Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Sitasi dan Kepustakaan pada Karya Ilmiah PPDS

308 views

Published on

Dalam penulisan karya ilmiah, sitasi bisa dilakukan langsung oleh MS Word(R) namun juga dapat lebih mudah disediakan oleh library misalnya Mendeley.

Published in: Health & Medicine
  • Be the first to like this

Sitasi dan Kepustakaan pada Karya Ilmiah PPDS

  1. 1. Microsoft Word® dan Karya Ilmiah PPDS Sitasi dan Kepustakaan Robertus Arian Datusanantyo | EAN PPDS Bedah Plastik Rekonstruksi & Estetik Fakultas Kedokteran Univ. Airlangga / RSUD Dr. Soetomo
  2. 2. Kepustakaan •  Harvard – Sering digunakan dalam karya tulis; – Paling mudah; – (Datusanantyo 2015). •  Vancouver – Sering digunakan dalam publikasi (jurnal, majalah); – Lebih rumit; – Memakai urutan nomor.
  3. 3. MS Word® dan Sitasi •  Menggunakan fitur reference: –  Entri satu demi satu; –  Kurang praktis bila satu sumber dipakai di lebih dari satu dokumen; –  Style sitasi sangat TERBATAS; –  Memerlukan ketelitian. •  Menggunakan program library lain yang terintegrasi: –  Entri sekali saja; –  Lebih praktis; –  Style sitasi banyak.
  4. 4. Untuk menambahkan sitasi, klik pada ribbon reference lalu pilih style sitasinya. Bila sudah diinstal, akan muncul banyak style sitasi. Pilih Harvard untuk latihan awal.
  5. 5. Bila ini adalah sitasi pertama, pilih add new source dari dropdown menu pada toolbar insert citation. Sebuah dialog box baru akan muncul untuk memasukkan detil informasi sumber yang kita acu.
  6. 6. Isikan informasi detil sumber yang akan diacu pada dialog box yang muncul seperti di atas. Jangan lupa menyesuaikan pilihan tipe sumber (jurnal, buku, bab dalam buku, atau sumber lain)!
  7. 7. Sitasi akan ditambahkan secara otomatis ke dalam tulisan seperti nampak pada contoh di atas.
  8. 8. Untuk menambahkan daftar pustaka, pilih bibliography pada ribbon reference lalu pilih bibliography!
  9. 9. Daftar pustaka akan ditambahkan secara otomatis sesuai dengan style kepustakaan yang dipakai.
  10. 10. Untuk mengubah style kepustakaan dari Harvard menjadi Vancouver, tinggal pilih Vancouver dari menu dropdown style pada ribbon reference!
  11. 11. Sitasi dan daftar pustaka otomatis akan berubah mengikuti style baru yang dipilih. Mudah bukan?
  12. 12. Mendeley® •  Menjadi library, memungkinkan sharing. •  Gratis: Reference manager, ada plugin untuk pengolah kata. •  Memiliki versi mobile untuk tablet dan smartphone.
  13. 13. Setelah plugin untuk MS Word® diinstal, akan muncul kolom baru pada ribbon reference dengan nama Mendeley Cite-O-Matic. Perhatikan baik-baik karena sangat mirip dengan bagian Citation & Bibliography milik MS Word®.
  14. 14. Terima Kasih File presentasi ini dapat diunduh secara gratis di http://www.slideshare.net/robertusarian Photograph Courtesy of Katharina Indah Aryanti (Rumah Sakit Panti Rapih)

×