global warming

1,154 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,154
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
122
Actions
Shares
0
Downloads
49
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

global warming

  1. 1. GLOBALWARMING! OLEH: RIZKI NURHIKMAH SMA NEGERI 8 PEKANBARU PEMBIMBING: ABI OAN HASANUDDIN S.AG,RO,AKP,MA
  2. 2. EARTH Apa yang terjadi dengan rumah kita?
  3. 3. GLOBAL WARMING Pemanasan global (global warming) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer , laut, dan daratan Bumi. Pada saat ini bumi menghadapi pemanasan yang cepat. Menurut para ahli meteorologi, selama seratus tahun terakhir, rata-rata temperatur ini telah meningkat dari 15oC menjadi 15.6oC.
  4. 4. Penyebab global warming!
  5. 5. Emisi karbon dioksida dari pembakaranbahan bakar fosil pembangkit listrik. Penggunaan listrik yang semakin meningkat yang dipasok dari pembangkit listrik berbahan bakar batubara batubara yang melepaskan sejumlah besar karbon dioksida ke atmosfer. Setiap hari, pasar semakin banyak dibanjiri gadget penggunaannya membutuhkan daya listrik, padahal tidak didukung oleh energi alternatif. Dengan demikian kita akan semakintergantung pada pembakaran batu bara untuk memasok kebutuhan listrik di seluruh dunia
  6. 6. Emisi karbon dioksida dari pembakaranbensin pada kendaraan. Kendaraan yang kita pakai adalah sumber penghasil emisi sekitar 33% yang berdampak terhadap pemanasan global. Semakin bertambahnya jumlah penduduk maka tingkat kebutuhan transportasi semakin besar. Maka dari itu penggunaan bahan bakar juga semakin meningkat. Untuk mengurangi tingkat pemanasan global tentunya kita harus bisa meninggalkan budaya konsumtif yang tinggi.
  7. 7. Deforestasi, terutama hutan tropis untukkayu, pulp, dan lahan pertanian. Penggunaan hutan untuk bahan bakar merupakan salah satu penyebab deforestasi. Di seluruh dunia pemakaian produk kayu dan kertas semakin meningkat, kebutuhan akan lahan ternak semakin meningkat untuk pemasok daging dan susu, dan penggunaan lahan hutan tropis untuk komoditas seperti perkebunan kelapa sawit menjadi penyebab utama terhadap deforestasi dunia. Penebangan hutan akan mengakibatkan pelepasan karbon dalam jumlah besar ke atmosfir.
  8. 8. Peningkatan penggunaan pupuk kimia padalahan pertanian Tingginya tingkat penggunaan pupuk yang kaya nitrogen memiliki efek pada penyimpanan panas dari lahan pertanian (oksida nitrogen memiliki kapasitas 300 kali lebih panas- per unit volume dari karbon dioksida) dan kelebihan limpasan pupuk menciptakan zona-mati di laut.
  9. 9.  Global warming menjadi permasalahan yang berat yang sangat berpengaruh bagi kehidupan makhluk hidup. Global warming menimbulkan banyak kerugian untuk semua makhluk hidup. Berikut dampak dari global warming!
  10. 10. Kenaikan permukaan air laut di seluruhdunia Banyak negara di seluruh dunia akan mengalami dampak naiknya permukaan air laut, yang bisa memaksa jutaan orang untuk mencari pemukiman baru. Maladewa adalah salah satu negara yang perlu mencari rumah baru akibat naiknya permukaan laut
  11. 11. Korban akibat topan badaiyang semakin meningkat. Para ilmuwan menunjukkan bukti yang kuat bahwa pemanasan global secara signifikan akan meningkatkan intensitas badai yang paling ekstrim di seluruh dunia. Hal tersebut diperkirakan didorong oleh suhu air laut yang semakin meningkat, tidak mungkin mengalami penurunan dalam waktu dekat.
  12. 12. Gagal panen besar-besaran. Perubahan iklim ini diramalkan memiliki dampak yang paling parah pada pasokan air. "Kekurangan air di masa depan kemungkinan akan mengancam produksi pangan, mengurangi sanitasi, menghambat pembangunan ekonomi dan kerusakan ekosistem. Hal ini menyebabkan perubahan suasana lebih ekstrim antara banjir dan kekeringan." Menurut Guardian pemanasan global menyebabkan 300.000 kematian per tahun.
  13. 13. Kepunahan sejumlah besarspesies peningkatan suhu dapat menyebabkan kepunahan lebih dari satu juta spesies. Dan karena kita tidak bisa hidup sendirian tanpa ragam populasi spesies di Bumi, ini akan membawa dampak buruk bagi manusia. "Perubahan iklim sekarang ini setidaknya sama besarnya dengan ancaman terhadap jumlah spesies yang masih hidup di Bumi akibat penghancuran dan perubahan habitat.
  14. 14. Hilangnya terumbu karang. populasi karang akan runtuh pada tahun 2100 karena suhu dan keasaman laut meningkat.pemtihan terumb karang terjadi karena naiknya suhu,sedangkan spesies yang ada di laut bergantung pada terumbu karang.Bagi terumbu karang, pemanasan dan pengasaman air mengancam hilangnya ekosistem global. Jadi diperlukan upaya yang besar untuk menyelamatkan terumbu karang dari kepunahan
  15. 15.  Setiap permasalahan yang ada pasti memiliki solusi. Dari beberapa pembahasan tentang global warming tadi kita dapat melakukan pencegahan dengan diawali perubahan kecil kemudian bertahap ke perubahan besar. Berikut ini beberapa cara menagatasi global warming.
  16. 16. Kurangi Konsumsi energi Karbon dioksida banyak dihasilkan dari jutaan rumah di seluruh dunia. Dengan mengurangi konsumsi energi pribadi dapat mengurangi emisi karbon dioksida. Mematikan lampu jika tidak digunakan, pembelian peralatan dan bola lampu yang hemat energy adalah cara-cara sederhana untuk mengurangi konsumsi energi. Matikan peralatan Elektronik jika tidak digunakan
  17. 17. Gunakan Energi Alternatif Tenaga surya dan tenaga air serta nuklir, angin dan energi panas bumi memang mahal pada awalnya tetapi dapat hemat dalam jangka panjang karena lebih efisien. Juga bentuknya jauh lebih bersih.
  18. 18. Penanaman Pohon Penanaman pohon adalah cara yang baik untuk mengurangi emisi karbon dioksida. Pohon menyerap karbon dioksida dari atmosfer serta menghasilkan lingkungan yang kaya oksigen
  19. 19. Peningkatan PenggunaanTransportasi Umum Sebagian besar emisi CO2 berasal dari pembakaran bahan bakar minyak. Hal ini berlaku di seluruh dunia di mana mobil merupakan sumber utama transportasi bagi sebagian besar bangsa. Dengan membangun lebih baik sistem transportasi umum dan penggunaanya, dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, kita dapat sangat mengurangi emisi gas.
  20. 20. Lakukan 3 R (Reduce, Reuse,Recycle) di Rumah Salah satu solusi terbesar untuk menghentikan pemanasan global adalah perubahan cara kita berpikir. Dengan mengurangi (Reduce) penggunaan energi. Dengan daur ulang (Recycle), kita dapat mengurangi dampak ke tempat pembuangan sampah dan menurunkan konsumsi energi dan limbah.
  21. 21.  Itulah beberapa pengenalan tentang permasalahan kita “global warming”. Untuk itu, tentunya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa permasalah ini timbul akibat kelalaian kita sendiri, dan solusi nya juga dari kita tentunya sebagai penjaga bumi . Mulailah dari sekarang melakukan perubahan kecil untuk suatu perubahan besar dalam hidup kita “save our earth”

×