tokohnya adalah: 1. H. Sanwani 2. H. Abd. Rahman 3. Marinus Taka 4. Teguh Esha Adapun pokok-pokok ajaran sesatnya adalah: a. Menolak semua hadits Nabi SAW; b. Imam Al-Bukhari (ahli hadits) itu adalah seorang komunis Rusia yang pura- pura masuk Islam untuk membuat hadits yang sebanyak-banyaknya untuk menyesatkan umat Islam. c. Tidak mengakui dua kalimat syahadat. Dan syahadat mereka adalah: َ ْ ُ ِْ ُ َِّ ْ ُ َ ْ ‫اشهدوا بأنا مسلمون‬ “Isyhaduu bi annaa muslimuun.” “Saksikanlah oleh kalian bahwa kami adalah orang-orang muslim.” (QS. Ali Imran [03]: 64).d. Shalat serta rakaat shalat mereka bermacam-macam. Ada yang dua rakaat saja (semuanya) dan ada yang shalatnya hanya dzikir (eling) saja, dan tidak menutup aurat atau memakai celana pendek (kolor) saja. Hal itu dibolehkan karena menutup aurat di dalam shalat tidak ada perintahnya dalam Al- Qur`an.e. Puasa Ramadhan diwajibkan bagi siapa saja yang melihat hilal bulan Ramadhan (yang tidak melihat hilal bulan Ramadhan tidak wajib puasa). Mereka mengatakan bahwa hal ini sesuai dengan ayat yang berbunyi: ُ ْ ُ َْ َ َ ْ ّ ‫فمن شهد منكم الشهر فاليصمه‬ ُ ُ ِْ َ ِ َ ْ َ َ Faman syahida minkumusy syahra fal yashumhu. “Barangsiapa yang menyaksikan bulan Ramadhan, maka berpuasalah.” (QS. Al-Baqarah [02]: 185). Sehingga mereka semuanya tidak ada seorang pun yang menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan alasan tidak ada seorang pun di antara mereka yang melihat bulan (hilal bulan Ramadhan).f. Kalau ada seseorang yang meninggal dunia tidak perlu dimandikan, dikafankan dan dishalatkan karena tidak ada perintahnya dalam Al-Qur`an. Mereka mengatakan: “Allah itu tidak akan salah memasukkan manusia ke dalam surga ataupun ke neraka.” Kalau orang kafir (mereka mengkafirkan orang yang berada di luar kelompok mereka), meskipun dimandikan, dikafankan, dishalatkan, dan dikuburkan, Allah tidak akan salah akan memasukannya ke neraka. Akan tetapi, apabila dia itu orang beriman, tidak dimandikan, tidak dikafankan,
  2. 2. tidak dishalatkan, lalu dibuang ke laut dan dimakan ikan, maka Allah tidakakan salah memasukannya ke dalam surga. Masyarakat pun merasa resah setelah mengetahui ajaran mereka itu.Awalnya saya dan teman saya datang ke Kejaksaan Agung meminta ajaransesat tersebut agar dilarang di seluruh Indonesia. Akan tetapi jawaban dariKetua PAKEM Kejaksaan Agung saat itu (tahun 1983), mengatakan bahwapemerintah tidak bisa melarang suatu aliran atau ajaran selama belummeresahkan masyarakat dan belum ada bukti atas keresahan tersebut. Akhirnya kami secara beramai-ramai menangkap tokoh aliran sesat InkarSunnah H. Sanwani, dan kami membawanya ke kantor Koramil Setiabudi.Selama proses penangkapan itu kami tidak menyakitinya, hanya dipikul sajasecara beramai-ramai. Pada saat itu juga berita penangkapan ini dimuat oleh koran-koran IbuKota, dan laporan/berita koran-koran tersebut kami kliping untuk dijadikansebagai bukti keresahan masyarakat. Kemudian kami bawakan kliping korantersebut ke kantor Kejaksaan Agung RI. Akhirnya aliran sesat Inkar Sunnahtersebut dilarang di seluruh Indonesia sampai saat ini. Setelah kami teliti, ternyata dalang di belakang penyebaran faham sesatInkar Sunnah ini adalah Marinus Taka (seorang WNI Indo-Jerman) yangtinggal di Depok Belanda/Depok Lama). Dia mengaku bahwa dirinya bisamembaca Al-Qur`an tanpa belajar terlebih dahulu. (copy koran terlampir) Kami menangkapnya sewaktu dia menyampaikan ceramah di sebuahpengajian di Tanjung Priok. Pada saat penangkapan itu, Marinus Takamenangis tersedu-sedu. Entah kenapa dia menangis, padahal sewaktu terjadipenangkapan, kami tidak menyakitinya. II. Teguh Esha Teguh Esha pernah menulis di majalah Panji Masyarakat sebuahcerbung (cerita bersambung) yang berjudul: Ali Topan Anak Jalanan.Kemudian menulis cerbung lagi dengan judul: Ali Topan Santri Jalanan. Tetapi akhirnya Teguh Esha masuk Inkar Sunnah sertamengangkat dirinya menjadi “rasul”. Terbit minggu pertamaDesember 1986, dia menulis judul: Imam Ali Topan, mengangkatdiri utusan Allah. Sedangkan majalah Tempo 6 desember 1986menurunkan judul: Ali Topan Nabi Jalanan. Pada suatu waktu mobilnya mogok di Bandung, sambil menunggumobilnya selesai diperbaiki, ternyata tibalah waktu shalat Zhuhur, maka diapun segera shalat Zhuhur dan shalat Zhuhurnya persis di pinggir jalantersebut. Dia tidak mengikuti contoh shalat Rasulullah SAW, akan tetapi diamengikuti tasbihnya burung-burung yang mengepak-ngepakkan sayapnya(seperti burung dara). Karena tata cara shalatnya mengikuti kepakan sayapburung dan dilihat warga Bandung, akhirnya gegerlah warga Bandung melihatkejadian ini.
  3. 3. Teguh Esha mengatakan, “Al-Qur`an adalah petunjuk yang haq,sedangkan hadits-hadits Buchari Muslim dan lain sebagainya adalah dusta-dusta yang menyesatkan manusia. Insya Allah, akan saya serukan kepadamanusia bahwa apa yang disebut sebagai hadits-hadits, adalah dusta-dustayang menyesatkan manusia dari jalan lurus,” seperti yang dilansir olehMajalah Zaman, Jakarta. Harian Umum Pelita 25 Mei 1984, memuat head line berita tentangucapan Teguh Esha ini dengan judul: “Kasus Teguh Esha.” Adapun pimpinanredaksi Majalah Zaman Jakarta yang memuat pernyataan Teguh Eshatersebut menerima peringatan keras dari Departemen Penerangan saat itulewat surat bernomor: 479/Ditjen PPG/K/84 tanggal 30 Juli 1984. (copyterlampir) III. HMA Bijak BestariHMA adalah singkatan:H = HuwaM = MukjizatA = A’la Huwa Mu’jizatul A’la Bijak Bestari atau Tuhan Tertinggi di atas AllahuAkbar. Allahu Akbar setingkat di bawah HMA Bijak Bestari. Dia mengakumengetahui semua alam ghaib, mengaku bisa memerintahkan seluruhmalaikat untuk mengamankan Sidang Istimewa MPR RI, Agustus 2001. Diamengaku telah memerintahkan 1.700 malaikat untuk mengamankan kotaJakarta. Dia mengaku bisa memerintahkan para malaikat kapan saja dia maudan dia juga mengaku sebagai juru selamat dunia. Sewaktu diwawancara oleh wartawan Panji Masyarakat 11 Juli 2001,HMA Bijak Bestari menjawab :(Panji Masyarakat/PM) bertanya: “HMA itu sendiri Tuhan?”HMA Bijak Bestari menjawab: “Huwa itu artinya dia. Tuhan tertinggi. Tuhantertinggi itu HMA. Allahu Akbar masih di bawahnya,bismillahirrahmanirrahim, Al-Fatihah masih di bawahnya. Untuk turunnyaAl-Qur`an harus minta izin HMA. Lihat ayat Kursi, biiznihi dengan izinnyaHMA. Ilmihi (ilmunya Dia), kemudian akhir surah Yasin, biyadihi (Maha SuciAllah di tangannya ada sesuatu).”(Panji Masyarakat/PM) bertanya: “Jadi, HMA itu Allah?”HMA Bijak Bestari menjawab: “Allah, Allah tertinggi. Jadi, Allah itu zat yangmenyeluruh. Pada Allah itu ada jabatan-jabatan. Ada Allahu Akbar, ada Ar-Rahman, ada Ayat Kursi-Nya. Ada fungsi-fungsinya. Apa fungsi Ayat Kursi,apa fungsi Allahu Akbar. Di antara fungsi-fungsi itu, yang tertinggi adalahHMA.” (hal. 31).IV. Jam’iyyatul Islamiyah Organisasi ini sudah berkembang di kota-kota besar seperti Jakarta,Jawa Barat, Sumatra Barat, Nusa Tenggara Barat, Riau, Lampung, Jambi danlain-lainnya. Ulama panutannya adalah K.H. Abdul Karim Djamak (alm).
  4. 4. K.H. Abdul Karim Djamak bukan seorang ulama, tetapi seorang guru silat yang banyak muridnya. Pokok-pokok Ajarannya : 1. Pergi hajinya ke gunung Kerinci. (Harian Terbit, Rabu 12 Juli 1995, copy terlampir). Di dalam bukunya yang berjudul: “Mengenal diri dan Mengenal Tuhan” yang diterbitkan oleh Jam’iyyatul Islamiyah, antara lain mengatakan:a. Antara Muhammad bin Abdullah dengan Muhammad Rasulullah berbeda.b. Muhammad Nabiyyil Ummiy, Muhammad yang bodoh yang tidak bisa membaca dan menulis, ada anak laki-laki dan ada anak perempuan, telah wafat di Madinah pada usia 63 tahun 10 hari. 2. Tidak dapat mengikuti Rasul kalau tidak di Baitullah, sebab Rasul tidak mati, dia abadi. Jadi mengikuti Rasul itu amat penting. (hal. 26). 3. Maka Tuhan berfirman di dalam surah Thoha ayat 5 yang berbunyi: .‫الرحمن على العرش استوى‬ َ َْ ِ ْ َ ْ ََ ُ َ ْ ّ َ Ar-Rahmanu ‘alal ‘arsyis tawa. Artinya : “Allah dan Rasul bersemayam di Arasy.” (hal. 32). 4. Empat fasal dijadikan Allah dari Muhammad: - Arasy (sekarang disebut Baitullah), disebabkan oleh 13 pembinaannya. 13 Pembinaan itu adalah: (1) Arasy; (2) Baitul Makmur; (3) Baitur Rahman; (4) Baitur Rahiem; (5) Baitul Atiq (Rumah Lama/Kuno); (6) Batu besar tempat keluar onta pada zaman Nabi Luth; (7) Terbit air dari tiga tungku, semasa kiamat Nuh; (8) Kayu tempat Musa munajat kepada Allah; (9) Di dalam Taurat disebut Jantung Alam; (10) Di dalam Zabur disebut Pusat Dunia; (11) Di dalam Injil disebut Sumbu Alam; 12. Di dalam Al- Qur`an disebut Baitullah; (13) Khdza ‘Indallah (Istana Allah), inilah pembinaan terakhir. (hal. 7). 5. Muhammad Abdi Rasulullah (Muhammad pesuruh Allah yang dirasulkan) itu tidak wafat. Dia tidak ada anak laki-laki dan tidak ada anak perempuan, seperti firman Tuhan dalam surah Al-Ahzab [33]: 40. (Mengenal diri dan mengenal Tuhan, penerbit: Jam’iyyatul Islamiyah, hal. 27). CATATAN: Organisasi Jam’iyyatul Islamiyyah ini sudah berkali-kali datang memenuhi panggilan MUI Pusat untuk dimintai keterangan tentang faham mereka. Awalnya mereka tidak mengakui kesesatannya, tetapi setelah saya (M. Amin Djamaluddin) menujukkan bukti kesesatan mereka di dalam buku mereka, akhirnya mereka mengakui kesesatannya, dengan mengatakan bahwa kami alumni sekolah dari Barat (Amerika dan Eropa) dan tidak fahan agama, maka kami meminta kepada MUI Pusat untuk membimbing kami kepada ajaran Islam yang lurus (benar) dan kami BERJANJI RUJU’ ILAL HAQ (mau kembali kepada kebenaran). Akhirnya MUI Pusat membimbing mereka kepada jalan kebenaran tersebut dan mereka berjanji akan merubah pokok- pokok ajarannya yang menyimpang tersebut. Alhamdulillah. V. Lia Aminuddin (LIA EDEN) Beberapa poin tentang ajaran Sesat Lia Eden:
  5. 5. a. Awalnya Lia Aminuddin mengaku mendapatkan wahyu dari tuhan dalam bahasa Indonesia.b. Dia membuat agama baru yaitu agama Salamullah.c. Dia mengaku dirinya Imam Mahdi dan Putranya Abdurrahman diangkatnya menjadi nabi Isa tetapi putranya tersebut menolaknya mentah-mentah serta menolak seluruh ajaran ibunya.d. Setelah itu dia mengaku dirinya adalah Jibril.e. Dia mengaku mendapat wahyu dalam bahasa Indonesia dan setiap wahyu itu turun ditulis oleh seorang penulis wahyu yang senantiasa siap di depan komputer rumahnya di Bungur. Begitu selesai ditulis, di print-out lah wahyu- wahyu itu dan dikirimkan kepada seluruh organisasi Islam dan Pondok Pesantren di seluruh Indonesia.f. Berganti nama menjadi Lia Eden yang bersuamikan Malaikat Jibril yang tinggal di Surga Eden dan senantiasa berhubungan suami istri (seperti manusia) dengan Malaikat Jibril di rumahnya di Bungur Jakarta.g. Untuk mengetahui suci atau kotornya tamu yang datang di Surga Eden (rumah Lia Aminuddin), maka anjing yang suka sekamar dengannya yang akan menentukannya. Yaitu: Apabila si anjing diam, berarti tamu tersebut adalah orang suci dan apabila si anjing menggonggongnya, maka tamu tersebut adalah orang kotor. Pada saat rumah Lia Aminuddin digerebek oleh polisi karena diprotes oleh masyarakat atas kegiatannya yang menyesatkan tersebut, maka anjingnya tersebut tersebut termasuk yang diangkut dan dibawa ke POLDA METRO JAYA. (copy koran-koran terlampir).h. eLia Edan divonis 2 tahun penjara dan selesai menjalani masa tahanan 2 tahun dan dia bebas tetapi karena mengulangi lagi perbuataannya akhirnya ditangkap lagi dan diadili dan dihukum lagi 2,5 penjara. Sampai saat ini dia masih menjalani hukuman penjara.- MUHAMMAD ABDURRAHMAN Muhammad Abdurrahman (alumni UIN Syarif Hidayatullah Ciputat) dijadikan sebagai nabi (reinkarnasi dari Nabi Muhammad SAW) dan istrinya yang bernama Sudiati dianggap sebagai reinkarnasi dari Siti Khadijah, istri Nabi Muhammad SAW oleh Lia Eden. Muhammad Abdurrahman yang diklaim sebagai nabi ini telah divonis 3 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan dakwaan telah melakukan penodaan terhadap agama Islam, dengan PNPS No. 1 Tahun 1965 tersebut. VI. “Rasul” Ahmad Moshaddeq Nama aslinya adalah Abdul Salam. Dia mengaku dirinya sebagai rasul dan mengganti namanya menjadi: AHMAD MOSHADDEQ. Dia juga mengaku dirinya sebagai AL-MASIH AL-MAW’UD (Al-Masih yang dijanjikan). Mushaddeq membuat syahadat baru untuk para pengikutnya, yaitu: ‫أَش ه د أَن ل إِل ه إِل ا و أَش ه د أَن ا ل م س ي ح ا ل م و ع و د ر س و ل ا‬ ِ ُ ْ ُ َ َ ْ ُ ْ َ ْ َ ِْ َ ْ ّ ُ َ ْ َ ُ ّ َ َ َ ْ ُ َ ْ “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang disembah melainkan Allah dan aku bersaksi bahwa Al-Masih Al-Maw’ud adalah utusan Allah.”
  6. 6. Dia mengaku menerima wahyu dari Allah di Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat. Pokok-pokok Ajarannya:· Ahmad Moshaddeq dan para pengikutnya sedang berjuang ingin mendirikan Negara Islam versi mereka dengan menggunakan 6 tahap, yaitu:1. SIRRUN = Gerakkan rahasia. Berdakwah secara rahasia, mengaji secara rahasia, merekrut anggota secara rahasia. Pendeknya semuanya serba rahasia.2. JAHRUN = Terang-terangan. Berdakwah secara terang-trangan, mengaji secara terang-terangan, merekrut anggota secara terang-terangan. Karena mereka sudah mempunyai kekuatan untuk menghancurkan orang-orang kafir. Dalam ajaran Moshaddeq, orang-orang yang tidak mau bersyahadat kepada “nabi” Mushadeq, maka mereka dicap sebagai orang-orang kafir, dan kalau sudah mempunyai kekuatan, maka mereka harus diperangi dan ditumpas.3. HIJRAH = Berpindah dari Makkah ke Madinah. Indonesia ini Makkah (dianggap kafir) dan wajib pindah ke Madinah (negara Islam). Ibu kota negara mereka dinamakan Ummul Qura’.4. QITAL = Perang terbuka antara pasukan Islam versi mereka dengan orang- orang kafir (orang-orang Makkah = Indonesia)5. FUTUH = Menang dari peperangan melawan orang-orang kafir.6. KHILAFAH = Membentuk pemerintahan Negara Islam versi mereka setelah orang-orang kafir dilumpuhkan (dihancurkan).· Ahmad Moshaddeq menafsirkan Al-Qur`an dengan cara yang sangat menyimpang serta sesat-menyesatkan. Komisi Pengkajian MUI Pusat, yaitu Prof. Dr. Utang Ranuwijaya (Ketua), Dr. Amirsyah (Sekretaris), dan saya, M. Amin Djamaluddin (anggota), sudah dua kali mengadakan penelitian di Gunung Bundar serta vila tempat Ahmad Moshaddeq menerima wahyu. Akhirnya dengan data-data yang kami peroleh tersebut, Komisi Fatwa MUI Pusat pada tanggal 3 Oktober 2007 mengeluarkan fatwa bahwa ajaran yang disiarkan/dikembangkan oleh Ahmad Moshaddeq adalah sesat dan menyesatkan serta murtad (keluar dari Islam). Ada sebuah pengalaman, tepatnya terjadi pada tanggal 5 Oktober 2007, pada saat itu saya sedang di dalam kendaraan menuju kantor MUI Pusat di Masjid Istiqlal. Tiba-tiba sahabat utamanya “nabi” Moshaddeq yang bernama Agus (menurut mereka ia itu setingkat dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a.), menelepon ke HP saya. Berikut cuplikan pembicaraan yang terjadi pada saat itu: Pak Agus: “Pak Amin, “rasul” saya mau bertemu dengan Pak Amin, di kantor LPPI!” Saya jawab: “Boleh, kita bertemu di kantor LPPI, dengan syarat buku-buku aslinya Al Qiyadah Al-Islamiyah diberikan kepada saya!” Pak Agus: “Baik Pak Amin, akan saya rundingkan terlebih dahulu dengan “rasul” saya!” Kira-kira satu jam lebih sesudah itu, Pak Agus menelepon ke HP saya lagi. Pak Agus: “Baik Pak Amin, “rasul” saya akan memberikan buku-buku asli tersebut di kantor LPPI!”
  7. 7. Saya jawab: “Baiklah, silahkan datang pada tanggal 7 Oktober 2007 sekitarpukul 12:00 WIB di kantor LPPI!” Ternyata pada tanggal 7 Oktober 2007, benar-benar “rasul” AhmadMoshaddeq beserta rombongannya itu datang ke kantor LPPI pada pukul12:30 dan menyampaikan dakwahnya sampai tiba adzan Ashar.Begitu adzan Ashar, mereka langsung pulang. Kedatangan “rasul Moshaddeqke kantor LPPI bak seorang presiden. Dikawal dan pintu mobilnya dibukakanoleh seorang pengikutnya. Selama “rasul” Ahmad Moshaddeq menyampaikan dakwahnya di kantorLPPI, saya hanya diam saja mendengarkan isi materi ceramahnya. Sebab,apabila saya membantah/mendebatnya, kemungkinan besar buku-buku asliAl-Qiyadah Al-Islamiyyah yang saya harapkan itu tidak akan saya dapatkan.Selama pertemuan “rasul” Ahmad Moshaddeq dengan saya di gedung LPPIJakarta, seluruh pengikutnya memanggilnya dengan kalimat: “Ya Rasul!” Akhirnya, pada tanggal 24 Oktober 2007 setelah buku yang dia berikanitu saya teliti dan saya kaji, saya laporkan kasusnya ini ke MABES POLRIdengan pasal Penodaan Agama, yaitu berdasarkan Undang-undang No.1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau PenodaanAgama yang sekarang ini sedang dilakukan uji materil di MahkamahKonstitusi) atas desakan dari Aliansi Kebangsaan untuk KekebebasanBeragama dan Berkeyakinan (AKKBB).(Foto-foto rombongan “rasul “ Moshaddeq di kantor LPPI dan bukti laporanke MABES POLRI, terlampir). “Nabi” Ahmad Mushadeq divonis 4 tahun penjara oleh pengadilanNegeri Jakarta Selatan dan saat ini masih dalam penjara. VII. Rasul Sabda Kusuma dari Kudus Di dalam buku karya Sabda Kusuma yang berjudul: LAMPIRANSABDA KUSUMA ILMU THARIQ DAN ALAM PENGATURANNYA, antarahal. 35 dan 36, di sana digambarkan silsilah keturunannya sejak dari NabiAdam AS sampai dengan “rasul” Sabda Kusuma (copy terlampir). Di dalam bukunya yang berjudul: LAMPIRAN SYAHADAT MA’RIFAT,hal. 30, Sabda Kusuma mengaku dirinya sebagai Rasul dan Imam Mahdisehingga membuat syahadat baru yang berbunyi: ُ ‫أَش ه د أَن ل إِل ه إِل ا‬ ّ َ َ َ ْ ُ َ ْ · ِ‫و أ َ ش ه د أ َ ن سا ب دا ك و سُ وْ ما ر سُ وْ لُ ا‬ َ َ ْ ُ َ ْ َ ّ ُ َ ْ َ · ْ ِ ْ َ ْ ُ َ ْ َ ‫و ا لِ ما م ا ل م ه د ي‬ ·Artinya : 1. “Aku Meyakinkan dalam I’tikadku bahwa tidak ada lagi Tuhan selain Allah SWT, 2. Dan Aku meyakinkan dalam I’tikadku bahwa Sabda Kusuma itu utusan Allah, 3. Yang bakal “MIMPIN”Pengaturan-Nya Tuhan.” (copy terlampir).
  8. 8. Fatwa MUI Kudus : “Sabdo Kusomo Tetap Sesat.” (Harian TerbitSabtu 6 Februari 2010, copy terlampir). VIII. Agus Imam Solihin atau Satrio Paningit Koran Rakyat Merdeka, Rabu 20 Januari 2009 memuat berita yangberjudul: “KEBAGUSAN DICEMARI ALIRAN BERBUGIL RIA, TIAP MALAMJUM’AT GELAR RITUAL DENGAN TELANJANG DAN TIDAKMEJALANKAN RUKUN ISLAM,” dan lain-lainnya. Koran Berita Kota, Jum’at 30 Januari 2009 memberitakan bangunanrumahnya sebagai istana surga dan juga menganggap dirinya sebagai Tuhan,dan lain-lain. Koran Tempo, Jum’at 30 Januari 2009 memberitakan bahwa dia(Satrio Paningit) melarang shalat, puasa, berzakat dan pergi haji danmembebaskan pengikutnya untuk melaukan hubungan seks bersama-samadan lain-lainnya.(copy Koran terlampir) IX. Surga Eden Di Cirebon dan Tuhannya Ahmad TantowiTerbongkarnya Surga Eden di Cirebon. Pada tanggal 4 Januari 2010 Ketua GARIS (Gerakan Reformasi Islam)Jawa Barat, Ust. Suryana Nurfatwa dan beberapa anggotanya datang ke kantorLPPI, serta meminta petunjuk bagaimana caranya menghadapi seseorang yangmengaku dirinya “Tuhan” yang bernama Ahmad Tantowi yang hidup di SurgaEden bersama malaikat serta para bidadarinya. Mereka mengaku hidup diSurga Eden dan melakukan hubungan seks bebas dan kalau menghadapkepada “tuhan” (Ahmad Tantowi), maka para bidadari itu harus bertelanjangbulat. Bidadari-bidadari itu bebas disetubuhi oleh “tuhan” Ahmad Tantowi.Para bidadari yang sudah disetubuhinya itu dinamakan keluarga Maryam,seperti yang tercantum di dalam Al-Qur`an. Kemudian, apabila ada di antarapara bidadari yang telah disetubuhinya itu melahirkan anak, maka parabidadari itu merasa bangga karena mereka telah melahirkan anak “tuhan” dananak anak “tuhan” ini dinamakan keluarga Imran (seperti yang tercantum didalam Al-Qur`an). Terbongkarnya kerajaan Surga Eden ini, dikarenakan ada salah seorangpengikutnya yang sudah menikah resmi, akan tetapi oleh “tuhan” AhmadTantowi sepasang suami istri yang sudah menikah secara resmi ini dilarangberhubungan intim sebagai suami istri selama 6 bulan. Setelah 6 bulan, barudiperbolehkan untuk berhubungan suami-istri. Akan tetapi, sejak pernikahannya itu dan sejak dia dilarang berhubunganintim dengan istri sahnya tersebut, ternyata “tuhan” Ahmad Tantowi-lah yangselalu menyetubuhi istrinya. Akhirnya si suami itu berpikir: “Saya sudahmenikah secara resmi dan sah, akan tetapi dilarang melakukan hubungansuami istri dengan istri saya, dan justru Ahmad Tantowi-lah yang selalumenyetubuhi istri saya.” Akhirnya keduanya keluar dari kelompok Surga Eden
  9. 9. tersebut dan melaporkan kasus pelecehan seksual yang dilakukan “tuhan”Ahmad Tantowi ini kepada Ketua GARIS Jawa Barat. Akhirnya, setelah saya mendengarkan laporan serta permintaan dariKetua GARIS atas kasus yang menimpa pasangan suami istri tersebut, makadisepakatilah bahwa saya akan berangkat ke Cirebon pada hari Ahad 10Januari 2010, dan di Cirebon, saya bertemu dengan Pengurus GARIS JawaBarat serta beberapa pemuda Islam di salah satu ruangan di gedung IslamicCenter Cirebon. Di dalam pertemuan tersebut, saya mengarahkan seluruh anggota GARISJawa Barat supaya jangan bertindak anarkis. Disebabkan aliran Surga Eden inisudah menyebar di beberapa daerah, saya menyuruh untuk melaporkan kasusini ke POLDA Jawa Barat. Pada hari Selasa, 12 Januari 2010 mereka melaporkan aliran Surga Edenini ke POLDA Jawa Barat. Setelah laporan dari GARIS tersebut diterimaaparat POLDA Jawa Barat, maka aparat POLDA Jawa Barat segeramengadakan investigasi ke sebuah rumah yang dijadikan sebagai markasSurga Eden tersebut. Ternyata, aparat Kepolisian dari POLDA Jawa Barat menemukan buktisesuai dengan laporan Ketua GARIS. Akhirnya, pada hari Kamis, 14 Januari2010 pukul 05:00 dini hari, markas Surga Eden digerebek oleh aparatkepolisian dari POLDA Jawa Barat. Maka “tuhan” “para malaikat” dan seluruh“bidadari” ditanggap dan diangkut ke POLDA Jawa Barat dengan mobiltahanan dari POLDA Jawa Barat. Dengan adanya penangkapan tersebut, maka gegerlah warga Jawa Baratdan koran-koran Jawa Barat pun ramai-ramai memberitakan beritapenangkapan “tuhan”, “malaikat” dan “bidadari” yang ada di dalam komunitasSurga Eden tersebut. Koran-koran Jawa Barat menurunkan berita denganjudul yang bermacam-macam, di antaranya: 1. PIKIRAN RAKYAT Bandung, 15 Januari 2010, dengan judul: “Aparat Kepolisian Gerebek Pusat Kegiatan Aliran Sesat.” 2. GALAMADIA Bandung, 15 Januari 2010, dengan judul: “Tempat Suci Surga Eden Digrebek.” 3. RADAR BANDUNG, 15 Januari 2010, dengan judul: “Aliran Surga Eden Digrebek.” 4. TRIBUN JABAR, 15 Januari 2010, dengan judul: “Imam Mengaku Ciptakan Bidadari, Aliran Cabul Gegerkan Jawa Barat.” 5. BANDUNG EKSPRES, 15 Januari 2010 dengan judul: “Pemimpin Surga Eden Ditangkap, Ngaku Sebagai Allah, Gauli Jemaat Wanita.” 6. HARIAN TERBIT Jakarta, 15 Januari 2010 dengan judul: ”Tuhan dan Malaikatnya Resmi Ditahan, Pengikut Disetubuhi dan Ditonton Rame-rame.” 7. MITRA DIALOG Cirebon, 23 Januari 2010, dengan judul: ”Mengklaim Tuhan Pasti Sesat”, Ahmad Tantowi Diyakini Memiliki Ilmu Klenik, Masyarakat Awam Jadi Sasaran Empuk, Mulai ABG Hingga Wanita Bersuami Jadi Korban.”
  10. 10. Sekarang “tuhan”, “malaikat jibril” serta para “bidadari” sudah menjadi tersangka di POLDA Jawa Barat. X. Aliran Hidup Di Balik Hidup (HDH) Sejarah Singkat Pendiri HDH Aliran ini didirikan oleh Muhammad Kusnan bin Amir, pria kelahiran Cirebon, tahun 1926. Ia mengaku suatu hari didatangi oleh dua makhluk yang mengaku malaikat yang melakukan proses pembersihan hatinya dengan cara dibelah seperti yang pernah dialami oleh Nabi Muhammad SAW sewaktu beliau kecil. Semenjak itu, ia mengaku bisa melihat alam gaib dan bahkan pernah diajak jalan-jalan ke alam Barzakh dan diajak melihat-lihat neraka dan surga yang masih kosong belum berpenghuni. Ia juga mengaku bahwa Allah telah memberinya sebuah mukjizat berupa kitab suci Al-Qur`an yang ditanamkan ke dalam dadanya dan doanya sangat mustajab. Singkat cerita, pada tahun 1974, ia bertemu dengan seseorang yang bernama Muhammad Ali bin Abdullah yang biasa dipanggil Mudjoni yang akhirnya kitab suci Al-Qur`an yang telah ditanamkan ke dalam dadanya itu yang berbentuk sebuah kitab diserahkan kepadanya (Muhammad Ali) dengan memberikan wasiat sebagai berikut: “Kalau kamu nanti sudah tua, serahkanlah kitab ini kepada orang yang kamu percaya, karena ilmu ini bagus dan haq dan merupakan kunci keselamatan ke negeri akhirat. Maka jagalah baik-baik dan jangan dibuat main-main!” Selanjutnya untuk memberikan gambaran yang jelas tentang ilmu dan pengetahuan yang dimiliki Pak Kusnan serta misi yang dibawanya, ikutilah rangkuman tanya jawab antara Muhammad Ali yang kita singkat dengan huruf A dengan Pak Kusnan yang kita singkat dengan huruf K, berikut ini: 1. Mi’raj dan BarzakhA: “Tadi Bapak mengatakan pernah bertanya langsung kepada Nabi Muhammad, padahal Nabi Muhammad sudah meninggal, bagaimana caranya?”K: “Meninggal itu adalah berpisahnya jasmani dan rohani, jadi jasmaninya dikubur atau dimakamkan, sedangkan rohaninya ada di Barzakh. Jadi Bapak pergi ke Barzakh dengan rohani dan yang berbicara tentu saja rohani dengan rohani.”A: “Apakah Bapak pernah bertemu dengan nabi yang lain?”K: “Ya, semua nabi termasuk Nabi Adam.”A: “Apakah Bapak pernah bertemu malaikat?”K: “Ya, semua malaikat, bahkan ngobrol setiap hari.”A: “Apakah Bapak pernah ke alam Baqa?”K: “Ya, sering jalan-jalan ke sana.”A: “Bagaimana keadaannya?”K: “Di sana ada 7 planet surga dan 7 planet neraka dan belum ada penghuninya.”A: “Tadi Bapak mengatakan pergi ke alam Barzakh dengan rohani, bagaimana dengan alam Baqa?”K: “Sama saja, seperti halnya Nabi Muhammad ke Sidratul Muntaha.”A“Di mana Sidratul Muntaha itu?”
  11. 11. K: “Salah satu bangunan yang ada di surga.”A: “Tadi Bapak mengatakan bahwa meninggal itu perpisahan antara jasmani dan rohani. Pada waktu Bapak pergi ke Barzakh atau ke alam Baqa, apakah Bapak meninggal?”K: “Tidak meninggal, bahkan dengan penuh kesadaran dan itu ada uraiannya tersendiri serta sangat luas.” 2. Percakapan dengan Malaikat dan RasulullahA: “Selain bangunan Sidratul Muntaha, Arasy, Lauhul Mahfudz, apa ada bangunan yang lainnya?”K: “Ada, di antaranya ada bangunan yang sangat megah, tapi tidak tahu bangunan apa itu. Karena pada saat itu Bapak diantar oleh Malaikat Ridwan (disingkat R), akhirnya Bapak tanyakan kepada dia: ‘Bangunan apakah yang megah itu?’R: “Bangunan itu adalah untuk Rasulullah Muhammad, Allah membangun untuknya.”K: “Apakah Nabi Muhammad ada di situ?”R: “Belum ada, nanti sesudah hari Kiamat dan sekarang masih kosong. Nabi Muhammad dan para nabi lainnya baru ada di alam Barzakh, yaitu alam nikmat.”K: “Waaah...bangunan itu sangat bagus sekali.”R: “Tapi kalau kamu mau dan berusaha sungguh-sungguh, Allah akan memberi.”K: “Sebenarnya Bapak sih pingin dengan bangunan itu...(sambil tertawa kecil).A: “Tapi menurut bapak, Nabi Muhammad lebih pantas yang mendapatkannya.” “Kenapa Nabi Muhammad tidak menceritakan semua ini?”K: “Bapak pernah menanyakan kepada Nabi Muhammad (disingkat M); ’Kenapa Anda tidak pernah menjelaskan tentang rohani, alam Barzakh dan alam Baqa?’“M: “Itu bukan tugasku dan sekarang adalah tugasmu. Kamu tentu sudah tahu pada waktu itu aku seorang diri dan tugasku cukup berat; menghadapi orang- orang kafir, musyrik, penyembah berhala dan mereka adalah orang-orang yang fasik dan zalim yang akhirnya mereka mengusir aku dari Mekah dan aku hijrah ke Madinah. Waktu itu kaumku tidak percaya bahwa aku seorang utusan Allah, bahkan mereka memusuhiku, menganggap aku orang gila dan ingin membunuhku. Padahal aku harus menerima wahyu, menghadapi peperangan demi peperangan, belum lagi mengurusi orang-orang ang munafik di antara yang mengikuti aku. Mana mungkin aku harus menjelaskan semuanya, sedangkan umurku hanya 63 tahun. ( copy koran terlampir) Akhirnya, aliran HDH ini dinyatakan sesat–menyesatkan oleh Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Cirebon dengan fatwanya tanggal 01 Desember 2009. (Copy terlampir) XI. AHMADIYAH Aliran sesat Ahmadiyah mempunyai nabi dan rasul sendiri yaitu Mirza Ghulam Ahmad di India. Nabinya mengaku menerima wahyu di Qadian dan Rabwah. Kumpulan wahyu-wahyu yang dia terima tersebut menjadi kitab suci Tadzkirah. Kitab suci Ahmadiyah Tadzkirah ini lebih tebal dari kitab suci umat Islam Al Qur’an. Juga Ahmadiyah mempunyai tempat suci sendiri yaitu Qadian di India) dan Rabwah (di Pakistan).
  12. 12. Ulama no.1 Ahmadiyah Indonesia, Syafi’ R. Batuah membikinpernyataan pada koran Jayakarta, Jum’at 1 Juli 1988 memuat berita berjudul :AHMADIYAH MENCARI NABI DARI INDIA. (copy terlampir)Foto nabi Mirza Ghulam Ahmad (copy terlampir)Copy kitab suci Ahmadiyah selengkapnya (copy terlampir) Pernyataan Syafi’ R.Batuah: AHMADIYAH MENCARI NABI DARIINDIA inilah yang menimbulkan reaksi keras dari para ulama serta seluruhumat Islam Sek. Parung Bogor dan sekitarnya. Akhirnya ketika pihakAhmadiyah memperingati 100 tahun Ahmadiyah (100 tahun kelahir nabiMirza Ghulam Ahmad pada bulan Nopember 1988) yang dihadiri oleh cabang-cabang Ahmadiyah seluruh Indonesia serta utusan dari luar negeri, makaacara tersebut dibubarkan secara paksa oleh seluruh masyarakat Islamsekacamatan Parung serta daerah sekitarnya dengan meneriakkan: KAMIPENGIKUT NABI MUHAMMAD DARI MAKKAH, KITAB SUCI KAMIADALAH ALQUR’AN, AHMADIYAH PENGIKUT NABI MIRZA GHULAMAHMAD DARI INDIA DAN KITAB SUCINYA TADZKIRAH. ADA NABI DANKITAB SUCI DARI INDIA ??? TIDAK BISA-TIDAK BISA, YANG ADA“BONEKA DARI INDIA”, tetapi itu nyanyian, teriak mereka. Pendeknya seluruh umat Islam Parung Bogor dan sekitarnya marahbetul setelah mendengar ada nabi baru serta kitab suci baru dari India,sehingga mereka sangat kompak menghadapi pengikut nabi dari India ini.Perseteruan yang telah terjadi dari tahun 1988 antara umat Islam pengikutNabi Muhammad SAW dari Makkah dengan pengikut nabi Mirza GhulamAhmad dari India ini klimaksnya sewaktu pihak pengikut nabi Mirza dariIndia ini secara besar-besaran mengadakan Jalsah salanah (hari ulang tahun)pada tahun 2005 yang lalu yang dihadiri oleh sekitar 11.000 (sebelas ribu)orang Ahmadiyah dari cabang-cabang seluruh Indonesia serta yang datangdari luar negeri. Akhirnya acara tersebut dikepung dan dibubarkan paksa oleh umatIslam Parung dan datanglah mobil kepolisian Bogar untuk mengangkutmereka keluar dari kampus Mubarak. Karena tidak ada orang Parung yangmenjadi pengikut nabi Mirza dari India ini, maka masyarakat Parung memintakepada PEMDA BOGOR untuk menutup serta melarang Pusat AhmadiyahIndonesia tersebut dan akhirnya dilarang. (foto copy koran-koran terlampir) XI. Jaringan Islam Liberal (JIL) Jaringan Islam Liberal menggugat keaslian kitab Suci Al Qur’an.Ratusan ayat Al Qur’an yang disalahkan oleh mereka. Mereka berjuang untukmemperbaharui kitab Suci Al Qur’an versi mereka. Ayat Al Qur’an yangberbunyi : INNADDINA INDALLAHIL ISLAM disalahkan oleh mereka. Yangbenarnya ayat tersebut berbunyi : INNADDINA INDALLAHIL HANAFIYYAH.(copy ayat-ayat Al Qur’an yang digugat dan disalahkan terlampir). Di antara bentuk penghinaan JIL adalah seperti yang dikatakan olehSumanto Al-Qurtubi di dalam bukunya Lubang Hitam Agama (penerbitRumah Kata dengan Ilham Institute, Maret 2005) dia mengatakan,“Oleh karena itu, Nabi, sahabat dan pengalaman komunitas Makkah danMadinah (tajribatul madinah wa makkah) pada hakikatnya adalah “co-
  13. 13. author”, karena ikut menciptakan Al-Qur`an. Dengan demikian, wahyusebetulnya ada dua: “wahyu verbal” (wahyu eksplisit dalam bentukredaksional bikinan Muhammad) dan “wahyu non verbal” (wahyyu implisitberupa konteks sosial waktu itu). Proses penulisan Al-Qur`an dengansendirinya telah “mereduksi” Al-Qur`an hanya sebagai teks mati belaka.”(Lubang Hitam Agama, hal. 43).“Kita tahu Al-Qur`an yang dibaca oleh jutaan umat Islam saat ini adalahteks hasil kodifikasi –untuk tidak menyebut “kesepakatan terselubung”-antara khalifah Utsman (644 -656 M) dengan panitia pengumpul yangdipimpin oleh Zaid bin Tsabit, sehingga teks ini disebut Mushaf Utsmani.”(Buku Lubang Hitam Agama, hal. 65). Dan masih banyak pernyataan lainnya menyangkut pemikiran dangagasan untuk merubah Al-Qur’an, dengan tujuan menanamkan rasa ragubawha Al-Qur’an yang ada sekarang tidak otentik sebagaimana sudah diyakinioleh umat Islam selama ini. Sehingga pada akhirnya akan menjauhkan umatIslam itu sendiri dari Al-Qur’an dan ajaran Islam. (copy terlampir). pendiri Ahmadiyah bernama lengkap Mirza GhulamAhmad bin Mirza Ghulam Murtadza bin ‘Atha Muhammad bin Gull Muhammad. KataMirza adalah nama keluarga atau fam. Dalam fam ini ada yang masuk Ahmadiyah,tapi banyak juga yang menentang Ahmadiyah. Kata Ghulam berasal dari bahasa Urduyang artinya hamba/pembantu/budak. Kata Ahmad diambil dari nama kedua bagi NabiMuhammad SAW. Kata Qadiyani dipakai karena dia berasal dari kota Qadiyan yangterletak di India. Jadi, arti dari nama Mirza Ghulam Ahmad adalah hambanya/pembantunya/budaknya Ahmad. Nama bapaknya adalah Mirza Ghulam Murtadza,dan arti dari nama itu juga adalah hambanya/pembantunya/budaknya Ali al-Murtadza(Imam Ali ra.). Dan nama kakak kandung Mirza Ghulam Ahmad adalah GhulamQadir yang memiliki arti, hambanya/pembantunya/budaknya Abdul Qadir Jaelani ra.Dengan demikian, istilah ‘pembantu mimpi jadi majikan’ cocok untuk Mirza GhulamAhmad Qadiyani.
  14. 14. Berbagai aliran sesat di dalam Islam :1. Aliran Pembaharu Isa Bugis. Isa Bugis lahir tahun 1926 di kota Bhakti Aceh Pidie. Isa Bugis ingin menerjemahkan dan menganalisa agama Islam berdasarkan teori pertentangan antara dua hal. Seperti misalnya ideologi komunis dengan kapitalis, antara nur dan kegelapan. Ia berusaha untuk mengilmiahkan agama dan kekuasaan Tuhan dan akan menolak semua hal-hal yang tidak bisa diilmiahkan atau tidak bisa diterima akal. Oleh karena itu ajaran Isa Bugis ini banyak diikuti oleh para intelek yang cenderung lebih menggunakan akal dan pikiran. Pokok- Pokok Ajaran Isa Bugis: 1) Air Zam-zam di Makkah adalah air bekas bangkai orang Arab. 2) Semua tafsir Al Quran yang ada sekarang harus dimuseumkan karena semuanya salah. 3) Menolak semua mukjizat para Nabi dan Rasul, seperti kisah Nabi Musa as membelah laut dengan tongkatnya dalam Al Quran adalah dongeng lampu Aladin. Nabi Ibrahim as menyembelih Ismail adalah dongeng. 4) Kabah adalah kubus berhala yang dikunjungi oleh turis setiap tahun. 5) Ilmu Fiqih, Ilmu Tauhid, dan sejenisnya adalah syirik. Ulama yang mengajarkan ilmu ini harus disingkirkan ke Pulau Seribu. 6) Al Quran bukan bahasa Arab, sehingga untuk memahami Al Quran tidak perlu belajar bahasa Arab, tata bahasa Arab dan sejenisnya. 7) Setiap orang yang intelek diberi kebebasan untuk menafsirkan Al Quran walau tidak mengerti bahasa Arab. 8) Ajaran Nabi Muhammad adalah pembangkit imperialisme Arab. 9) Ajaran Qurban pada waktu Iedhul Adha tidak ada dasar kebenarannya. 10) Mubaligh-mubaligh Islam yang menyebarkan agama ke luar tanah Arab adalah pemabuk dzulumat yang haus darah dan harta. 11) Indonesia adalah diantara dari sekian banyak korban dari kebiadaban Arabisme. Lembaga Pembaharu (yang dipimpin oleh Isa Bugis) adalah Nur, sedangkan orang atau golongan di luar itu adalah Dzulumat, sesat serta kafir. 12) Sekarang masih periode Makkah sehingga belum diwajibkan shalat, puasa dll. Begitu juga minuman yang memabukkan seperti khamar dan sejenisnya belum diharamkan.2. Faham Inkar Sunnah. Faham sesat ini mucul sekitar tahun 1980-an. Mereka menamakan pengajian yang mereka adakan dengan sebutan kelompok Qurani (kelompok pengikut Al Quran). Tokohnya antara lain Luqman Saad Direktur perusahaan penerbitan PT. Ghalia. Pada awalnya Luqman Saad merintis usaha percetakannya dengan tangan. Namun ketika ia bolak-balik ke Belanda untuk suatu urusan yang tidak diketahui kemudian ia memiliki peralatan modern yang didatangkan dari negeri Belanda. Dengan mesin cetaknya itulah ia banyak mencetak buku-buku yang berisi ajaran sesat Inkarus Sunnah. Selain itu juga Ir. Irham Sutarto ketua serikat buruh PT. Unilever (Belanda). Tidakkah ini merupakan permainan orang Yahudi di Belanda dalam menghancurkan Islam di Indonesia? Setelah dilakukan pelacakan akhirnya ditemukan dedengkotnya adalah Marinus Taka keturunan Indo Jerman yang tinggal di Jalan Sambas 4 No.54 Depok Lama daerah dimana banyak bermukim peranakan Belanda dengan
  15. 15. gerejanya yang terpadat untuk seluruh Indonesia. Marinus Taka mengaku bisa membaca Al Quran tanpa belajar dan tanggal 4 Juni 1983 ditangkap oleh Kodim Jakarta Utara. Pokok-Pokok Ajaran Inkarus Sunnah: 1) Tidak percaya kepada semua hadits Rasulullah SAW, menurut mereka hadits itu bikinan Yahudi untuk menghancurkan Islam dari dalam. 2) Dasar hukum dalam Islam hanya Al Quran saja. 3) Syahadat mereka : Insyahadu bianna Muslimun. 4) Shalat mereka macam-macam ada yang dua rokaat-dua rokaat dan ada juga yang shalatnya hanya eling saja. 5) Puasa wajib bagi mereka yang melihat bulan saja, kalau yang lihat bulan hanya satu orang maka hanya orang itu saja yang wajib puasa. Mereka merujuk pada ayat : faman syahida minkumus Syahra falyasumhu. 6) Haji boleh dilakukan selama 4 bulan Haram yaitu : Muharram, Rajab, Dzulqadah dan Dzulhijjah. 7) Pakaian Ihram adalah pakaian orang Arab dan bikin repot. Oleh karena itu mereka menunaikan haji menggunakan baju biasa atau jas. 8) Rasul tetap diutus sampai hari Kiamat. 9) Nabi Muhammad tidak berhak menjelaskan tentang ajaran Al Quran (kandungan isi Al Quran). 10) Orang yang meninggal dunia tidak disholati karena tidak ada perintah di Al Quran.3. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Didirikan oleh Mendiang Nur Hasan Ubaidah Lubis (Luar Biasa), awalnya bernama Darul Hadits (DH) tahun 1951. Karena meresahkan masyarakat Jawa Timur maka DH dilarang oleh PAKEM - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Kemudian berganti nama menjadi Islam Jamaah. Banyak artis yang tertarik dengan ajaran ini antara lain karena adanya ajaran tebus dosa. Karena kembali meresahkan masyarakat di Jakarta akhirnya dilarang melalui SK Jaksa Agung RI No. Kep.-08/D.A/10.1971 tanggal 29 Oktober 1971. Karena dilarang, maka Imam Jamaah ini meminta perlindungan kepada Letjen. Ali Murtopo wakil Kepala Bakin yang terkenal sangat anti Islam. Setelah mendapat perlindungan maka menyatakan diri masuk Golkar dan berganti nama menjadi LEMKARI (Lembaga Karyawan Dakwah Islam). Karena meresahkan masyarakat Jawa Timur kemudian dibekukan oleh Gubernur Jawa Timur Sularso. Dalam mubes di Asrama Haji Pondok Gede tahun 1990, LEMKARI berganti nama menjadi LDII atas anjuran Mendagri Rudini agar tidak rancu dengan nama LEMKARI (Lembaga Karatedo Indonesia). Pokok-Pokok Ajaran Islam Jamaah / LDII: 1) Orang Islam di luar kelompok mereka adalah kafir dan najis, termasuk kedua orang tua sekalipun. 2) Kalau ada orang di luar kelompok mereka yang melakukan shalat di masjid mereka maka bekas tempat sholatnya dicuci karena dianggap sudah terkena najis. 3) Wajib taat pada amir atau Imam mereka. 4) Mati dalam keadaan belum baiat kepada Amir/Imam LDII maka akan mati jahiliyah (kafir). 5) Al Quran dan Hadits yang boleh diterima adalah yang mankul (yang keluar dari mulut Imam/Amir mereka) selain itu haram diikuti. 6) Haram mengaji Al Quran dan Hadits kecuali kepada Imam/Amir mereka. 7) Dosa bisa ditebus kepada sang Amir atau Imam dan besarnya tebusan tergantung besar kecilnya dosa yang diperbuat dan ditentukan oleh Amir/Imam. 8) Harus rajin membayar infak, shodaqoh dan zakat kepada Amir/Imam mereka.
  16. 16. Selain kepada mereka adalah haram. 9) Harta benda diluar kelompok mereka dianggap halal untuk diambil atau dimiliki dengan cara bagaimanapun, misalnya: merampok, mencuri, korupsi dll. asal tidak ketahuan. Bila berhasil menipu orang Islam diluar mereka dianggap berpahala besar. 10) Bila mencuri harta orang selain LDII ketahuan maka kesalahannya adalah ketahuan itu. 11) Harta, zakat, infaq dan shodaqoh yang sudah diberikan kepada Amir/Imam haram ditanyakan catatannya atau penggunaannya. 12) Haram membagikan daging Qurban/Zakat Fitrah kepada orang Islam diluar kelompoknya. 13) Haram shalat di belakang Imam yang bukan dari kelompok mereka, kalaupun terpaksa tidak perlu wudhu dan harus diulang. 14) Haram menikahi orang di luar kelompoknya. 15) Perempuan LDII kalau mau bertamu di rumah orang selain kelompoknya harus memilih waktu haid (dalam keadaan kotor). 16) Kalau ada orang di luar kelompok mereka bertamu ke rumah mereka maka bekas tempat duduknya harus di cuti karena dianggap najis.Imam mereka, Nur Hasan Ubaidah meninggal tanggal 31 Maret 1982 dalam kecelakaan lalu lintas antara Tegal Cirebon di dalam mercy Tiger B 8418 EW tatkala ingin menghadiri kampanye Golkar. Sang Imam meninggalkan harta yang banyak dan digantikan oleh putranya Abdu Dhohir dan dibaiat sebelum mayat ayahnya dikubur. Perwakilan gerakan ini berkembang hingga ke Amerika, Suriname, Australia, Jerman bahkan di Arab Saudi.4. Agama Ahmadiyah. Agama Qadian didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad di India. Mirza dianggap sebagai Nabi yang disejajarkan dengan Nabi Isa as., Nabi Musa as., Nabi Daud as. Agama ini bermaksud untuk menyaingi Kenabian Muhammad SAW. Ahmadiyah masuk Indonesia tahun 1935 dan tersebar. Pusatnya sekarang di Parung Bogor. Mempunyai majalah Nur Islam (sebagai pengganti Sinar Islam yang telah dilarang). Aliran ini sudah dilarang namun hanya secara lokal. MUI serta organisasi Islam lainnya telah mengirim surat kepada Pemerintah (Kejagung RI) tetapi belum mendapat tanggapan. Pokok-Pokok Ajaran Ahmadiyah: 1) Mirza Ghulam Ahmad mengaku dirinya Nabi dan Rasul utusan Tuhan. 2) Mengaku menerima wahyu di India. Kitab suci mereka bernama Tadzkirah. Isinya memutarbalikkan ayat-ayat suci Al Quran, ayat yang awal diputar ke belakang, ayat yang satu disambung ayat lainnya sesuai dengan selera nabi India tersebut. 3) Mengakui Kitab mereka sama sucinya dengan Al Quran. 4) Wahyu tetap turun sampai hari kiamat begitu juga Nabi dan Rasul diutus sampai hari kiamat. 5) Mempunyai tempat suci sendiri yaitu Qadian dan Rabwah. Nabi Mirza tidak pernah naik haji ke Makkah. 6) Mereka mempunyai surga sendiri yang letaknya di Qadian dan Rabwah dan sertifikat kapling surga tersebut di jual kepada jamaahnya dengan harga sangat mahal. 7) Wanita Ahmadiyah haram nikah dengan laki-laki bukan Ahmadiyah tetapi sebaliknya boleh. 8) Tidak boleh bermakmum dibelakang orang yang bukan Ahmadiyah. 9) Ahmadiyah mempunyai tanggal, bulan dan tahun sendiri yaitu Suluh, Tabliqh,
  17. 17. Aman, Syahadah, Hijrah, Ikhsan, Wafa, Zuhur, Tabuk, Ikha, Nubuwah, Fatah. Nama tahunnya adalah Hijri Syamsi (HS).5. Gerakan Syiah. Agama Syiah adalah agama dendam kesumat. Nabi pencetusnya adalah Abdullah bin Saba tokoh YAHUDI yang pura-pura masuk Islam di zaman Sahabat Nabi. Rukum Iman Agama Syiah tidak termasuk percaya kepada Qadha dan Qadar, yaitu : Percaya kepada keesaan Allah, Percaya kepada keadilan, Percaya kepada kenabian, Percaya kepada Imamah, Percaya kepada saah (hari kiamat). Karena tidak iman kepada Qadha dan Qadar itulah maka kematian cucu Rasulullah SAW, Husen di Padang Karbala, diratapi dari dulu hingga sekarang. Dalam meratapi, mereka memukul badan, dada dan kepala hingga berlumuran darah padahal tidak ada ajaran samawi yang membolehkan menganiaya diri karena mencintai seseorang. Ahlul baiyt (seisi rumah dengan Rasulullah SAW) menurut mereka adalah Ali bin Abi Thalib, Fatimah dan kedua puteranya, Hasan dan Husein. Sedangkan Khadijah yang begitu besar jasanya terhadap agama Islam tidak termasuk. Pokok-Pokok Ajaran Syiah: 1) Hadits tidak hanya dari Nabi Muhammad SAW saja tetapi juga dari ucapan para Imam mereka sampai hari kiamat. 2) Al Quran yang beredar sudah dipalsukan dan yang asli dibawa oleh Imam Muntadhar (yang ditunggu munculnya kembali di dunia). 3) Menghalalkan nikah Mutah (kawin kontrak / pelacuran mengatasnamakan agama) padahal sudah dilarang Islam. Banyak digandrungi oleh muda mudi atau pejabat yang kurang pengetahuan, padahal sama saja dengan zinah. 4) Syiah memandang Imam itu maksum. 5) Syiah memandang bahwa menegakkan agama adalah rukun agama. 6) Syiah menolak hadits yang tidak diriwayatkan oleh ahlul bait. 7) Tidak mengakui Abu Bakar, Umar dan Utsman Radhiyallahu anhum.Gerakan Syiah luar biasa aktif di Indonesia (karena banyak penduduk muslimnya namun kurang pengetahuan agamanya). Mereka pandai menempatkan orang-orangnya di posisi penting a.l. : DR. Jalaluddien Rahmat untuk menggarap keluarga mantan wapres Soedarmono serta kelompok elit di Kebayoran Baru dengan nama yayasan Pengajian Sehati. Ir. Haidar Bagir (pemimpin umum Republika untuk menggarap orang-orang dekat Habibie dan kelompok intelektual). Prof. DR. Quraisy Shihab yang menggarap tokoh agama yaitu untuk mementahkan keputusan-keputusan MUI jika ada keputusan MUI yang keras terhadap aliran sempalan. LPPI pernah mengeluarkan brosur kecil yang berjudul : Syiah dan Quraisy Shihab. Gerakan ini mempunyai yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan pesantren antara lain: Yayasan Muthohari Bandung Yayasan Al Muntadhor Jakarta Yayasan Mulla Sadra Bogor Yayasan Pesantren Yapi Bangil (IPANI : Ikatan Pemuda Ahlu Bait) Yayasan Muhibbin Probolinggo Pesantren Al Hadi Pekalongan Yayasan Yapisma Malang Yayasan Madinatul Ilmi Depok Yayasan Darul Habib Jakarta Yayasan Yasin Surabaya Yayasan Babul Ilmi Jakarta (Jatibening)
  18. 18. 6. Gerakan Lembaga Kerasulan (LK) Mereka berpendapat bahwa Rasul itu diutus sampai kiamat. Rasul itu personnya, oleh sebab itu harus ada lembaganya (sama dengan Menteri dengan Departemennya). Kalau Rasul meninggal maka harus ada Rasul baru yaitu Imam mereka. Tidak taat pada Imam mereka berarti tidak taat pada Rasul dan itu dosa besar. Gerakan ini ingin mendirikan NII (Negara Islam Indonesia) versi mereka sendiri dengan tokohnya : Aceng Syaifuddin. Pokok-Pokok Ajarannya: 1) Rasul diutus sampai hari kiamat. 2) Wajib baiat serta taat pada Imam. 3) Dosa bisa ditebus dengan uang kepada Imam. Besar kecilnya tergantung besar kecil dosa. 4) Di luar kelompok mereka adalah kafir. 5) Perkawinan harus dihadapan imam mereka dan diadakan oleh imam mereka. Sedangkan orang tua tidak perlu tahu. 6) Membagi periode Makkah dan Madinah. Sekarang dianggap masih periode Makkah, jadi belum wajib Sholat, puasa, haji serta belum diharamkan khamar dan minuman memabukkan lainnya. 7) Mengaji harus kepada Imam.7. Ajaran Lia Aminuddin, Agama Salamullah Lia Aminuddin, umur 51 tahun tinggal di Jl. Mahoni 30 Jakarta Pusat 10260. Ada beberapa buku yang sudah dikarang olehnya: 1) Perkenankan aku menjelaskan sebab taqdir. 2) Pancasila menuju Zam-zam 3) Lembaga Al Hira, fatwa Jibril as. VS fatwa MUI. 4) Puisi-puisi mendalami kerukunan Nasional. Pokok-Pokok Ajarannya: 1) Malaikat Jibril akan muncul lagi ke Bumi dan bersemayam di diri Lia, maka dimanapun Lia berada selalu bersama Malaikat Jibril as. 2) Lia mengakui menjadi juru bicara Jibris as. dan mengaku sebagai Nabi/Rasul. 3) Lia mengaku mendapatkan wahyu. 4) Lia mengaku mendapatkan mukjizat. 5) Agama yang dibawa oleh Lia bernama Salamullah / Agama Perenialisme yang menghimpun segala agama. 6) Lia mengaku sebagai Imam Mahdi. 7) Imam Mukti (anaknya) dianggap sebagai Nabi Isa as. 8) Abdul Rahman diyakini sebagai wasil/Imam besar. 9) Mencukur semua jenis rambut lalu membakarnya dianggap sebagai bentuk ibadah yang diperintahkan Jibris melalui Lia Aminuddin (seperti bayi yang baru lahir).8. Ajaran Bijak Bestari. Yayasan Imperium Zakita Mata di didirikan oleh HMA Bijak Bestari, lahir di Binjai, Sumatra Utara, 30 Maret 1943. Pokok-Pokok Ajarannya: 1) Mengaku bahwa HMA (Huwa Mujizatul Ala Allahu Akbar) itu Allah. Allah tertinggi. Allah itu Dzat yang menyeluruh. Pada Allah itu ada jabatan-jabatan. Ada Allahu Akbar ada Ar Rahman dan ada ayat kursi yang memiliki fungsi- fungsi. Diantara fungsi-fungsi itu, yang tertinggi adalah HMA. 2) Imperium Zakiya Makta Foundation milik HMA terbentuk atas dasar diturunkannya penugasan dari Allah yang Maha Besar mutlak 100% pada tanggal
  19. 19. 2 Mei 2001 pukul 00.00 WIB yang diterima langsung oleh HMA Bijak Bestari. 3) Imperium Zakiya Makta sebagai Pusat Komando, Deteksi dan Informasi Ghoib dan Ajaib yang mencakup alam semesta raya secara keseluruhan, mulai alam dimensi 1 sampai alam dimensi 900. Mengadakan apa yang disebut "Penafsiran Ghaib" dengan melakukan kontak gaib dengan pemimpin ayat masing-masing. Bila kita kontak, kita bisa tanyakan semua "Ini apa maksudnya?"Inti ajaran Zakiya Makta adalah keilmuan hiper metafisik yang merupakan jalan keluar untuk segala keperluan positif.9. Agama (faham) Bahai. Timbul dari kalangan Syiah di Iran pada abad 19. Pencetusnya adalah Mirza Ali Muhammad. Mendakwa dirinya sebagai Al Baab, artinya pintu, yaitu pintu yang menghubungkan manusia dengan iman yang hilang yang akan keluar pada akhir zaman. Ajarannya dinamakan Babiyah. Ia mengangkat dirinya sebagai Imam Mahdi. Setelah meninggal ajarannya dikembangkan oleh muridnya Mirza Husein Ali. Husein Ali juga mengangkat dirinya sebagai Nabi, juga Al Masih yang dijanjikan. Pokok-Pokok Ajaran: 1) Semua agama samawi (Yahudi, Islam, Kristen) itu sama karena berasal dari Tuhan yang sama, oleh karena itu ketiga agama tersebut harus disatukan, yang ada hanyalah dienullah (agama Tuhan) atau mereka sebut juga agama Internasional. 2) Ajaran Bahai merupakan campuran antara falsafah Pantaisme, ajaran Taurat, Injil dan Tasawwuf dalam Islam.Ajaran ini telah dilarang melalui SK Perdana Menteri RI No.112/PM/1959. Setelah mati selama 42 tahun, begitu Gus Dur terpilih menjadi Presiden RI, pengurus Bahai datang ke Presiden Gus Dur untuk melakukan lobi. Dan untuk diketahui aliran ini telah memberikan hidupnya untuk propaganda bagi kembalinya orang-orang Yahudi ke bumi Palestina.10. Tarekat Naqsyabandiyyah Mujaddadiyah. Prof. DR. Kadirun Yahya. Kadirun Yahya dilahirkan di Pangkan Brandan 20 Juni 1917. Pada dasarnya Kadirun Yahya adalah seorang ilmuwan di bidang Fisika, Kimia dan Filsafat. Perkenalannya dengan ajaran Tarekat Naqhsabandiyyah di mulai pada tahun 1941 di Sumut bersama Syekh Syahbuddin. Lalu berguru degnan Syekh Muhammad Hasyim Buayan. Ia mengklaim bahwa ajaran "metafisika" yang dianutnya merupakan ajaran Rasulullah SAW yang diwariskan kepadanya berasal dari Jabal Qubais. Pokok-Pokok Ajaran: 1) KH. Hasyim, gurunya, berkata "aku tadi telah meninggal 4 jam, tetapi aku permisi pada Tuhan Allah untuk hidup lagi agak sebentar, karena ada lagi yang lupa belum aku turunkan pada anak." Beberapa hari setelah itu sang guru berpulang. Tenaga Allah adalah ibarat listrik dan wasilah, pengantar atau ibarat saluran yang menghubungkan antara manusia dan Allah melalui Mursyid dan silsilahnya serupa kawat listrik. 2) Untuk tujuan tertentu, ia memakai sebuah tongkat. Dengan tongkat tersebut ia dapat langsung memusatkan energi Ilahi ke arah obyek yang ia tuju. Ia bisa mematikan yang hidup dan menghidupkan yang mati. Untuk tujuan lain, air atau batu yang telah disalurkan padanya kalimah Allah, dapat dipakai sebagai kondensator yang berisi energi Ilahi yang sama. 3) Ilmu Tasawwuf dan Sufi adalah satu ilmu dalam agama Islam yang sangat
  20. 20. dalam dan sangat halus. Yang mampu menembus ke dalam alam bil ghaib, alam batin, yang sudah jelas sulit diilmiahkan, apalagi di zaman dahulu kala. Dzikrullah dengan metode tarekatullah ialah dzikrullah yang mampu langsung mendorong turunnya dzikrullah Maha Suci, Maha Akbar dari sisi Allah SWT.11. JIL (Jaringan Islam Liberal) adalah kemasan dari kelompok lama yang orang-orangnya dikenal nyeleneh. Kelompok nyeleneh itu setelah berhasil memposisikan orang-orangya dalam jajaran yang mereka sebut pembaharu atau modernis. Mula-mula yang dilakukan adalah mengacaukan istilah. Mendiang Dr. Harun Nasution Direktur Pasca Sarjana IAIN Jakarta berhasil mengelabui para mahasiswa perguruan tinggi Islam di Indonesia dengan cara mengacaukan istilah. Yaitu memposisikan orang-orang yang nyeleneh sebagai Pembaharu. Diantaranya Rifaat At-Thahthawi (orang Mesir alumni Paris yang menghalalkan dansa-dansi laki perempuan campur aduk) oleh Harun diangkat sebagai pembaharu dan bahkan dibilang sebagai pembuka pintu ijtihad. Pemutarbalikan fakta ini dilakukan secara resmi di IAIN antara lain melalui bukunya "Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, terbit 1975). Pengacauan istilah lainnya dilakukan oleh Nurcholish Madjid yang belajar Islam (kepada dosen-dosen Yahudi) di perguruan tinggi Amerika, Chicago - dengan cara mengembalikan istilah kepada bahasa lalu diselewengkan artinya, persis seperti dilakukan Darmogandul dan Gatoloco : yaitu sosok penentang dan penolak syariat Islam di Jawa. Nurcholish menempuh : Islam dikembalikan kepada al Din, kemudian diberi makna yaitu hanyalah agama (tidak punya urusan dengan kehidupan dunia, bernegara) lalu dari pemaknaan itu menolak diterapkannya syariat Islam dalam kehidupan. Mari kita simak kutipan tulisan Nurcholish sbb: "sudah jelas, bahwa fikih itu, meskipun telah ditangani oleh kaum reformis, sudah kehilangan relevansinya dengan pola kehidupan zaman sekarang. Sedangkan perubahan secara total agar sesuai dengan pola kehidupan modern, memerlukan pengetahuan yang menyeluruh tentang kehidupan modern dalam segala aspeknya, sehingga tidak hanya menjadi kompetensi dan kepentingan umat Islam saja, melainkan juga orang-orang lain. Maka, hasilnya pun tidak perlu hanya merupakan hukum Islam, melainkan hukum yang meliputi semua orang, untuk mengatur kehidupan bersama." Tanggapan : menganggap fiqh telah kehilangan relevansinya adalah satu pengingkaran. Bagaimana umat Islam bisa berwudhu, sholat, zakat, puasa, nikah, waris dan mengetahui halal/haram jika fiqh telah tidak relevan? Faham JIL mudahnya, menjurus pada sekularisme, inklusifisme dan pluralisme agama (menganggap semua agama itu sejajar, paralel dan prinsipnya sama hanya beda teknis) dan kita tidak boleh memandang agama lain dengan memakai agama yang kita peluk (ini lebih jauh lagi pemurtadannya). Ahmad Wahib, yang mengaku sekian tahun diasuh oleh pendeta dan romo, fahamnya menafikan Quran dan Hadits, yaitu: "Menurut saya sumber-sumber pokok untuk mengetahui Islam atau katakanlah bahan-bahan dasar ajaran Islam, bukanlah dengan Quran dan Hadits melainkan Sejarah Muhammad." Jadi Al Quran dan Hadits dia anggap hanya sebagian dari sumber sejarah Muhammad, jadi hanya bagian dari sumber ajaran Islam, yaitu Sejarah Muhammad. Al Quran disejajarkan dengan iklim Arab, adat istiadat Arab dan lain-lain. Jadi Al Quran dan Hadits dianggap bukan landasan Islam, hanya setingkat adat Arab saja.Tokoh-tokohnya LIBERAL: Abdurrahman Wahid - The Wahid Institute Nurcholish Madjid - Paramadina Jakarta Komaruddin Hidayat - Rektor UIN Jakarta Charles Kurzman - University North
  21. 21. Carolina Azyumardi Azra - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Abdallah Laroui - Muhammad V University Maroko Nasaruddin Umar - Rektor PTIQ (BIMAS DEPAG RI) Masdar F. Masudi - Pusat Pengembangan Pesantren dan Masyarakat Jakarta Goenawan Mohammad - Majalah Tempo Edward Said Djohan Effendi - Deakin University Australia Abdullah ahmad an-Naim - University of Khartoum Sudan Jalaludin Rahmat, Yayasan Muthahhari Bandung Asghar Ali Engineer Nasaruddin Umar - IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta >li>Komaruddin Hidayat - Paramadina Said Agil Siraj - PBNU Denny JA, Univ. Jayabaya Rizal Mallarangeng - CSIS Budi Munawar Rahman - Paramadina Taufiq Adnan Amal - IAIN Alauddin Makassar Hamid Basyaib - Yayasan Aksara Ulil Abshar Abdalla - Lakpesdam NU Luthfi Assyaukanie - Paramadina Ade Armando - UI Syamsurizal Panggabean - UGM Ihsan Ali Fauzi - Ohio University Syaiful Mujani - Ohio University Mohammad Arkoun - University of Sorbone Perancis Sadeq Jalal Azam - Damascus University Suriah12. PADEPOKAN THAHA (Itsbatuliyah). adalah sekte sesat yang bernuansakan lintas Agama. Beralamat di Jl.Senopati Depan POM Bensin Senopati Jakarta. Pimpinannya adalah Rahmat Hidayat, Pegawai PLN. Pokok-Pokok Ajarannya:1) Mempercayai Trinitas Kristen sebagai Nur Allah (bapa), Nur Muhammad (rohkudus), dan Nur Insani (anak); 2) menyebut Yoni Yoga sebagai Miraj bertemu tuhan,3) Meremehkan miraj Nabi Muhammad, dikatakan bahwa miraj nabi Muhammadsama seperti yang dilakukan oleh Rahmat dan murid-murid padepokan thaha, yaituyoni yoga,4) mengajarkan prosesi bertemu tuhan yang disebut dengan tawajjuh;5) menyamakan tawajjuh dengan Baptis bagi yang kristen,6) dalam pra tawajjuh dibahas ayat-ayat marifatullah yang diambil dari nukilanterjemahan ayat-ayat quran yang sudah dirubah versi padepokan thaha, contoh:Rasulullah (diganti guru, yang dimaksud adalah Rahmat hidayat)
  22. 22. , 7) Ayat-ayat Marifatullah juga mengambil dari Al-Kitab Kristen, 8) Menerima murid-murid dari berbagai agama menjadi satu majelis dan pengajian,9) Mencampuradukkkan antara ajaran Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Kejawen,10) Menganggap kelompoknya sebagai ahli Marifat, dan menyesatkan sertamengkafirkan orang-orang yang tidak tawajjuh ke gurunya, 11) mengajarkan doa 30, 20, 10 dengan membolak-balik al-quran, dan ini adalahdoa sihir dari Iblis, karena Nabi Muhammad tidak pernah mengajarkannya dan tidakada satupun hadits yang menerangkan tentang doa 30,20,10 (ini suatu kedustaan yangamat besar), 12) menyebut asistennya sebagai buraq, padahal buraq adalah kendaraan NabiMuhammad untuk Isra,13) tawajjuh sering disebut hajji hakikat, sholat hakikat, puasa hakikat, zakat hakikat.jadi tidak perlu lagi haji ke Makkah, sholat 5 waktu, puasa dan zakat, 14) Jamaah wanita padepokan thaha banyak yang membuka aurat, tidak berjilbab,merokok, ikhtilath antara laki dan perempuan jadi satu,15) Setiap murid yang minta doa, dikenakan kaffarah (iuran yang besarnyaditentukan oleh pimpinan),16) Cahaya yang dia lihat saat menutup 7 lubang dianggap tuhan. Padahal dalamilmu kedokteran namanya radiasi cahaya, atau kunang-kunang,17) menyebut Nabi Muhammad manusia biasa, sedangkan yang sejati adalah NurMuhammad, 18) menyebut Nabi muhammad dengan sebutan si Muhammad, sedangkan ketikamenyebut pimpinannya dengan sebutan Kanjeng Kyai Ageng.19) Pimpinan padepokan Thaha telah mentawajjuh 15 orang dari Kristen danAmerika, sehingga mendapat penghargaan dari Paus di Patikan sebagai TokohAgama Liberal Pluralis, 20) Melakukan penafsiran sembarangan tanpa kaidah-kaidah Syariyyah terhadapquran sebagaimana yang dipraktekkan oleh jamaah Thaha dengan Dialog Quran atauIQRO.21) Sebagian besar anggota padepokan thaha yang tadinya Islam sudah tidak maumengerjakan sholat lagi, dan lebih mementingkan Yoni Yoga (Miraj), 22) Melakukan Istiqamah dalam Yoni Yoga, yang dikenal Istiqamah 1 sampaiIstiqamah 8, (Tidak diterangkan dalam Quran dan Hadits Nabi),23) Sangat eksklusif dan menutup diri, menyembunyikan kesesatannya, takutdiketahui banyak orang,24) Menjual Spiritual bukan mencerahkan dengan spiritual.
  23. 23. Macam-Macam Aliran SesatPerbedaan Pendapat dan PerpecahanSesungguhnya ikhtilaf (perbedaan pendapat) adalah sunatullah namun Ikhtilaf yangmembawa iftiraq (perpecahan) itulah yang dicela oleh Allah SWT.Sebab timbulnya iftiraq pada mulanya terjadi karena sebab yang sepele. Namun karenapelakunya mengedepankan hawa nafsu maka hal sepele menjadi besar dan berakibat padaperselisihan dan perpecahan.Secara garis besar di antara sebab munculnya Al Firaq Al Islamiyah (seperti : Khawarij,Syiah, Mutazilah, Murjiah, dll.) adalah: 1. Ghuluw (berlebih-lebihan dalam bersikap), contoh : Khawarij berangkat dari pemahaman yang berlebihan terhadap ayat-ayat waid (ancaman) sehingga mereka mengkafirkan kaum Muslimin yang melakukan dosa besar. Sedang Syiah muncul karena sikap yang berlebihan dalam mencintai sebagian sahabat Rasul yaitu Ali ra dan para Ahlul Bait. 2. Membantah bidah dengan bidah yang semisal, contoh : Murjiah ingin mencounter Khawarij yang berlebih-lebihan dalam menghukumi pelaku dosa besar namun akhirnya mereka terjerumus pada bidah baru yaitu menganggap pelaku dosa besar sebagai mukmin dengan keimanan yang sempurna. 3. Pengaruh dari luar Islam, contoh : Syiah, karena muassis (gembong)nya adalah Yahudi yaitu Abdulah bin Saba. Begitu juga Qodariyah, pencetusnya adalah seorang Nashrani, Jahmiyyah pencetusnya Yahudi. 4. Mengedepankan akal. 5. Filsafat Yunani, contoh : Mutazilah banyak dipengaruhi oleh filsafat Yunani.Selain itu ada yang disebabkan oleh 1) Ulama yang beraqidah menyimpang, 2) kebodohankaum Muslimin. 3) Tidak memiliki standar pemahaman yang benar. 4) Ikhtilaf yangdidasari hawa nafsu. 5) Rasa Ashabiyah (fanatisme golongan). 6) Hasad (dengki) 7)Kecenderungan menyuburkan bidah dan hawa nafsu. 8) Menuhankan akal danmenomorduakan naql (dalil). 9) Pengaruh eksternal.Berbagai aliran sesat di dalam Islam : 1. Aliran Pembaharu Isa Bugis Isa Bugis lahir tahun 1926 di kota Bhakti Aceh Pidie. Isa Bugis ingin menerjemahkan dan menganalisa agama Islam berdasarkan teori pertentangan antara dua hal. Seperti misalnya ideologi komunis dengan kapitalis, antara nur dan kegelapan. Ia berusaha untuk mengilmiahkan agama dan kekuasaan Tuhan dan akan menolak semua hal-hal yang tidak bisa diilmiahkan atau tidak bisa diterima akal. Oleh karena itu ajaran Isa Bugis ini banyak diikuti oleh para intelek yang
  24. 24. cenderung lebih menggunakan akal dan pikiran. Pokok-Pokok Ajaran Isa Bugis: i. Air Zam-zam di Makkah adalah air bekas bangkai orang Arab. ii. Semua tafsir Al Quran yang ada sekarang harus dimuseumkan karena semuanya salah. iii. Menolak semua mukjizat para Nabi dan Rasul, seperti kisah Nabi Musa as membelah laut dengan tongkatnya dalam Al Quran adalah dongeng lampu Aladin. iv. Nabi Ibrahim as menyembelih Ismail adalah dongeng. v. Kabah adalah kubus berhala yang dikunjungi oleh turis setiap tahun. vi. Ilmu Fiqih, Ilmu Tauhid, dan sejenisnya adalah syirik. Ulama yang mengajarkan ilmu ini harus disingkirkan ke Pulau Seribu. vii. Al Quran bukan bahasa Arab, sehingga untuk memahami Al Quran tidak perlu belajar bahasa Arab, tata bahasa Arab dan sejenisnya. viii. Setiap orang yang intelek diberi kebebasan untuk menafsirkan Al Quran walau tidak mengerti bahasa Arab. ix. Ajaran Nabi Muhammad adalah pembangkit imperialisme Arab. x. Ajaran Qurban pada waktu Iedhul Adha tidak ada dasar kebenarannya. xi. Mubaligh-mubaligh Islam yang menyebarkan agama ke luar tanah Arab adalah pemabuk dzulumat yang haus darah dan harta. xii. Indonesia adalah diantara dari sekian banyak korban dari kebiadaban Arabisme. xiii. Lembaga Pembaharu (yang dipimpin oleh Isa Bugis) adalah Nur, sedangkan orang atau golongan di luar itu adalah Dzulumat, sesat serta kafir. xiv. Sekarang masih periode Makkah sehingga belum diwajibkan shalat, puasa dll. Begitu juga minuman yang memabukkan seperti khamar dan sejenisnya belum diharamkan.2. Faham Inkar Sunnah Faham sesat ini mucul sekitar tahun 1980-an. Mereka menamakan pengajian yang mereka adakan dengan sebutan kelompok Qurani (kelompok pengikut Al Quran). Tokohnya antara lain Luqman Saad Direktur perusahaan penerbitan PT. Ghalia. Pada awalnya Luqman Saad merintis usaha percetakannya dengan tangan. Namun ketika ia bolak-balik ke Belanda untuk suatu urusan yang tidak diketahui kemudian ia memiliki peralatan modern yang didatangkan dari negeri Belanda. Dengan mesin cetaknya itulah ia banyak mencetak buku-buku yang berisi ajaran sesat Inkarus Sunnah. Selain itu juga Ir. Irham Sutarto ketua serikat buruh PT. Unilever (Belanda). Tidakkah ini merupakan permainan orang Yahudi di Belanda dalam menghancurkan Islam di Indonesia? Setelah dilakukan pelacakan akhirnya ditemukan dedengkotnya adalah Marinus Taka keturunan Indo Jerman yang tinggal di Jalan Sambas 4 No.54 Depok Lama daerah dimana banyak bermukim peranakan Belanda dengan gerejanya yang terpadat untuk seluruh Indonesia. Marinus Taka mengaku bisa membaca Al Quran tanpa belajar dan tanggal 4 Juni 1983 ditangkap oleh Kodim Jakarta Utara.
  25. 25. Pokok-Pokok Ajaran Inkarus Sunnah: i. Tidak percaya kepada semua hadits Rasulullah SAW, menurut mereka hadits itu bikinan Yahudi untuk menghancurkan Islam dari dalam. ii. Dasar hukum dalam Islam hanya Al Quran saja. iii. Syahadat mereka : Insyahadu bianna Muslimun. iv. Shalat mereka macam-macam ada yang dua rokaat-dua rokaat dan ada juga yang shalatnya hanya eling saja. v. Puasa wajib bagi mereka yang melihat bulan saja, kalau yang lihat bulan hanya satu orang maka hanya orang itu saja yang wajib puasa. Mereka merujuk pada ayat : faman syahida minkumus Syahra falyasumhu. vi. Haji boleh dilakukan selama 4 bulan Haram yaitu : Muharram, Rajab, Dzulqadah dan Dzulhijjah. vii. Pakaian Ihram adalah pakaian orang Arab dan bikin repot. Oleh karena itu mereka menunaikan haji menggunakan baju biasa atau jas. viii. Rasul tetap diutus sampai hari Kiamat. ix. Nabi Muhammad tidak berhak menjelaskan tentang ajaran Al Quran (kandungan isi Al Quran). x. Orang yang meninggal dunia tidak disholati karena tidak ada perintah di Al Quran.3. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Didirikan oleh Mendiang Nur Hasan Ubaidah Lubis (Luar Biasa), awalnya bernama Darul Hadits (DH) tahun 1951. Karena meresahkan masyarakat Jawa Timur maka DH dilarang oleh PAKEM - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Kemudian berganti nama menjadi Islam Jamaah. Banyak artis yang tertarik dengan ajaran ini antara lain karena adanya ajaran tebus dosa. Karena kembali meresahkan masyarakat di Jakarta akhirnya dilarang melalui SK Jaksa Agung RI No. Kep.-08/D.A/10.1971 tanggal 29 Oktober 1971. Karena dilarang, maka Imam Jamaah ini meminta perlindungan kepada Letjen. Ali Murtopo wakil Kepala Bakin yang terkenal sangat anti Islam. Setelah mendapat perlindungan maka menyatakan diri masuk Golkar dan berganti nama menjadi LEMKARI (Lembaga Karyawan Dakwah Islam). Karena meresahkan masyarakat Jawa Timur kemudian dibekukan oleh Gubernur Jawa Timur Sularso. Dalam mubes di Asrama Haji Pondok Gede tahun 1990, LEMKARI berganti nama menjadi LDII atas anjuran Mendagri Rudini agar tidak rancu dengan nama LEMKARI (Lembaga Karatedo Indonesia). Pokok-Pokok Ajaran Islam Jamaah / LDII: i. Orang Islam di luar kelompok mereka adalah kafir dan najis, termasuk kedua orang tua sekalipun. ii. Kalau ada orang di luar kelompok mereka yang melakukan shalat di masjid mereka maka bekas tempat sholatnya dicuci karena dianggap sudah terkena najis. iii. Wajib taat pada amir atau Imam mereka.
  26. 26. iv. Mati dalam keadaan belum baiat kepada Amir/Imam LDII maka akan mati jahiliyah (kafir). v. Al Quran dan Hadits yang boleh diterima adalah yang mankul (yang keluar dari mulut Imam/Amir mereka) selain itu haram diikuti. vi. Haram mengaji Al Quran dan Hadits kecuali kepada Imam/Amir mereka. vii. Dosa bisa ditebus kepada sang Amir atau Imam dan besarnya tebusan tergantung besar kecilnya dosa yang diperbuat dan ditentukan oleh Amir/Imam. viii. Harus rajin membayar infak, shodaqoh dan zakat kepada Amir/Imam mereka. Selain kepada mereka adalah haram. ix. Harta benda diluar kelompok mereka dianggap halal untuk diambil atau dimiliki dengan cara bagaimanapun, misalnya: merampok, mencuri, korupsi dll. asal tidak ketahuan. Bila berhasil menipu orang Islam diluar mereka dianggap berpahala besar. x. Bila mencuri harta orang selain LDII ketahuan maka kesalahannya adalah ketahuan itu. xi. Harta, zakat, infaq dan shodaqoh yang sudah diberikan kepada Amir/Imam haram ditanyakan catatannya atau penggunaannya. xii. Haram membagikan daging Qurban/Zakat Fitrah kepada orang Islam diluar kelompoknya. xiii. Haram shalat di belakang Imam yang bukan dari kelompok mereka, kalaupun terpaksa tidak perlu wudhu dan harus diulang. xiv. Haram menikahi orang di luar kelompoknya. xv. Perempuan LDII kalau mau bertamu di rumah orang selain kelompoknya harus memilih waktu haid (dalam keadaan kotor). xvi. Kalau ada orang di luar kelompok mereka bertamu ke rumah mereka maka bekas tempat duduknya harus di cuti karena dianggap najis. Imam mereka, Nur Hasan Ubaidah meninggal tanggal 31 Maret 1982 dalam kecelakaan lalu lintas antara Tegal Cirebon di dalam mercy Tiger B 8418 EW tatkala ingin menghadiri kampanye Golkar. Sang Imam meninggalkan harta yang banyak dan digantikan oleh putranya Abdu Dhohir dan dibaiat sebelum mayat ayahnya dikubur. Perwakilan gerakan ini berkembang hingga ke Amerika, Suriname, Australia, Jerman bahkan di Arab Saudi.4. Agama Ahmadiyah Agama Qadian didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad di India. Mirza dianggap sebagai Nabi yang disejajarkan dengan Nabi Isa as., Nabi Musa as., Nabi Daud as. Agama ini bermaksud untuk menyaingi Kenabian Muhammad SAW. Ahmadiyah masuk Indonesia tahun 1935 dan tersebar. Pusatnya sekarang di Parung Bogor. Mempunyai majalah Nur Islam (sebagai pengganti Sinar Islam yang telah dilarang). Aliran ini sudah dilarang namun hanya secara lokal. MUI serta organisasi Islam lainnya telah mengirim surat kepada Pemerintah (Kejagung RI) tetapi belum mendapat tanggapan.
  27. 27. Pokok-Pokok Ajaran Ahmadiyah: i. Mirza Ghulam Ahmad mengaku dirinya Nabi dan Rasul utusan Tuhan. ii. Mengaku menerima wahyu di India. Kitab suci mereka bernama Tadzkirah. Isinya memutarbalikkan ayat-ayat suci Al Quran, ayat yang awal diputar ke belakang, ayat yang satu disambung ayat lainnya sesuai dengan selera nabi India tersebut. iii. Mengakui Kitab mereka sama sucinya dengan Al Quran. iv. Wahyu tetap turun sampai hari kiamat begitu juga Nabi dan Rasul diutus sampai hari kiamat. v. Mempunyai tempat suci sendiri yaitu Qadian dan Rabwah. Nabi Mirza tidak pernah naik haji ke Makkah. vi. Mereka mempunyai surga sendiri yang letaknya di Qadian dan Rabwah dan sertifikat kapling surga tersebut di jual kepada jamaahnya dengan harga sangat mahal. vii. Wanita Ahmadiyah haram nikah dengan laki-laki bukan Ahmadiyah tetapi sebaliknya boleh. viii. Tidak boleh bermakmum dibelakang orang yang bukan Ahmadiyah. ix. Ahmadiyah mempunyai tanggal, bulan dan tahun sendiri yaitu Suluh, Tabliqh, Aman, Syahadah, Hijrah, Ikhsan, Wafa, Zuhur, Tabuk, Ikha, Nubuwah, Fatah. Nama tahunnya adalah Hijri Syamsi (HS).5. Gerakan Syiah Agama Syiah adalah agama dendam kesumat. Nabi pencetusnya adalah Abdullah bin Saba tokoh YAHUDI yang pura-pura masuk Islam di zaman Sahabat Nabi. Rukum Iman Agama Syiah tidak termasuk percaya kepada Qadha dan Qadar, yaitu : Percaya kepada keesaan Allah, Percaya kepada keadilan, Percaya kepada kenabian, Percaya kepada Imamah, Percaya kepada saah (hari kiamat). Karena tidak iman kepada Qadha dan Qadar itulah maka kematian cucu Rasulullah SAW, Husen di Padang Karbala, diratapi dari dulu hingga sekarang. Dalam meratapi, mereka memukul badan, dada dan kepala hingga berlumuran darah padahal tidak ada ajaran samawi yang membolehkan menganiaya diri karena mencintai seseorang. Ahlul baiyt (seisi rumah dengan Rasulullah SAW) menurut mereka adalah Ali bin Abi Thalib, Fatimah dan kedua puteranya, Hasan dan Husein. Sedangkan Khadijah yang begitu besar jasanya terhadap agama Islam tidak termasuk. Pokok-Pokok Ajaran Syiah: i. Hadits tidak hanya dari Nabi Muhammad SAW saja tetapi juga dari ucapan para Imam mereka sampai hari kiamat. ii. Al Quran yang beredar sudah dipalsukan dan yang asli dibawa oleh Imam Muntadhar (yang ditunggu munculnya kembali di dunia). iii. Menghalalkan nikah Mutah (kawin kontrak / pelacuran mengatasnamakan agama) padahal sudah dilarang Islam. Banyak digandrungi oleh muda mudi atau pejabat yang kurang pengetahuan, padahal sama saja dengan zinah.
  28. 28. iv. Syiah memandang Imam itu maksum. v. Syiah memandang bahwa menegakkan agama adalah rukun agama. vi. Syiah menolak hadits yang tidak diriwayatkan oleh ahlul bait. vii. Tidak mengakui Abu Bakar, Umar dan Utsman Radhiyallahu anhum. Gerakan Syiah luar biasa aktif di Indonesia (karena banyak penduduk muslimnya namun kurang pengetahuan agamanya). Mereka pandai menempatkan orang- orangnya di posisi penting a.l. : DR. Jalaluddien Rahmat untuk menggarap keluarga mantan wapres Soedarmono serta kelompok elit di Kebayoran Baru dengan nama yayasan Pengajian Sehati. Ir. Haidar Bagir (pemimpin umum Republika untuk menggarap orang-orang dekat Habibie dan kelompok intelektual). Prof. DR. Quraisy Shihab yang menggarap tokoh agama yaitu untuk mementahkan keputusan-keputusan MUI jika ada keputusan MUI yang keras terhadap aliran sempalan. LPPI pernah mengeluarkan brosur kecil yang berjudul : Syiah dan Quraisy Shihab. Gerakan ini mempunyai yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan pesantren antara lain: viii. Yayasan Muthohari Bandung ix. Yayasan Al Muntadhor Jakarta x. Yayasan Mulla Sadra Bogor xi. Yayasan Pesantren Yapi Bangil (IPANI : Ikatan Pemuda Ahlu Bait) xii. Yayasan Muhibbin Probolinggo xiii. Pesantren Al Hadi Pekalongan xiv. Yayasan Yapisma Malang xv. Yayasan Madinatul Ilmi Depok xvi. Yayasan Darul Habib Jakarta xvii. Yayasan Yasin Surabaya xviii. Yayasan Babul Ilmi Jakarta (Jatibening)6. Gerakan Lembaga Kerasulan (LK) Mereka berpendapat bahwa Rasul itu diutus sampai kiamat. Rasul itu personnya, oleh sebab itu harus ada lembaganya (sama dengan Menteri dengan Departemennya). Kalau Rasul meninggal maka harus ada Rasul baru yaitu Imam mereka. Tidak taat pada Imam mereka berarti tidak taat pada Rasul dan itu dosa besar. Gerakan ini ingin mendirikan NII (Negara Islam Indonesia) versi mereka sendiri dengan tokohnya : Aceng Syaifuddin. Pokok-Pokok Ajarannya: i. Rasul diutus sampai hari kiamat. ii. Wajib baiat seta taat pada Imam. iii. Dosa bisa ditebus dengan uang kepada Imam. Besar kecilnya tergantung
  29. 29. besar kecil dosa. iv. Di luar kelompok mereka adalah kafir. v. Perkawinan harus dihadapan imam mereka dan diadakan oleh imam mereka. Sedangkan orang tua tidak perlu tahu. vi. Membagi periode Makkah dan Madinah. Sekarang dianggap masih periode Makkah, jadi belum wajib Sholat, puasa, haji serta belum diharamkan khamar dan minuman memabukkan lainnya. vii. Mengaji harus kepada Imam.7. Ajaran Lia Aminuddin, Agama Salamullah Lia Aminuddin, umur 51 tahun tinggal di Jl. Mahoni 30 Jakarta Pusat 10260. Ada beberapa buku yang sudah dikarang olehnya: i. Perkenankan aku menjelaskan sebab taqdir. ii. Pancasila menuju Zam-zam iii. Lembaga Al Hira, fatwa Jibril as. VS fatwa MUI. iv. Puisi-puisi mendalami kerukunan Nasional. Pokok-Pokok Ajarannya: v. Malaikat Jibril akan muncul lagi ke Bumi dan bersemayam di diri Lia, maka dimanapun Lia berada selalu bersama Malaikat Jibril as. vi. Lia mengakui menjadi juru bicara Jibris as. dan mengaku sebagai Nabi/Rasul. vii. Lia mengaku mendapatkan wahyu. viii. Lia mengaku mendapatkan mukjizat. ix. Agama yang dibawa oleh Lia bernama Salamullah / Agama Perenialisme yang menghimpun segala agama. x. Lia mengaku sebagai Imam Mahdi. xi. Imam Mukti (anaknya) dianggap sebagai Nabi Isa as. xii. Abdul Rahman diyakini sebagai wasil/Imam besar. xiii. Mencukur semua jenis rambut lalu membakarnya dianggap sebagai bentuk ibadah yang diperintahkan Jibris melalui Lia Aminuddin (seperti bayi yang baru lahir).8. Ajaran Bijak Bestari Yayasan Imperium Zakita Mata di didirikan oleh HMA Bijak Bestari, lahir di Binjai, Sumatra Utara, 30 Maret 1943. Pokok-Pokok Ajarannya: i. Mengaku bahwa HMA (Huwa Mujizatul Ala Allahu Akbar) itu Allah. Allah tertinggi. Allah itu Dzat yang menyeluruh. Pada Allah itu ada jabatan-jabatan. Ada Allahu Akbar ada Ar Rahman dan ada ayat kursi
  30. 30. yang memiliki fungsi-fungsi. Diantara fungsi-fungsi itu, yang tertinggi adalah HMA. ii. Imperium Zakiya Makta Foundation milik HMA terbentuk atas dasar diturunkannya penugasan dari Allah yang Maha Besar mutlak 100% pada tanggal 2 Mei 2001 pukul 00.00 WIB yang diterima langsung oleh HMA Bijak Bestari. iii. Imperium Zakiya Makta sebagai Pusat Komando, Deteksi dan Informasi Ghoib dan Ajaib yang mencakup alam semesta raya secara keseluruhan, mulai alam dimensi 1 sampai alam dimensi 900. Mengadakan apa yang disebut "Penafsiran Ghaib" dengan melakukan kontak gaib dengan pemimpin ayat masing-masing. Bila kita kontak, kita bisa tanyakan semua "Ini apa maksudnya?" Inti ajaran Zakiya Makta adalah keilmuan hiper metafisik yang merupakan jalan keluar untuk segala keperluan positif.9. Agama (faham) Bahai Timbul dari kalangan Syiah di Iran pada abad 19. Pencetusnya adalah Mirza Ali Muhammad. Mendakwa dirinya sebagai Al Baab, artinya pintu, yaitu pintu yang menghubungkan manusia dengan iman yang hilang yang akan keluar pada akhir zaman. Ajarannya dinamakan Babiyah. Ia mengangkat dirinya sebagai Imam Mahdi. Setelah meninggal ajarannya dikembangkan oleh muridnya Mirza Husein Ali. Husein Ali juga mengangkat dirinya sebagai Nabi, juga Al Masih yang dijanjikan. Pokok-Pokok Ajaran: i. Semua agama samawi (Yahudi, Islam, Kristen) itu sama karena berasal dari Tuhan yang sama, oleh karena itu ketiga agama tersebut harus disatukan, yang ada hanyalah dienullah (agama Tuhan) atau mereka sebut juga agama Internasional. ii. Ajaran Bahai merupakan campuran antara falsafah Pantaisme, ajaran Taurat, Injil dan Tasawwuf dalam Islam. Ajaran ini telah dilarang melalui SK Perdana Menteri RI No.112/PM/1959. Setelah mati selama 42 tahun, begitu Gus Dur terpilih menjadi Presiden RI, pengurus Bahai datang ke Presiden Gus Dur untuk melakukan lobi. Dan untuk diketahui aliran ini telah memberikan hidupnya untuk propaganda bagi kembalinya orang-orang Yahudi ke bumi Palestina.10. Tarekat Naqsyabandiyyah Prof. DR. Kadirun Yahya. Kadirun Yahya dilahirkan di Pangkan Brandan 20 Juni 1917. Pada dasarnya Kadirun Yahya adalah seorang ilmuwan di bidang Fisika, Kimia dan Filsafat. Perkenalannya dengan ajaran Tarekat Naqhsabandiyyah di mulai pada tahun 1941 di Sumut bersama Syekh Syahbuddin. Lalu berguru degnan Syekh Muhammad Hasyim Buayan. Ia mengklaim bahwa ajaran "metafisika" yang dianutnya
  31. 31. merupakan ajaran Rasulullah SAW yang diwariskan kepadanya berasal dari Jabal Qubais. Pokok-Pokok Ajaran: i. KH. Hasyim, gurunya, berkata "aku tadi telah meninggal 4 jam, tetapi aku permisi pada Tuhan Allah untuk hidup lagi agak sebentar, karena ada lagi yang lupa belum aku turunkan pada anak." Beberapa hari setelah itu sang guru berpulang. ii. Tenaga Allah adalah ibarat listrik dan wasilah, pengantar atau ibarat saluran yang menghubungkan antara manusia dan Allah melalui Mursyid dan silsilahnya serupa kawat listrik. iii. Untuk tujuan tertentu, ia memakai sebuah tongkat. Dengan tongkat tersebut ia dapat langsung memusatkan energi Ilahi ke arah obyek yang ia tuju. Ia bisa mematikan yang hidup dan menghidupkan yang mati. Untuk tujuan lain, air atau batu yang telah disalurkan padanya kalimah Allah, dapat dipakai sebagai kondensator yang berisi energi Ilahi yang sama. iv. Ilmu Tasawwuf dan Sufi adalah satu ilmu dalam agama Islam yang sangat dalam dan sangat halus. Yang mampu menembus ke dalam alam bil ghaib, alam batin, yang sudah jelas sulit diilmiahkan, apalagi di zaman dahulu kala. v. Dzikrullah dengan metode tarekatullah ialah dzikrullah yang mampu langsung mendorong turunnya dzikrullah Maha Suci, Maha Akbar dari sisi Allah SWT.11. ISLAM Liberal Islam Liberal atau JIL (Jaringan Islam Liberal) adalah kemasan dari kelompok lama yang orang-orangnya dikenal nyeleneh. Kelompok nyeleneh itu setelah berhasil memposisikan orang-orangya dalam jajaran yang mereka sebut pembaharu atau modernis. Mula-mula yang dilakukan adalah mengacaukan istilah. Mendiang Dr. Harun Nasution Direktur Pasca Sarjana IAIN Jakarta berhasil mengelabui para mahasiswa perguruan tinggi Islam di Indonesia dengan cara mengacaukan istilah. Yaitu memposisikan orang-orang yang nyeleneh sebagai Pembaharu. Diantaranya Rifaat At-Thahthawi (orang Mesir alumni Paris yang menghalalkan dansa-dansi laki perempuan campur aduk) oleh Harun diangkat sebagai pembaharu dan bahkan dibilang sebagai pembuka pintu ijtihad. Pemutarbalikan fakta ini dilakukan secara resmi di IAIN antara lain melalui bukunya "Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, terbit 1975). Pengacauan istilah lainnya dilakukan oleh Nurcholish Madjid yang belajar Islam (kepada dosen-dosen Yahudi) di perguruan tinggi Amerika, Chicago - dengan cara mengembalikan istilah kepada bahasa lalu diselewengkan artinya, persis seperti dilakukan Darmogandul dan Gatoloco : yaitu sosok penentang dan penolak syariat Islam di Jawa. Nurcholish menempuh : Islam dikembalikan kepada al Din, kemudian diberi makna yaitu hanyalah agama (tidak punya urusan dengan kehidupan dunia, bernegara) lalu dari pemaknaan itu menolak diterapkannya syariat Islam dalam kehidupan. Mari kita simak kutipan tulisan Nurcholish sbb:
  32. 32. "sudah jelas, bahwa fikih itu, meskipun telah ditangani oleh kaum reformis, sudahkehilangan relevansinya dengan pola kehidupan zaman sekarang. Sedangkanperubahan secara total agar sesuai dengan pola kehidupan modern, memerlukanpengetahuan yang menyeluruh tentang kehidupan modern dalam segala aspeknya,sehingga tidak hanya menjadi kompetensi dan kepentingan umat Islam saja,melainkan juga orang-orang lain. Maka, hasilnya pun tidak perlu hanya merupakanhukum Islam, melainkan hukum yang meliputi semua orang, untuk mengaturkehidupan bersama."Tanggapan : menganggap fiqh telah kehilangan relevansinya adalah satupengingkaran. Bagaimana umat Islam bisa berwudhu, sholat, zakat, puasa, nikah,waris dan mengetahui halal/haram jika fiqh telah tidak relevan?Faham JIL mudahnya, menjurus pada sekularisme, inklusifisme dan pluralismeagama (menganggap semua agama itu sejajar, paralel dan prinsipnya sama hanyabeda teknis) dan kita tidak boleh memandang agama lain dengan memakai agamayang kita peluk (ini lebih jauh lagi pemurtadannya).Ahmad Wahib, yang mengaku sekian tahun diasuh oleh pendeta dan romo,fahamnya menafikan Quran dan Hadits, yaitu:"Menurut saya sumber-sumber pokok untuk mengetahui Islam atau katakanlahbahan-bahan dasar ajaran Islam, bukanlah dengan Quran dan Hadits melainkanSejarah Muhammad."Jadi Al Quran dan Hadits dia anggap hanya sebagian dari sumber sejarahMuhammad, jadi hanya bagian dari sumber ajaran Islam, yaitu SejarahMuhammad. Al Quran disejajarkan dengan iklim Arab, adat istiadat Arab danlain-lain. Jadi Al Quran dan Hadits dianggap bukan landasan Islam, hanyasetingkat adat Arab saja.Tokoh-tokohnya: o Nurcholish Madjid - Paramadina Jakarta o Charles Kurzman - University North Carolina o Azyumardi Azra - IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta o Abdallah Laroui - Muhammad V University Maroko o Masdar F. Masudi - Pusat Pengembangan Pesantren dan Masyarakat Jakarta o Goenawan Mohammad - Majalah Tempo o Edward Said o Djohan Effendi - Deakin University Australia o Abdullah ahmad an-Naim - University of Khartoum Sudan o Jalaludin Rahmat, Yayasan Muthahhari Bandung o Asghar Ali Engineer o Nasaruddin Umar - IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta >li>Komaruddin Hidayat - Paramadina o Said Agil Siraj - PBNU o Denny JA, Univ. Jayabaya
  33. 33. o Rizal Mallarangeng - CSIS o Budi Munawar Rahman - Paramadina o Taufiq Adnan Amal - IAIN Alauddin Makassar o Hamid Basyaib - Yayasan Aksara o Ulil Abshar Abdalla - Lakpesdam NU o Luthfi Assyaukanie - Paramadina o Ade Armando - UI o Syamsurizal Panggabean - UGM o Ihsan Ali Fauzi - Ohio University o Syaiful Mujani - Ohio University o Mohammad Arkoun - University of Sorbone Perancis o Sadeq Jalal Azam - Damascus University Suriah---------------------------------------------------------- Dan inilah Foto AhmadiyahDiserang :
  34. 34. Mirza Ghulam Ahmad with his son, Mirza Sharif Ahmad
  35. 35. Lia Aminuddin atau lebih dikenal sebagai Lia Eden (lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 21 Agustus 1947) adalah pemimpin kelompok kepercayaan bernama Kaum Eden yang kontroversial. Ibunya bernama Zainab, dan bapaknya bernama AbdulGhaffar Gustaman, seorang pedagang dan pengkhutbah Islam aliran Muhammadiyah. Pada umur 19 tahun, Lia menikah dengan Aminuddin Day, seorang dosen di Universitas Indonesia dan dikaruniai empat orang anak.

×