1
Assalamualaikum Wr.Wb.                             Silahkan kunjungi
                                                   ht...
tua tapi tetap ingin pergi ke sawah. Di sanalah
                                                   mereka benar-benar dapa...
ibunya. Jangan-jangan ia tengah ketakutan        Kini bus tua membawa Malina makin jauh dari
karena lupa membuat PR dan ak...
Wisata Alam                                        rumah binatang karang yang hidup di air laut
                          ...
dataran tinggi. Batu-batu karang ini dulunya
adalah bekas sarang/rumah binatang karang
yang hidup pada saat itu. Pantai Kr...
Cerpen 2                                           Insya Allah akan bernilai ibadah!” Masih
                              ...
kebiasaan ini. Hampir setiap malam sholat            semakin lama berdo’a dalam sholat malamnya.
tahajjud, dzikir dan berd...
Hingga sehari sebelum kebarangkatanku ke          pernah aku gambarkan seperti apa
Jakarta, aku sayup-sayup mendengarkan i...
Dewi fortuna memang berpihak padaku.               Aku heran. Kenapa ibu tak pernah cerita
Setelah selesai kuliah waktu it...
katanya, sebagai ibunya Toni. Setelah mereka         tubuhku tak bisa digerakkan. Ya Allah apa yang
pergi aku buka, isinya...
Kulitnya hitam dekil dengan baju kumal dan
Kisah Inspirasi                                     robek-robek disana-sini. Tu...
kereta. Saya lihat ada roti yang tinggal separoh,   bersyukur atas segala rejeki dan nikmat yang
jeruk medan, juga separuh...
Motivasi Islami                                      “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-
                       ...
Ada dua hal yang penting untuk dilakukan            Cara Pertama ialah dengan berdo’a. Dalilnya
setelah Anda kaya. Tetap b...
Para Pencari Keberuntungan                        “Pak Amir cuma beruntung. Saya tidak
                                   ...
butuh waktu sekitar dua mingguan. Pria
                                                        kelahiran Mei 1984 itu lant...
dengan Facebook untuk mencari teman, baik           TIPS & TRIK
yang sudah dikenal ataupun mencari kenalan
baru di berbaga...
-setelah selesai restart computer seperti biasa    Selamat Mencoba mudah-mudahan bisa
maka kita akan masuk ke windows deng...
Pojok Kartun                                       swasta itu..."Yo'i Dul, Rolex nih...asli lho,
                         ...
Min...tapi ini kenyataan..." dan Big Bos           Waduh...no comment dah, naik gaji cuma
melanjutkan,"Ngapain saya beli R...
Kisah Sukses Pengusaha UKM,                          keluar untuk mendirikan perusahaan kecil-
Nur Dahyar                 ...
masing-masing orang tahu apa yang harus             Meskipun masih mengandalkan produksi pallet
dilakukan dan bidang apa y...
modal dan teknologi mereka pasti tidak kalah,”   yang sama dengan harga Rp 800 per kilo.
kata Dahyar.                     ...
besi tua makin berkilau. Pada 1984, ketika         sejak puluhan tahun lalu. Kepada para pemasok
merasa pengalamannya tela...
yang melelang barang dari besi,” katanya.             Bakso Kuto ,Sukses Bukan Berarti Tanpa
Menurut Maksum, semua barang ...
kesuksesan yang diperoleh tetapi kegagalan       macet. Masalah mitra yang siap menjadi suplier
demi kegagalan yang didapa...
Cerita Lucu                                         kecepatan kita seperti ini dia akan berhasil
PILIH GADIS MATEMATIS ATA...
L : Sesuai dengan logika dia berhasil mendekati
saya
di tempat yang gelap...

M : Lalu.. Apa yang kamu lakukan?

L : Hanya...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Rumputeki online-edisi-mei-2010

1,421 views

Published on

Published in: Education, Technology, Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,421
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
13
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rumputeki online-edisi-mei-2010

  1. 1. 1
  2. 2. Assalamualaikum Wr.Wb. Silahkan kunjungi http://rumputeki.000space.com untuk Terima Kasih atas pilihan Anda berlangganan mendapatkan edisi-edisi terbaru Rumputeki eBuletin kami rumputeki online. Mungkin Online beserta bonusnya. istilah eBulerin sendiri masih asing di telinga Anda. Istilah eBuletin merujuk pada Salam Hangat penggunaan istilah ebook yang berarti rumputeki Online elektronik book (buku elektronik) dan begitu juga dengan eBuletin. Kritik /Saran/Kirim tulisan/Pasang Iklan : rumputeki.order@gmail.com Ini adalah edisi pertama eBuletin Rumputeki Online. Isi dari eBuletin ini adalah kumpulan artikel, cerpen, kisah dan masih banyak lagi yang lainnya. Wassalamualaikum Wr.Wb. Konsep yang mendasari pembuatan eBuletin Rumputeki Online adalah menyajikan kepada para pembacanya artikel, cerpen, kisah, motifasi dan masih banyak lagi yang terbaik dari internet untuk bisa dinikmati dengan bentuk yang lain secara offline sehingga memberikan sensasi membaca sebuah bulletin. Selanjutnya tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah menjadi sumber dari Rumputeki Online. Dalam penerbitan setiap edisi Rumputeki Online, akan disertakan bonus ebook yang menarik. Dan pada edisi pertama ini Bonusnya adalah Novel THE KITE RUNNER, novel terlaris tahun 2009. 2
  3. 3. tua tapi tetap ingin pergi ke sawah. Di sanalah mereka benar-benar dapat bahagia. Memang Cerpen Yetti A KA begitu jiwa seorang petani, kata ibunya Dimuat di Jawa Pos (04/04/2010) memberinya pengertian bila ia –ketika itu ia masih kecil– bertanya kenapa kakek dan nenek Malina belum menentukan ke mana ia akan tidak kerasan tinggal bersama mereka di kota. pergi ketika ia menumpang bus tua. Dia hanya tahu bus itu akan keluar dari kota kecil tempat Apakah itu artinya kakek dan nenek bisa ia tinggal, dan itu pula tujuannya. bermain lumpur seumur hidup mereka? Itu pertanyaan lain yang mendekam di kepala Ada beberapa kursi kosong. Malina bergerak ke Malina, namun tak mampu ia sampaikan pada dalam dan memilih duduk di pinggir, dekat orang tuanya. Anak kecil tidak boleh terlampau jendela yang terbuka. Kursi di sampingnya ingin tahu semuanya, begitu pendapat orang belum terisi. Udara cukup dingin, digesernya dewasa. kaca jendela sampai rapat. Tas warna hitam yang mengembung ia letakkan di antara kedua Ia hanya merasa alangkah senang kakek dan kaki. neneknya itu. Bermain kotor dan tidak ada yang melarang (sesungguhnya ini bukan semata- Wajah cekung dan bibir kering tanpa pemerah mata masalah boleh bermain kotor atau tidak, menambah getir penampilannya. Apalagi ia tapi tentang kebebasan yang diidamkan semua sama sekali tidak tersenyum pada siapa atau anak kecil). apa pun. Sesekali ia semburkan napas keras- keras, amat disengaja. Seseorang di depannya Bus berhenti. Tubuh Malina terlonjak ke depan. kadang menoleh. Mungkin terganggu. Mungkin Ia menarik tasnya yang sedikit bergeser. penasaran. Ia tidak hirau. Wajahnya ia Seseorang naik dan menempati kursi di tempelkan dengan ketat ke kaca jendela. Kalau sampingnya. Anak laki-laki sepuluh tahunan ada orang di jalan yang memerhatikan, dengan seragam pramuka yang lengkap. mukanya pasti mirip kaleng penyok. Seragam yang dulu amat disukainya karena ia mengira sangat keren dengan rok warna coklat Di luar Malina melihat sawah, sedang hijau- pekat. Berjam-jam ia akan berdiri di depan hijaunya. Burung-burung kecil hinggap dan cermin, mematut-matut penampilannya, terbang. Sebagian sawah yang lain, yang sampai ibunya ngomel-ngomel. letaknya jauh ke dalam, mulai menguning. Ia bayangkan di sana pasti lebih banyak burung- Anak lelaki di sampingnya menguap. Ia burung kecil, dan petani pasti pula sangat sibuk perhatikan wajah itu tampak berat. Wajah menghalaunya agar menjauh. Sawah dan cemberut yang menahan beban. Mungkinkah ia burung-burung kecil itu membuat ia rindu pada habis dimarahi? Bisa pula ia sedang malas kakek dan nenek di kampung. Mereka sudah sekolah tapi dipaksa untuk tidak membolos oleh 3
  4. 4. ibunya. Jangan-jangan ia tengah ketakutan Kini bus tua membawa Malina makin jauh dari karena lupa membuat PR dan akibat dari itu ia rumahnya. Rumah bercat putih bersih yang pasti mendapat hukuman berdiri di halaman menunjukkan betapa angkuh pemiliknya. sekolah sampai jam pelajaran berakhir. Apalagi dengan model pagar yang terlampau tinggi dan gembok besar yang selalu terpasang. Buru-buru Malina mengatakan pada dirinya Di rumah itu ia meninggalkan anak perempuan agar berhenti memikirkan masalah di luar tiga tahun yang belum pernah berpisah sekali kehidupannya. Hidupnya sendiri sudah saja dengannya. terlampau rumit. Sekarang ia sedang menjauhi kerumitan itu. Ia ingin memisahkan diri. Namun Menangiskah ia? bisik Malina kalut. Memang ia dalam bahasa orang-orang di sekelilingnya, ia sudah menyiapkan semua kebutuhan anak itu. sedang ingin lari. Mau dibantah percuma. Maka Termasuk catatan mengenai berapa botol susu ia benarkan pendapat itu dengan keputusan yang harus diberikan atau berapa kali anak itu yang membuatnya berada dalam bus tua – makan nasi atau buah dalam sehari. Tidak lupa tempat ia bertemu segala macam kejorokan ia juga meninggalkan nomor telepon dokter yang dulu mungkin saja tidak terbayangkan bisa anak langganannya. Untuk berjaga-jaga kalau sedekat ini. anaknya terserang pilek di musim yang tidak tentu ini. Dalam bus tua, Malina meremas jemarinya seperti remaja yang baru saja melompat dari Ia tahu suaminya belum pernah mengurus anak jendela kamar dan menemukan ruang kosong seorang diri, tapi ia percaya semua akan baik- yang terlalu lebar. Ia mengalami euphoria yang baik saja. Bukankah dulu ia tidak tahu apa-apa justru membuatnya kebingungan akan tentang bayi sampai kemudian ia sudah melangkah ke mana. menjalani peran sebagai ibu selama ini. Kalau ia bisa melewatinya, tak ada alasan untuk tak *** percaya pada suaminya. Lagi pula suaminya bisa Tahun-tahun terakhir, rasanya, ia hampir tidak minta bantuan pembantu jika diperlukan, walau punya momentum untuk berkata-kata, tertawa, selam. berpikir, mengkhayal, membuat puisi, membaca, menulis surat, menelepon teman semasa kuliah, mengadakan perjalanan, menonton film, kopi darat dengan kenalan baru, menghadiri peluncuran buku, atau menghabiskan waktu yang sifatnya lebih personal dan tentu menyenangkan untuk dirinya. *** 4
  5. 5. Wisata Alam rumah binatang karang yang hidup di air laut saat itu. Pantai Krakal Pantai ini telah mempesona para ahli perencanaan turisme dari luar negeri. Mereka menyarankan bahwa pantai ini harus dipersiapkan sebagai resort pantai, terutama bagi para turis asing (seperti turis resort Nusa Dua di Bali). Ketertarikan mereka dalam mengelola pantai Krakal didukung oleh potensi yang menarik, seperti: sebuah pantai berpasir putih yang landai yang terbentang sejuh 5 km. Pantai Krakal merupakan pantai yang paling Selalu ada matahari yang bersinar dari pagi indah, di antara seluruh hamparan pantai di hingga malam selama musim panas dan hujan. sepanjang pulau Jawa. Pantai ini akan dibangun Angin pantai selalu berhembus dengan sepoi- menjadi kawasan pantai dan perkampungan sepoi. wisatawan, khususnya wisatawan asing, semacam tourist resort Nusa Dua di pulau Bali. Pantai Krakal, bentuk pantainya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 km. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang terhembus sangat sejuk, ombaknya cukup besar. Meskipun masih satu mata rantai dari kunjungan ke Pantai Baron dan Pantai Kukup, nuansa perjalanan menuju lokasi Pantai Krakal Perjalanan menuju pantai Krakal ini juga sedikit berbeda. Bahkan boleh dikatakan, Pantai melintasi bukit-bukit kapur, diselingi dengan Krakal memberikan gambaran seutuhnya teras-teras batu karang. Hal ini merupakan ciri tentang panorama pantai. Disepanjang dari daerah Krakal yang dikelola penduduk. perjalanan menuju lokasi pantai ini, terlihat Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman keindahan pemandangan bukit-bukit kapur yang silam, daerah ini merupakan dasar dari diselingi dengan teras-teras batu karang. lautan yang oleh proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin Paduan bebatuan seperti ini dikenal dengan lama semakin meninggi dan akhirnya muncul nama daerah karst, yakni bekas dasar laut yang sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang mengalami proses pengangkatan kerak bumi nampak pada waktu itu merupakan bekas sehingga menjulang ke atas membentuk sebuah 5
  6. 6. dataran tinggi. Batu-batu karang ini dulunya adalah bekas sarang/rumah binatang karang yang hidup pada saat itu. Pantai Krakal relatif landai. Hal ini memungkinkan sinar mentari menghidupkan cakrawala perpantaian, dan angin laut berhembus dengan sejuk. Pasir putih terhampar cukup panjang di tepian pantai, Secara keseluruhan, merupakan tempat yang yakni sekitar 5 km, seolah selalu putih bersih paling cocok untuk berjemur. Pantai ini juga dibasuh oleh deburan ombak yang cukup besar. menawarkan tanaman laut yang beraneka macam jenisnya dan beragam warnanya. Pantai Krakal sangat dekat dengan pantai Kukup dan Teluk Baron. Teluk ini kenyataannya adalah merupakan saluran air bawah tanah yang keluar tepat di tepi pantai. Sumber: SuaraMerdeka Untuk mencapai pantai Krakal Anda harus melalui Wonosari, ibukota kabupaten Gunungkidul, sekitar 38 km dari Yogyakarta. Jalan yang berliku-liku dan menanjak sudah diaspal dengan baik. Pantai Krakal terletak kira- kira 21 kilometer dari Wonosari, lokasinya terletak sekitar 7 km ke timur dari jalan utama yang bercabang ke pantai Baron. Para ahli geologi mengatakan bahwa dahulu, tempat ini berada dibawah permukaan laut. Di dalam karangnya, masih banyak fosil yang masih dapat ditemukan. Diantara semua pantai yang membentang di pantai Jawa, Krakal adalah yang paling indah dengan pasirnya yang putih dan dikelilingi dengan tebing-tebing. Sementara itu ombaknya yang besar dan juga buihnya yang putih memberikan nuansa lebih pada pantai ini. 6
  7. 7. Cerpen 2 Insya Allah akan bernilai ibadah!” Masih teringat jelas bagaimana Bapak menasehatiku. Aku Merindukanmu Nak “Bapak akan berusaha sekuat tenaga agar kamu Usiaku menginjak tujuh belas tahun. Genap bisa kuliah.” Masih belum hilang ingatanku setahun sudah bapak pergi meninggalkan aku Bapak mengatakan hal itu. dan ibuku untuk selama-lamanya. Kecelakaan Tapi kini? Siapa yang akan membiayaiku kuliah? itu telah merampas bapak dari hidupku, Bahkan untuk lulus SMA inipun aku masih ragu. merampas semua cita-citaku. Sebuah bus Untuk bisa makan sehari-hari saja sulit. Aku dengan kecepatan tinggi menabrak motor tua berjualan koran setiap pulang dari sekolah yang dikendarai Bapak sewaktu pulang dari untuk membatu ibu agar kami bisa tempat kerja. Bapak sempat di rumah sakit satu menyambung hidup. Ibuku melarang berkali- hari sebelum akhirnya menghembuskan nafas kali. Aku disuruh konsentrasi dengan sekolah. untuk yang terakhir kalinya. Bapak yang “Biar Ibu yang memikirkan biaya sekolahmu.” menjadi tumpuan keluargaku kini tak kan Kata Ibuku suatu ketika. “Apalagi sekarang pernah hadir lagi dalam kehidupanku. kamu sudah kelas tiga.” Bagaimana bisa ibuku Aku masih bisa bersyukur, meski Bapak telah membiayai sekolahku? Sementara hanya tiada tetapi masih memiliki seorang Ibu yang menjadi tukang cuci di rumah Pak Haji. Dan sangat tegar. Ibu yang tak pernah sekalipun hasilnya masih kurang untuk memenuhi mengeluh dengan keadaan ini. Bukan karena kebutuhan hidup sehari-hari. keadaan ini pula ibu menjadi sosok yang tegar. “Makanlah Ton, Ibu sudah siapkan makan Bahkan, sejak bapak masih ada tak pernah aku malam untukmu.” Ibu membuyarkan mendengar ibuku menuntut bapak dengan lamunanku. ”Iya bu.” Jawabku singkat. Aku kemiskinan ini. Ibuku selalu menyambut dengan segera beranjak untuk mengambil makan senyum setiap bapak pulang dari tempat kerja. malam. Rumah yang hanya terbagi dua sekat Tak pernah lupa menyiapkan teh hangat untuk ruangan ini terasa semakin sempit dan sesak. Bapak. Meskipun hidup serba pas-pasan bahkan Ruang tamu, dapur dan tempat tidurku nyaris bisa dibilang selalu kekurangan, tetapi tiada menjadi satu. Di satu sekat yang lain menjadi henti-hentinya beliau mengajariku bersyukur kamar ibuku. Sehabis makan aku masih belum padaNya. berhenti memikirkan masa depanku. Entah Aku semakin takut bercita-cita. Semua yang bagaimana caranya aku harus bisa kuliah. dulu bapak pernah katakan kini selalu ”Bangun Ton, kita sholat malam berjamaah.” membayangiku. “Kamu adalah calon pemimpin Ibuku mengguncang tubuhku, , Nak! Dan ingatlah bahwa semua pemimpin membangunkanku.” Ibuku selalu pasti akan dimintai pertanggungjawaban. membangunkan aku saat sepertiga malam yang Kejarlah cita-citamu, selama itu untuk kebaikan, terakhir. Ibu seperti tak pernah lelah dengan 7
  8. 8. kebiasaan ini. Hampir setiap malam sholat semakin lama berdo’a dalam sholat malamnya. tahajjud, dzikir dan berdo’a sampai shubuh. Aku baru sadar, keberhasilanku bukan semata Pernah ibuku ketiduran sambil memegang usahaku. Tetapi kuatnya do’a ibu. Ibuku tak mushaf, mungkin karena kecapekan karena pernah bosan memohon padanNya agar aku siang hari sebelumnya cucian di rumah Pak Haji bisa menggapai cita-citaku. Dan kini terjawab sangat banyak. sudah do’a-do’a ibuku. *** ”Aku sekarang justru takut Ton.” Kata ibu. Hari perang pun tiba. Hari ini ujian nasional. Aku ”Takut kenapa bu? Bukankah sekarang telah seperti tiada henti mendapat cobaan. Ibuku terlihat setitik cahaya untuk kehidupan kita?” jatuh sakit. Mungkin karena kelelahan. Atau Aku ganti bertanya. mungkin ibu benar-benar kehabisan tenaga. Aku ingat kemarin aku hanya makan nasi ”Aku takut engkau lupa sama Allah jika telah setengah piring dengan lauk sepotong tempe berhasil mengejar cita-citamu” Ibuku cemas. goreng. Itupun sisa laukku kemarin lusa. Dan ibu ”Tenanglah ibu, aku akan jaga amanah ibu. Aku tidak makan sama sekali. ”Makanlah nak, Ibu akan sering pulang jika libur.” Aku berusaha sudah makan tadi.” Aku ingat kata-kata ibuku. menghibur. Padahal aku tahu beliau belum makan sama sekali, karena memang tak ada makanan lagi. ”Jangan lupa jaga sholatmu Nak. Ingat kata-kata Begitu besar rasa sayangnya, hingga berbohong Bapak, jangan menunda sholat. Dan sholat yang padaku. Dan hari ini, benar-benar aku merasa paling utama adalah berjamaah.” berdosa. Dengan linangan air mata aku ”Iya bu, akan Toni ingat semua itu.” Kembali berangkat untuk menempuh ujian. Aku hanya terkenang bayangan wajah bapak. Beliau selalu bisa berdo’a semoga ibu cepat sembuh. Selesai mengajak aku dan ibuku berjamaah jika waktu ujian nanti aku akan ngamen, tekadku dalam sholat telah tiba. Dan setelah bapak tak ada, hati. Toh aku bisa belajar nanti malam. aku menggantikan posisi bapak sebagai imam *** sholat ibuku. Kerja kerasku membuahkan hasil, aku lulus ”Ibu pasti akan sangat merindukanmu Ton. dengan nilai sangat memuaskan. Tidak hanya Merindukan sholat malam berjamaah. itu, aku bahkan lolos masuk PTN tanpa tes, juga Merindukan kamu mengambilkan air wudhu lolos kuliah tanpa biaya hingga lulus. Ya, aku untuk ibu. Jaga dirimu baik-baik anakku.” Tangis mendapatkan beasiswa. Aku benar-benar tidak ibu semakin menjadi-jadi. pernah bermimpi sebelumnya. Sejak ”Pasti bu.” Aku tak kuasa ikut menitikkan air pengumuman hingga menjelang kepergianku, mata. Ibuku tak pernah berhenti menangis. Ibuku 8
  9. 9. Hingga sehari sebelum kebarangkatanku ke pernah aku gambarkan seperti apa Jakarta, aku sayup-sayup mendengarkan ibuku kesedihannya. menangis dan berdo’a setelah sholat malamnya. Aku tak tahu kenapa ibu tak *** membangunkanku. Dan beliau sholat malam Telepon berdering. ”Halo, Tony Wicaksono sendiri. Aku berusaha sedapat mungkin bisa disini.” mendengarkan. “Iya pak, saya Suryo.” Terdengar suara di Ya Allah, aku tak tahu ini ganjaran atau cobaan seberang sana. iman kami. Tiap malam aku berdo’a untuk anakku. Aku tahu cita-citanya begitu mulia. “Oh kamu. Ada apa? Waktuku tidak banyak.” Ingin membahagiakan aku, agar kami bisa hidup Aku pura-pura cuek. lebih baik. Tapi kini, aku kembali mohon “Tentang sengketa tanah itu pak. Bapak bisa kepadamu ya Rab, jagalah anakku. Jagalah iman bantu kan?” Tenang saja Bapak dapat 1 milyar dan islamnya. Kuatkan pondasi dien nya. untuk ini.” Jadikan semua ini hanyalah awal untuk menggapai kebahagiaan yang kekal. “Bisa diatur.” Aku masih dengan nada sinisku. Ya Tuhan semesta alam, yang tak pernah tidur ”Baiklah pak besok kita ketemu saja.” Jam dan tak pernah lupa. Ingatkan anakku, jika dia sepuluh ya?” lupa padamu. Tunjukkan jalan yang seharusnya dia lalui, jika dia salah menapaki jalan ”Oke.” Aku akhiri percakapanku. kehidupan ini. Bimbinglah dia dengan belaian *** cintaMu. Karena aku tahu Engkau mengasihi semua hambamu. Kini hidupku telah berubah. Semua telah aku punyai, rumah mewah, mobil. Aset tanah Ya Allah yang Maha segalanya. Rasanya tak dimana-mana. Ibuku telah aku belikan rumah pantas aku selalu memohon padamu. Tapi yang begitu besar. Lengkap dengan perabotnya. kepada siapa aku harus memohon selain Tidak lupa aku carikan dua orang pembantu. kepada engkau? Lindungi anakku, hingga dia Uang memang mengalir begitu mudah. Tinggal benar-benar menjadi pemimpin yang aku bilang angka, semua pasti dituruti. Kalau menegakkan agamamu. Aku memohon padamu tidak, aku jerat dengan keputusan yang seberat- ya Allah, ya Rahman, ya Rahim. beratnya. Siapa yang berhak mengadili orang Aku kembali berurai air mata mendengar do’a- kecuali hakim? Tak ada. do’a ibu. Dan dua hari setelah itu aku memulai kehidupan baru di Jakarta. Ibu melepasku dengan air mata. Dengan tangis yang tak 9
  10. 10. Dewi fortuna memang berpihak padaku. Aku heran. Kenapa ibu tak pernah cerita Setelah selesai kuliah waktu itu aku langsung tentang hal ini? Juga terhadap pembantunya. mendapat kursi jabatan. Memang rendahan awalnya. Tetapi begitu aku tahu “jalan” nya tak Aku masih membuka semua isi lemari ibu. Aku sulit bagiku mendapat kursi yang tinggi dan menemukan tumpukan kertas penuh tulisan empuk. Ibuku pernah bertanya bagaimana aku yang lebih mirip cakar ayam.. Aku mulai bisa kaya secepat ini. Tetapi dengan sedikit membacanya. Lembar demi lembar. alasan, dan kepandaianku mengolah kata dia Ya Allah aku benar-benar bersyukur padamu. tak bertanya macam-macam lagi. Aku bilang Cita-cita anakku telah terkabul. Sekarang semua aku ini mempunyai bisnis sampingan selain orang kenal dengan Toni Wicaksono. Setiap hari kerja di Pengadilan. Dan sepertinya ibuku muncul di TV dengan bahasa khasnya. percaya dengan hal itu. Mengungkap dan memutuskan kasus demi Aku memang jarang pulang ke kampung. Buat kasus dengan gemilang. Prestasinya memang apa? Toh ibu sudah aku beri segalanya. pantas dibanggakan. Pembantu pun telah siap 24 jam, tinggal teriak *** pasti apa yang dimau datang. Selain itu aku juga sibuk dengan urusanku yang begitu menyita Tetapi ya Allah, kenapa sekarang jarang sekali waktu. Aku pikir ibu pasti memaklumi hal ini. pulang? Aku maklum pasti dia banyak urusan. Dan semua itu resiko atas pekerjaannya. *** Ya Allah, rinduku benar-benar tak tertahankan Ibuku meninggal dunia? Bagaimana bisa? Ada terhadap anakku. Lindungi dia ya Allah. Jaga dia yang aneh. Aku segera pesan tiket pesawat dari segala godaan dunia. Tunjukkan segala untuk pulang ke kampung hari ini juga. jalan yang lurus ya Rab. Sesampai di rumah tak ada tetangga yang datang. Hanya beberapa orang yang memang *** telah aku bayar untuk mengurusi jasad ibuku. Hari ini ada kepalaku terasa pusing. Perut juga Pemakaman hari itu juga. terasa sakit. Ah mungkin Cuma masuk angin. Sehabis pamakaman aku bertanya kepada Sebentar lagi juga sembuh. Aku masih kangen pembantu yang selama ini bekerja menjaga sama anakku Ya Allah. ibuku. Tak ada yang tahu penyebab kematian *** ibu. Dua orang tak dikenal datang kerumah hari ini. Aku ke kamar ibu. Membuka lemari dan laci- Mereka bilang ingin minta tolong terhadap lacinya. Ada selembar kertas hasil diagnosa dari anakku. Aku tak tahu maksudnya. Dia dokter. Tertulis disitu ibuku mengidap Leukimia. memberikan amplop. Untuk hadiah buatku 10
  11. 11. katanya, sebagai ibunya Toni. Setelah mereka tubuhku tak bisa digerakkan. Ya Allah apa yang pergi aku buka, isinya cek 1 milyar. Ya Allah, apa terjadi? artinya ini? Apakah anakku memang sekotor ini Kini aku menderita stroke. Terbaring kaku di sekarang? rumah pesakitan. Saat kondisi tubuhku mulai *** membaik, orang-orang berseragam itu kembali datang meminta keterangan. Aku menjadi Sakitku semakin menjadi. Aku memutuskan tersangka makelar kasus. periksa ke Dokter. Ditemani pembantuku. Aku menjalani pemeriksaan di ruang serba putih, Karya : Aris Budi aku tak tahu namanya. Beberapa hari kemudian Diambil dari : arisbudi10.blogspot.com aku mendapat vonis Leukimia. Aku benar-benar putus asa. Aku tak ingin menghubungi anakku lagi. Aku merasa dia bukan anakku lagi sekarang. Dia telah menyimpang dan menodai do’a-do’a ku. Menodai agamanya sendiri. Aku memohon padamu Ya Allah, segera ambil nyawaku ini. Tak ada yang pantas aku banggakan. Anakku telah berubah. Seandainya dia tahu, bukan harta seperti ini yang aku minta. Aku merindukan sholat malam berjamaah. Merindukan bagaimana dia mengambilkan air wudhu untukku. Tapi semua itu telah hilang. Ya Allah, sesungguhnya hidup miskin lebih aku sukai jika itu bisa mendekatkan diri ini padaMu ya Allah. Daripada hidup kaya tetapi jauh dari kasih sayangmu. Jika aku masih boleh memohon ya Allah. Tunjukkan hukuman untuk anakku agar dia bisa kembali ke jalanMu ya Rab. *** Sampai disini aku berhenti membaca. Tiba-tiba lidahku kelu. Tubuhku mengejang. Semua organ 11
  12. 12. Kulitnya hitam dekil dengan baju kumal dan Kisah Inspirasi robek-robek disana-sini. Tubuhnya kurus kering tanda kurang gizi. “Ya?” Tanya saya kepada Pelajaran hidup di Stasiun Jatinegara anak itu karena saya tadi konsentrasi saya Ketika pulang tugas audit dari surabaya Kereta melihat orang-orang di luar kereta. “Maaf, Argo angrek yang saya tumpangi dari Stasiun apakah air minum itu sudah tidak bapak Pasar turi surabaya perlahan-lahan memasuki butuhkan ?” katanya dengan penuh sopan stasiun Jatinegara. Para penumpang yang akan sambil jarinya menunjuk air minum di atas turun di Jatinegara saya lihat sudah bersiap-siap tempat makanan dan minum samping jendela. di depan pintu, karena sudah di jemput oleh Pandangan saya segera mengikuti arah telunjuk keluarga. suasana jatinegara penuh sesak si bocah. Oh, air minum dalam kemasan gelas seperti biasa. dari katering kereta yang tidak saya minum. Saya bahkan sudah tidak peduli sama sekali Sementara itu, dari jendela, saya lihat beberapa dengan air itu. Semalam saya hanya minta air orang porter/buruh angkut berlomba lebih dulu minum dalam kemasan gelas untuk jaga-jaga masuk ke kereta yang masih melaju. Mereka dan menolak nasi yang diberikan oleh berpacu dengan kereta, persis dengan pramugara. Perut saya sudah cukup terisi kehidupan mereka yang terus berpacu dengan dengan makan di rumah. tekanan kehidupan kota Jakarta. Saat kereta benar-benar berhenti, kesibukan penumpang “Tidak. Mau ? Nih…” kata saya sambil yang turun dan porter yang berebut memberikan air minum kemasan gelas kepada menawarkan jasa kian kental terasa. Sementara bocah itu. Diterimanya air itu dengan senyum di luar kereta saya lihat kesibukan kaum urban simpul. Senyum yang tulus. yang akan menggunakan kereta. Mereka Beberapa menit kemudian, saya lihat dari balik kebanyakan berdiri,karena fasilitas tempat jendela kereta, bocah tadi berjalan beririringan duduk kurang memadai. Sebuah lagu lama PT. dengan 3 orang temannya. Masing-masing KAI yang selalu dan selalu diputar dengan setia. membawa tas kresek di tangannya. Ke empat Tiba-tiba terdengar suara anak kecil anak itu kemudian duduk melingkar dilantai membuyarkan keasyikan saya mengamati emplasemen. Mereka duduk begitu saja. perilaku orang-orang di Jatinegara. Saya lihat Mereka tidak repot-repot membersihkan lantai seorang bocah berumur sekitar 10 tahun berdiri yang terlihat kotor. Masing- masing kemudian disamping saya. Kondisi fisiknya mengeluarkan isi tas kresek masing-masing. menggambarkan tekanan kehidupan yang berat Setelah saya perhatikan, rupanya isinya adalah baginya. “harta karun” yang mereka temukan di atas 12
  13. 13. kereta. Saya lihat ada roti yang tinggal separoh, bersyukur atas segala rejeki dan nikmat yang jeruk medan, juga separuh; sisa nasi catering diberikan oleh Tuhan. Dan tidak lagi kereta, dan air minum dalam kemasan gelas ! memandang sepele hal yang nampak sepele, seperti misalnya: air minum kemasan gelas. Selanjutnya dengan rukun mereka saling Karena bisa jadi sesuatu yang bagi kita sepele, berbagi “harta karun” temuan mereka dari bagi orang lain sangat berarti. kereta. Saya lihat bocah paling besar menciumi nasi bekas catering kereta untuk memastikan Oleh : Gani apakah sudah basi atau belum. Tanpa menyentuh sisa makanan, kotak nasi itu kemudian disodorkan pada temannya. Oleh temannya, nasi sisa tersebut juga dibaui. Kemudian, dia tertawa dengan penuh gembira sambil mengangkat tinggi-tinggi sepotong paha ayam goreng. Saya lihat, paha ayam goreng itu sudah tidak utuh. Nampak jelas bekas gigitan seseorang. Tapi si bocah tidak peduli, dengan lahap paha ayam itu dimakannya. Demikian juga makanan sisa lainnya. Mereka makan dengan penuh lahap. Sungguh, sebuah “pesta” yang luar biasa. Pesta kemudian diakhiri dengan berbagi air minum dalam kemasan gelas ! Menyaksikan itu semua, saya jadi tertegun. Saya lihat sendiri persis di depan mata, potret anak-anak kurang beruntung yang mencoba bertahan dari kerasnya kehidupan. Nampaknya hidup mereka adalah apa yang mereka peroleh hari itu. Hidup adalah hari ini. Esok adalah mimpi dan misteri. Cita-cita ? Masa Depan ? Lebih absurd lagi. Bagi saya pribadi, pelajaran berharga yang saya petik adalah, bahwa saya harus makin pandai 13
  14. 14. Motivasi Islami “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada- Mu dari kemiskinan, kekufuran, kefasikan, Mau Kaya? Berdo’alah perpecahan, dan kemunafiqan.” Diriwayatkan oleh Hakim dan Baihaqi di dalam al-Du’a,dari Anas, ibid., 1285 Dalam berbagai buku cara kaya yang ditulis oleh para milyarder barat, saya sering menemukan “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung bahwa langkah pertama untuk kaya ialah kita kepada-Mu dari kelaparan, karena jangan “alergi” dengan kekayaan. Jangan sesungguhnya ia adalah seburuk-buruk berpikir bahwa kekayaan itu jahat, orang kaya sahabat.” Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nasai itu jahat, dan segala sesuatu yang berhubungan dan Ibn Majah dari Abu Hurairah r.a., ibid., 1283 dengan kekayaan adalah jahat. Selama pikiran Dan, do’a kita akan dikabulkan jika kita yakin itu ada di dalam hati kita, kita tidak akan pernah dengan do’a kita. Seharusnya setelah membaca kaya. Yang penting, seperti dikatakan oleh Bob do’a-do’a yang dicontohkan oleh Rasulullah ini, Proctor, uang harus menjadi pelayan kita, hidup kita menjadi lebih cerah, berharapan, dan bukan kita menjadi budak uang. Lalu bagaimana optimis. Kenapa tidak? Kita akan kaya, lambat cara Rasulullah saw kaya? atau laun karena kita sudah berdo’a dan yakin Ternyata, dari sekian do’a yang pernah dengan do’a kita. diucapkan oleh Rasulullah saw, ada beberapa Jika Rasulullah saw saja berdo’a untuk kaya, do’a yang meminta kaya atau jauh dari mengapa kita tidak? Rasulullah saw memang kemiskinan. Coba simak beberapa do’a berikut pernah mengatakan kebaikan orang-orang ini: miskin. Tapi Rasulullah juga pernah “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada- menyebutkan kelebihan orang kaya. Mu petunjuk, ketaqwaan, kesucian diri, dan “Sesungguhnya Allah mencintai hamba-Nya kekayaan.” Diriwayatkan oleh Muslim, Tirmidzi, yang bertaqwa, kaya, dan tidak menonjolkan dan Ibn Majah dari Ibn Mas’ud, Shahih. al-Jami’, dirinya.” Diriwayatkan oleh Ahmad dan di- as-Shaghir, 1275. shahih-kan oleh Hakim, Ibn Hibban, dari Amr “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada- bin Ash. Mu dari kemiskinan, kepapaan, dan kehinaan. Tahukah Anda kalau Rasulullah saw itu Dan aku berlindung kepada-Mu dari kezaliman sebenarnya kaya? Hanya kehidupan beliau orang dan menzalimi orang.” Diriwayatkan oleh sangat sederhana karena semua kekayaan Abu Dawud, Nasai, Ibn Majah, Hakim dari Abu beliau hanya untuk dakwah. Itu suatu pilihan. Hurairah r a ( al-Jami’, as-Shaghir, 1287) Jika Anda kaya, Anda masih bisa tetap hidup sederhana, tetapi jika Anda miskin Anda tidak bisa hidup seperti orang kaya. 14
  15. 15. Ada dua hal yang penting untuk dilakukan Cara Pertama ialah dengan berdo’a. Dalilnya setelah Anda kaya. Tetap bertaqwa dan jangan ialah hadits diatas. menonjolkan diri seperti hadits riwayat Ahmad Cara Kedua adalah bersedekah. Rasulullah SAW diatas. pernah bersabda : “Silaturrahmi dapat Rahasia Mengubah Takdir memperpanjang umur dan sedekah dapat merubah taqdir yang mubram” (HR. Bukhari, Banyak orang malas yang menjadikan takdir Muslim, at-Tirmidzi, Imam Ahmad) sebagai dalih atas kemalasannya. Padahal, takdir itu bisa diubah. Memang, tidak semua Cara Ketiga adalah bertasbih. Ada hadits yang takdir bisa diubah. Misalnya, jika kita diriwayatkan dari Sa’ad Ibnu Abi Waqosh, ditakdirkan sebagai seorang laki-laki, tidak bisa Rasulullah bersabda : diubah menjadi seorang perempuan. “Maukah kalian Aku beritahu sesuatu do’a, yang Lalu bagaimana cara kita mengubah takdir? jika kalian memanfa’atkan itu ketika ditimpa Cara yang benar dan tepat, tentu saja harus kesedihan atau bencana, maka Allah akan bersumber dari Pembuat takdir yang tiada lain menghilangkan kesedihan itu? Para sahabat Allah SWT melalui Al Quran dan Hadits Nabi menjawab : “Ya, wahai Rasululullah, Rasul saw. bersabda “Yaitu do’a “Dzun-Nun : “LA ILAHA ILLA ANTA SUBHANAKA INNI KUNTU MINADH- Bagi Anda yang belum tahu, bahwa takdir bisa DHOLIMIN” (Tidak ada Tuhan selain Engkau, diubah, silahkan simak hadist berikut: maha suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diantara orang-orang yang dholim”). (H.R. Imam diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa Ahmad, At-Turmudzi dan Al-Hakim). Nabi SAW Bersabda : “Barangsiapa hatinya Cara keempat ialah dengan bershalawat ada terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ubay rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada Ibnu Ka’ab, bahwa ada seorang laki-laki telah permohonan yang lebih disenangi oleh Allah mendedikasikan semua pahala sholawatnya daripada permohonan orang yang meminta untuk Rasulullah SAW, maka Rasul berkata keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at kepada orang tersebut : “Jika begitu lenyaplah bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang kesedihanmu, dan dosamu akan diampuni” (H.R belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak Imam Ahmad At-Tabroni) taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Jadi, jangan pernah berhenti berdo’a dan Hakim) berusaha. Seburuk apa pun kondisi saat ini, semuanya masih bisa berubah. Bagaimana pun Cara Mengubah Takdir pahitnya pengalaman kita dimasa lalu, masih bisa berubah. Optimis selalu. 15
  16. 16. Para Pencari Keberuntungan “Pak Amir cuma beruntung. Saya tidak seberuntung dia.” Di suatu desa yang terletak di pinggir sungai besar, ada seorang nilayan bernama pak Amir Setelah sekian lama, berita ini sampai kepada yang selalu mencari ikan di sungai tersebut. pemerintah dan tempat itu diambil alih. Setiap hari pak Amir turun ke sungai memasang Masyarakat masih bisa menambang intan dan bubu (perangkap ikan). Keesokan hari bubu dijual kepada pihak pemerintah. Pak Budi dan tersebut ditengok. Kadang mendapat ikan orang-orang mengikuti jejak pak Budi banyak kadang tidak. Namun pak Amir terus mendapatkan rezeki yang lumayan dari usaha menjalankan profesinya sebagai nelayan di menambang intan tersebut. Sementara Bu Cici sungat tersebut. Sampai suatu saat, dia kaget, dan Pak Dedi hanya menjadi penonton sambil ada benda mengkilat di salah satu bubunya. terus mengatakan, Dan, benda itu adalah intan. “Saya tidak beruntung.” Tentu saja berita itu cepat menyebar sebab pak Amir mendadak kaya. Ternyata intan yang Sumber : motivasi-islam.com masuk ke bubunya cukup besar dan berkualitas tinggi sehingga laku sampai ratusan juta. Warga desa tersebut tentu heboh. Berbondong- bendong pergi ke sungai untuk mencari ikan. Pak Budi, langsung mempelajari bagaimana cara menambang intan di sebuah sungai. Dia tanya sana sini untuk mengetahui caranya dan dia menjalankannya dengan sungguh-sungguh sampai dia mendapatkan intan, meski tidak sebanyak pak Amir. Sementara ibu Cici memasang bubu sebanyak mungkin. Ikan yang tertangkap dilepas kembali karena tujuannya ingin mendapatkan intan. Dia ingin mendapatkan keberuntungan seperti pak Amir. Setelah sekian lama mencoba akhirnya bu Cici pulang dengan tangan kosong. Ikan tidak dapat apalagi intan. Lain lagi dengan pak Dedi. Dia tidak melakukan apa-apa. Dia mengatakan, 16
  17. 17. butuh waktu sekitar dua mingguan. Pria kelahiran Mei 1984 itu lantas Kisah Sukses mengumumkan situsnya dan menarik Mark Zuckerberg si Pencipta Facebook rekan-rekannya untuk bergabung. Hanya dalam jangka waktu relatif singkat-sekitar dua minggu-Facebook telah mampu menjaring dua per tiga lebih mahasiswa Kisah sukses sang pencipta Facebook sepertinya Harvard sebagai anggota tetap. tidak akan ada habisnya. Konon, melalui situs jejaring sosial tersebut, banyak orang-orang Mendapati Facebook mampu menjadi magnet yang lama tak bersua, bisa kembali bersatu, yang kuat untuk menarik banyak orang reunian, dan bahkan berjodoh. Karena itulah, bergabung, ia memutuskan mengikuti jejak situs pertemanan ini semakin populer saja. seniornya-Bill Gates-memilih drop out untuk menyeriusi situsnya itu. Bersama tiga rekannya- Facebook ini sebenarnya dibuat sebagai situs Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris jaringan pertemanan terbatas pada kalangan Hughes-Mark kemudian membuka kampus keanggotaan Facebook untuk umum. pembuatnya, yakni Mark Zuckerberg. Mark ternyata tak sekadar nekad. Ia punya Mahasiswa Harvard University tersebut-kala itu- banyak alasan untuk lebih memilih menyeriusi mencoba membuat satu program yang bisa Facebook. Mark dan rekannya berhasil menghubungkan teman-teman satu membuat Facebook jadi situs jaringan kampusnya. Karena itulah, nama situs yang pertemanan yang segera melambung namanya, digagas oleh Mark adalah Facebook. Nama ini ia mengikuti tren Friendster yang juga ambil dari buku Facebook, yaitu buku yang berkembang kala itu. Namun, agar punya nilai biasanya berisi daftar anggota komunitas dalam lebih, Mark pun mengolah Facebook dengan satu kampus. Pada sejumlah college dan berbagai fitur tambahan. Dan, sepertinya sekolah preparatory di Amerika Serikat, buku ini kelebihan fitur inilah yang membuat Facebook diberikan kepada mahasiswa atau staf fakultas makin digemari. Bayangkan, Ada 9.373 aplikasi yang baru agar bisa lebih mengenal orang lain di yang terbagi dalam 22 kategori yang bisa kampus bersangkutan. dipakai untuk menyemarakkan halaman Facebook, mulai chat, game, pesan instan, Pada sekitar tahun 2004, Mark yang memang sampai urusan politik dan berbagai hal lainnya. hobi mengotak-atik program pembuatan website berhasil Hebatnya lagi, sifat keanggotaan situs ini sangat terbuka. Jadi, data yang dibuat tiap orang lebih menulis kode orisinal Facebook dari kamar jelas dibandingkan situs pertemanan lainnya. asramanya. Untuk membuat situs ini, ia hanya Hal ini yang membuat orang makin nyaman 17
  18. 18. dengan Facebook untuk mencari teman, baik TIPS & TRIK yang sudah dikenal ataupun mencari kenalan baru di berbagai belahan dunia. CARA BUKA PASSWORD WIN XP Sejak kemunculan Facebook tahun 2004 silam, apabila user account di windows kita lupa password kemungkinan masih bisa kita buka anggota terus berkembang pesat. Prosentase kenaikannya melebihi seniornya, Friendster. adapun caranya sebagai berikut: Situs itu tercatat sudah dikunjungi 60 juta orang dan bahkan Mark Zuckerberg berani menargetkan pada tahun 2008 ini, angka Cara ke I : tersebut akan mencapai 200 juta anggota. LOG ON memakai account administrator Dengan berbagai keunggulan dan jumlah jika user account yang kita buat pas install peminat yang luar biasa, pertama kemungkinan account administratornya masih BLANK.maka gunakan Facebook menjadi ‘barang dagangan'yang cara sebagai berikut : sangat laku. Tak heran, raksasa software -nyalakan computernya Microsoft pun tertarik meminangnya. Dan, konon, untuk memiliki saham hanya 1,6 persen -setelah tampilan logo bios selesai tekan F8 di saja, Microsoft harus mengeluarkan dana tak keyboard (beberapa kali) kurang dari US$ 240 juta. Ini berarti nilai -setelah itu akan keluar menu SAFE MODE pilih kapitalisasi saham Facebook bisa mencapai menu yang pertama(SAFE MODE) US$15 miliar! Tak heran, Mark kemudian dinobatkan sebagai miliarder termuda dalam -setelah windows loading maka akan keluar sejarah yang memulai dari keringatnya sendiri. user accoung yang kita buat dan juga ADMINISTRATOR pilih administrator Niat Mark Zuckerberg untuk sekadar ‘menyatukan' komunitas kampusnya dalam -setelah masuk di account administratornya klik sebuah jaringan ternyata berdampak besar. Hal START-pilih CONTROL PANEL ini telah mengantar pria yang baru berusia 23 tahun ini menjadi miliarder termuda dalam -kemudian pilih user acount sejarah. setelah masuk di menu USER ACCOUNT klik di usernya(user yang hilang passwordnya) -setelah masuk di account tsb maka ada pilihan DELETED USER PASSWORD klik di situ kemudian pilih YES. 18
  19. 19. -setelah selesai restart computer seperti biasa Selamat Mencoba mudah-mudahan bisa maka kita akan masuk ke windows dengan user ………!!! account tersebut tanpa password yang penting itu bukan komputer punya orang kan …… Cara ke II : AWAS !! Kalo Log On-nya bukan Administrator … Caranya …. 1. Waktu ditanya Password .. Tekan ALT + CTRL + DELETE 2. Pada dialog user hapus nama user trus tekan ENTER … Kalo masih blum jalan … 3. Pada dialog user hapus nama user trus ganti dengan nama Administrator trus tekan Enter …. InsyaAllah Windows akan terbuka ……. berdo’alah sebelum mencoba … Cara Ke III : Kalo semua account di password termasuk administrator-nya.. terus cara-cara yang di atas masih lom bisa… coba pake OPHCRACK LIVE CD… emang aga ribet sich.. mesti di burning ke CD dulu… cara bekerja-nya adalah… sebelum komputer masuk windows, coba setting di BIOS biar booting pertama-nya di CD-ROM bukan di hard disk, abis itu baru masukin CD yang berisi software tersebut, tungguin aja…. (sambil minum kopi juga boleh… saya udah pake ini software, manjur banget…. untuk lebih jelasnya dan download software- nya, kunjungi disini : www.lifehacker.com 19
  20. 20. Pojok Kartun swasta itu..."Yo'i Dul, Rolex nih...asli lho, harganya jutaan nih" pamernya bangga...dan Siapa yang Pakai, bukan Apa yang Dipakai... apa komentar si Dul? Kisah ini terjadi beberapa tahun yang lalu, Big "Oalaaahhhh Minnn...Minnnnn....tampang kaya Bos kantor lama JK punya sopir pribadi yang kamu pake Rolex asli siapa yang percaya? paling selalu menyertai Big Bos kemanapun pergi, juga kamu beli di Mangga Dua...." , dan diam2 si sopir (sebut saja Parmin) mengagumi terjadilah perdebatan diantara mereka....sopir jam tangan yang dipake Big Bos, mereknya dengan jam tangan Rolex dan tukang baso Rolex...wuih, pasti mahal punya, keren keliling... buanget..batin si Parmin, satu ketika dalam perjalanan pake mobil pulang kantor kebetulan Big Bos duduk di depan sebelah sopir dan matanya menangkap lirikan Parmin pada jam tangan Rolexnya, spontan dia bertanya sambil tertawa, "Kenapa Min? kamu naksir arloji saya ya?"...Parmin gelagapan,"Eh, nggak Pak...jam tangan Bapak bagus banget, pasti harganya mahal banget ya, Pak?"...."Kenapa? kamu pengen, Min? nih ambil..."kata Big Bos sambil melepas arloji (Rolex bo...) lalu menyodorkan pada Parmin, kebetulan lampu merah, Si Parmin yang serasa ketiban duren...eh Rolex langsung Singkat cerita lagi, usut punya usut, Parmin menerima (takut Big Bos keburu berubah klarifikasi ke Big Bos tentang Rolex-nya...dan pikiran) dan memakainya di pergelangan tangan apa komentar Big Bos ? "Rolex yang aku kasih kanannya...."Beneran nih Pak, buat saya ke kamu itu palsu, Min...aku beli di Singapore, arlojinya?" tanya Parmin meyakinkan..."Iya, harganya cuma sekian puluh dollar...ha ha ha kamu pake aja.." Jawab Big Bos sambil ha...!" .....Parmin bengong dan bertanya dengan nyengir.... keheranan,"Kok Bapak Pake Rolex palsu? uang Singkat cerita, si Parmin sang sopir pribadi Big Bapak kan banyak, bisa buat beli Rolex asli Boss bergaya dengan Rolex melingkar di berpuluh2..." dan jawaban Big Bos tak kalah pergelangan tangannya...wuiiihhhh keren mencengangkan...."Kalo saya yang pakai, biar buanget, petentang-petenteng memamerkan palsu sekalipun...orang tetep mengira itu Rolex arloji kelas dunia pada teman2nya..."Jam asli, soalnya saya orang kaya...lha kalo kamu tangan baru, Min? keren amat..." puji si Dul yang pakai biar itu Rolex asli orang tetep gak tukang baso keliling langganannya yang konon akan percaya, lha wong kamu cuma sopir, mana adalah sarjana D3 sebuah perguruan tinggi kebeli Rolex seharga puluhan juta???? maaf lho 20
  21. 21. Min...tapi ini kenyataan..." dan Big Bos Waduh...no comment dah, naik gaji cuma melanjutkan,"Ngapain saya beli Rolex asli sekedar buat bertahan hidup aja, bukan seharga puluhan juta kalo pake yang palsu aja meningkatkan kualitas hidup... orang sudah pikir itu asli???? lagian kalo bener itu Rolex asli, gak akan aku kasih ke kamu Minnnnn....rugi saya...ha ha ha ha ha!" Meldeka Mak ! Parmin cuma geleng2 kepala, tapi dia dapet satu pelajaran.... Alhamdulillah, masih bisa makan tempe sayur.... Obrolan Pok Ipah tukang warteg dan Parmin, seorang buruh pabrik langganannya.. "Min, katanya elu abis naek gaji....kok makannya masih pake sayur ama tempe aja?" Meldeka Mak !! Meldeka atau mati Mak ??? Kenapa halus mati kalo nggak meldeka Mak ??? Kenapa nggak hidup aja Mak ??? ... nggak enak kalo hidup nggak meldeka ya Mak ??? Mak...Meldeka Mak !! Aku udah pakai kain melah putih di kepala...belalti aku meldeka Mak ??? Meldeka kan Mak ??? Maaakkkkk !!! Aku meldeka kan ??? Maaaaakkkkk.... "He he kemaren makan TEMPE MELDEKA !!! SAYUR...sekarang dah naik gaji, Alhamdulillahhhh MASIH BISA MAKAN TEMPE Sumber pojok kartun : SAYUR..." http://gudangkartun.blogspot.com 21
  22. 22. Kisah Sukses Pengusaha UKM, keluar untuk mendirikan perusahaan kecil- Nur Dahyar kecilan. Dari Karyawan Menjadi Rekanan Toyota Secara kebetulan ketika di Toyota ia kenal Oleh dengan Setiadi, seorang teknisi mesin yang Sigit Wibowo bekerja di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo). Hubungan pertemanan ini berlanjut menjadi Jakarta—Siapa yang membayangkan orang yang hubungan bisnis. Nur Dahyar lalu mendirikan dulunya bekerja di bagian produksi pabrik perusahaan yang diberi nama PT Nuansa Raya Toyota Astra Motor (TAM) bisa mengubah Dinamika (NRD) tahun 1997. nasibnya menjadi rekanan yang memasok Modal awal pengembangan usaha NRD berasal komponen pada perusahaan otomotif terbesar dari pinjaman BNI sebesar Rp 50 juta. Pertama di Indonesia tersebut? kali memperoleh order dari Pelindo lewat jasa Mungkin ada, tidak tidak terlalu banyak. Dan temannya tersebut. Proyek yang ditanganinya salah satunya adalah Nur Dahyar. Nur— adalah pembuatan 9 pemancar lampu (tower) demikian ia biasa dipanggil-membuka usaha senilai Rp 135 juta yang dilaksanakan dalam pallet setelah “mencuri” ilmu di TAM selama 9 beberapa periode. tahun. Saat ini pallet buatan perusahaannya “Pada bulan pertama NRD menyelesaikan order tidak saja digunakan memenuhi kebutuhan sebesar Rp 15 juta tetapi biaya yang dikeluarkan dalam negeri tetapi juga diekspor ke luar negeri. sebanyak Rp 25 juta,” ujarnya. Hal ini wajar “Sejak awal saya memang mempunyai rencana mengingat NRD harus menginvestasikan mesin menjadi pengusaha,” ujarnya. dan peralatan lain. Setelah memiliki prospek Pada saat bekerja di Toyota tahun 1978 ia yang baik koleganya tersebut mengajukan hanya berbekal ijazah SLTP. Namun pensiun dini agar bisa fokus dalam keinginannya menjadi seorang pengusaha tidak mengembangkan perusahaan tersebut. Pada pernah mati, sembari bekerja di Toyota pada mulanya 100 persen saham dimiliki Nur Dahyar malam harinya ia bersekolah SMA hingga lulus tetapi setelah Setiadi bergabung komposisi Akademi D3 komputer. Ketika bekerja di kepemilikan saham fity-fifty. Toyota, ia pun bertekat menguasai semua “Kami membina hubungan berdasarkan prinsip bidang sehingga ia minta kepada atasannya saling percaya, walaupun sering kali beda supaya di-rolling dari satu bidang ke bidang lain. pendapat tetapi sampai sekarang masih bisa Maka sejumlah bidang di industri otomotif ini bertahan,” kata Setiadi. Jika Dahyar lebih sudah ia jalani. Mulai dari bidang pengelasan, menguasai proses produksi maka Setiadi press, pengepakan, pergudangan dan lainnya. menangani yang berkaitan masalah keuangan. Setelah ia memperoleh cukup ilmu akhirnya ia Pembagian tugas yang jelas menyebabkan 22
  23. 23. masing-masing orang tahu apa yang harus Meskipun masih mengandalkan produksi pallet dilakukan dan bidang apa yang harus baja tetapi produk-produk lain non-pallet akan dikerjakan. ditingkatkan. Pada 2005-2007, NRD ingin masuk pada pengembangan produk komponen mesin. Beralih ke Besi/baja Rencananya 2007-2010 investasi peralatan dan Semula NRD memproduksi pallet yang terbuat mesin-mesin sudah bisa dilakukan dan akhir dari kayu tetapi mulai tahun 2001 beralih tahun 2010 sudah bisa berproduksi. dengan bahan baku dari besi/baja. Sejak tahun Khusus bahan baku perusahaannya dipasok 2002 pallet buatan NRD semua berasal dai oleh PT Krakatau Steel melalui 5 distributor dan besi/baja. Hal ini disebabkan negara seperti pipa dari perusahaan Bakrie. Sejauh ini pasokan Malaysia dan Australia sudah tidak mau lancar sehingga produksi tidak terganggu. menerima pallet yang terbuat dari kayu karena Namun penguatan dolar terhadap rupiah akhir- menciptakan masalah lingkungan. akhir ini menyebabkan kekhawatiran karena Saat ini produk yang dihasilkan NRD tidak saja dampaknya sangat buruk bagi usahanya. pallet baja tetapi juga peralatan konstruksi baja Sementara untuk jumlah karyawan terus dan mesin-mesin sederhana. NRD telah meningkat dari tahun 1997 yang hanya Nur berkembang menjadi tiga pabrik kecil yang Dahyar dengan anggota keluarga saja. Tahun menempati wilayah seluas 2560 meter persegi 1998 berjumlah 7 orang sekarang sudah di daerah Semper. 55 persen produksi NRD berkembang menjadi 122 orang. Kebanyakan untuk memasok kebutuhan Toyota sedangkan atau sekitar 78 orang merupakan lulusan smu, 3 45 persen kepada pelanggan lain. Tercatat dari akedemi, 6 orang univeritas dan sisanya beberapa perusahaan seperti PT Maersk Line, pendidikan SD dan SMP. SCI, American Line, Mulia Keramik mengguanakan produk NRD. Jepang ingin masuk Saat ini beberapa bank telah menyalurkan Setelah melihat prospek bisnis yang baik maka kredit pada UKM ini yakni Bank Niaga, Bank ancaman terbesar yang dihadapi perusahaan Permata dan Citibank. “Sekarang kredit yang adalah rencana perusahaan Jepang melakukan bisa dikucurkan bisa mencapai Rp 1 miliar per investasi di sektor ini. Hal inilah yang bulan seiring dengan perkembangan dikhawatirkan karena bisa mengancam perusahaan,” kata Setiadi. Ia merasa bersyukur eksistensi NRD. Namun kebijakan Toyota yang karena omzet perusahaan yang semula hanya tetap ingin mempertahankan partner lokal dibawah Rp 100 juta sekarang sudah mencapai menyebabkan mereka belum bisa masuk. Rp 14 miliar. Tetapi indikasi perusahaan Jepang ingin masuk Setiadi memperkirakan omset perusahaan di ke sektor ini sudah ada. “Kami meminta akhir tahun bisa mencapai Rp 20 miliar. pemerintah memperhatikan ini sebab secara 23
  24. 24. modal dan teknologi mereka pasti tidak kalah,” yang sama dengan harga Rp 800 per kilo. kata Dahyar. Tinggal dihitung berapa besar keuntungan yang masuk kantong Pak Haji setiap hari. Sebelumnya tahun 2004 NRD juga terancam setelah produk-produk bajakan dengan harga Laki-laki yang tak tamat sekolah dasar ini murah dari Cina diselundupkan melalui memulai perjuangannya pada 1965. Ketika itu, berbagai pelabuhan. “Modusnya mereka pada usia 16 tahun, Mataji meninggalkan Pulau bekerja sama dengan beberapa orang aparat Madura untuk mengadu nasib ke Surabaya. bea cukai untuk meloloskannya,” ujarnya. N ”Ketika itu, saya sama sekali tak punya apa- apa,” kata anak petani miskin ini. Maka, pada saat-saat awal menjadi penduduk kota Bisnis Besi Tua Yang Menghidupi Surabaya, Mataji harus rela tinggal di sebuah kamar kos sempit di Dupak Jaya Gang VI. RUMAH bercat putih berlantai dua di Jalan Raya Asem Rowo, Surabaya, itu tampak menonjol. Tetapi, mungkin sudah jodoh, sejak awal Mataji Maklum, lingkungan sekitarnya terlihat kumuh telah terjun ke bisnis besi tua. Ketika itu, dan kotor, dengan rumah-rumah yang kecil dan berbasis di Jalan Demak –yang masih termasuk sempit. Sementara di halaman rumah bercat kompleks pasar loak Surabaya– Mataji mulai putih itu beberapa truk terlihat bisa parkir menerima penjualan besi tua dari para seenaknya. Di samping kanan rumah ada garasi, pemulung. Dengan modal seadanya, ia tempat dua truk kelihatan sedang diperbaiki. menyalurkan besi-besi tua itu ke pabrik pelebur baja. ”Omset saya paling tinggi ratusan ribu Rumah besar itu adalah kediaman Haji Mataji, rupiah,” kata Mataji. 50 tahun, pengusaha besi tua di pasar loak Surabaya. Pria kelahiran Desa Omben, Kerja mengumpulkan besi kecil-kecilan itu Sampang, Madura, ini adalah salah satu dilakoninya hingga lima tahun. Tapi, pada 1970, pengepul –pengusaha pengumpul besi tua– peruntungan Mataji berubah. Tahun itu, ia terbesar di Surabaya. Dari tiga lokasi diberi kepercayaan oleh kenalannya yang pengumpulan besi tua miliknya, setiap hari bekerja di sebuah pabrik peleburan baja untuk Mataji memindahkan rata-rata 200 ton besi ke memasok besi baja bagi pabrik itu. Ibarat beberapa pabrik pelebur baja di Surabaya. memperoleh durian runtuh, Mataji diberi pinjaman modal Rp 50 juta. Saking suksesnya, kini tak kurang dari 125 karyawan menggantungkan hidup pada usaha ”Pada masa itu, mencari besi tua tak semudah pengumpulan besi tua yang dijalankan Haji sekarang,” Mataji mengenang. Toh, dengan Mataji. Dari para pemasoknya, Mataji membeli modal pinjaman dari kenalannya itu, Mataji besi tua Rp 650 per kilo. Sedangkan ke pabrik- mampu memasok 20 ton besi tua setiap pekan. pabrik yang dipasoknya, ia bisa menjual barang Sejak itulah, reputasi Mataji sebagai pengepul 24
  25. 25. besi tua makin berkilau. Pada 1984, ketika sejak puluhan tahun lalu. Kepada para pemasok merasa pengalamannya telah cukup, Mataji besi tua yang datang, ia selalu membayar memformalkan usahanya dengan mendirikan dengan uang kontan. Termasuk juga kepada PT Logam Jaya. pemulung kecil yang menjual besi senilai puluhan ribu rupiah. Lewat perusahaan baru ini, Mataji berhasil mempertahankan reputasi. Walaupun Untuk kendaraan sehari-hari, Mataji tak mau pengusaha besi tua lain terus tumbuh di pasar bermanja-manja dengan memilih kendaraan loak Surabaya, Mataji bisa bertahan. Hingga baru. Ia merasa cukup mengendarai sebuah jip kini, ia mengaku tak pernah mengalami Toyota berusia belasan tahun. Cerita sukses kesulitan mengumpulkan dan memasok besi pengusaha besi tua pasar loak Surabaya tak tua. Pabrik-pabrik baja besar, seperti PT Hanil hanya tercermin dari kisah Haji Mataji. Asmuri, Metal Work dan PT Ispar Indo Surabaya, pun 38 tahun, dan Maksum, 43 tahun, pemilik UD selalu mengandalkan pasokan besi dari Mataji. Sahabat, juga termasuk pengepul yang terbilang sukses. Simbol sukses Mataji yang paling jelas terwujud pada empat rumah mewah yang dimilikinya. Usaha jual-beli besi tua digeluti pasangan ini Sementara itu, bisik-bisik di kalangan dekatnya sejak 1988. Ketika itu, Asmuri dan sahabatnya, malah menyebut Mataji sudah berani menikah Maksum, merintis usaha dengan modal Rp 4 lagi. Konon, kini ia memiliki empat istri. Tapi, juta. Masing-masing menginvestasikan Rp 2 kepada Gatra, Mataji menyatakan bahwa isu itu juta. Untuk mengumpulkan uang sebanyak itu, cuma isapan jempol. ”Ah, istri saya cuma satu, Asmuri terpaksa membongkar seluruh isi kok,” katanya sambil tertawa lebar. tabungan, hasil usahanya berjualan ayam selama beberapa tahun. Selain berbisnis besi tua, Mataji melebarkan bidang garapan PT Logam Jaya. Perusahaannya Pasangan Asmuri-Maksum memulai usahanya itu kini mengomersialkan 50 unit truk milik dengan membeli sebuah kios kecil di kawasan Mataji untuk melayani kebutuhan angkutan pasar loak Surabaya, tepatnya di Jalan Dupak barang trayek Jawa-Bali. Toh, kendati telah Rukun. Awalnya mereka mengumpulkan besi menjadi jutawan, penampilan Mataji tak tua berbagai ukuran dari sumber mana pun. berubah. Topi koboi dan kemeja ”berantakan” ”Kebanyakan kami mendapat besi tua setelah selalu menjadi bagian dari penampilan Mataji berburu mencari pabrik-pabrik yang gulung sehari-hari. tikar, atau kapal yang sudah tak berfungsi,” kata Maksum. Setiap hari, Mataji selalu duduk lesehan di tanah menyaksikan para karyawannya bekerja. Maksum punya kiat unik. Ia rajin mendatangi Ia tak segan ikut main kartu dengan anak balai lelang di Jalan Raya Demak, tak jauh dari buahnya. Cara berbisnis Mataji pun tak berubah pasar loak Surabaya. ”Dari dulu banyak kantor 25
  26. 26. yang melelang barang dari besi,” katanya. Bakso Kuto ,Sukses Bukan Berarti Tanpa Menurut Maksum, semua barang berat yang Hambatan terbuat dari besi dapat dijualnya kembali. Saking lancarnya usaha berdagang besi bekas Hampir semua orang mengenal Bakso, makanan ini, Maksum dan Asmuri tak mau mengambil yang hampir bisa dijumpai di setiap penjuru untung besar. wilayah sekitar kita. Banyak orang beranggapan berjualan bakso hanya menghasilkan sedikit ”Untung Rp 500 pun sudah cukup,” kata Asmuri. keuntungan, tetapi tidak bagi Cak To begitu Maklum, menurut Asmuri, banyak pembeli panggilan akrab Wachid Basir Krismanto. Dari memborong dalam partai besar. ”Terlebih jika gerai bakso Kuto Cak To yang sudah tersebar di pembelinya dari luar negeri. Bisa ratusan ton,” berbagai kota telah menjadi mesin pengumpul katanya. Rata-rata setiap hari, Asmuri paling uang bagi lelaki muda ini. Kreativitas dan tidak bisa mengantongi Rp 10 juta. Tapi, sejak inovasinya memadukan cita rasa Bakso Malang situasi politik di Jakarta makin panas, rezeki dari dan Bakso Solo menjadi ciri khas bakso Kuto Cak penjualan besi tua ternyata juga terpengaruh. To ini. Kini Bakso Kuto Cak To berhasil menjadi mesin pengumpul uang bagi Cak To dan juga ”Kalau Jakarta tidak tenang, barang dagangan orang lain berkat usahanya yang dibuat sistem kita tak laku,” kata Asmuri. Setelah berdagang waralaba. Meski demikian proses memulai besi tua cukup lama, Asmuri dan Maksum bisnis usaha bakso bagi Cakto tidaklah mudah, memang sama-sama percaya bahwa laku atau banyak liku-liu dan hambatan yang dialami. tidaknya besi tua benar-benar tergantung musim. ”Termasuk musim situasi ekonomi dan Awal membuat Bakso Kuto Cak To menjadi politik,” kata Asmuri. ”Misalnya, kalau dolar sistem waralaba karena ia terobsesi dengan naik, besi juga naik, persis harga emas.” cara berbisnis beberapa gerai kuliner lainnya yaitu KFC, McDonald dan lain-lain. dengan Beberapa bulan belakangan, UD Sahabat menggandeng banyak mitra prosuk yang ternyata mengalami musim tak laku yang cukup dihasilkan lebih banyak sehingga bisa menekan menggusarkan Asmuri dan Maksum. ”Hari ini biaya sehingga harga produk bisa lebih murah. kami hanya dapat satu pembeli,” kata Asmuri, Selain itu dengan model waralaba penghasilan ketika ditemui Gatra, awal Juni lalu. Maksum yang diterima lebih banyak serta bisa membuka menambahkan bahwa perusahaannya pernah lapangan kerja bagi orang lain. satu pekan tak kedatangan pembeli. ”Kalau kondisi terus seperti sekarang, kami bisa tak Kesuksesan Cak To dengan Baksonya bukanlah punya keuntungan,” katanya. tanpa hambatan dan dicapai dengan mudah. Sebelum sukses dengan Bakso lelaki ini pernah Sumber: menekuni usaha Bisnis Voucher pulsa, warung http://www.gatra.com/artikel.php?id=7600 ayam penyet, pecel lele,tempe penyet, cafe dan bisnis-bisnis lainnya. Bukannya menuai 26
  27. 27. kesuksesan yang diperoleh tetapi kegagalan macet. Masalah mitra yang siap menjadi suplier demi kegagalan yang didapatkan. Kegagalan daging, uang sudah dibayarkan tetapi daging demi kegagalan tersebut memang menjadi tidak juga dikirimkan. Meski hambatan- pengalaman pahit bagi Cak To hingga ia hambatan tersebut membuat Cak To merugi kehabisan modal untuk memulai usaha baru. hingga jutaan rupiah tidak menyurutkan Tetapi semangat berusaha Cak To tidak pernah semangatnya. Mesin uang harus tetap berjalan. surut oleh pengalaman pahit tersebut, dengan Kini dengan Bakso Cak To telah memberikan bermodalkan 1 juta dia mulai membuka banyak kesejahteraan bagi dirinya dan orang Warung Bakso di kawasan Kampusn Petra banyak. Tertarik menjadi mitra Bakso Kuto Cak Surabaya. Perlahan namun pasti bakso To? Silahkan bergabung. buatannya semakinj diminati banyak orang, hingga akhirnya terfikirkan olehnya untuk Sumber : Majalah Wirausaha Dan Keuangan membuka gerai bakso yang lebih luas, lebih profesional dan berada di tempat umum Dengan bermodalkan sertifikat tanah yang dipinjam dari orang tuanya maka Cak To memberanikan diri untuk meminjam modal 50 juta dari Bank sebagai modal pengembangan bisnis baksonya. Ini adalah pertaruhan besar karena jika gagal resikonya ia tidak akan menerima warisan dari ayahnya lagi. Tetapi ternyata kegigihannya tidak sia-sia, perlahan- lahan pelanggan Baksonya semakin lama semakin banyak. Ujian tidak sampai disitu saja, meski usahanya berjalan dengan lancar tetapi selalu saja ada masalah-masalah miss majanemen seperti uang hilang karena keteledoran karyawan. Lambat laun masalah tersebut dapat diatasi dengan manajemen yang baik dan otomatisasi pembayaran. Masalah manajemen dapat diselesaikan muncul masalah baru lagi misalnya dari pihak mitra yang membuka usaha kemitraan, baru membayar uang muka, barang dan bahan sudah dikirimkan namun pembayaran tidak segera dilakukan, bahkan 27
  28. 28. Cerita Lucu kecepatan kita seperti ini dia akan berhasil PILIH GADIS MATEMATIS ATAU GADIS LOGIS? menangkap kita dalam waktu dua setengah menit... Ada dua orang gadis, salah satu dari mereka cara L : Hanya ada satu langkah Logis yang harus kita berpikirnya MATEMATIS (M) dan yang lainnya lakukan.. Kamu lewat jalan yang ke kiri dan aku cara lewat berpikirnya mengandalkan LOGIKA ( L) . Mereka jalan yang kekanan. sehingga dia tidak bisa berdua mengikuti berjalan pulang melewati jalan yang gelap, dan kita berdua dan hanya salah satu yang diikuti jarak rumah mereka masih agak jauh. Setelah olehnya. beberapa lama mereka berjalan.... Setelah kedua gadis itu berpisah, ternyata Pria tadi M : Apakah kamu juga memperhatikan, ada mengikuti langkah si gadis yang menggunakan seorang pria logika yang sedang berjalan mengikuti kita kira2 sejak tigapuluh delapan setengah menit yang lalu? (L ). Gadis matematis ( M) tiba di rumah lebih Saya dulu dan khawatir dia bermaksud jelek. dia khawatir akan keselamatan sahabatnya. Tapi, tidak L : Itu hal yang Logis. Dia ingin memperkosa berapa lama kemudian, Ga dis Logika (L ) kita. datang. M : Oh tidak, dengan kecepatan berjalan kita M : Oh terima kasih Tuhan.. Kamu tiba dengan seperti selamat. ini, dalam waktu 15 menit dia akan berhasil Eh, gimana pengalamanmu diikuti oleh Pria menangkap tadi? kita. Apa yang harus kita lakukan. L : Setelah kita berpisah dia mengikuti aku L : Hanya ada 1 cara logis yg harus kita lakukan, terus. yaitu berjalan lebih cepat. M : Ya.. ya.. Tetapi apa yang terjadi kemudian M : Itu tidak banyak membantu, gimana nich..... dengan kamu? L : Tentu saja itu tidak membantu, Logikanya kalau L : Sesuai dengan logika saya langsung lari kita berjalan lebih cepat dia juga akan sekuat mempercepat tenaga dan Pria itupun juga lari sekuat tenaga jalannya. mengejar saya. M : Lalu, apa yang harus kita lakukan? Dengan M : Dan... dan.. 28
  29. 29. L : Sesuai dengan logika dia berhasil mendekati saya di tempat yang gelap... M : Lalu.. Apa yang kamu lakukan? L : Hanya ada satu hal logis yang dapat saya lakukan, yaitu saya mengangkat rok saya.. M : Oh... Lalu apa yang dilakukan pria tadi? L : Sesuai dengan logika... Dia menurunkan celananya... M : Oh tidak... Lalu apa yang terjadi kemudian? L : Hal yang logis bukan, kalau gadis yang mengangkat roknya larinya lebih cepat dari pada lelaki yang berlari sambil memelorotkan celananya... So akhirnya aku bisa lolos dari pria itu... 29

×