Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Nuzulul qur'an

1,260 views

Published on

makalah Nuzulul Qur'an

Published in: Education
  • Be the first to comment

Nuzulul qur'an

  1. 1. O L E H : S I T I N U R J A N N A H U M M I H A N I K S E T Y A S U R Y A N I N G S I H R R . M E G A K U R N I A P R A D A N I Nuzulul Qur’an Mata Kuliah : Ulummul Qur’an Dosen Pengampu : Rifngan, S.Ag.
  2. 2. PENGERTIAN NUZULUL QUR’AN  Menurut Etimologi nuzul berarti turun, sedangkan al- qur’an berarti bacaan  Menurut Ensiklopedia Islam ada 2 makna nuzul al-qur’an. Pertama, bahwa istilah nuzul berasal dari kata - dengan makna konotatif yaitu turun secara berangsur- angsur. Kedua, istilah nuzul berasal dari kata – dengan makna denotasi “menurunkan”.  Secara istilah nuzulul Qur’an adalah ilmu yang mengkaji tentang “turunnya alQur’an”
  3. 3. SEJARAH NUZULUL QUR’AN  Turunnya al-Qur’an membawa perubahan bagi manusia di muka bumi. Turunnya al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia memperoleh jalan yang benar menuju cahaya iman dan Islam.  Al-Qur’an diturunkan dalam tempo 22 tahun 2 bulan 22 hari, yaitu mulai malam 17 Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi, sampai 9 Dzulhijjah Haji Wada’ tahun 63 dari kelahiran Nabi atau tahun 10 H
  4. 4. AYAT PERTAMA TURUN  Artinya :“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam (baca tulis), Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya” (QS. al-„Alaq ayat 1-5).  Ayat ini iturunkan ketika rasulullah saw di gua hira’ pada malam senin tanggal 17 ramadhan tahun 41. Malam turunnya al-qur’an pertama kali di lailatul qodar yaitu suatu malam kemuliaan penuh dengan keberkahan
  5. 5. AYAT TERAKHIR TURUN  Artinya:“.... Pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu,.(Al Maidah [5]:3).  ayat ini diturunkan bertepatan dengan haji Wada’ di Arafah, yaitu pada hari jum’at tanggal 9 Dzulhijjah tahun ke 63 dari tahun kelahiran Nabi atau tahun 10 H/632 M.
  6. 6. TAHAPAN TURUNNYA ALQUR’AN 1. Al-qur’an diturunkan oleh Allah secara sekaligus ke Lauh Mahfudz o Artinya:“Bahkan yang didustakan mereka itu ialah al-qur‟an yang mulia, yang (tersimpan) dalam lauh Mahfudz.” (QS. Al-Buruj : 21-22)
  7. 7. TAHAPAN TURUNNYA ALQUR’AN 2. Al-qur’an diturunkan dari Lauh Mahfudz ke Bait al- Izzah dilangit dunia o Artinya:”Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (Al-Qadar[97] ayat 1)
  8. 8. TAHAPAN TURUNNYA ALQUR’AN 3. Al-Qur’an diturunkan dari bait al-izzah ke dalam hati Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur dalam satu era yang panjang Artinya: “Dan Al-Qur‟an telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur, agar kamu membacanya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian- demi bagian” . ( QS. Al-Isra‟ : 106 ). Alqur’an turun dalam kurun waktu hampir 23 tahun dengan rincian 13 tahun di Mekah dan 10 tahun di Madinah. Selama 23 tahun tersebut Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah itu dapat disampaikannya kepada seluruh manusia pada waktu itu dan dibantu oleh beberapa orang sahabat saja. Dalam tahap akhir inilah ajaran serta petunjuk Allah sampai kepada umat manusia.
  9. 9. Secara Sekaligus Secara Berangsur-angsur QS. Al-Dhukhan : 3 QS. Al-Baqarah : 185 QS. Al-Qadr : 1 ( HR. Al Hakim dan al- Baihaqi ), dan ( HR. Al-Tabrani ) QS. Al-Isra’ : 106, dan QS. Al-Furqon : 32
  10. 10. HIKMAH DITURUNKANNYA AL-QUR’AN SECARA GRADUAL  Menguatkan atau meneguhkan hati Rasulullah SAW  Tantangan dan mukjizat.  Mempermudah hafalan dan pemahamannya  Kesesuaian dengan peristiwa-peristiwa dan pentahapan dalam penetapan hukum  Bukti yang pasti bahwa Al-Qur’an diturunkan dari sisi yang Maha Bijaksana dan Maha Terpuji
  11. 11. 1. Menguatkan atau meneguhkan hati Rasulullah SAW   (QS. Al Ahqaf [46] :35).  (QS. Al muzzamil [73] :10-11).  (QS. Ya sin [36]: 76). :  (QS. Al maidah [5] : 67,  QS. Al fath [48]: 3,  QS. Al mujadalah, [58]:21)  (QS.Al furqan[25]: 32).
  12. 12. 2. Tantangan dan mukjizat.
  13. 13. 3. Mempermudah hafalan dan pemahamannya
  14. 14. 4. Kesesuaian dengan peristiwa-peristiwa dan pentahapan dalam penetapan hukum  Pada mulanya Al-Qur’an meletakkan dasar-dasar keimanan kepada Allah, malaikat-malaikat- Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kiamat serta apa yang ada pada hari kiamat itu seperti kebangkitan, hisab, balasan surga dan neraka. Untuk itu, Al-Qur’an menegakkan bukti- bukti dan alasan sehingga kepercayaan kepada berhala tercabut dari jiwa-jiwa orang musyrik dan tumbuh berbagai gantinya aqidah Islam.
  15. 15. 5. Bukti yang pasti bahwa Al-Qur’an diturunkan dari sisi yang Maha Bijaksana dan Maha Terpuji

×