Riset dan audit personalia

7,988 views

Published on

semoga bermanfaat

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,988
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
137
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Riset dan audit personalia

  1. 1. RISET DAN AUDIT PERSONALIA
  2. 2. 1. Riset SDM. Pengertian. Pengertian riset SDM(Istijanto)”Semua kegiatan yang melibatkan proses peraancangan, pengumpulan, penganalisisan dan pelaporan informasi. Dengan tujuan memperbaiki pembuatan keputusan yang berkaitan dengan pengidentifikasian, pemecahan masalah dan penentuan peluang dalam sumberdaya manusia” Jenis- Jenis Riset.  Riset murni, penelitian untuk memahami permasalahan secara lebih mendalam atau untuk mengembangkan teori yang sudah ada.  Riset Terapan, penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang digunakan untuk memecahkan masalah.
  3. 3. Paling tidak ada 5 pendekatan riset personalia yang dapat diterapkan untuk melakukan audit :A. Pendekatan Komperatif.B. Pendekatan wewenang dari luar.C. Pendekatan Statistik.D. Pendekatan Kepatuhan.E. Pendekatan MBO (Management by Objectives).
  4. 4. Untuk mengumpulkan data tentang program dan kebijakan personalia, ada beberapa alat pengumpulan data yang dapat dipakai diantaranya :a) Wawancara.b) Koesioner dan sigi,c) Analisis catatan.d) Informasi Eksternal.e) Percobaan Personalia.
  5. 5. 3.Tahapan Riset. a) Penentuan masalah riset. b) Penentuan desain riset. c) Metode pengumpulan data. d) Metode pengambilan sampel. e) Pengumpulan data. f) Analisis hasil riset. g) Laporan hasil riset4.Audit SDM(Personalia). adalah pemeriksaan kualitas seluruh kegiatan personalia dalam suatau departemen, divisi, perusahaan
  6. 6.  Tujuan audit personalia adalah untuk mengevaluasi program dan kegiatan personalia dengan jalan : 1. Menilai Efektifitas. 2. Mengidentifikasi aspek-aspek yang dapat diperbaiki. 3. Mempelajari aspek-aspek tersebut lebih mendalam. 4. Menunjukkan kemungkinan perbaikan dan membuat rekomendasi untuk pelaksanaan perbaikan-perbaikan tersebut. Manfaat diselenggarakannya audit personalia adalah : 1. Mengidentifikasi kontribusi departemen personalia terhadap perusahaan. 2. Mendorong tanggungjawab dan profesionalisme karyawan departemen personalia yang lebih besar. 3. Memperjelas tugas dan tanggungjawab departemen personalia. 4. Menemukan masalah-masalah personalia yang kritis. 5. Mengurangi biaya SDM melalui perosedur personalia yang lebih efektif. 6. Menyelesaikan keluhan-keluhan lama dengan aturan legal. 7. Memberikan tinjauan terhadap sistem informasi departemen. 8. Menignkatkan kesediaan untuk menerima perubahan-perubahan yang diperlukan dalam departemen personalia.
  7. 7. Cakupan Audit Personalia. PlanningDesain dan Analisa Jabatan Perencanaan SDMoJob discription oEstimasi suplai dan kebutuhanoJob Specificatio oStock karyawanoJob Standard oBagan penempatan Rancangan Kompensasi oTingkat upah dan gaji oPaket pelayanan karyawan oFringe benefit OrganizingRekrutmen SeleksioSumber-sumber penarikan oRatio seleksioJumlah pelamar oProsedur seleksioJenis lowongan pekerjaan oKesempatan seleksi secara adil
  8. 8. ActuatingOrientasi dan Latihan Pengembangan KarieroProgram Orientasi oProgram Perencanaan kariroSasaran dan Prosedur Latihan oPromosi, Demosi dan TrasferoTeknik Latihan oUsaha Pengembangan SDM ControllingPerformace Appraisal Hubungan Serikat KaryawanoStandar dan Ukuran Kinerja oPelaksanaan aturan ketenagakerjaanoTeknik Penilaian oPerimbangan Hak Manajemen dan KaryawanoWawancara Evaluasi oPenyelesaian Perselisihan Pengawasan SDM oDisiplin Karyawan oKomunikasi Karyawan oKonseling
  9. 9.  Berisikan suatu uraian lengkap tentang berbagai hal yang ditemukan dalam kegiatan audit baik yang berupa penghargaan terhadap kepatuhan dan ketepatan dan atau prestasi atas pencapaian tujuan juga berupa upaya korektif yang direkomendasikan atas kesalahan-kesalahan yang ditemukan Laporan audit pada umumnya terdiri dari 3 unit laporan : 1. Untuk manajer opersional masing-masing karyawan yang di audit. 2. Untuk para manajer dilingkungan SDM dan, 3. Untuk manajer personalia.

×