Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Sistem informasi akuntansi pada yuki springbed

345 views

Published on

Sistem informasi akuntansi pada yuki springbed

Published in: Economy & Finance
  • Be the first to comment

Sistem informasi akuntansi pada yuki springbed

  1. 1. Dokumentasi Dan Evaluasi Siklus-siklus dan sistem akuntansi dalam perusahaan
  2. 2. Habib Ibrahim Nindya Shabilla KELOMPOK 5 SIA AAN Purba Ernita Evelyn AIS 3AG Mahendra
  3. 3. Hal Yang Akan Dibahas Revenue Nindya Shabilla siklus Expenditure Mahendra Siklus Production Habib Ibrahim Siklus Payroll Ernita Evelyn Siklus Fixed Asset and Ledger Aan Purba Siklus
  4. 4. Praktek Lapangan Start Finish Diskusi Toko YUKI Menyiapkan Pertanyaan WAWANCARA Diskusi dengan Bu Susi Hasil Wawancara Diskusi Ulang Membuat Laporan
  5. 5. About YUKI
  6. 6. Siklus Pendapatan Apa Itu? Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berlangsung dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan2 tersebut.
  7. 7. Siklus Pendapatan Siklus pendapatan merupakan pertukaran langsung dari produk akhir dan jasa menjadi kas dalam satu kali transaksi antara penjual dan pembeli.
  8. 8. Dfd siklus pendapatan yuki springbed
  9. 9. Evaulasi dan saranperusahaan YUKI Springbed telah menjalankan siklus pendapatannya dengan baik, dimana semua siklusnya terarah dan pada akhirnya dilaporkan ke pusat sebagai pertanggungjawaban.
  10. 10. Siklus Pengeluaran Siklus Pengeluaran merupakan serangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pengolahan data yang berhubungan dengan pembelian dan pembayaran atas barang dan jasa yang dibeli.
  11. 11. Tujuan Siklus Pengeluaran Menjamin bahwa semua barang dan jasa yang dipesan sesuai dengan aturan yang dibutuhkan. Menerima semua barang yang dipesan dan memastikan bahwa barang yang diterima dalam kondisi baik. Mengamankan barang hingga dibutuhkan Menentukan faktur yang berkaitan dengan barang dan jasa yang benar Mencatat dan mengklasifikasi pengeluaran dengan tepat memudahkan pertukaran kas dengan pemasok barang atau jasa perusahaan
  12. 12. Tujuan Siklus Pengeluaran Mengirimkan uang ke pemasok yang tepat Menerima semua barang yang dipesan dan memastikan bahwa barang yang diterima dalam kondisi baik. Menjamin bahwa semua pengeluaran kas berkaitan dengan pengeluaran yang telah diizinkan. Mencatat dan mengklasifikasi pengeluaran kas dengan tepat dan akurat. Mencatat dan mengklasifikasi pengeluaran dengan tepat memudahkan pertukaran kas dengan pemasok barang atau jasa perusahaan
  13. 13. Siklus Pengeluaran PT YUKI SpringBED Pada entitas yang kami teliti yaitu PT. Yuki Spring Bed , kami memfokuskan pada siklus pengeluaran di salah satu outlet Yuki Springbed yakni cabang Bintaro, Tangerang Selatan. Aktivitas pembelian yang dimaksud adalah meminta kiriman persediaan barang kepada Yuki Spring Bed Pusat dikarenakan Yuki Spring Bed memiliki pabrik sendiri dan memproduksi barangnya sendiri. Meskipun begitu.... Meskipun sebagian besar Yuki Spring Bed memproduksi barangnya sendiri tetapi untuk bantal dan guling, mereka memilih untuk membeli dari pemasok. Sedangkan untuk aktivitas pengeluaran kas merupakan kewenangan dari manajemen pusat. Sehingga pada outlet Yuki tersebut hanya bertugas untuk meminta barang dan menerima barang saja.
  14. 14. Siklus Pengeluaran Bu SUSI Pada outlet Yuki yang kita teliti hanya terdapat satu pegawai yang bertanggung jawab untuk keseluruhan aktivitas di outlet tersebut, mulai dari penjualan, permintaan barang hingga penerimaan barang. Manajemen pusat Spesific order tersebut kemudian dicatat dan dikirimkan kepada manajemen pusat yang kemudian diproduksi di pabrik Pesanan khusus Spesific order merupakan pesanan khusus dari pelanggan yang menginginkan produk atau barang sesuai spesifikasi yang diinginkannya. Spesific order Permintaan barang yang dikirm oleh outlet Yuki pada manjemen pusat selain karena persediaan barang yang habis juga terdapat specific order.
  15. 15. Siklus Pengeluaran Ledger Jika dokumen-dokumen tersebut sudah sesuai maka manajemen pusat akan melunasi invoice dari pemasok dengan pengeluaran kas yang nantinya dicatat pada buku besar.. Manajemen pusat untuk dicocokan dengan permintaan pembelian, pemesanan pembelian pada pemasok, dan invoice yang dikirimkan kepada pemasok Laporan penerimaan Laporan penerimaan barang internal diterima oleh pegawai pada outlet tersebut saat menerima barang yang nantinya dokumen tersebut diberikan kepada manajemen pusat Dokumen-dokumen Dokumen yang digunakan dalam siklus pengeluaran ini terdiri dari laporan penerimaan barang internal, permintaan barang, pemesanan barang dan tagihan.
  16. 16. DFD Level 0 Siklus Pengeluaran pada salah satu outlet Yuki Springbed:
  17. 17. DFD Level 0 Siklus Pengeluaran Kas yang dilakukan manajemen pusat:
  18. 18. Evaulasi Sistem pencatatan manual. Outlet Yuki Spring Bed yang kami teliti melakukan setiap pencatatan hanya menggunakan kertas secara sederhana walaupun memang sudah menggunakan beberapa dokumen terpisah. untuk aktivitas- aktivitas seperti penerimaan barang dan permintaan barang tetapi pencatatan secara elektronik dan sistematis lebih bagus karena akan menghindarkan resiko salah catat atau dokumen yang hilang. Tanggung jawab oleh satu orang pegawai Outlet Yuki Spring Bed yang kami teliti hanya mempekerjakan satu orang di satu outlet yang mana tanggung jawab pada outlet tersebut sangatlah besar sehingga akan menimbulkan ancaman-ancaman seperti penyalahgunaan wewenang, kecurangan-kecurangan dan pencurian.
  19. 19. Saran 1 Mengubah sistem pencatatan menggunakan computer dan menggunakan sistem akuntansi yang benar. 2 Memisahkan tanggung jawab-tanggung jawab pada orang yang berbeda seperti memisahkan pegawai yang meminta barang dengan yang menerima barang.
  20. 20. Siklus Produksi Serangkaian aktivitas dan operasi bisnis yang berhubungan dengan pembuatan produk Perusahaan YUKI Ini memproduksi produknya di pabrik ......... Kantor pusat dan Outlet yang tersebar luas di berberapa kota di Indonesia semua tempatnya Merupakan SEWA.
  21. 21. Produksi barang DiYUKI Bukan Bahan Mentah Perusahaan Yuki Menggunakan Barang ½ jadi Pake mesin Otomatis dirancang dengan teknologi khusus dengan menggunakan mesin-mesin otomatis Manually Penggunaaan mesin masih dioperasikan oleh manusia. Pembelian bahan Pembelian bahan pembuatan kasur di dalam negeri dan Luar negeri.
  22. 22. Barang ½ jadi DESIGN PER Pocket Untuk tulang punggung. Ini Merupakan salah satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, yaitu bentuk per poket untuk orthopedi.
  23. 23. Barang JADI Spring BED Medium Comfort Premium Premium Comfort Plus Superior Comfort Plus Plato Holistic Havana Ranjang Busa MediumComfort Matras busa Medium Comfort Premium Premium Comfort Plus Superior Comfort Plus 2 in 1 Medium Comfort Premium Comfort Superior Comfort Holistic Havana
  24. 24. Siklus Produksi Desain Product Mendesain produk yang memenuhi permintaan dalam hal kualitas, ketahanan, fungsi, dan meminimalkan biaya produksi Perencanaan dan Penjadwalan untuk memenuhi pesanan yang ada dan mengantisipasi permintaan jangka pendek tanpa menimbulkan kelebihan persediaan barang jadi. Akuntansi Biaya Mengumpulkan dan memproses informasi yang digunakan untuk menghitung persediaan serta nilai harga pokok penjualan yang muncul di laporan keuangan perusahaan. Operasi Produksi Proses Pembuatan Produk setengah jadi menjadi barang jadi Activity bussiness
  25. 25. Full screen Portfolio Contex diagram
  26. 26. Full screen Portfolio DFD lvl 0
  27. 27. evaulasi dan saran Desain Produk saja terjadi kesalahan yang dibuat oleh perusahaan yang berdampak pengerjaan uang dan menimbulkan pengeluaran 2x lipat. Sarannya yaitu perbaiki informasi tentang pengaruh desain produk atas biaya kepada konsumen dan juga adanya rincian estimasi garansi produk oleh perusahaan kepada konsumen yang sekiranya tidak merugikan perusahaan. Perencanaan dan pengandalian menggunakan sistem MRP-II karena dengan pertimbangan penyusutan dari produk YUKI itu bisa bertahan lama, sehingga banyak sekali pilihan untuk konsumen sebelum membuat desainnya sendiri.
  28. 28. evaulasi dan saran operasi produksi pengoperasian mesin masih dilakukan oleh manusia bukan oleh komputer. Saran: menggunakan CIM sehingga mengurangi biaya Akuntansi Biaya Di dalam perusahaan YUKI kerap kali terjadi kesalahan dalam mencatat dan memasukkan data sehingga data biaya yang dilaporkan tidak akurat. Saran; adanya pengendaian entry data dan juga adanya internal control.
  29. 29. Siklus Penggajian Payroll cylce Sistem penggajian merupakan serangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pengolahan data yang terkait yang terkait yang berhubungan dengan pengelolaan karyawan perusahaan secara efektif. Sistem penggajian merupakan salah satu komponen yang terbesar dan terpenting dalam sistem informasi akuntansi. Oleh karena itu, sistem penggajian harus di rancang sesuai dengan kebutuhan informasi manajemen.
  30. 30. Payroll Sistem Informasi Akuntansi harus di rancang untuk tidak hanya melaksanakan tugas berupa mencatat data jam kerja dan kehadiran serta membuat cek gaji karyawan. Sistem penggajian dan pengupahan harus di integrasikan sistem manajemen SDM sehingga manajemen memiliki akses yang mudah tidak hanya ke data yang berhubungan dengan biaya tenaga kerja, namun juga informasi tentang keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh para karyawannya.
  31. 31. Payroll  Sistem informasi akuntansi penggajian diperlukan supaya perusahaan dapat meminimalkan kekeliruan perhitungan dalam memproses penghitungan gaji yang akan dibayarkan, mengevaluasi hasil yang diterima dengan dana yang dikeluarkan untuk gaji.  Para manajer juga dapat memperoleh laporan yang berkaitan dengan penggajian secara lebih cepat, tepat dan akurat.  Jumlah gaji yang menjadi hak setiap karyawan untuk jangka waktu pembayaran gaji tertentu di hitung dalam daftar gaji. 
  32. 32. DFD lvl 0 siklus penggajian
  33. 33. Gambar di atas merupakan bagan alir pada perusahaan YUKI dalam pelaksanaan penggajian. Prosedur penggajian perusahaan YUKI yang digambarkan dalam DFD level 0 dapat dijelaskan sebagai berikut. YUKI Kantor Cabang Kantor cabang membuat laporan keuangan yang akan diberikan kepada kantor pusat berisikan upah per bulan, selain itu perusahaan biasanya memberikan bonus atau insentif kepada pegawai apabila dapat menjual barang dengan kuantitas yang banyak. BOnus Sehingga sebagai prestasi kerja dihargai dengan pemberian bonus. Semakin banyak penjualan maka bonus yang didapatkan lebih banyak dan tidak menutup kemungkinan jika bonus yang didapat melebihi gaji pokok yang diterima. PT YUKI Springbed PT Yuki melakukan pencatatan absensi pegawai menggunakan mesin fingertech. Dengan mesin tersebut dapat mendeteksi apakah pegawai hadir atau tidak Fingertech... . Apabila pegawai tidak hadir maka mengurangi gaji yang akan diperoleh
  34. 34. Lanjutan. . . Slip Gaji Setelah kantor pusat mengolah gaji berdasarkan dokumen dan data tersebut maka akan melakukan penyerahan gaji kepada bank dengan menerbitkan slip gaji. Bank Dari bank akan disalurkan gaji kepada pegawai. Karyawan Tunjangan juga diberikan berdasarkan lamanya bekerja seorang pegawai. Dalam pemerintahan (PNS) lebih dikenal dengan jenjang kepangkatan. Pengabdiann Semakin lama telah mengabdi/bekerja, maka gajinya lebih besar
  35. 35. Evaluasi dan Saran Siklus Penggajian Setiap perusahaan memiliki cara masing-masing dalam meningkatkan keterampilan pegawai karena keterampilan merupakan aktiva yang bernilai tinggi yang harus dikelola, dikembangkan dan dipelihara secara hati – hati. Perusahaan ini masih memiliki kekurangan yaitu pada data kehadiran pegawai yang belum terback-up. Bisa saja sewaktu- waktu dengan menggunakan mesin fingertech data hilang. Saran Oleh karena itu sarannya adalah dengan mem-back up data kehadiran pegawai karena jika mesin yang mengolah data mengalami kerusakan sistem komputer maka dapat menghilangkan seluruh data. Terjadinya kesalahan seperti ini sering kali disebabkan karena human error ataupun karena kesalahan dalam hal adminstrasi. Sarannya adalah memeriksa kembali saat melakukan konfirmasi atas penginputan data karyawan. Maksud dari usulan diatas adalah ketika sudah melakukan penginputan data maka bagian SDM harus segera mengkonfirmasi kepada seluruh kepala bagian sehingga terdapat sedikit kesalahan yang dilakukan oleh SDM. Selain itu juga terjadinya kesalahan input data yang dimasukkan ke dalam komputer. Saran
  36. 36. Siklus Aktiva tetap
  37. 37. Siklus Aktiva tetap Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau yang harus dibangun terlebih dahulu, yang digunakan dalam operasi entitas pemerintah, tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal entitas pemerintahan, dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun. Aktiva memiliki wujud, sehingga sering kali aktiva tetap disebut dengan aktiva tetap berwujud (tangible fixed assets).
  38. 38. JENIS-JENIS AKTIVA TETAP Aktiva tetap berwujud yaitu aktiva tetap yang bersifat jangka panjang dalam aktivitas operasi perusahaan yang dapat dilihat bentuk fisiknya. Didalamnya meliputi; tanah, bangunan, mesin-mesin, dan peralatan lain yang digunakan untuk menghasilkan atau memudahkan penjualan barang dan jasa. Aktiva tetap tidak berwujud yaitu aktiva tetap jangka panjang yang tidak terlihat secara fisik. Harta tak berwujud termasuk pos-pos seperti hak cipta, paten, goodwill, dan perjanjian monopoli.
  39. 39. GOLONGAN AKTIVA TETAP Fixed Asset land and land improvement) Outlet-outlet yang tersebar, itu tidak merupakan aset tanah yang dimiliki perusahaan, melainkan hanya sewa atas bangunan, termasuk kantor pusatnya sendiri. (building and building improvement) Perusahaan YUKI, memiliki mesin dan peralatan lainnya yang digunakan dalam proses produksi, karena YUKI termasuk perusahaan manufaktur, yang memproduksi barang sendiri dan menjualnya Mesin dan ekuipmen kantor. Perusahaan YUKI juga memiliki peralatan yang terdapat di dalam kantor pusat, yang digunakan untuk proses administrasi, dan termasuk juga proses pencatatan. Mesin dan ekuipmen pabrik YUKI, memiliki mesin dan peralatan lainnya yang digunakan dalam proses produksi, karena YUKI termasuk perusahaan manufaktur, yang memproduksi barang sendiri dan menjualnya. Mebel YUKI memiliki mebel yang digunakan didalam setiap gedung, yang digunakan untuk membantu karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Contoh mebel, seperti meja, kursi, lemari, dll. Kendaraan YUKI memiliki kendaraan yang digunakan dalam menjalankan usahanya. Kegunaan kendaraan itu seperti mengangkut barang persediaan ke setiap outlet yang tersebar dari pabrik. Selain itu, digunakan juga untuk mengantar barang pesanan dari pelanggan langsung dari pabrik maupun outlet. Umur ekonomi diestimasi sekitar 5-8 tahun.
  40. 40. METODE PENYUSUTAN YUKI mengakui adanya depresiasi terhadap aktiva tetapnya. Terhadap seluruh aktiva tetapnya, penghitungan besarnya depresiasi dilakukan dengan metode garis lurus.
  41. 41. PENCATATAN DOKUMEN AKTIVA TETAP Kartu Aktiva Tetap Merupakan buku pembantu aktiva tetap yang digunakan untuk mencatat secara rinci segala data yang bersangkutan dengan aktiva tetap tertentu. Register Bukti Kas Keluar Untuk mencatat transaksi pembelian aktiva tetap tetap dan pengeluaran modal yang berupa pengeluaran kas. Jurnal Umum Untuk mencatat transaksi harga pokok aktiva tetap yang telah selesai dibangun, biaya-biaya untuk pemasangan dan pembongkaran aktiva tetap, penghentian pemakaian aktiva tetap dan depresiasi aktiva tetap.
  42. 42. Siklus Buku Besar Memasukan (Input) Data Perusahaan YUKI masih menggunakan dokumen sumber untuk mengumpulkan data awal tentang aktivitas bisnis, kemudian memindahkan data tersebut ke komputer. Simpan (Storage) Data Data yang diterima akan disimpan didalam server utama yang terdapat didalam kantor pusat. Proses (Processing) Data Proses data dilakukan setelah data dari seluruh outlet telah diterima oleh server utama. Hasil (Output) Information Yaitu hasil dari proses terhadap data yang diperoleh tadi, data tersebut dapat berupa laporan mengenai keuangan perusahaan.
  43. 43. PENCATATAN DALAM JURNAL Setelah data transaksi ditangkap dalam dokumen sumber, langkah selanjutnya adalah mencatat data tersebut kedalam jurnal. Ayat jurnal dibuat untuk tiap-tiap transaksi yang menunjukkan rekening dan jumlah debit dan kredit. Pencatatan kedalam jurnal umum dilakukan apabila transaksi jarang terjadi atau tidak rutin. Proses pencatatan ke jurnal khusus dilakukan apabila jumlah transaksi besar atau terjadinya transaksi berulang-ulang.
  44. 44. Posting Transaksi ke Buku Besar Buku besar digunakan untuk meringkas status keuangan, termasuk saldo lancar, dari rekening individu. Buku besar terdiri dari aktiva, hutang, kekayaan (modal), pendapatan, dan rekening biaya dari organisasi. Semua catatan buku besar pembantu didata secara terperinci bagi rekening buku besar yang mempunyai banyak sub rekening individu.
  45. 45. Full screen Portfolio
  46. 46. SISTEM PENCATATAN  Penyesuaian dilakukan diserver utama di kantor pusat.  Kemudian akan disusun laporan keuangan dari data yang didapat dari setiap outlet, yang nantinya akan digunakan oleh manajer dan pihak eksternal.
  47. 47. Evaulasi Buku Besar Membutuhkan Biaya Besar. Kesulitan Akses Tingkat pengawasan yang relatif rendah Resiko Kehilangan Data
  48. 48. Saran Buku Besar Untuk mengurangi resiko, maka perusahaan dapat melakukan perubahan sistem pencatatan menjadi terkomputerisasi Perusahaan juga dapat menambah aplikasi, untuk dapat meng- update server utama setiap transaksi yang dicatat oleh bendahara di tiap-tiap outlet Untuk proses transaksi, dapat dilakukan sistem barcode, sehingga mengetahui persediaan barang dagang yang tersedia di tiap outlet. Ada 3 Saran dari kami untuk Buku Besar
  49. 49. KESIMPULAN Sistem Informasi Akuntansi yang merupakan suatu sistem dimana terdiri dari beberapa siklus sebagai berikut: 1. siklus pendapatan, 2. siklus produksi, 3. siklus pengeluaran, 4. siklus penggajian, 5. siklus pengelolaan aktiva tetap, dan 6. siklus pelaporan bukubesar Dalam realisasi di dunia nyata, memiliki peran penting. Peran penting tersebut selalu melekat pada setiap kegiatan di perusahaan, termasukdalamperusahaan YUKI Springbed. Seperti yang telahdijelaskandalammakalah, YUKI Springbedsebagianbesarmasihmenggunakan system manual dalamsiklusbisnisnya, namunmeskipunbegitusiklusbisnis YUKI Springbedsecaraumumtelahterstruktur.
  50. 50. Meskipun YUKI Springbed memiliki ancaman risiko yang sewaktu-waktu dapat menyerang perusahaan, tetapi pihak manajemen risiko telah mengantisipasi dengan memberikan opsi mitigasi risiko sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan menjalankan Sistem Informasi Akuntansi yang baik dan benar juga memberikan pengaruh yang besar terhadap kelangsungan kegiatan di perusahaan. Dalam hal ini kami menyimpulkan bahwa pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi pada perusahaan YUKI Springbed berjalan dengan baik dan terstruktur sehingga dapat meminimalkan risiko-risiko yang ada.
  51. 51. Thank you! For Attention Stephen Hutching HIS

×