Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Pengantar Manajemen
MENGELOLA HUBUNGAN DAN
KOMUNIKASI INTERPERSONAL
NAMA KELOMPOK

Amrul Rizal
Ari Setiawan
Muh. Dedi Zakaria
M. Afif Amrulloh
Ari Rahmatulloh
PEMBAHASAN
 Esensi Interpersonal Dari Organisasi

 Komuniksa Dan Pekerjaan Manajer

 Bentuk – Bentuk Komunikasi Dalam O...
Gordon forward memiliki kombinasi antara
keahlian komunikasi dan keahlian manajerial yang
langka. Komunikasi merupakan bag...
ESENSI INTERPERSONAL DARI ORGANISASI
 Dinamika Interpersonal
Dinamika interpersonal merupakan bagian vital dari kehidupan...
Komuniksa Dan Pekerjaan Manajer
 Definisi Komunikasi

Komunikasi (communication) adalah proses
penyampaian informasi dari...
Peranan Komunikasi Dalam Manajemen
Komunikasi juga berhubungan langsung dengan
fungsi – fungsi manajemen dasar, yaitu
pere...
Proses Komunikasi
Proses komunikasi dimulai saat seorang
(pengirim) mengirimkan
fakta, ide, pendapat, atau informasi
lainy...
Bentuk – Bentuk Komunikasi Dalam
Organisasi
Komunikasi Lisan (Oral Communication)
Terjadi dalam percakapan tatap muka, dis...
Komunikasi Tulisan (Written Communication)

Menulis dalam surat, laporan, memo,
catatan, tulisan tangan, atau e-mail bisa
...
Komunikasi Dalam
Jaringan Dan Tim Kerja
Jaringan komunikasi (communication network) adalah pola
komunikasi antaranggota da...
Komunikasi Organisasi
Komunikasi Vertical
(Vertical Communication)

Komunikasi Horizontal
(Horizontal Communication)

Komu...
Komunikasi Elektronik
System Informasi Formal

Metodekomunikasi organisasional
yang semakin penting adalah
system informas...
Komunikasi Informal Dalam
Organisasi
 Rumor

Rumor (grapevine) adalh jaringan informal yang
bias menembus seluruh lapisan...
Management By Wandering Around
Management by wandering around ide
dasarnya adalah bahwa sejumlah
manajer mencari tahapa ya...
Komunikasi Non – Verbal
Komunikasi non verbal (nonverbal
communication) adalah setiap interaksi
komunikatif yang tidak men...
Mengelola Hambatan
Komunikasi
Berbagai Hambatan
Hambatan – Hambatan
Individual

Hambatan –Hambatan
Organisasional

Beberapa hambatan
individual dapa men...
Memperbaiki Efektivitas
Komunikasi
Keahlian Individual
Keahlian individual yang
paling penting untuk
memperbaiki efektivit...
Sekian & Terima Kasih
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Mengelola Hubungan dan Komunikasi Interpersonal

2,722 views

Published on

Published in: Marketing
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Mengelola Hubungan dan Komunikasi Interpersonal

  1. 1. Pengantar Manajemen
  2. 2. MENGELOLA HUBUNGAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL
  3. 3. NAMA KELOMPOK Amrul Rizal Ari Setiawan Muh. Dedi Zakaria M. Afif Amrulloh Ari Rahmatulloh
  4. 4. PEMBAHASAN  Esensi Interpersonal Dari Organisasi  Komuniksa Dan Pekerjaan Manajer  Bentuk – Bentuk Komunikasi Dalam Organisasi  Komunikasi Informal Dalam Organisasi  Mengelola Hambatan Komunikasi
  5. 5. Gordon forward memiliki kombinasi antara keahlian komunikasi dan keahlian manajerial yang langka. Komunikasi merupakan bagian yang vital dari pekerjaan manajerial. Para manajer seluruh dunia sepakat bahwa komunikasi merupakan salah satu tugas mereka yang paling penting. Mereka harus berkomunikasi dengan orang lain dan menyampaikan visi serta tujuan mereka menyangkut organisasi. Dan juga penting bagi pihak lain untuk berkomunikasi dengan manajemen agar lebih mampu memahami apa yang tengah terjadi dalam lingkungan mereka serta bagaimana mereka serta organisasinya bisa menjadi lebih efektif.
  6. 6. ESENSI INTERPERSONAL DARI ORGANISASI  Dinamika Interpersonal Dinamika interpersonal merupakan bagian vital dari kehidupan organisasi. Sebagian besar pekerjaan dilakukan anggota organisasi yang melibatkan interkasi dengan orang lain kadang – kadang dengan cara positif, kadang – kadang negative.  Dampak Dari Prilaku Interpersonal hubungan interpersonal berkualitas tinggi bisa menjadi element positif yang penting dalam lingkungan kerja. Namun jika individu – individu yang sama ini dihadapkan dengan hubungan kerja yang berkualitas buruk, dampaknya bisa sama besar namun memiliki arah berlawanan. Hubungan interpersonal juga berfungsi sebagai basis yang solid bagi dukungan social.
  7. 7. Komuniksa Dan Pekerjaan Manajer  Definisi Komunikasi Komunikasi (communication) adalah proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain. Komunikasi efektif (affective communication) denga demikian, adalah prose pengiriman pesan sedimikian rupa sehingga pesan yang diterima memiliki makna sedekat mungkin dengan maksud si pengirim.
  8. 8. Peranan Komunikasi Dalam Manajemen Komunikasi juga berhubungan langsung dengan fungsi – fungsi manajemen dasar, yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Pemindaian lingkungan, pengintergrasian pandangan mengenai perencanaan waktu, dan pembuatan keputusan, misalnya, semua memerluka komunikasi. Delegasi, koordinasi, serta pengubahan dan pengembangan organisasi juga memerlukan komunikasi. Perancangan sisrtem balas jasa dan interaksi dengan bawahan sebagian dari fungsi kepemimipinan akan mustahil tanpa komunikasi.
  9. 9. Proses Komunikasi Proses komunikasi dimulai saat seorang (pengirim) mengirimkan fakta, ide, pendapat, atau informasi lainya kepada orang lain(penerima). Fakta, idea tau pendapat ini memiliki makna bagi si pengirim, apakah itu sederhana atau konkret, atau kompleks dan abstrak.
  10. 10. Bentuk – Bentuk Komunikasi Dalam Organisasi Komunikasi Lisan (Oral Communication) Terjadi dalam percakapan tatap muka, diskusi kelompok, percakapan telepon, dan dalam situasi – situasi lain ketika ucapan di gunakan untuk mengekspresikan makna. Yang paling utama dalam komunikasi lidan memicu umpan balik dan pertukaran pemikiran secara langsung dalam bentuk pertanyaan – pertanyaan atau persetujuan verbal, ekspresi muka, dan gerak tubuh. Komunikasi lisan juga mudah (yang perlu dilakukan pengirim hanyalah berbicara), dan dapat dilakukan denga persiapan sedikit (meski persiapan matang dianjurkan dalam situasi – situasi tertentu).
  11. 11. Komunikasi Tulisan (Written Communication) Menulis dalam surat, laporan, memo, catatan, tulisan tangan, atau e-mail bisa memecahkan masalah yang melekata pada komunikasi lisan. Kelemahan terbesar dari bentuk – bentuk tradisional komunikasi tulisan adalah bahwa komunikasi tulisan mencegah umpan balik dan pertukaran pikiran secara langsung.
  12. 12. Komunikasi Dalam Jaringan Dan Tim Kerja Jaringan komunikasi (communication network) adalah pola komunikasi antaranggota dari sebuah tim atau group. Bentuk – bentuk dalama organisasi adalah komunikasi yang mengalir antar dan antar unit – unit dan group – group organisasional. Masing – masing bentuk komunikasi bisa berupa lisan dan tulisan.
  13. 13. Komunikasi Organisasi Komunikasi Vertical (Vertical Communication) Komunikasi Horizontal (Horizontal Communication) Komunikasi vertical adalah komunikasi yang mengalir ke atas dan ke bawah dalam heirarki organisasi, biasanya melalui saluranpelaporan formal yaitu, komunikasi yang terjadi antara manajer dengan atasan dan bawahan mereka. Komunikasi vertical bisa melibatkan dua orang saja, atau bisa mengalir melalui beberapa level organisasi yang berbeda. Komunikasi horizontal melibatkan kolega dan rekan kerja dari level organisasi yang sama. Sebagai contoh, seorang manajer operasi mungkin mengkomunikasikan kepada manajer pemasaran bahwa level persediaan telah menipis dan bahwa proyeksi tanggal pengiriman harus diperpanjang 2 minggu.
  14. 14. Komunikasi Elektronik System Informasi Formal Metodekomunikasi organisasional yang semakin penting adalah system informasi. Metode ini bisa digunakan melalui pendekatan manajerial ataupun pendekatan operasional.pendekatan manajerial melibatkan penciptaan sebuah posisi yang biasanya disebut chief information officer, atau CIO. Teknologi Elektronik Pribadi Dalam beberapa tahun terakhir, bentuk komunikasi organisasional telah berubah secara dramatis, terutama karena kemajuan dalam tekmologi komunikasi elektronik pribadi, dan dimasa depan bahkan akan terjadi semakin banyak perubahan.
  15. 15. Komunikasi Informal Dalam Organisasi  Rumor Rumor (grapevine) adalh jaringan informal yang bias menembus seluruh lapisan organisasi. Rumor gosip (gossip chain) terbentuk saat satu orang menyebarkan pesan ke banyak orang lain lagi. Faktor penyebab kedua adalah bahwa, seirng semakin banyaknya korporasi yang memindahkan fasilitas dari pusat kota ke daerah pinggiran, karyawan cenderung berbicara semakin sedikit dengan orang – orang dari luar organisasi dan semakin sering dengan satu sama lain.
  16. 16. Management By Wandering Around Management by wandering around ide dasarnya adalah bahwa sejumlah manajer mencari tahapa yang terjadi dengan keluyuran dan berbicara pada orang – orang bawahan langsung, bawahan jauh, petugas pengiriman, konsumen, atau siapa saja yang karena satu atau beberapa hal terkait dengan perusahaan.
  17. 17. Komunikasi Non – Verbal Komunikasi non verbal (nonverbal communication) adalah setiap interaksi komunikatif yang tidak menggukan kata –kata, atau yang memanfaatkan kata – kata menyampaikn makna yang lebih luas dari pengertian kata – kata itu sendiri. Komunikasi non – verbal adalah komunikasi yang cukup berpengaruh dalam organisasi, namun bentuk ini kurang dimengerti.
  18. 18. Mengelola Hambatan Komunikasi
  19. 19. Berbagai Hambatan Hambatan – Hambatan Individual Hambatan –Hambatan Organisasional Beberapa hambatan individual dapa mengganggu efektivitas komunikasi. Salah satunya adalah sinyal yang saling bertentangan atau tidak konsisten. Kendala lain adalah kurangnya kredibilitas muncul saat pengirim pesan tidak dipandang sebagai sumber informasi yang bisa dipercaya. Penghanbat – penghambat efektivitas komunikasi yang lain berhubungan dengan kontek organisasional dimana komunikasi terjadi. Masalah semakin muncul karena kata – kata memiliki makna berbeda. Faktor – faktor lingkungan bisa mengurang efektivitas. Seperti yangtelah disinggung sebelumnya, keributan bisa mempengaruhi dalam banyak cara. Begitu juga kelebihan beban bisa di tangani secara efektif.
  20. 20. Memperbaiki Efektivitas Komunikasi Keahlian Individual Keahlian individual yang paling penting untuk memperbaiki efektivitas komunikasi adalah keahlian mendengar. Menjadi pendengar yang baik meminta seseorang utnuk mempersiapkan diri untuk mendengar, tidak menyela pembicara, sabar, dan bertanya sepantaasnya. Keahlian Organisasional Tindak lanjut adalah pengecekan untuk memastikan apakah pesan telah diterima dan dipahami, pengatur arus informasi adalah bahwa pengirim atau penerima pesan mengambil langkah – langkah yang di perlukan untuk memastikan tidak terjadinya kelebihan beban informasi, banyak manajer membatasi arus masuk informasi dengan membuat jurnal – jurnal dan laporan - laporan rutin yang mereka terima secara periodik, atau melatih seorang sekretaris untuk menyaring telepon masuk dan tamu. Baik pengirim maupun penerima pesan juga perlu memahami keunggulan dan keunikan dari tipe – tipe media.
  21. 21. Sekian & Terima Kasih

×