Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Presentasi Mata Kuliah Pancasila

Mengenai pancasila

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Presentasi Mata Kuliah Pancasila

  1. 1. Refleksi Hidup beragama sesuai dengan sila pertama Pancasila Kelas: T Kelompok 6 Nyoman Trijaya Utama 2012200041 Linda Anggraeni 2012200153 Rayhan Ariandita 2013200302 R.Rr.Megitta 2011120001 Raka Pratama 2013610066 Cheryl Angelike 2013330187
  2. 2. Pertama-tama, Marilah kita tonton Glenn Fredly yang akan membawakan lagu ciptaannya, berjudul “Pancasila”.
  3. 3. Dari lagu “Pancasila” Pancasila rumah kita/ rumah untuk kita semua Nilai dasar Indonesia/ rumah kita selamanya Untuk semua puji nama-Nya/ untuk semua cinta sesama Untuk semua keluarga menyatu/ untuk semua bersambung rasa Untuk semua saling membagi Pada setiap insan/ sama dapat sama rasa O Indonesiaku/ o Indonesia
  4. 4. Pancasila = dasar negara 1. Fondasi yang harus kokoh 2. Harus dipegang teguh, tidak boleh diubah sembarangan 3. Melindungi rakyat Indonesia Karena rakyat Indonesia plural
  5. 5. GARUDA PANCASILA Ketuhanan yang Maha Esa Persatuan Indonesia Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indondesia Kemanusiaan yang adil dan beradab Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan/ Perwakilan (Akulah pendukungmu!)
  6. 6. Sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa • Rakyat harus percaya kepada Tuhan • Rakyat harus beragama resmi Rakyat yang prulalistik 1. Mengikuti kepercayaan leluhurnya 2. Memilih sendiri agama (resmi) 3. Memilih sendiri agama yang tidak dianggap resmi di Indonesia 4. Atheis (Dari sisi menganut kepercayaan)
  7. 7. Kasus-kasus berhubungan dengan sila 1 Kasus 1 Sekelompok orang di Manado berambisi untuk menjadikan agama “Kehillah Yudaisme ”yahudi sebagai agama resmi di Indonesia. Kasus 2 Calon pendeta bernama Omega Suparno, dibunuh oleh 3 orang uztad di Jepara karena diketahui telah melecehkan Al-quran
  8. 8. Masalah 1. Penganut agama yang fanatik dan arogan mengagnggap agamanya paling benar 2. Keinginan dari penganut agama yang belum resmi di Indonesia agar setara Hasil: perkelahian,pembunuhan, perang.
  9. 9. APA SOLUSINYA? Mulai dari diri sendiri, kita harus bertoleransi , menghargai perbedaan generasi selanjutnya akan mencontoh.
  10. 10. • Kita semua juga harus menjalankan Pancasila Bagaimana tentang yang ateis? Jika mereka tidak mau mengikuti aturan negara kita, mereka bisa pindah ke negara-negara bebas sepert US. Bagaimana dengan penganut agama lain di Ind, yang minginginkan di resmikan agamanya? Mereka bisa mengajukan, lalu negara akan mengkaji kembali mengenai bisa / tidaknya.
  11. 11. Ayo kita lebih menghargai perbedaan dan berani bertoleransi pada sesama kita!

×