Hyd 2 Pemulihan Hubungan Sbg Prasyarat

759 views

Published on

Published in: Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
759
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
29
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hyd 2 Pemulihan Hubungan Sbg Prasyarat

  1. 1. PEMAHAMAN ALKITAB BERSERI :PEMAHAMAN ALKITAB BERSERI : Hidup Yang dipulihkan 2Hidup Yang dipulihkan 2 PEMULIHAN HUBUNGAN DENGAN ORANG LAINPEMULIHAN HUBUNGAN DENGAN ORANG LAIN SEBAGAI PRASYARATSEBAGAI PRASYARAT Menjadi Manusia Berdampak KuatMenjadi Manusia Berdampak Kuat KASUS SAUDARA-SAUDARA YUSUFKASUS SAUDARA-SAUDARA YUSUF DISUSUN OLEH PDT. R. CHANDRADISUSUN OLEH PDT. R. CHANDRA UNTUK GKI KAYU PUTIH – JAKARTA –INDONESIAUNTUK GKI KAYU PUTIH – JAKARTA –INDONESIA EDISI 2004 -2005-2006EDISI 2004 -2005-2006 (ATAS DASAR EDISI 2003 YANG DISEMPURNAKAN)(ATAS DASAR EDISI 2003 YANG DISEMPURNAKAN)
  2. 2. PENGANTARPENGANTAR Kisah ini salah satu kisah yang paling menyentuh perasaan; suatu klimaks bahagia dari suatu penderitaan panjang. Dua puluh dua tahun sejak Yusuf dijual sebagai budak, kekeringan memaksa saudara-saudaranya membeli gandum di Mesir. Tanpa mereka ketahui mereka berurusan dengan Yusuf yang sudah menjadi penguasa Mesir. Namun mereka semua masih mengingat dengan jelas kejahatan yang mereka lakukan terhadap Yusuf. Yusuf menguji watak mereka, ternyata mereka telah berubah banyak. Kini mereka diajaknya makan, bersama dirinya dan Benyamin… bagian Alkitab ini adalah kisah sebelum ia menunjukkan bahwa dirinya adalah Yusuf, saudara kandung mereka
  3. 3. I. LATAR BELAKANGI. LATAR BELAKANG 1.1. Ceritakan apa yang terjadi dengan Yusuf dan apa yangCeritakan apa yang terjadi dengan Yusuf dan apa yang terjadi dengan perjumpaannya dengan saudara-saudara-terjadi dengan perjumpaannya dengan saudara-saudara- saudaranyanya di Mesirsaudaranyanya di Mesir 2.2. Kelaparan mendorong anak-anak Yakub membeliKelaparan mendorong anak-anak Yakub membeli gandum ke Mesir. Mereka diuji wataknya oleh Yusufgandum ke Mesir. Mereka diuji wataknya oleh Yusuf (42:1-38).(42:1-38). 3.3. Dalam kunjungan kedua, bersama Benyamin, merekaDalam kunjungan kedua, bersama Benyamin, mereka diuji lebih lanjut dan menampakkan perubahan merekadiuji lebih lanjut dan menampakkan perubahan mereka (43:1-44:34).(43:1-44:34). 4.4. Yusuf menyatakan jati dirinya dan bersaksi tentangYusuf menyatakan jati dirinya dan bersaksi tentang pemeliharaan Tuhan (45:1-28).pemeliharaan Tuhan (45:1-28).
  4. 4. II. PENGAMATANII. PENGAMATAN Supaya kita dijadikan budak dan keledai kita diambil (43:15-34).Supaya kita dijadikan budak dan keledai kita diambil (43:15-34). a. Yusuf menyuruh pertemuan dengan saudara- saudaranya diadakan di rumahnya. b. Saudara-saudara Yakub ketakutan; takut akan dijadikan budak. Ini bayangan perbuatan mereka yang lalu. c. Mereka membela diri dengan mengembalikan uang yang dulu terbawa. d. Pegawai Yusuf menenteramkan mereka dengan mengingatkan pemeliharaan Allah mereka; dan bukan pemeliharaan dewa Mesir.
  5. 5. e. Yusuf makan bersama dengan saudara-saudaranya, tetapi di tempat yang terpisah, karena orang Mesir menganggap orang-orang dari bangsa peternak nomaden itu lebih rendah dari mereka. f. Benyamin diberi bagian lima kali lipat dari pada yang lain.
  6. 6. III. Interpretasi dan AnalisisIII. Interpretasi dan Analisis serta Penerapanserta Penerapan a. Luka dan suasana bathin yang tidak benar akan mudah kita berprasangka buruk terhadap orang lain: takut, curiga, kuatir dll. b. Akibat dosa senantiasa membayangi pelakunya dengan pelbagai macam wujud. c. Kita tidak akan menjadi orang Kristen yang berdampak kuat bila persepsi kita negatif melulu dan bathin kita tidak jernih..
  7. 7. III. Interpretasi dan AnalisisIII. Interpretasi dan Analisis serta Penerapan (lanjutan)serta Penerapan (lanjutan) Sulit untuk mengampuni orang, tapi juga lebih sulitSulit untuk mengampuni orang, tapi juga lebih sulit untuk mengampuni diri sendiriuntuk mengampuni diri sendiri Misalnya, dihantui rasa bersalah, kekecewaan, takut dll.Misalnya, dihantui rasa bersalah, kekecewaan, takut dll. Kebutuhan Kita: Rekonsiliasi dengan Tuhan Rekonsiliasi dengan diri sendiri Rekonsiliasi dengan orang lain
  8. 8. Rekonsiliasi dengan Tuhan RekonsiliasiDengan diri Rekonsiliasidengan orang lain
  9. 9. Masa lalu masa kini masa depan Sebagai: Luka terbuka atau Parut luka Pengalaman Disimpan secara sadar Disimpan di bawah sadar Bisa mengendalikan kita Bisa sembuh dan memperkaya kebijaksanaan kita
  10. 10. Roh yang terlukaRoh yang terluka persepsipersepsi perasaanperasaan Tentang orang lainTentang orang lain Tentang diri sendiriTentang diri sendiri Persepsi-keputusanPersepsi-keputusan
  11. 11. KUTIPAN DAN PRKUTIPAN DAN PR • He who cannot forgive others destroys theHe who cannot forgive others destroys the bridge which he himself must pass. (Siapabridge which he himself must pass. (Siapa yang tidak dapat mengampuni orang lain berartiyang tidak dapat mengampuni orang lain berarti merobohkan jembatan yang akan dilaluinya.)merobohkan jembatan yang akan dilaluinya.) George HerbertGeorge Herbert • Assignments:Assignments: a.a. Hafalkan Kejadian 45:5Hafalkan Kejadian 45:5 b.b. Bacalah Kejadian 47-50Bacalah Kejadian 47-50 c.c. Mari kita mendoakan danMari kita mendoakan dan menyampaikan pengampunan Andamenyampaikan pengampunan Anda bagi orang-orang penting dalambagi orang-orang penting dalam hidup anda,hidup anda, yang pernah melukai, bila masih ada masalah.yang pernah melukai, bila masih ada masalah.

×