Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Teknologi Era Digital

  1. 1. TEKNOLOGI ERA DIGITAL ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  2. 2. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA Apa yang terjadi di dunia digital?
  3. 3. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  4. 4. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA Komunikasi Transportasi Kesehatan Pendidikan Pekerjaan dan kemudahan lain.. Smart City
  5. 5. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  6. 6. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  7. 7. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  8. 8. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  9. 9. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  10. 10. PENYAKIT MEDIA SOSIAL ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  11. 11. 11ADD A FOOTERMM.DD.20XX ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  12. 12. MM.DD.20XX ADD A FOOTER 12 ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  13. 13. MM.DD.20XX ADD A FOOTER 13 Menghambat kematangan sosial dan emosi sehingga menimbulkan masalah pada interaksi sosial dan tidak dapat menempatkan diri. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  14. 14. • Kehilangan norma-norma sosial yang berhubungan dengan etika, tata krama, dan sopan santun. • Kesepian dan kecemasan berujung depresi. • Mementingkan diri sendiri/tidak memedulikan tanggapan dan perasaan orang lain. 14 ADD A FOOTER MM.DD.20XX ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  15. 15. MM.DD.20XX ADD A FOOTER 15 Obesitas ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  16. 16. ADD A FOOTERMM.DD.20XX 16 Teknologi dapat menyebabkan seseorang mengisolasi diri sehingga memicu meningkatnya depresi. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA Depresi
  17. 17. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA
  18. 18. ©2018 Yayasan Lembaga SABDA

Editor's Notes

  • Seperti yang kita sering lihat dan amati bahwa hampir setiap orang sudah memiliki gadget dan memegang HP di mana pun mereka berada. Di mana-mana orang memegang HP dan beraktivitas di sana. Kalau saudara berjalan atau berada di tempat umum, coba carilah adakah pemandangan orang tanpa memegang HP. Pemandangan ini akan menjadi pemandangan yang unik pada zaman ini. Sekarang, jarang ada orang yang tidak memegang HP, di mana pun dia berada, pasti selalu ada HP. Di mana saja, orang pasti terkoneksi.

    Di Indonesia, mungkin pemandangannya tidak sedrastis ini, tetapi di kalangan anak muda sudah terjadi.
  • Teknologi hanyalah alat. Hal-hal positif bisa dihasilkan oleh teknologi jika kita bisa menggunakannya dengan benar. Bidang-bidang yang di dalamnya teknologi banyak memberi dampak positif antara lain: Komunitas, transportasi. kesehatan, pendidikan, pekerjaan, dll..
  • Dalam bidang komunikasi, kita bisa terkoneksi, berelasi, dan berkolaborasi dengan banyak orang. Teknologi mampu mendekatkan kita dengan banyak hal, yang sebelumnya tidak bisa kita jangkau/ketahui. Belum lama ini, di surat kabar Kompas diberitakan bahwa berkomunikasi dengan orang dari negara lain atau yang berbahasa lain sudah tidak lagi sesulit yang sebelumnya. Kini, sudah ada aplikasi penerjemah bahasa, yang sudah dipraktikkan oleh atlet-atlet ASIAN Games kemarin. Perbedaan bahasa sudah tidak lagi menjadi penghalang mereka untuk berelasi.
  • Dalam bidang pendidikan, teknologi sudah mengubah cara belajar. Guru dan siswa harus mandiri, bekerja sama, dan berani memecahkan soal baru dalam menentukan cara belajar. Sebab, dunia berubah membuat model pendidikan dan jenis pekerjaan yang dibutuhkan sulit diprediksi. Kelas dengan live streaming. Di daerah Tiongkok, dalam satu sekolah, hanya memiliki 3 orang siswa. Namun, sekolah itu tetap dijalankan sesuai kebijakan pemerintah. Di ruang kelas itu komputer canggih, layar monitor touch screen, ada webcam, koneksi, aplikasi pembelajaran daring, terhubung dengan banyak siswa dari sekolah-sekolah di Tiongkok. Pendidikan tidak boleh resisten dengan perubahan teknologi.
  • Teknologi berperan besar dalam dunia industri. Industri perlu teknologi agar efisien dan produktivitas meningkat. Revolusi Industri 4.0 akan mengubah pasar tenaga kerja. Terdapat pekerjaan yang ada saat ini akan hilang peran manusianya karena pekerjaan itu dapat diotomasikan secara penuh. Keterampilan terkait internet, analisis data, pemrograman, dan kecerdasan buatan semakin diperlukan oleh bidang pekerjaan pada masa mendatang.
  • Sekarang, dengan aplikasi, kita bisa memesan tiket kereta api, tiket pesawat terbang, bahkan pesan makan, tukang kebersihan, dll.. Teknologi sangat menolong dan memudahkan kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.
  • Dalam bidang kesehatan, teknologi sudah sangat menolong dalam infrastruktur dan peralatan kedokteran yang semakin hari semakin canggih. Kini, kita juga bisa mengecek kesehatan atau berkonsultasi dengan dokter hanya dengan menggunakan aplikasi.
  • Teknologi sudah menjadi bagian hidup kita dan sekarang kita tahu bahwa penggunaan teknologi dapat memberikan dampak positif dan negatif. Tentunya, dengan perkembangan teknologi yang pesat ini, kita tidak ingin menderita penyakit-penyakit seperti tadi.
  • Kita perlu menyikapinya dengan benar supaya kita memiliki kesehatan secara digital. Dalam hal ini, Tuhan memperlengkapi kita. Ia memberi "senjata" kepada kita untuk berperang melawannya. Apa senjatanya?
  • ×