Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Takut akan tuhan

2,889 views

Published on

Materi Kelas X SMA Kurikulum KTSP

Published in: Education
  • Be the first to comment

Takut akan tuhan

  1. 1. a kikgt Takut gl-*aka ru Tu ? gr- g g Makna dari kata "takut" tidak selalu sama dalam sebuah kalimat. Pada umumnya orang selalu mengaitkan kata "takut" dengan sesuatu hal yang bersifat misteri seperti takut kepada hantu, kuburan dan sebagainya. Namun, ada rasa takut yang bersifat biasa saja seperti takut kepada manusia, perampok, bapak/ ibu dan guru karena lupa mengerjakan tugas rumah dan sebagainya.
  2. 2. Jg Takut akan Tuhan meliputi berbagai aspek, yaHu;
  3. 3. gga 1. Allah Itu Kudus Takut akan Tuhan adalah kesadaran akan kekudusan, keadilan, dan kebenaran-Nya sebagai pasangan terhadap kasih dan pengampunan-Nya. Untuk itu kita dituntut untuk mengenali Dia dan memahami siapa Dia. Hal ini juga meliputi kesadaran bahwa Dialah Allah yang tidak berkenan atas segala jenis perbuatan dosa dan karena itu Ia berkuasa untuk menghukum siapapun yang melanggar hokum Allah
  4. 4. Allah Layak Mendapat Hormat Takut akan Tuhan berarti memandang Dia dengan penuh kagum, menghormati kekudusan- l| ya, serta mengagungkan-Alya sebagai Allah yang memiliki kemuliaan dan kuasa di atas segala -galanya.
  5. 5. ilVlemiliTlTKUañ 3, Takut akan Tuhan menjadikan orang percaya menaruh iman dan kepercayaannya untuk beroleh selamat hanya dari Dia
  6. 6. AJE! ! Pengetahuan Amsal 1 : 7 mengaitkan pengetahuan dengan sikap takut akan Allah. Pengetahuan disini adalah pemahaman manusia dalam menyikapi hidupnya di tengah - tengah dunia ini. Pemahaman itu hanya mungkin terjadi apabila manusia mau menundukkan diri di hadapan Allah yang Maha Mengetahui. Takut akan Tuhan adalah sikap mau tunduk pada ketetapan dan kehendak Allah.
  7. 7. Dapat dikatakan bahwa alasan - alasan untuk takut pada Tuhan bersumber pada pengertian di atas yang dapat disingkatkan sebagai berikut ç
  8. 8. a”. Kita h arus takut ata ñ Tuh a n karena kuasa-Nya yang besar selaku Pencipta segala sesuatu dan segala bangsa ( Mazmur 33 ; 6-9 ) by Kuasa-| |ya yang dahsyat itu terus menopang unsure -unsur ciptaan, termasuk kita ( Keluaran 20 : 18-20; | /| arkus 4 : 39-41)
  9. 9. [114 c. Kita menyadari kekudusan- Nya (Wahyu 15 : 4) d. Kesadaran akan kemuliaan- Nya( Matius 17 : 1-8) e. Berkat- berkat yang terus kita terima dari Dia, khususnya pengampunan dosa( Mazmur 130: 4)
  10. 10. gga Di dalam takut akan Tuhan terkandung unsur penghormatan, keseganan, dan kekudusan. Menurut Ensikiopedi Alkitab Masa Kini Jilid ll, secara teologis, kata "takut" dapat dijelaskan menjadi 4jenis yaitu: (1) Ketakutan yang kudus, (2) Takut diperbudak, (3) Takut pada manusia dan (4) Yang disegani. Takut akan Tuhan masuk dalam kategori pertama dan keempat
  11. 11. J; Dalam unsur takut akan Tuhan, terdapatjuga unsur keseganan. Yakub menyebut Allah dengan sebutan "Yang disegani". Keseganan in i berhubungan dengan rasa takut manusia terhadap kedahsyatan yang menggetarkan manusia (misa]nya gelombang Tsunami yang melanda Indonesia pada 26 Desember 2004).
  12. 12. 2*”%' Dalam ketakutan yang kudus, terdapat unsur pertama, yaitu penghormatan kepada Allah dengan menaati perintah- perintahnya, membenci sambil menjauhkan diri dari semua bentuk kesalahan (Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Jilid ll, hal. 439). Ketakutan inilah yang selanjutnya sering disebut dengan agama sejati
  13. 13. Tujuan dan Bentuk Sikap Takut Akan Tuhan
  14. 14. Dalam bingkai iman Kristen sikap takut akan Tuhan dilakukan bukan untuk mendapatkan keselamatan. Tetapi sebagai bentuk ucapan syukur atas keselamatan yang sudah diperolehnya melalui pengurbanan Yesus Kristus di kayu salib. Apabila ada orang Kristen mempunyai sikap takut akan Tuhan untuk mendapatkan keselamatan, tindakan itu tidak sesuai dengan ajaran iman Kristen.
  15. 15. gga Bentuk dan sikap takut akan Tuhan tidak berarti membawa kalung salib dan Alkitab ke mana pun kita pergi. Atau menggunakan barang-barang tersebut sebagai senjata untuk melawan kuasa kegelapan. Misalnya, memakai kalung salib karena sering pulang malam melewati kuburan. Kalung salib ataupun Alkitab bukan alat perlindungan diri dari roh-roh jahat. Benda- benda tersebut tidak dapat melindungi kita dan roh-roh jahat. Hanya Tuhan yang mampu melindungi kita (Ulangan 5:10).
  16. 16. Tokoh-tokoh Alkitab yang Takut Akan Tuhan
  17. 17. Salah satu sikap tidak takut akan Tuhan yang diperlihatkan Daud adalah ketika ia berbuat dosa dengan merebut Batsyeba dari tangan suaminya, Uria. Lalu, ia dengan sengaja menempatkan Uria pada barisan terdepan ketika berperang agar Uria terbunuh sehingga ia bisa leluasa memperisteri Batsyeba. Namun, setelah itu, Tuhan mengutus Nabi Natan untuk memperingatkan kesalahan Daud itu. Setelah diingatkan Daud menjadi takut akan Tuhan dan akhirnya menyesali dosa-dosanya kepada Tuhan (2 Samuel 12:1-25)
  18. 18. Yosia# g Yosia adalah raja Yehuda (639-609 SM). Anak Aman dan cucu Manasye. Dia naik takhta ketika usia 8 tahun. Sebagai raja Yehuda ia sudah melakukan apa yang benar di hadapan Tuhan. Dia melakukan reformasi di bidang keagamaan dengan menghancurkan tempat-tempat yang sering digunakan untuk menyembah baal-baal (ilah-ilah lain) berupa kepercayaan politeisme, yaitu kepercayaan adanya banyak tuhan. Akhimya, apa yang ia lakukan itu berhasil dan ia kemudian mengajak bangsa Israel untuk menyembah satu Tuhan saja. Reformasi itu dilakukannya ketika berusia 18 tahun. Jadi, saat itu ia masth sangat muda (2 Raja-raja 2221-20).
  19. 19. gga Rasul Paulus Tokoh paling terkenal dalam Peqanjian Baru adalah Rasul Paulus. Kamu mungkin sudah tahu ceritanya. Bagaimana dia sebelumnya sangat membenci orang Kristen dengan cara menyeret dan membunuh mereka. Namun, karena cinta kasih Tuhan Yesus, dia akhirnya diselamatkan oleh Tuhan dan bahkan diberi tugas untuk memberitakan Injil.
  20. 20. PETEhlSF" a ~ m dia 1. Jelaskan pemahaman kata "takut"? Sebutkan dan jelaskan! Apakah tujuan kita mempunyai rasa takut akan Tuhan? Gambarkan bentuk sikap takut akan Tuhan yang tepat! Menurut pendapatmu mana yang lebih baik takut akan Tuhan atau takut kepada teman? Berikan alasannya! Jelaskan bentuk sikap takut akan Tuhan yang dimiliki oleh Daud, Yosia, dan Rasul Paulus!

×