Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

negara asia tenggara

115 views

Published on

ilmu sosial

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

negara asia tenggara

  1. 1. • a.Malaysia Malaysia adalah sebuah negara kerajaan federal yang didirikan pada 16 September 1963.Malaysia terdiri atas 13 negara bagian,sembilan diantaranya dikepalai oleh sultan dan empat lainya oleh keturunan bangsawan.Kepala negaranya adalah Yang Dipertuan Agong.
  2. 2. 2)Bentang Alam Dilihat dari bentang alamnya,wilayahMalaysia sebagian besar berupa pegunungan,Wilayah Malaysia Barat merupakan bagian dari deretan PegununganMediterania dengan puncak tertinggi adlah Gunung Tahan(2.190) terpanjang di Malaysia adlah Sungai Kinabatangan (550km)dan m).Diwilayah adlah Gunung Kinabalu(4.101 m)yang merupakan bagian dari deretan Sirkum Pasifik. Sungai sungai Rajang(560km).
  3. 3. Malaysia dipengaruhi iklim laut khatulistiwa yang ditandai dengan sering terjadinya hujan lebat,suhu rata-rata tinggi,dan pembalikan arah angin sesuai dengan musim.Musim hujan di Malaysia berlangsung sekitar Oktober-Maret,ketika angin muson barat daya(April-september)berembus,curah hujan menjadi berkurang karena terhalang oleh Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.
  4. 4. Sebelum tahun 1939, Thailand dikenal dgn nama siam, dan disebut juga Muangthaiyang berarti tanah kebebasan. Dan juga diberi julukan “Rumah Rakyat Merdeka”. Hal ini disebabkan Thailand dijadikan daerah penyangga (buffer state) oleh Inggris dan Prancis. 1. Letak dan Batas Negara Secara astronomis, Thailand terletak pada 5 ° LU - 21° LU dan 97° BT - 106° BT. Batas-batas negara Thailand yaitu: a. Sebelah utara dengan negara Myanmar dan Laos b. Sebelah timur dengan negara Laos, Kamboja, dan teluk Thailand c. Sebelah selatan dengan negaraMalaysia d. Sebelah barat dengan myanmar dan laut andaman
  5. 5. Berdasarkan reliefnya, Thailand terbagi atas empat wilayah bentang alam berikut ini. • Wilayah tengah berupa dataran rendah yang dialiri Sungai Chao Pharaya, sungai terpanjang di Thailand. • Wilayah utara dan barat daya berupa pegunungan dan perbukitan bagian dari Pegunungan Mediterania. • Wilayah utara dan barat daya berupa pegunungan dan perbukitan bagian dari Pegunungan Mediterania. • Wilayah selatan berupa Semenanjung Thailand.

×