Pancasila sebagai dasar negara

7,043 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,043
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
9
Actions
Shares
0
Downloads
613
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pancasila sebagai dasar negara

  1. 1. Pengertian Dasar Negara Menurut bahasa berarti pondasi atau landasan. Menurut ensiklopedi bahasa Indonesia adalah asal yang pertama. Dasar negara yaitu pedoman dalam mengatur kehidupan penyelenggaraan negara dalam berbagai bidang kehidupan.
  2. 2. Landasan Historis  Bunyi lima sila sekarang atas usul Muh. Yamin dan diberi nama ‘Pancasila’ oleh Ir. Soekarno pada sidang BPUPKI yang pertama.  Terjadi perubahan dalam sila pertama pada sebelum disahkan sebagai dasar negara  Disepakati menjadi dasar negara seperti yang tertuang dalam UUD 1945 oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945.
  3. 3. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, yaitu dipergunakan untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan negara Indonesia, artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan sistem ketatanegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus berdasarkan Pancasila.
  4. 4. • PANCASILA 1. Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Kemanusiaan yang adil dan beradap 3. Persatuan Indonesia 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, dalam permusyawaratan perwakilan 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  5. 5. • Dalam kedudukannya sebagai dasar negara maka Pancasila berfungsi sebagai: • sumber dari segala sumber hukum • suasana kebatinan dari UUD; • cita-cita hukum bagi hukum dasar negara; • norma-norma dalam UUD • sumber semangat bagi UUD 1945, penyelenggara negara, pelaksana pemerintahan.
  6. 6. Landasan Hukum Pancasila sebagai dasar negara: 1. UUD 1945 alinea IV 2. Ketetapan MPR – RI No.XVIII/MPR/1998 3. Ketetapan MPR No. III/MPR/2000 4. Ketetapan MPR No.V/MPR/1973 dan Ketetapan MPR No.IX/MPR/1978 yang menegaskan kedudukan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber dari tertib hukum di Indonesia.
  7. 7. 4 Pilar Kebangsaan: 1.Pancasila 2. UUD 1945 3. Bhineka Tunggal Ika 4. NKRI
  8. 8. Bentuk penyimpangan Pancasila sebagai dasar negara: 1. Korupsi di segala tingkatan 2. Alat politik penguasa 3. Bentuk-bentuk pelanggaran HAM 4. Demonstrasi anarkis
  9. 9. Pancasila di Masa Saat Ini Pengamalan Pancasila pada saat ini berbeda dengan masa-masa kebangkitan melawan tirani di masa lampau. Sebagai bukti penyimpangan yang terjadi, maka pentingnya upaya penanaman yang berkarakter pada generasi saat ini dan mendatang.
  10. 10. Upaya – upaya tersebut antara lain : 1. Melalui dunia pendidikan, dengan menambahkan mata pelajaran khusus pancasila pada setiap satuan pendidikan bahkan sampai ke perguruan tinggi. 2. Lebih memasyarakatkan pancasila. 3. Menerapkan nilai – nilai tersebut dalam kehidupan sehari – hari. 4. Memberikan sanksi kepada pihak – pihak yang melakukan pelanggaran terhadap pancasila. 5. Menolak dengan tegas faham – faham yang bertentangan dengan pancasila.

×