Hukum kirchhoff

11,303 views

Published on

1 Comment
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
11,303
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
496
Comments
1
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hukum kirchhoff

  1. 1. HUKUM KIRCHHOFF
  2. 2. Hukum Kirchhoff Hukum Kirchhoff ditemukan oleh seorang ahli Fisika asal Jerman bernama Gustav Robert Kirchoff pada tahun 1862. Hukum Kirchhoff berkaitan dengan penjumlahan aljabar arus-arus pada suatu titik persambungan (simpul) atau tegangan-tegangan pada suatu jaringan (mesh). Hukum Kirchhoff terdiri dari Hukum Kirchhoff Arus (Kirchhoff Current Law atau KCL) dan Hukum Kirchhoff Tegangan (Kirchhoff voltage law atau KVL).
  3. 3. Hukum Kirchhoff I (Arus)Hukum ini berbunyi “ Jumlah kuat arus yang masuk dalamtitik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yangkeluar dari titik percabangan”.Hukum Kirchhoff arus menyebutkan bahwa dalam suatusimpul percabangan, maka jumlah arus listrik yang menujusimpul percabangan dan yang meninggalkan percabanganadalah nol.
  4. 4. Hukum Kirchhoff I (Arus)Terdapat 3 komponen arus yang menuju simpul dan tigakomponen arus yang meninggalkan simpul. Jika keenamkomponen arus ini dijumlahkan maka hasilnya adalahnol, seperti diperlihatkan dalam persamaan berikut:
  5. 5. Hukum Kirchhoff I (Arus)
  6. 6. Hukum Kirchhoff I (Arus)Dari gambar di atas kuat arus yang mengalir dapat ditentukan denganmenggunakan beberapa aturan sebagai berikut : Tentukan arah putaran arusnya untuk masing-masing loop. Arus yang searah dengan arah perumpamaan dianggap positif. Arus yang mengalir dari kutub negatif ke kutub positif di dalam elemen dianggap positif. Pada loop dari satu titik cabang ke titik cabang berikutnya kuat arusnya sama. Jika hasil perhitungan kuat arus positif maka arah perumpamaannya benar, bila negatif berarti arah arus berlawanan dengan arah pada perumpamaan.
  7. 7. Hukum Kirchhoff I (Arus)Jika resistor dipasang paralel maka akan menjadi pembagiarus
  8. 8. Hukum Kirchhoff I (Arus)Jika resistor dipasang paralel maka akan menjadi pembagiarus
  9. 9. Hukum Kirchhoff II (Tegangan)Hukum Kirchoff 2 berbunyi : " Dalam rangkaian tertutup,Jumlah aljabar GGL (E) dan jumlah penurunan potensial samadengan nol". Maksud dari jumlah penurunan potensial samadengan nol adalah tidak ada energi listrik yang hilang dalamrangkaian tersebut, atau dalam arti semua energi listrik bisadigunakan atau diserap.Hukum ini menyebutkan bahwa di dalam suatu lup (loop)tertutup maka jumlah sumber tegangan serta tegangan jatuhadalah nol.
  10. 10. Hukum Kirchhoff II (Tegangan)

×