Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Sejarah Nokia

843 views

Published on

mengenal asal usul nokia

Published in: Technology
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Sejarah Nokia

  1. 1. SEJARAH NOKIA Nokia didirikan sebagai perusahaan penggilingan pulp oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865. Perusahaan Karet Finlandia kemudian mendirikan pabriknya di kawasan sekitarnya pada awal abad ke-20 dan mulai menggunakan merek Nokia. Perusahaan Karet Finlandia mengakuisisi Perusahaan Penggilingan Kayu Nokia dan Perusahaan Kabel Finlandia (sebuah produsen kabel telepon dan telegraf). Ketiga perusahaan tersebut digabung menjadi Nokia Corporation pada tahun 1967.
  2. 2. Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggamnya. Nokia memproduksi telepon genggam untuk seluruh pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA, and W-CDMA (UMTS)
  3. 3. Produk – produk nokia
  4. 4. lanjutan  1982 Mobira Senator. Ponsel pertama Nokia dengan menggunakan jaringan NMT. Ponsel ini hanya dapat digunakan di dalammobil.  1987 Mobira Cityman 900. Telepon genggam portabel Nokia masih dengan jaringan NMT.  1992 Nokia 101. Penggunaan handset pertama kali berbentuk "candy bar".  1992 Nokia 1011. Ponsel portabel digital dengan jaringanGSM  1994 Nokia 232. Ponsel pertama yang didukung layanan data, faks dan SMS  1996 Nokia 9000 Communicator. Ponsel pertama lengkap dengan faks, kalender, email dan internet.  1996 Nokia 8110. Disebut juga Nokia pisang. Ini adalah ponsel pertama Nokia yang berbentuk slide.
  5. 5.  1997 Nokia 3810. Ponsel pertama yang didisain khusus untuk konsumen Asia.  1998 Nokia 5100. Ponsel pertama dimana pengguna dapat mengubah-ubah chasing HP.  1998 Nokia 6110. Ponsel seri 6xxx pertama yang ditargetkan untuk kalangan bisnis. Ini juga model Nokia pertama dengan game di dalamnya, yakni Snake.  1998 Nokia 5110. Ponsel pertama dimana pengguna dapat memilih game. Ponsel ini terkenal dengan sebutan 'HP sejuta umat' karena lebih mudah dan lebih terjangkau oleh masyarakat.  1999 Nokia 8210. Ponsel fashion pertama Nokia yang diluncurkan bekerjasama dengan Kenzo  1999 Nokia 3210. Ponsel pertama dengan antena internal.  2001 Nokia 6310. Ponsel yang tahan banting dan simpel. Ini juga ponsel Nokia pertama yang memakai konektivitas bluetooth.  2001 Nokia 7650. Ponsel GSM dengan kamera yang terintegrasi dan seri 60 smartphone.
  6. 6.  2002 Nokia 3650. Ini adalah ponsel pertama yang dilengkapi peralatan untuk mengambil video  2003 Nokia 7200. Ponsel lipat (flip) pertama Nokia.  2003 Nokia 6108. Ponsel layar sentuh (touch screen) pertama Nokia.  2003 nokia n gage. hp buat para gamers  2005 Nokia meluncurkan ponsel L'Amour Collection, yakni Nokia 7360, Nokia 7370, dan Nokia 7380, bagi kalangan 'fashionista'. Disain produk ini memenangi penghargaan disain terbaik dari para Desainer Industri di Amerika tahun 2006.  2005 Nokia 8800. Disain Nokia pertama yang menggunakan stainless steel dan kaca.  2005 Nokia meluncurkan ponsel N Series, ponsel multimedia tingkat tinggi.  2005 N 90. Ponsel berkamera pertama di dunia yang dilengkapi dengan optik Carl Zeiss dan engsel menikung layaknya handycam.  2005 Nokia meluncurkan produk E Series, yang dikhususkan untuk para pebisnis.  2005 Nokia N 92. Ponsel pertama yang dilengkapi dengan DVB-H untuk melihat dan merekam tayangan televisi.
  7. 7.  2006 Nokia N 80. Merupakan handset pertama yang memiliki teknologi UPnP (Universal Plug and Play) yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan UPnP sebagai remote control untuk swap konten via Wi-Fi di antara PC, perlengkapan audio danTV.  2006 Nokia N95. Ini adalah telepon pertama Nokia dengan kemampuan GPS di dalamnya. Disain ponsel inimenerima penghargaan Red Dot pada tahun 2007.  2007 Nokia 1208. Ponsel ini didisain khusus untuk masyarakat yang tinggal di pedesaan dan terpencil. Ponsel ini terkenal dengan keawetannya.  2007 Nokia 7900 Prism. Ponsel pertama yang mengadopsi layar organik LED.  2007 Nokia N82. Ponsel yang dilengkapi dengan Xenon Flash. Dapat dipakai untuk mengambil gambar dalamkondisi sedikit cahaya.  2007 Nokia 3110 Evolve. Model ini menggunakan bio-cover yang 50 persen lebihmaterinya dari bahan yang dapat diperbaharui.  2008 Nokia membuat konsep ulang. Membuat ponsel berbahan daur ulang aluminiumdari kaleng, chasing dari plastik botol minuman, dan karet keypad dari ban bekas.
  8. 8.  2008 Nokia 5800 XpressMusic. Ponsel Nokia yang jago untuk soal musik dengan layar sentuh.  2008 Nokia E71. Ponsel Nokia teramping di dunia dengan keyped qwerty.  2009 N 97. Ponsel yang terhubung dengan internet setiap saat.  2010 Nokia X6. Nokia X6 dilengkapi dengan berbagai macam perangkat hiburan yang luar biasa, seperti dapat memutar lagu hingga 35 jam, memori internal 16GB, dan dapat memutar berbagai macam format musik digital. Sedangkan dari sektor kamera, Nokia X6 dilengkapi pula dengan layar berukuran 3,2 inci yang dibekali fitur touchscreen dan kamera beresolusi 5MP berlensa Carl Zeiss.  N8 dengan fasilitas 12MP camera Nokia N8 sendiri memang layak jadi senjata andalan Nokia, antara lain berkat keunggulan kamera 12 megapiksel dengan Xenon flash dan kemampuan merekam video HD. Ponsel ini juga memudahkan akses pada situs jejaring yang sedang ngetren serta memiliki fasilitas Ovi Maps gratis.
  9. 9. Tahap Perkenalan / Introduction Pada tahap ini produk baru lahir dan belumada target konsumen yang tahu sehingga dibutuhkan pengenalan produk dengan berbagai cara kepada target pasar dengan berbagai cara. Dampaknya pada marketing mix adalah sbb : • Produk : branding untuk pengenalan produk mulai dilakukan • Harga : menggunakan low penetration pricing dengan tujuan untuk membangun market share secara cepat, atau penentuan harga yang terbaik untuk merecover biaya pengembangan • Distribusi dilakukan secara selektif sampai konsumen menunjukkan tingkat penerimaan produk • Promosi diberikan kepada para inovator dan early adopters. Komunikasi pemasaran diperlukan untuk membangun awareness pada produk dan untuk mendidik konsumen potensial.
  10. 10. Tahap Pertumbuhan / Growth  Ketika berada pada tahap tumbuh, konsumen mulai mengenal produk yang perusahaan buat dengan jumlah penjualan dan laba yang meningkat pesat dibarengi dengan promosi yang kuat. Akan semakin banyak penjual dan distributor yang turut terlibat untuk ikut mengambil keuntungan dari besarnya animo permintaan pasar. Langkah yang perlu diambil : • Kualitas produk dijaga dan ditambahkan fitur-fitur yang baru; dan juga ditambahkan dukungan layanan. • Penentuan harga dijaga saat perusahaan memperoleh peningkatan permintaan dengan level kompetisi yang masih kecil. • Kanal distribusi ditambahkan disaat ada kenaikan demand dan konsumen menerima produk tersebut. • Dilakukan promosi untuk memperluas sasaran.
  11. 11. Tahap Kedewasaan / Maturity Di tahap dewasa produk perusahaan mengalami titik jenuh dengan ditandai dengan tidak bertambahnya konsumen yang ada sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu dan jumlah keuntungan yang menurun serta penjualan cenderung akan turun jika tidak dibarengi dengan melakukan strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Karena sudah banyak pesaing, para pedagang mulai meninggalkan persaingan dan yang baru tidak akan banyak terlibat karena jumlah konsumen yang tetap dan cenderung turun.Tujuan utama pada tahap ini adalah untuk mempertahankan penguasaan pasar sambil memaksimalkan keuntungan Langkah yang perlu diambil : • Fitur produk mungkin ditingkatkan untuk membedakan produk dari produk pesaing. • Penetapan harga dapat menjadi lebih rendah karena persaingan baru. • Distribusi menjadi lebih intensif dan bonus dapat ditawarkan untuk mendorong pembelian produk dibanding produk pesaing. • Promosi menekankan pada differensiasi produk.
  12. 12. Tahap Penurunan / Decline Pada kondisi decline produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain sehingga jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedagang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya mati. Ketika penjualan menurun, perusahaan memiliki beberapa pilihan : • Memelihara produk, mungkin memperbaharuinya dengan menambahkan fitur baru dan menemukan penggunaan baru. • Menjual murah produk – menurunkan biaya dan terus menawarkannya, terutama kepada pelanggan yang setia • Menghentikan produk, melikuidasi sisa stok atau menjualnya ke perusahaan lain yang bersedia melanjutkan produk.
  13. 13. STRATEGI PRODUK Keputusan-keputusan untuk tiap produk : 1. Tindakan Lini Produk dapat berupa : a. Penambahan suatu produk baru b. Mengurangi biaya, c. Memperbaiki produk d. Mengubah strategi pasar e. Membuang suatu produk 2. Stategi Bauran Produk, meliputi : a. Penambahan lini produk baru b. menghapus suatu lini c. Mengubah prioritas suatu lini (misalnya meningkatkan anggaran pemasaran lini dan mengurangi anggaran untuk lini lainnya)
  14. 14.  Adanya impact dari kehadiran internet dengan fitur yang variatif memaksa Nokia untuk melakukan bebepa stategy untuk mengantisipasi dalam gempuran bisnis baru yang mengubah media komunikasi menjadi lebih flat. Strategy yang digunakannya adalah : 1. Melakukan Joint Venture dengan menerapkan menggabungkan / kerjasama perusahaan dengan perusahaan media internet seperti Google Corp dan Facebook corp guna untuk memperbanyak akses Nokia. 2. Menambah beberapa fitur yang sesuai dengan trend internet yang sebagian besar menjadi focus act dari customer tersebut.
  15. 15.  Dalam mempertahankan product life cyclenya Nokia juga terus melakukan berbagai inovasi guna untuk menemukan produk baru yang sesuai dengan perkembangan zaman yang memiliki criteria sebagai berikut : • Brand kuat baik dari segi asosiaso, equity dan atribut. • Loyalitas konsumen pada produk Nokia tersebut. • Harga produk yang terus di minimize namun kualitas yang maksimaze • Differented and Uniqe produk yang mengungguli competitor lainnya sehingga bisa memberikan superior competitive advantage kepada para customernya. Sehingga, Nokia masih menjadi top 1 dari berbagai perusahaan selular lainnya. Tidak hanya dengan strategy produk yang tidak hanya berbeda atau unggul tapi juga unik. Hal lain adalah dengan motto nokia “Connecting People” dengan hati dan pelayanan yang maksimal. Sehingga Nokia memang unggul dalam produk dan pelayanan dibanding dengan yang lain, walaupun sekarang ada gempuran dan competitor seperti Internet. Selain competitor perusahaan sejenis seperti BenQ, Sony Erricson, Samsung dan lain sebagainya.
  16. 16. Sekian & terima kasih

×