Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

1

Share

Download to read offline

Suhu dan Pengukuran

Download to read offline

macam-macam suhu dan cara mengukurnya

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Suhu dan Pengukuran

  1. 1. Tugas Kelompok IPA Kelompok 1 Anggota : 1.Nyayu Habsyah Angraini 2.Mutiara Permata Sari 3.Muhammad Farras Arira 4.Achmad Rizky Octaris
  2. 2. Pengertian Suhu Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer.Satuan suhu dalam SI adalah kelvin. Dalam kehidupan sehari- hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu dengan valid.
  3. 3. • Suhu juga disebut temperatur yang diukur dengan alat termometer. Perbandingan antara satu jenis termometer dengan termometer lainnya mengikuti: C:R:(F-32) = 5:4:9 K = C + 273.(derajat) • Berdasarkan skala nya,termometer terbagi menjadi 4 macam : 1. Celsius 3. Fahrenheit 2. Reumur 4. Kelvin
  4. 4.  Celcius Skala Celsius adalah suatu skala suhu yang didesain supaya titik beku air berada pada 0 derajat dan titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosferik standar Memiliki titik didih air 100°C dan titik bekunya 0°C. Rentang temperaturnya berada pada temperatur 0°C – 100°C dan dibagi dalam 100 skala.
  5. 5.  Kelvin Skala Kelvin (simbol: K) adalah skala suhu di mana nol absolut didefinisikan sebagai 0 K. Satuan untuk skala Kelvin adalah kelvin (lambang K), dan merupakan salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta: nol kelvin adalah nol absolut (ketika gerakan molekuler berhenti, dalam termodinamika), dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamik triple point air (0,01 °C). Skala suhu Celsius kini didefinisikan berdasarkan kelvin. Memiliki titik didih air 373,15 K dan titik bekunya 273,15 K. Rentang temperaturnya berada pada temperatur 273,15 K – 373,15 K dan dibagi dalam 100 skala.
  6. 6.  Fahrenheit Skala Fahreheit adalah salah satu skala suhu selain Celsius dan Kelvin. Nama Fahrenheit diambil dari ilmuwan Jerman yang bernama Gabriel Fahrenheit (1686- 1736). Skala ini dikemukakan pada tahun 1724. Dalam skala ini, titik beku air adalah 32 derajat Fahrenheit (ditulis 32 °F) dan titik didih air adalah 212 derajat Fahrenheit. Negatif 40 derajat Fahreheit sama dengan negatif 40 derajat Celsius. Skala Fahrenheit banyak digunakan di Amerika Serikat.
  7. 7.  Reamur Skala ini mulanya dibuat dengan alkohol, jadi termometer Réaumur yang dibuat dengan raksa sebenarnya bukan termometer Réaumur sejati. Réaumur mungkin memilih angka 80 karena dapat dibagi-dua sebanyak 4 kali dengan hasil bilangan bulat (40, 20, 10, 5), sedangkan 100 hanya dapat dibagi 2 kali dengan hasil bilangan bulat (50, 25). Memiliki titik didih air 80°R dan titik bekunya 0°R. Rentang temperaturnya berada pada temperatur 0°R – 80°R dan dibagi dalam 80 skala.
  8. 8. 2. Alat ukur suhu Untuk menentukan panas atau tidaknya suatu benda, kita dapat menggunakan jari tangan kita, tetapi tangan tidak dapat dipakai untuk menentukan tingkat panas suatu benda secara tetap.
  9. 9. Alat yang tepat untuk mengukur suhu benda adalah termometer. Macam – macam termometer • Berdasarnya zat termometriknya, termometer dapat dibedakan menjadi : 1) Termometer zat padat. Termometer zat padat menggunakan prinsip perubahan hambatan logam konduktor terhadapap suhu sehingga sering juga disebut sebagai termometer hambatan. Biasanya termometer ini menggunakan kawat platina halus yang dililitkan pad mika dan dimasukkan dalam tabung perak tipis tahan panas.
  10. 10. Contoh : Termometer platina 2) Termometer zat cair. Termometer zat cair dibuat berdasarkan perubahan volume. Zat cair yang digunakan biasanya raksa atau alkohol. Contoh termometer Fahrenheit, Celcius, Reamur. Alasan pemilihan raksa atau alkohol sebagai isi termometer adalah sebagai berikut: • Mudah dilihat karena raksa terlihat mengkilap sedangkan alkohol dapat diberi warna merah. • Daerah ukurannya sangat luas (raksa : – 390C s/d 3370C dan alkohol: -1140C – 780C) • Keduanya merupakan panghantar kalor yang baik • Keduanya mempunyai kalor jenis yang kecil.
  11. 11. 3) Termometer gas Termometer gas menggunakan prinsip pengaruh suhu terhadap tekanan. Bagan alat ini sama seperti nanometer. Jika salah satu ujungnya dihubungkan dengan ruangan yang bersisi gas bertekanan, maka akan terjadi selisih tinggi.Contoh: termometer gas pada volume gas tetap
  12. 12. Rumus Konversi dari termometer
  13. 13. Thank you for your attention Wassalamualaikum Wr.Wb
  • anandawibo

    Mar. 25, 2015

macam-macam suhu dan cara mengukurnya

Views

Total views

703

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

3

Actions

Downloads

22

Shares

0

Comments

0

Likes

1

×