Presen q

801 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
801
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
18
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presen q

  1. 1. NOUNS atau Kata Benda
  2. 2. Kata benda atau dalam bahasa inggris disebut NOUNS adalah semua kata yang menunjukkan benda. NOUNS dalam garis besar terdiri dari 2 bagian :
  3. 3. Yang pertama bahasa inggrisnya CONCRETE NOUNS, atau dalam bahasa indonesia disebut kata benda konkret, maksudnya adalah benda-benda yang dapat dilihat, dapat diraba. Contohnya: meja (table), kursi (chair), phone, computer, dan sebagainya. Yang kedua adalah ABSTRACT NOUNS atau kata benda abstrak. Yaitu kata benda juga, namun tidak bisa diraba dan dilihat alias tak berwujud. Contohnya: freedom (kemerdekaan, kebebasan), happiness (kebahagiaan), education (pendidikan), competition (persaingan), action (tindakan), dan sebagainya. Tentu saja, bukan hanya dalam bahasa inggris ada kata benda abstrak tetapi juga dalam bahasa Indonesia, mungkin kita jarang mempelajarinya. Dengan pengetahuan ini, nanti kita akan bisa membuat suatu kalimat dengan subject abstract noun seperti: Action speaks louder than words.
  4. 4. Concrete Nouns dalam bahasa inggris ini masih dipecah-pecah lagi menjadi 4 bagian. Yaitu: Proper Nouns, Common Nouns, Material Nouns, dan Collective Nouns. Istilahnya semua masih dalam bahasa inggris. Akan saya terangkan satu per satu di bawah ini. Poper Nouns adalah kata benda tentang nama tertentu, dan diawali dengan huruf besar, seperti nama orang, nama kota, nama negara, universitas, nama gedung, nama toko, nama perusahaan, dan sebagainya. Contohnya: Joko, Mufli, John Lennon, Tokyo, Grand Hyatt, White House. Common Nouns, atau kata benda umum yaitu kata benda yang sangat umum, seperti: football (sepak bola), student (pelajar, murid), village (desa), dan sebagainya.
  5. 5. Material Nouns, atau kata benda material, yaitu tentang kata benda yang berasal dari sumber alam atau merupakan materi lainnya, seperti gold (emas), silver (perak), plant (tanaman), iron (besi), dan sebagainya. Yang terakhir Collective Nouns atau kata benda kolektif. Tentu saja artinya kata benda yang mengandung arti kumpulan, koleksi atau yang mengandung arti majemuk. Contohnya: committee (komite, panitia), group (kelompok orang), class (kelompok murid atau siswa), audience (hadirin, penonton, majelis).
  6. 6. ABSTRACT NOUNS atau Kata benda abstrak (yang tak dapat dilihat dan diraba). Baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris, kata benda abstrak ini bisa dibentuk dari kata kerja. Misalnya : bertindak (menjadi tindakan), menghayal (menjadi hayalan), belajar (menjadi pelajaran), dan sebagainya. Demikian pula dalam bahasa inggris.
  7. 7. kata benda abstrak yang berasal dari kata kerja dalam bahasa inggris mempunyai ciri-ciri. Contoh kata kerja yang menjadi kata benda abstract yang ditambahi akhiran -ion, -tion, -ation misalnya: inform (menjadi information), imagine (menjadi imagination), explain (menjadi explanation). Memang, rumusnya tak ada yang pasti, karena itulah saya bilang anda harus menghafal. Jika anda sering memakainya dalam ucapan atau tulisan atau sering dipraktekkan maka tentu saja bahasa inggris ini akan nempel. Sama saja dengan bahasa indonesia bukan? misalnya terbang menjadi penerbangan, meniru menjadi tiruan, dan sebagainya.
  8. 8. Ada juga yang diakhir dengan -ment. Contohnya: agree (menjadi aggreement), pay (menjadi payment), move (menjadi movement) dan sebagainya. Ada yang diakhiri dengan -ence atau -ance seperti assist (menjadi assistance), differ (menjadi difference), enter (menjadi enterance), dan sebagainya. Masih banyak sekali akhiran-akhiran lain, seperti -s, -se-, -cy dan sebagainya. Saran saya anda membeli buku Tata Bahasa Inggris atau English Grammar, biasanya di buku Tata Bahasa Inggris yang lengkap terdapat tabel tentang abstract nouns ini. Bisa juga kata benda abstrak berasal dari kata sifat. Misalnya safe (menjadi safety), real (menjadi reality), happy (menjadi happiness), important (menjadi importance), beautiful (menjadi beauty), hungry (malah menjadi hunger), memang membingungkan keculai anda sering menggunakan kata-kata ini dalam praktek bahasa inggris. –

×