Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Lembar Balik TB Paru

968 views

Published on

Silahkan kunjungi blog saya untuk materi lebih lengkap lainnya http://yusufsaktian.com

Published in: Health & Medicine
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Lembar Balik TB Paru

  1. 1. LEMBAR BALIK TB PARU OLEH : YUSUF SAKTIAN
  2. 2. APA ITU TB PARU?
  3. 3. PENGERTIAN TB PARU ADALAH SUATU PENYAKIT MENULAR LANGSUNG YANG DISEBABKAN OLEH BAKTERI MYCOBAKTERIUM TUBERCULOSIS PENYAKIT TB PARU MENYERANG SEGALA UMUR TERUTAMA PADA MEREKA YANG LEMAH, KEKURANGAN GIZI SERTA TINGGAL BERSAMA DENGAN PENDERITA TB PARU.
  4. 4. TANDA DAN GEJALA  Batuk berdahak lebih dari 3 minggu  Batuk darah/dahak bercampur darah  Rasa sakit di dada dan sesak nafas  Nafsu makan menurun, badan lemas  Berat badan menurun  Demam lebih dari 1 bulan  Berkeringat di malam hari, meskipun tidak melakukan kegiatan
  5. 5. PENULARAN TB
  6. 6. Langsung Kuman-kuman yang berasal dari percikan ludah atau cairan hidung penderita berpindah ke orang lain secara langsung pada waktu mereka berbicara, berhadapan, berciuman atau bersin. Tidak Langsung Bila penderita TB paru meludah di sembarang tempat, kemudian ludah yang mengandung kuman TB paru itu mengering, berterbangan dan dihirup oleh orang lain.
  7. 7. CARA MENCEGAH PENULARAN PENYAKIT TBC
  8. 8. CARA MENCEGAH PENULARAN PENYAKIT TBC  Menutup mulut saat batuk dan bersin dengan sapu tangan atau tissue.  Tidak meludah disembarang tempat, tetapi di wadah yang berisi air sabun atau lysol, kemudian dibuang pada lubang dan ditimbun dengan tanah.  Menjemur alat tidur secara teratur pada pagi hari.  Membuka jendela pada pagi hari agar rumah dapat udara bersih dan cahaya matahari yang cukup.
  9. 9. CARA PENGOBATAN
  10. 10. Cara pengobatan TB Paru yaitu dengan obat anti TB (OAT) yang didapatkan di pelayanan kesehatan secara gratis, yang harus diminum secara teratur tidak boleh putus selama 6-8 bulan dan dosis yang diminum sesuai dengan petunjuk petugas kesehatan. Dan pada saat minum obat perlu adanya orang yang mengawasi atau PMO (pengawas minum obat)

×