Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Upcoming SlideShare
Adab : Memuliakan Kalam Illahi Tahun 3
Next
Download to read offline and view in fullscreen.

2

Share

Download to read offline

Adab terhadap Al-Qur'an

Download to read offline

Adab Terhadap Al-Qur'an oleh : Ridwansyah

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Adab terhadap Al-Qur'an

  1. 1. Tugas Kajian Islam “Adab Terhadap Kalam Allah(Al- Qur’an Al- Karim)” Disusun oleh : Ridwansyah Pesantren Teknologi Informasi dan Komunikasi
  2. 2. Muqaddimah Segala puji bagi Allah, kita memujinya, memohon ampunan dan perlindungan-Nya. Kita berlindung dari kejahatan diri kita dan kejelekan amalan-amalan kita. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang mampu menyesatkannya. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah dengan Haq kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-nya. Alhamdulillah berkat limpahan nikmat dan karunia Allah, saya bisa menyelesaikan pembahasan Adab Terhadap Kalam Allah (Al- Qur’an Al-Karim). Saya sadar bahwa tulisan ini walau masih jauh dari sempurna. Saya berharap saran/kritik dari para ulama dan thalabul ilmi sebagai bahan pengkoreksian tulisan ini. Semoga Allah meridhai kita semua. Depok, 7 Januari 2015 Penyusun Ridwansyah
  3. 3. A. Definisi Adab Ada beberapa pendapat mengenai pengertian adab menurut para ulama. Setidaknya saya menemukan 5 pendapat yaitu:
  4. 4. 1. pengertian adab adalah menggunakan perkataan, perbuatan, dan hal ihwal yang bagus. 2. adab adalah meninggalkan sesuatu yang membawa kejelekan (aib). 3. adab adalah menghiasi diri dengan hiasan orang-orang yang memiliki keutamaan 4. adab adalah tidak bermaksiat kepada Allah dan tidak merusak harga diri. 5. adab berarti takwa kepada Allah. Jadi, orang yang bertakwa kepada Allah adalah orang yang beradab.
  5. 5. B. Kedudukan Adab Menurut Ulama  Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata: “Barangsiapa yang ingin Allah membukakan hatinya atau meneranginya, hendaklah ia ber- khalwat (menyendiri), sedikit makan, meninggalkan pergaulan dengan orang-orang bodoh, dan membenci ahli ilmu yang tidak memiliki inshaf (sikap obyektif) dan adab.” (Muqaddimah al-Majmuu’ Syarah Muhadzdzab, I/31)
  6. 6.  Ibnu Sirin rahimahullah berkata: “Para salaf mempelajari adab sebagaimana mereka mempelajari ilmu.” (Tadzkiratus Saami’ wal Mutakallim, hlm. 2  Adz-Dzahabi rahimahullah menyebutkan: “Bahwasanya majelis Imam Ahmad bin Hanbal dihadiri oleh lima ribu orang. Lima ratus di antaranya mencatat, sedangkan selebihnya mengambil manfaat dari perilaku, akhlak, dan adab beliau.” (Ibid).
  7. 7. C. Urgensi Adab Terhadap Al Qur’an Seorang Mukmin meyakini bahwa al-Qur’ân adalah kalâm (perkataan; ucapan) Allah Azza wa Jalla . Huruf dan maknanya bukanlah makhluk, serta diturunkan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad n . Al- Qur’ân adalah petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Al-Qur’ân adalah sebaik-baik dan sebenar-benar perkataan, tidak ada kedustaan padanya, baik pada saat diturunkan maupun sesudahnya. Barangsiapa berkata berdasarkan al-Qur’ân, maka perkataannya benar; dan barangsiapa menghukumi dengannya, maka hukumnya adil. Barangsiapa mengikutinya, ia akan menuntun menuju surga, dan barangsiapa membelakanginya, ia akan menyeretnya menuju neraka.
  8. 8. Dalil-Dalil Kemuliaan Al-Qur’an  Dalam riwayat Imam Muslim dijelaskan, yang artinya: "Bacalah Al-Qur'an, sesungguhnya Al- Qur'an itu akan menjadi syafa'at di hari Qiyamat bagi yang membacanya (ahlinya)." (HR. Muslim).  Untuk itulah tiada ilmu yang lebih utama dipelajari oleh seorang Muslim melebihi keutamaan mempelajari Al-Qur'an. Sebagaimana sabda Nabi ShallAllohu 'alaihi wa sallam, yang artinya: "Sebaik- baik kamu adalah orang yg mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari).
  9. 9. Lalu Bagaimana cara beradab terhadap Al- Qur’an??
  10. 10. D. Adab Terhadap Al-Qur’an 1.IMAN KEPADA AL-QUR’AN Ini adalah adab dan kewajiban terbesar. Beriman kepada al-Qur’ân artinya meyakini segala beritanya, mentaati segala perintahnya, dan meninggalkan segala larangannya.
  11. 11. Dalilnya: َ‫و‬ ِ َّ‫اَّلل‬ِ‫ب‬ ‫وا‬ُ‫ن‬ِ‫آم‬ ‫وا‬ُ‫ن‬َ‫م‬‫آ‬ َ‫ين‬ِ‫ذ‬َّ‫ل‬‫ا‬ ‫ا‬َ‫ه‬ُّ‫ي‬َ‫أ‬ ‫ا‬َ‫ي‬ِ‫ذ‬َّ‫ل‬‫ا‬ ِ‫ب‬‫َا‬‫ت‬ِ‫ك‬ْ‫ال‬ َ‫و‬ ِ‫ه‬ِ‫ل‬‫و‬ُ‫س‬ َ‫ر‬‫ي‬ ِ‫ذ‬َّ‫ل‬‫ا‬ ِ‫ب‬‫َا‬‫ت‬ِ‫ك‬ْ‫ال‬ َ‫و‬ ِ‫ه‬ِ‫ل‬‫و‬ُ‫س‬ َ‫ر‬ ٰ‫ى‬َ‫ل‬َ‫ع‬ َ‫ل‬َّ‫َز‬‫ن‬ْ‫ن‬َ‫م‬ َ‫و‬ ۚ ُ‫ل‬ْ‫ب‬َ‫ق‬ ْ‫ن‬ِ‫م‬ َ‫ل‬ َ‫ز‬ْ‫ن‬َ‫أ‬ ‫ي‬ ُ‫ت‬ُ‫ك‬ َ‫و‬ ِ‫ه‬ِ‫ت‬َ‫ك‬ِ‫ئ‬ َ‫َل‬َ‫م‬ َ‫و‬ ِ َّ‫اَّلل‬ِ‫ب‬ ْ‫ر‬ُ‫ف‬ْ‫ك‬َ‫ي‬ِ‫خ‬ ْ‫اْل‬ ِ‫م‬ ْ‫و‬َ‫ي‬ْ‫ال‬ َ‫و‬ ِ‫ه‬ِ‫ل‬ُ‫س‬ُ‫ر‬ َ‫و‬ ِ‫ه‬ِ‫ب‬َّ‫ل‬َ‫ض‬ ْ‫د‬َ‫ق‬َ‫ف‬ ِ‫ر‬ ‫اا‬‫د‬‫ي‬ِ‫ع‬َ‫ب‬ ‫ا‬‫ًل‬ َ‫َل‬َ‫ض‬ Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh- jauhnya. [an-Nisâ’/4:136]
  12. 12. 2. TILAWAH (QIRA’ATUL QUR’AN) Sesungguhnya membaca al-Qur’ân merupakan salah satu bentuk ibadah yang agung. Banyak sekali ayat-ayat dan hadits-hadits shahîh yang menunjukkan hal ini. Namun sayang, banyak umat Islam di zaman ini yang lalai dengan ibadah ini, baik karena sibuk dengan urusan dunia, karena lupa, atau lainnya.
  13. 13. Dalilnya ‫ا‬‫يَل‬ِ‫ت‬ ْ‫ر‬َ‫ت‬ َ‫آن‬ ْ‫ر‬ُ‫ق‬ْ‫ال‬ ِ‫ل‬ِ‫ت‬َ‫ر‬ َ‫و‬ Dan bacalah al-Qur`ân itu dengan perlahan-lahan. [al-Muzammil/73:4] َ‫ل‬َ‫ف‬ ِ َّ‫اَّلل‬ ِ‫ب‬‫َا‬‫ت‬ِ‫ك‬ ْ‫ن‬ِ‫م‬ ‫ا‬‫ا‬‫ف‬ ْ‫ر‬َ‫ح‬ َ‫أ‬ َ‫ر‬َ‫ق‬ ْ‫ن‬َ‫م‬ِ‫ب‬ ُ‫ة‬َ‫ن‬َ‫س‬َ‫ح‬ْ‫ال‬ َ‫و‬ ٌ‫َة‬‫ن‬َ‫س‬َ‫ح‬ ِ‫ه‬ِ‫ب‬ ُ‫ه‬ِ‫ر‬ْ‫ش‬َ‫ع‬ ِ‫ل‬َ‫أ‬ ْ‫ن‬ِ‫ك‬َ‫ل‬ َ‫و‬ ٌ‫ف‬ ْ‫ر‬َ‫ح‬ ‫الم‬ ُ‫ل‬‫و‬ُ‫ق‬َ‫أ‬ َ‫ًل‬ ‫ا‬َ‫ه‬ِ‫ل‬‫ا‬َ‫ث‬ْ‫م‬َ‫أ‬ٌ‫ف‬ ْ‫ر‬َ‫ح‬ ٌ‫م‬َ‫ًل‬ َ‫و‬ ٌ‫ف‬ ْ‫ر‬َ‫ح‬ ٌ‫ف‬ ٌ‫ف‬ ْ‫ر‬َ‫ح‬ ٌ‫م‬‫ي‬ِ‫م‬ َ‫و‬ Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka dia mendapatkan satu kebaikan dengannya. Dan satu kebaikan itu (dibalas) sepuluh lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Tetapi alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR. Tirmidzi no: 2910)
  14. 14. 3. MEMPELAJARI DAN TADABBBUR (MEMPERHATIKAN) Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menurunkan al-Qur’ân antara lain dengan hikmah agar manusia memperhatikan ayat-ayatnya, menyimpulkan ilmunya, dan merenungkan rahasianya.
  15. 15. Dalilnya ٌ‫ك‬َ‫ر‬‫ا‬َ‫ب‬ُ‫م‬ َ‫ك‬ْ‫ي‬َ‫ل‬ِ‫إ‬ ُ‫ه‬‫َا‬‫ن‬ْ‫َل‬‫ز‬ْ‫ن‬َ‫أ‬ ٌ‫َاب‬‫ت‬ِ‫ك‬ِ‫ل‬َ‫و‬ ِ‫ه‬ِ‫ت‬‫َا‬‫ي‬‫آ‬ ‫وا‬ُ‫ر‬َّ‫ب‬َّ‫د‬َ‫ي‬ِ‫ل‬َ‫ر‬َّ‫ك‬َ‫ذ‬َ‫ت‬َ‫ي‬ ِ‫ب‬‫ا‬َ‫ب‬ْ‫ل‬َ ْ‫اْل‬ ‫و‬ُ‫ول‬ ُ ‫أ‬ Ini adalah sebuah kitab yang penuh dengan berkah, Kami turunkan kepadamu supaya mereka memperhatikan ayat- ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. [Shâd/38:29]
  16. 16. 4. ITTIBA’ (MENGIKUTI) Setiap orang sangat membutuhkan rahmat Allah Azza wa Jalla . Namun, apa sarana untuk meraih rahmat-Nya? Mengikuti al- Qur’ân itulah cara mendapatkan rahmat Allah Azza wa Jalla. Allah Azza wa Jalla telah menjanjikan kebaikan yang besar bagi orang yang mengikuti kitab-Nya.
  17. 17. Dalilnya َ‫و‬َ‫ف‬ ٌ‫ك‬َ‫ار‬َ‫ب‬ُ‫م‬ ُ‫ه‬‫َا‬‫ن‬ْ‫ل‬َ‫ز‬ْ‫ن‬َ‫أ‬ ٌ‫اب‬َ‫ت‬ِ‫ك‬ ‫ا‬َ‫ذ‬َٰ‫ه‬َ‫ع‬َ‫ل‬ ‫وا‬ُ‫ق‬َّ‫ت‬‫ا‬ َ‫و‬ ُ‫ه‬‫و‬ُ‫ع‬ِ‫ب‬َّ‫ت‬‫ا‬ْ‫م‬ُ‫ك‬َّ‫ل‬ َ‫ون‬ُ‫م‬َ‫ح‬ ْ‫ر‬ُ‫ت‬ Dan al-Qur`ân itu adalah kitab yang Kami turunkan, yang diberkati, maka ikutilah ia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat. [al-An’âm/6:155]
  18. 18. 5. BERHUKUM DENGAN AL-QUR’AN Sesungguhnya kewajiban pemimpin umat adalah menghukumi rakyat dengan hukum Allah Azza wa Jalla , yaitu berdasarkan al- Qur’ân dan Sunnah. Dan kewajiban rakyat adalah berhukum kepada hukum Allah Azza wa Jalla . Oleh karena itulah Allah Azza wa Jalla mencela dengan keras orang-orang yang ingin berhakim kepada thâghût (hukum yang bertentangan dengan hukum Allah).
  19. 19. Dalilnya Allah Azza wa Jalla berfirman: ‫أ‬َ‫ْر‬‫ي‬َ‫غ‬َ‫ف‬َََ‫ل‬ َ‫ز‬ْ‫ن‬َ‫أ‬ ‫ي‬ِ‫ذ‬َّ‫ل‬‫ا‬ َ‫و‬ُ‫ه‬ َ‫و‬ ‫ا‬‫ا‬‫م‬َ‫ك‬َ‫ح‬ ‫ي‬ِ‫غ‬َ‫ت‬ْ‫ب‬َ‫أ‬ ِ َّ‫اَّلل‬َّ‫ل‬‫ا‬ َ‫و‬ ۚ ‫ا‬‫َل‬َّ‫ص‬َ‫ف‬ُ‫م‬ َ‫َاب‬‫ت‬ِ‫ك‬ْ‫ال‬ ُ‫م‬ُ‫ك‬ْ‫ي‬َ‫ل‬ِ‫إ‬َ‫ين‬ِ‫ذ‬ َ‫ر‬ ْ‫ن‬ِ‫م‬ ٌ‫ل‬َّ‫َز‬‫ن‬ُ‫م‬ ُ‫ه‬َّ‫ن‬َ‫أ‬ َ‫ون‬ُ‫م‬َ‫ل‬ْ‫ع‬َ‫ي‬ َ‫َاب‬‫ت‬ِ‫ك‬ْ‫ال‬ ُ‫م‬ُ‫ه‬‫َا‬‫ن‬ْ‫ي‬َ‫ت‬‫آ‬َ‫ن‬ِ‫م‬ َّ‫ن‬َ‫ن‬‫و‬ُ‫ك‬َ‫ت‬ َ‫َل‬َ‫ف‬ ِِّ َ‫ح‬ْ‫ال‬ِ‫ب‬ َ‫ك‬ِ‫ب‬َ‫ين‬ ِ‫َر‬‫ت‬ْ‫م‬ُ‫م‬ْ‫ال‬ Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (al-Qur'ân) kepada kamu dengan terperinci. Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa al-Qur'ân itu diturunkan dari Rabbmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu. [al-An’âm/6:114]
  20. 20. 6. MEYAKINI AL-QUR’AN SEBAGAI SATU- SATUNYA PEDOMAN Allah Azza wa Jalla yang menurunkan kitab al- Qur’ân, memiliki sifat-sifat sempurna. Oleh karena itu, kitab suci-Nya juga sempurna, sehingga cukup di jadikan sebagai pedoman untuk meraih kebaikan-kebaikan di dunia dan akhirat. Demikian juga al-Qur’ân cukup sebagai bukti kebenaran Nabi Muhammad sebagai utusan Allah Azza wa Jalla kepada seluruh manusia dan jin.
  21. 21. Dalilnya Allah Azza wa Jalla berfirman: َ‫ل‬َ‫ع‬ ‫َا‬‫ن‬ْ‫ل‬َ‫ز‬ْ‫ن‬َ‫أ‬ ‫ا‬َّ‫ن‬َ‫أ‬ ْ‫م‬ِ‫ه‬ِ‫ف‬ْ‫ك‬َ‫ي‬ ْ‫م‬َ‫ل‬ َ‫و‬َ‫أ‬َ‫ل‬َ‫ع‬ ٰ‫ى‬َ‫ل‬ْ‫ت‬ُ‫ي‬ َ‫اب‬َ‫ت‬ِ‫ك‬ْ‫ال‬ َ‫ْك‬‫ي‬َّ‫ن‬ِ‫إ‬ ۚ ْ‫م‬ِ‫ه‬ْ‫ي‬ ْ‫و‬َ‫ق‬ِ‫ل‬ ٰ‫ى‬َ‫ر‬ْ‫ك‬ِ‫ذ‬ َ‫و‬ ‫ا‬‫ة‬َ‫م‬ْ‫ح‬َ‫ر‬َ‫ل‬ َ‫ك‬ِ‫ل‬َٰ‫ذ‬ ‫ي‬ِ‫ف‬َ‫ون‬ُ‫ن‬ِ‫م‬ْ‫ؤ‬ُ‫ي‬ ٍ‫م‬ Dan apakah tidak cukup bagi mereka bahwasanya Kami telah menurunkan kepadamu al-kitab (al –Qur`ân) sedang ia (al-Qur'ân) dibacakan kepada mereka? Sesungguhnya dalam (al- Qur`ân) itu terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman. [al-‘Ankabût/29: 51]
  22. 22. Inilah di antara adab-adab orang beriman terhadap kitab suci al- Qur'ân. Semoga Allah Azza wa Jalla selalu membimbing kita untuk meraih ilmu yang bermanfaat dan mampu mengamalkannya. Al-hamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. E. Penutup
  23. 23. F. Sumber Referensi 1. Al-Qur’an 2. Minhajul Muslim 3. Al-Manhaj or.id 4. Dakwatuna.com
  • herimahbub

    Jan. 29, 2021
  • Cibobchannel

    May. 6, 2019

Adab Terhadap Al-Qur'an oleh : Ridwansyah

Views

Total views

2,534

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

3

Actions

Downloads

57

Shares

0

Comments

0

Likes

2

×