Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
-1-
                            ANALISIS SISTEM INFORMASI
                      FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
             ...
-2-

Kelemahan Program sederhana diatas adalah:
   1.         Data bisa bisa dengan muda dikenali siswa sehingga siswa ata...
-3-


                     REKAP DAFTAR PELANGGARAN SISWA DI
                      SMKN 1 BEJI TAHUN AJAR AN 2008/2009

  ...
-4-




                                 Gbr: Input Kelas
Keterangan:
   1. Kelas         : untuk menambah kelas.
   2. Ju...
-5-
                            Tampilan Form/Gbr Utama
Pada tampilan Form di atas terdapat button/tombol Elektronika dan ...
-6-
 Keterangan :
 1. Kelas             : Untuk memilih kelas yang akan di cetak.
 2. Siswa             : Untuk memilih si...
-7-
Manfaat Menggunakan Program tersebut adalah:
   1. Kompetensi Pembuatan Data Base merupakan salah satu kompetensi yang...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Analisis Sistem Informasi Di Smkn 1 Beji

3,667 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Analisis Sistem Informasi Di Smkn 1 Beji

  1. 1. -1- ANALISIS SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG DAFTAR PELANGGARAN SISWA DI SMKN 1 BEJI KABUPATEN PASURUAN 1. ANALISIS SISTEM LAMA: Pembangunan dunia pendidikan yang selalu mengalami perkembangan pesat seiring dengan laju perkembangan teknologi informasi yang sangat beraneka ragam, diperlukan peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang pendidikan terutama di ( Sekolah Menengah Kejuruan ) agar lebih berdaya guna dan berhasil guna, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang diciptakan dapat berpartisipasi dalam membangun dunia luar sesuai dengan kemampuannya. SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan merupakan Sekolah Menengah Kejuruan berbasis kompetensi kader bangsa yang berorientasi ke depan dalam membangun bangsa, dengan keunggulan mengoptimalkan bakat para siswa terutama dalam bidang Teknik Elektronika Industri dan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik. Setiap tahunnya SMK Negeri 1 Beji Kabupaten Pasuruan meluluskan ratusan siswa menyiapkan ketrampilan bagi tamatan sekolah dalam rangka meneruskan kejenjang keperguruan tinggi atau hidup bermasyarakat. SMK Negeri 1 Beji berdiri pada tahun 2005, sehingga masih perlu pengembangan – pengembangan untuk meningkatkan kinerja guru khususnya guru Bimbingan Konseling dalam bidang menganalisa data-data siswa-siswi yang melakukan atau menyimpang terhadap suatu aturan-aturan/norma-norma yang di tetapkan oleh suatu Lembaga Sekolah tersebut. Pada proses meng-analisis suatu data, SMK Negeri 1 Beji masih menggunakan program yang sangat sederhana sekali yaitu Microsoft Exel. Sehingga program tersebut tidak efisien termasuk dalam hal keamanan data. Sehingga data-data tersebut sering kali hilang dan terkena virus. Dibawah ini adalah daftar pelanggaran siswa yang menggunakan program sederhana:
  2. 2. -2- Kelemahan Program sederhana diatas adalah: 1. Data bisa bisa dengan muda dikenali siswa sehingga siswa atau orang lain bisa merubah atau menghapus data tersebut. 2. jika satu file dihapus semua maka semua data akan hilang. 3. muda terkena virus. 4. kesulitan untuk proses mencari tahu berapa banyak siswa yang melanggar pada satu jenis pelanggaran. Keuntungan program sederhana diatass adalah: 1. semua guru bisa mengerti cara mengoperasikannya. 2. muda untuk mendapatkan program tersebut. Dibawah ini adalah hasil rekapan daftar pelanggaran siswa per-tahun ajaran menggunakan program sederhana yang berbentuk diagram : REKAP DAFTAR PELANGGARAN SISWA DI SMKN 1 BEJI TAHUN AJARAN 2005/2006 700 600 500 400 300 JENIS PELANGGARAN DLL 200 100 0 JENIS PELANGGARAN BOLOS NI H SE US I EI M RI ET EM S BR RI IL PE ER J U ER KT R SE ER L P T TU JENIS PELANGGARAN LA JU R JU O BE M UA FE UA AR NO OB AP DE MB B M M MEROKOK N JA AG BULAN Merokok : 275 Pelanggaran Bolos : 205Pelanggaran Dll : 270 Pelanggaran REKAP DAFTAR PELANGGARAN SISWA DI SMKN 1 BEJI TAHUN AJARAN 2006/2007 1000 800 600 JENIS PELANGGARAN 400 DLL 200 JENIS PELANGGARAN 0 BOLOS R R I H R T E E I JENIS PELANGGARAN I A L E E A B B U L R U M M M MEROKOK M J A N E E U M A T P J J P O E N S Merokok : 270 Pelanggaran Bolos : 184 Pelanggaran Dll : 250 Pelanggaran REKAP DAFTAR PELANGGARAN SISWA DI SMKN 1 BEJI TAHUN AJARAN 2007/2008 700 600 500 400 300 JENIS PELANGGARAN R 200 R 100 DLL E I H E R 0 T B B A JENIS PELANGGARAN A E I I M L E M L U R U BOLOS M E M E N A J T U P A M JENIS PELANGGARAN P J O J MEROKOK E N S BULAN Merokok : 260 Pelanggaran Bolos : 174 Pelanggaran Dll : 234 Pelanggaran
  3. 3. -3- REKAP DAFTAR PELANGGARAN SISWA DI SMKN 1 BEJI TAHUN AJAR AN 2008/2009 700 600 500 400 JENIS PELANGGARAN 300 DLL 200 100 JENIS PELANGGARAN 0 BOLOS R R I H T R E JENIS PELANGGARAN LI I E LA E E A B B JU R M U M MEROKOK M M A N E E JU M JA T P P O E N S Merokok : 241 Pelanggaran Bolos : 166 Pelanggaran Dll : 222 Pelanggaran Dari keterangan di atas bahwa daftar siswa-siswi yang melakukan pelanggaran selama pertahun semakin menurun. Menurut analisis yang dilakukan oleh penulis data yang semakin berkurang tersebut bukan karena akibat dari menurunnya jumlah siswa-siswi yang melakukan pelanggaran, tetapi di karenakan data-data yang sudah masuk banyak yang hilang serta di hapus. Karena kurang efisiennya jenis progr am yang di gunakan. 2. ANALIS SISTEM YANG BARU DAN MASIH BERJALAN Sekolah merupakan salah satu bentuk dari organisasi yang di dalamnya terdapat kegiatan belajar mengajar yang berada di bawah tanggung jawab seorang Kepala Sekolah. Segala kegiatan yang berlangsung di sekolah tidak bisa dimonitoring secara keseluruhan tanpa adanya suatu pengorganisasian yang tepat. Untuk itu pengorganisasian dengan perancangan basis data dapat menjawab semua pertanyaan yang muncul. Dalam hal proses peng-inventarisasian data-data siswa yang melakukan pelanggaran terhadap suatu aturan yang di tetapkan oleh sekolah masih menggunakan program yang sangat sederhana. Pada tahun ajaran baru 2009/2010 SMK Negeri 1 Beji mencoba menggunakan suatu system Database. Gambaran program tersebut adalah sebagai berikut: Ket : Didalam form/gambar proram diatas di pojok atas terdapat 2 menu yaitu Input dan Laporan. Misalkan kata input diklik maka akan tampil 2 input yaitu input kelas dan input siswa.
  4. 4. -4- Gbr: Input Kelas Keterangan: 1. Kelas : untuk menambah kelas. 2. Jurusan : untuk menambah jurusan. 3. wali kelas : untuk menambah / mengganti wali kelas masukan kelas, jurusan, wali kelas setelah itu anda bisa meng-klik tombol (+) secara otomatis data yang anda masukan akan tersimpan. Tombol Close adalah untuk menutup form di atas. Gbr : Input Siswa Keterangan : 1. Kelas : Untuk mencari/memilih Kelas yang dibutuhkan. 2. NIS : Untuk memasukan / merubah Nomor NIS/ No Induk siswa. 3. Nama Siswa : Untuk memasukan nama siswa. 4. JK : Untuk memasukan Jenis Kelamin. Setelah di masukan data-data maka anda Klik tanda (+) maka dengan otomatis data yang anda masukan akan tersimpan dalam table form diatas.
  5. 5. -5- Tampilan Form/Gbr Utama Pada tampilan Form di atas terdapat button/tombol Elektronika dan Listrik. Ketika salah satu Jurusan di Klik maka akan tampil seperti berikut: Gbr/Form Kedua Keterangan gambar program di atas adalah: 1. Kelas : digunakan untuk mencari kelas siswa yang melakukan pelanggaran. 2. Nama Siswa : Mencari nama siswa yang melakukan Pelanggaran. 3. Tanggal : Tanggal akan muncul sendiri menurut setting setting computer anda. 4. Jenis Pelanggaran : Memasukan jenis pelanggaran 5. Keterangan : mamasukan/ menambah keterangan. 6. Tutup : Untuk menutup Tampilan/form kedua. 7. Hapus : Untuk menghapus data yang ada di dalam form di atas. 8. Baru : untuk memasukan siswa yang melakukan pelanggaran. Gbr/Form Laporan
  6. 6. -6- Keterangan : 1. Kelas : Untuk memilih kelas yang akan di cetak. 2. Siswa : Untuk memilih siswa yang melakukan pelanggaran didalam suatu kelas dan untuk memilih siswa yang melakukan pelanggaran per-orang. 3. Preview : Untuk melihat hasil yang akan di cetak pada table diatas. 4. Close : Untuk menutup tampilan Form Laporan. Diatas adalah tampilan gambar ketika PREVIEW di Klik. Disini kita bisa memlih jenis Printer atau hanya melihat data yang akan di cetak dan berapa jumlah yang akan dicetak. Di atas adalah tampilan daftar pelanggaran siswa per-kelas ketika PREVIEW Di Klik. Kelemahan menggunakan Program tersebut adalah: 1. Guru kurang mengerti tentang proses pemasukan data siswa yang melakukan pelanggaran. 2. Dalam menggunakan program tersebut computer sebelumnya harus di instal software khusus ( Delphi ).
  7. 7. -7- Manfaat Menggunakan Program tersebut adalah: 1. Kompetensi Pembuatan Data Base merupakan salah satu kompetensi yang dipelajari di Program Keahlian Teknologi Informasi. 2. Untuk mengamankan suatu bukti pelanggaran siswa, sehingga dalam rapat kenaikan kelas guru bisa lebih muda dalam mengambil keputusan. 3. Mempermudah dalam proses pemasukan data – data siswa yang melanggar termasuk mencari data siswa perkelas atau jurusan. 4. Dapat melihat perkembangan kepribadian siswa yang bermasalah 5. Menyederhanakan suatu data pelanggaran siswa. 6. Dapat membuat keputusan dengan cepat tindakan apa yang akan dilakukan oleh sekolah kepada yang melanggar. 7. Siswa mengerti manfaat dan pentingnya dalam menguasai ilmu dibidang teknologi informasi. Dengan menggunakan Program di atas maka proses penginventarisasian data siswa yang melanggar peraturan yang di tetapkan oleh suatu Lembaga Pendidikan akan berjalan dengan lancar. dengan program tersebut akan lebih muda dan simple serta menjaga keamanan data. Dan selaku guru Bimbingan Konseling bisa lebih muda dan mengetahui siswa-siswi yang melakukan pelanggaran karena program terdapat beberapa form dan juga sudah terdapat jenis pelanggaran serta dapat pula dilakukan pengeditan data. Malang,.................2010 Penulis, ROBIYANTO NIM. 080403020145

×