Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt perkecambahan

7,171 views

Published on

fisiologi tumbuhan

Published in: Education
  • Login to see the comments

Ppt perkecambahan

  1. 1. PERKECAMABAHAN By: • KHAIRUL FATMAWATI : 151.135.137 • ALFIANA SOLEHAH : 151.135.133 • RUSDIANTO : 151.135.139 LECTURER: NURMANINGSIH, S.Pd
  2. 2. 1. Pengertian perkecambahan Perkecambahan adalah muncul dan berkembangnya radikula dan plumula dari benih/biji, atau perubahan morfologi, fisiologi yang terjadi pada biji setelah penyerapan air atau imibibisi.
  3. 3. 2. tipe-tipe perkecambahan a. Perkecambahan epigeal • Epigeal germination) adalah tipe perkecambahan dengan kotiledon muncul di atas permukaan tanah dan membentuk dedaunan hijau pertama.
  4. 4. Lanjutannya guys…. b. Perkecambahan hypogeal • (Hypogeal germination) adalah tipe perkecambahan yang pertumbuhan hipokotilnya sangat sedikit atau tidak sama sekali, sehingga kotiledonnya tetap berada di dalam tanah dengan tunas muda dan akar muncul dari biji
  5. 5. 3. tahap-tahap perkecambahan 1. Tahap pertama suatu perkecambahan benih dimulai dengan proses penyerapan air oleh benih, melunaknya kulit benih dan hidrasi protoplasma. 2. Tahap kedua dimulai dengan kegiatan-kegiatan sel dan enzim- enzim serta naiknya tingkat respirasi benih. 3. Tahap ketiga merupakan tahap dimana terjadi penguraian bahan-bahan seperti karbohidrat, lemak dan protein menjadi bentuk-bentuk terlarut dan ditranslokasikan ke titik-titik tumbuh. 4. Tahap keempat adalah asimilasi dari bahan-bahan yang telah diuraikan tadi di daerah meristematik untuk menghasilkan energi bagi kegiatan pembentukan komponen dan sel-sel baru. 5. Tahap kelima adalah pertumbuhan dari kecambah melalui proses pembelahan, pembesaran dan pembagian sel-sel pada titik tumbuh.
  6. 6. 4. Faktor yang mempengaruhi perkecambahan a. Tingkat Kemasakan Biji, Biji yang dipanen sebelum tingkat kemasakan fisiologisnya tercapai tidak mempunyai tingkat viabilitas tinggi. Bahkan pada beberapa jenis tanaman biji yang demikian tidak akan berkecambah. b. Dormansi adalah suatu keadaan perkecambahan yang tertunda atau keadaan istirahat. Dormansi pada benih dapat disebabkan oleh keadaan fisik dari kulit biji atau keadaan fisiologis . c. Hormon Giberilin, Pengaruh giberelin terhadap biji dapat mendorong pemanjangan sel sehingga radikula dapat menembus endosperm kulit biji yang membatasi pertumbuhannya
  7. 7. Next…. d. Hormon Auksin, mendorong pemanjangan sel batang hanya pada konsentrasi tertentu yaitu 0,9 g/l. e. Asam Absisat, Apabila pertumbuhan dihentikan adalah pada saat permulaan dormansi biji, dan kemungkinan asam absisatlah yang bertindak sebagai penghambat pertumbuhan. Biji akan berkecambah ketika asam absisat dihambat dengan cara membuatnya tidak aktif, atau melalui peningkatan aktifitas giberilin. • 2. Faktor Luar a. air, air merupakan salah satu syarat penting bagi berlangsungnya proses perkecambahan benih. Banyakannya air yang diperlukan bervariasi tergantung kepada jenis benih. Tetapi umumnya tidak melampaui dua atau tiga kali dari berat keringnya. Tanah yang terlalu banyak air dapat mengakibatkan benih busuk disebabakan oleh cendawan dan bakteri tanah. b. Temperatur merupakan syarat penting yang kedua bagi perkecambahn benih. Temperatur optimum bagi kebanyakan benih tanaman adalah diantara 80-950F (26,5-35oC). c. oksigen, Pada saat perkecambahan berlangsung proses respirasi akan meningkat disertai pula dengan meningkatnya pengambilan oksigen dan pelepasan karbondioksida.
  8. 8. Lanjutannya guys… d. Kebutuhan benih terhadap cahaya berbeda-beda tergantung pada jenis tanaman. Benih yang dikecambahkan pada keaadaan yang sangat kurang cahaya ataupun gelap dapat menghasilkan kecambah yang mengalami etiolasi. e. Medium yang baik untuk perkecambahan benih haruslah mempunyai sifat fisik yang baik, gembur, mempunyai kemampuan menyimpan air dan bebas dari organism penyebab penyakit. Benih akan terhambat perkecambahannya pada tanah yang padat, karena benih berusaha keras untuk dapat menembus permukaan tanah.
  9. 9. 5. Pertumbuhan dan perkembangan kecambah • Pertumbuhan adalah proses pertambahan volume yang irreversible (tidak dapat kembali) karena adanya pembelahan atau pembesaran sel. • perkembangan adalah terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu • Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal dan internal • Petumbuhan yang umumnya terjadi dalam proses perkecambahan adalah pertumbuhan primer, dimana berlangsung pada embrio, bagian ujung-ujung dari tumbuhan seperti akar dan batang
  10. 10. lanjutanya guys…. • Organ pertama yang muncul dari biji yang berkecambah adalah radikula, yaitu akar embrionik. Berikutnya tunas harus menembus permukan tanah. • Dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya , kecambahah mengambil cadangan makanan yang terdapat di dalam kotiledon. Kotiledon akan layu da rontok dari biji karena cadangan makanannya telah dihabiskan oleh embrio yang berkecambah itu.
  11. 11. THE AND and THANK YOU FOR YOUR ATTENTION WASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH….

×