The fragmented model

335 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
335
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

The fragmented model

  1. 1. The Fragmented Model Disusun oleh:1. Fitri Ayu Pertiwi (11-800-0011)2. Lisnawati Novitasari (11-800-0013)3. Eka Putri Rahmawati (11-800-0094)4. Damayanti Cambodia (11-800-0099)5. Agung Darmanto (11-800-0120)
  2. 2. Model Pembelajaran Terpadu• Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa.
  3. 3. • Ditinjau dari cara memadukan konsep, keterampilan, topik, dan unit tematisnya, menurut Robin Fogarty (1991) terdapat sepuluh cara atau model dalam merencanakan pembelajaran terpadu. Kesepuluh cara atau model tersebut adalah:
  4. 4. Fragmented Sequenced IntegratedConnected Shared Immersed Nested Webbed Networked Threaded
  5. 5. Fragmented• adalah penyusunan kurikulum tradisional berdasarkan ilmu – ilmu yang berbeda dan terpisah. Dalam kurikulum standar, mata pelajaran diajarkan secara terpisah, dengan tidak ada usaha untuk menghubungkan atau mengintegrasikannya.Setiap mata pelajaran dipandang sebagai satu kesatuan yang murni, baik dalam kelompok disiplin ilmunya maupun pada disiplin ilmunya sendiri.Pembelajaran yang dilaksanakan secara terpisah yaitu hanya terfokus pada satu disiplin mata pelajaran.
  6. 6. What Is Look Like?• Di sekolah dasar atau di smp, masing-masing kedisiplinan yang di ajarkan oleh guru-guru yang berbeda di lokasi yang berbeda di seluruh bangunan dengan siswa bergerak ke ruangan yang berbeda.• Jadwal menunjukkan perbedaan slot waktu untuk matematika, ipa atau bahasa.Jarang dari dua bidang saling berkolerasi.Isolasi dari materi masih standar yang terkandung dalam ruang kelas.• Dalam prakteknya model ini bisa terlihat dari cara guru mengajar dikelas yang mengelompokkan atau memisahkan pelajaran satu dengan yang lain.
  7. 7. What Is Sound Like?• Siswa sekolah dasar menjelaskan kurikulum fragmen seperti vaksinasi : “matematika itu bukan ipa, ipa itu bukan inggris, inggris itu bukan sejarah. Sebuah materi adalah sesuatu yang kamu ambil sekali saja dan tidak perlu mengambil lagi.
  8. 8. What Is Advantages?• Guru dapat menyiapkan bahan ajar sesuai dengan bidang keahliannya dan dengan mudah menentukan ruang lingkup bahasan yang diprioritaskan dalam setiap pengajaran.• Kurikulum model ini memisahkan setiap mata pelajaran yang lain sehingga siswa tidak mampu mengintegrasikan sebagian konsep, sikap, keahlian yang ada antar disiplin ilmu
  9. 9. What Is Disadvanges?• Pelajar diberikan tugas yang sangat berat untuk menghubungkan atau mengintegrasikan konsep yang dipelajari secara sendiri. Selain itu, overlap konsep, keterampilan dan sikap pelajar tidak diperhatikan dan proses pembelajaran pada situasi yang nyaman (roman) kemungkinan sedikit terjadi.• Untuk pelajar yang kurang pengawasan dalam menghubungkan kedua konsep antar atau lintas disiplin ilmu adalah melihat beberapa penelitian terbaru pada proses pembelajaran sebagai pengalihan panggilan untuk penghubung yang jelas. Dalam disiplin ilmu berbasis model ini, siswa dapat dengan mudah terjebak dalam tugas atau pekerjaan yang berat. Meskipun setiap guru memberikan jumlah yang wajar, efek kumulatif dapat datang luar biasa bagi para siswa.• Tidak adanya pengintegrasian antar disiplin ilmu akan menyebabkan pelimpahan dan penimbunanmateri pada siswa• Tidak efisien
  10. 10. When Is This Fragmented Model Useful?• Hal ini paling berguna pada tingkat universitas di mana siswa melakukan pelaksanaan pembelajaran di jalur studi khusus yang memerlukan pengetahuan para ahli untuk mengajar, mentoring, pembinaan, dan berkolaborasi. Sebelum tingkat universitas, model ini membantu guru, dalam persiapan sehingga dapat lebih terfokus. Ini adalah model yang baik bagi para guru yang ingin meneliti dengan hati- hati prioritas kurikulum sebelum menggunakan model lintas departemen untuk perencanaan lintas disiplin.
  11. 11.

×