Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
PENGANTAR MANAJEMEN
“MANAJEMEN DAN LINGKUNGANNYA”

Dosen pengampu
Cici widowati, S.P., M.S.M.
DISUSUN OLEH :
AMRUL RIZAL
ARI SETIAWAN
MUH. DEDI ZAKARIA

M. AFIF AMRULLOH
ARI RAHMATULLOH
MANAJEMEN DAN LINGKUNGANNYA
Pengertian lingkungan menurut Robbins & Coulter
(1999) adalah lingkungan merujuk pada lembaga
...
Pada pengertian lain lingkungan dibagi
menjadi beberapa bagian lingkungan
eksternal (external environment), bersifat
langs...
GAMBAR MANAJEMEN DAN LINGKUNGANNYA
Demografi
Budaya
Pemerintah
Manajemen

Pesaing

Ekonomi
Pemasok
Pelanggan

Lembaga
Keua...
LINGKUNGAN EKSTERNAL LANGSUNG
Pemasok : Sebagai penyediafasilitas dan sarana
yang dibutuhkan perusahan.
a. Persaingan
b. ...
Pelanggan / Konsumen : Memiliki kebutuhan
dan keinginan yang berbeda – beda.
Lembaga Keuangan : Berperan sebagai
penjami...
LINGKUNGAN UMUM PERUSAHAAN











Demografi : Isu – isu penting yang harus di amati oleh manajemen antara
lain :...
LINGKUNGAN INTERNAL PERUSAHAAN
 Pekerja

/ karyawan : merupaan salah satu
sumber daya dan sekaligus input yang berharga
y...
HUBUNGAN LINGKUNGAN & ORGANISASI
James D. Thomson dalam model ini hubungan
lingkungan & organisasi dibagi menjadi dua dime...
GAMBAR MODEL HUBUNGAN LINGKUNGAN &
ORGANASASI THOMSON
Stabil Dinamis
Sederhana

Tingkat Perubahan

Ketidakpastian
Rendah

...
MANAJEMEN DAN GLOBALISASI
 Strategi, struktur, dan persaingan perusahaan. kondisi dalam

suatu bangsa yang mempengaruhi c...
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Manajemen dan Lingkungannya
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Manajemen dan Lingkungannya

7,530 views

Published on

Published in: Marketing
  • Be the first to comment

Manajemen dan Lingkungannya

  1. 1. PENGANTAR MANAJEMEN “MANAJEMEN DAN LINGKUNGANNYA” Dosen pengampu Cici widowati, S.P., M.S.M.
  2. 2. DISUSUN OLEH : AMRUL RIZAL ARI SETIAWAN MUH. DEDI ZAKARIA M. AFIF AMRULLOH ARI RAHMATULLOH
  3. 3. MANAJEMEN DAN LINGKUNGANNYA Pengertian lingkungan menurut Robbins & Coulter (1999) adalah lingkungan merujuk pada lembaga dan kekuatan yang berada diluar organisasi tersebut dan secara potensial mempengaruhi kinerja organisasi itu. Lingkungan organisasi dibagi menjadi dua yaitu lingkungan langsung dan tidak langsung. Dan menurut pengertian yang lain lingkungan organisasi dibagi menjadi dua bagian lingkungan makro (macro environment) dan lingkungan mikro (micro environment).
  4. 4. Pada pengertian lain lingkungan dibagi menjadi beberapa bagian lingkungan eksternal (external environment), bersifat langsung (direct) & bersifat umum (general environment) dan lingkungan internal (internal environment).
  5. 5. GAMBAR MANAJEMEN DAN LINGKUNGANNYA Demografi Budaya Pemerintah Manajemen Pesaing Ekonomi Pemasok Pelanggan Lembaga Keuangan Politik Alam Teknologi Lingkungan Umum  Lingkungan Eksternal Langsung  Lingkungan Manajemen 
  6. 6. LINGKUNGAN EKSTERNAL LANGSUNG Pemasok : Sebagai penyediafasilitas dan sarana yang dibutuhkan perusahan. a. Persaingan b. Produk c. Industri d. Pemasok e. Efektivitas Produk
  7. 7. Pelanggan / Konsumen : Memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda – beda. Lembaga Keuangan : Berperan sebagai penjamin sekaligus penyedia sumber dana dan keuangan yang dibuthkan oleh perusahaan. Pesaing : Persaingan yang semakin ketat menuntut manajemen untuk memperhatikan para pesaingnya. Pemerintah : Peran pemerintah sangan besar dalam keberhasilan suatu organisasi.
  8. 8. LINGKUNGAN UMUM PERUSAHAAN       Demografi : Isu – isu penting yang harus di amati oleh manajemen antara lain : perubahan struktur umur penduduk, permasalahan jenis kelamin (gender), ras, peluang kerja dan pengangguran, serta masalah urbanisasi. Ekonomi : Mempengaruhi presentasi kerja dari suatu organisasi meliputi : tingkat pertumbuhan, pendapatan masyarakat, perubahan selera dan pola pengeluaran. Alam : SDA memberikan bahan yang di butuhkan oleh organisasi. Guna untuk kelancaran kerja dari organisasi. Teknologi : Merupakan kekuatan yang dapat menciptakan produk dan pasar baru, dan manajemen perlu mengamati perkembangan teknologi. Politik : Kebijakan yang dibuat pemerintah seringkali bermuatan pilotisi sehingga kebijakan itu sering berlawanan dengan misi dan tujuan organisasi. Sosial & Budaya : Kehidupan organisasi tidak terlepas dari dinamika lingkungan sekitarnya.
  9. 9. LINGKUNGAN INTERNAL PERUSAHAAN  Pekerja / karyawan : merupaan salah satu sumber daya dan sekaligus input yang berharga yang dimiliki oleh perusahaan.  Dewan komisaris : akan selalu memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan akan berjalan mencapai tujuan. Kedudukannya sebagai independen terhadap manajemen.  Pemegang saham : memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan. Tanggung jawab tersebut pada seberapa besar sumbangan (saham) mereka terhadap perusahaan.
  10. 10. HUBUNGAN LINGKUNGAN & ORGANISASI James D. Thomson dalam model ini hubungan lingkungan & organisasi dibagi menjadi dua dimensi yaitu :  Tingka perubahan akan melihat sejauh mana stabilitas suatu lingkungan yang diukur dengan skala perubahan tingkat stabil dan perubahan dinamis.  Tingkat homogenitas meliha sejauh mana kompleksitas lingkungan yang diukur dengan skala homogenitas sederhana dan homogenitas kompleks.
  11. 11. GAMBAR MODEL HUBUNGAN LINGKUNGAN & ORGANASASI THOMSON Stabil Dinamis Sederhana Tingkat Perubahan Ketidakpastian Rendah Ketidakpastian Mederat (1) Tingkat Homogenitas Kompleksitas Ketidakpastian Moderat (2) Ketidakpastian Tinggi
  12. 12. MANAJEMEN DAN GLOBALISASI  Strategi, struktur, dan persaingan perusahaan. kondisi dalam suatu bangsa yang mempengaruhi cara kerja organisasi berhubungan satu yang lainya. Persaingan domestic mendorong inovasi dan pengembangan keunggulan bersaing.  Kondisi permintaan. permintaan domestic terhadap produk dan jasa suatu indistri. Bila pelanggan meminta maka perusahaan harus menanggapi perusahaan dengan produk dan jasa bermutu tinggi dan inovatif.  Factor kondisi. komponen – komponen yang terkait dalam menghasilkan barang dan jasa seperti pekerja terampil, infrastruktur ekonomi, dan adanya bahan – bahan mentah atau sumber daya alam.  Industry terkait dan pendukung. adanya Negara atau industry pemasok yang bersaing secara internasional. Kemampuan untuk menyediakan sumber daya input dan jasa yang diperlukan untuk mendukung produksi barang.
  13. 13. Wassalamualaikum Wr. Wb.

×