Dinamika kebudayaan. iv

4,235 views

Published on

Published in: Business
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,235
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
193
Actions
Shares
0
Downloads
148
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Dinamika kebudayaan. iv

  1. 1. DINAMIKA MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN Neni Farida Neng Sri Rahmawati M. Ridwan Rezikamuloh M.Rivky Rivaldy Rifky Miftah Syam Rian Fahruji
  2. 2. APA itu DINAMIKA??
  3. 3. Setiap Masyarakat akan selalu mengalami perubahan karena manusia adalah makhluk Dinamis yang tidak pernah puas dan senantiasa ingin berkembang.
  4. 4. PERUBAHAN KEBUDAYAAN ?? KOENTJORONINGRAT Proses pergeseran, pengurangan, penambahan dan perkembangan unsur-unsur dalam suatu kebudayaan Terjadi interaksi antarwarga pendukung kebudayaan lain dengan MenciptaKan unsur-unsur kebudayaan baru dan penyesuaian antarunsur kebudayaan tersebut DEFINISI LAINNYA
  5. 5. Lanjutannye……. SYAFRI SAIRIN Perubahan terjadi secara cepat dan lambat karena adanya dinamika dalam suatu masyarakat FRANS BOAZ Perubahan budaya dimulai dari masa liar (Savagery) menuju ke biadab ( Barbarism) hingga mengarah ke peradaban ( Civilization ) Perubahan budaya berasal dari modifikasi- modifikasi yang terjadi pada pola kehidupan masyarakat Perubahan kebudayaan merupakan proses yang mencakup perubahan pada lembaga kemasyarakatan Perubahan budaya merupakan variasi terhadap cara-cara hidup yang telah baku SAMUEL KOENING SELO SOEMARJAN GILLIN - GILLIN
  6. 6. Sudah siap mengikuti persentasi kami, kalau sudah mari kita bahas materinya …!!!
  7. 7. Dinamika Kebudayaan Setiap masyarakat dimanapun berada ataupun setiap orang selalu mengalami perubahan sosial dan budaya. Hal ini dikarenakan dalam masyarakat terjadi proses berikut: 1. Proses internalisasi 2. Proses sosialisasi 3. Proses enculturasi 4. Proses evolusi sosial budaya 5. Proses Akulturasi 6. Proses Asimilasi 7. Proses difusi 8. Proses pembauran & inovasi
  8. 8. KONSEPSI DINAMIKA MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN Proses Belajar Kebudayaan Sendiri Proses Evolusi Sosial Proses Difusi Akulturasi Dan Asimilasi Pembaharuan / Inovasi 1.Proses Internalisasi 2.Proses Sosialisasi 3.Proses Enkulturasi 1.Proses Microscopic& Macroscopic 2. Proses Berulang Dlm Evolusi Sosial Budaya 3. Proses Mengarah Dlm Evolusi Kebudayaan 1.Penyebaran Manusia 2.Penyebaran Unsur2 Kebudayaan 1. Akulturasi 2. Asimilasi 1.Inovasi 2.Pendorong Penemuan Baru 3.Inovasi & Evolusi Lanjut Boss..Mundur Boss..
  9. 9. 1. Proses Internalisasi Koentjaraningrat Proses yang berlangsung sepanjang hidup individu, mulai saat ia dilahirkan sampai akhir hayatnya, individu terus belajar untuk mengolah segala perasaan, hasrat, nafsu, dan emosi yang kemudian membentuk kepribadiannya. Effendi Proses pengembangan potensi yang dimiliki manusia yang dipengaruhi, baim lingkingan internal dalam diri manusia itu maupu eksternal, yaitu pengaruh dari luar manusia. Kesimpulan proses pengembangan atau pengolaan potensi yang dimiliki manusia, yang berlangsung sepanjang hayat, yang dipengaruhi oleh lingkungan internal maupun eksternal. Contoh Boss..Mundur Boss..
  10. 10. CONTOH Bayi yang lahir terus belajar bagaimana mendapatkan perasaan puas dan tidak puas. Mundur Boss..
  11. 11. 2. Proses Sosialisasi Koentjaraningrat Individu dalam masyarakat yang berbeda-beda akan mengalami proses sosialisasi yang berbeda-beda karena proses itu banyak ditentukan oleh susuanan kebudayaan serta lingkungan sosial yang bersangkutan. Fathoni, A Bersangkutan dengan proses belajar kebudayaan dalam hubungan dengan sistem sosial. Dalam proses itu seseorang dari masa anak-anak hingga masa tuanya belajar pola-pola tindakan dalam interaksi dengan segala macam individu disekelilingnya yang menduduki beraneka macam peranan sosial yang munkin ada dalam kehidupan sehari-hari Contoh Boss..Mundur Boss..
  12. 12. Setelah bayi itu besar ia berinteraksi dengan keluarga, teman, pendidikan dan masyarakat umum. CONTOH Mundur Boss..
  13. 13. 3. Proses Enkulturasi Koentjaraningrat Dalam proses ini seorang individu mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran serta sikapnya dengan adat-istiadat, sistem norma, serta peraturan-peraturan yang hidup dalam kebudayaannya. PROSES sudah dimulai dalam alam pikiran manusia, mula-mula dari lingkungan keluarga kemudian teman bermain lingkungan masyarakat dg meniru pola perilaku yg berlangsung dalam suatu kebudayaan. Sorang individu dalam hidupnya juga sering meniru dan membudayakan berbagai macam tindakan setelah perasaan dan nilai budaya yang memberi motivasi akan tindakan meniru itu telah diinternalisasi dalam kepribadiannya. Kesimpulan Boss..
  14. 14. Proses Pewarisan Budaya Proses seseorang mempelajari budayanya sendiri HAVILAND : Proses penerusan budaya suatu masyarakat dari suatu generasi ke generasi yang lain KONTJORONINGRAT: Menyebut dengan istilahPEMBUDAYAAN Proses dimana individu mulai menerima dan menyesuaikan diri dengan unsur-unsur budaya, adat, perilaku dan sebagainya yang dimulai dari lingkungan keluarga atau kelompok yang ada di sekitar lingkungannya Suatu proses Individu untuk menghayati suatu nilai, ajaran, norma yang diwujudkan dalam Sebuah tingkah laku ENKULTURASI SOSIALISASI INTERNALISASI
  15. 15. 1.Proses Microscopic dan Macroscopic dalam Evolusi Sosial Evolusi dari suatu masyarakat dan kebudayaan dapat dianalisa secara mendetail (microscopic), tetapi dapat juga dilihat secara keseluruhan dengan memperhatikan perubahan-perubahan besar yang telah terjadi (macroscopic). Microscopic Macroscopic Proses-proses sosial budaya yang dianalisa secara detail dapat memberi gambaran mengenai berbagi proses perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dari suatu masyarakat. Proses evolusi sosial budaya secara macroscopic yang terjadi dalam suatu jangka waktu yang panjang, dalam antropologi disebut “proses-proses pemberi arah” atau directional processes.
  16. 16. 2. Proses-proses Berulang dalam Evolusi Sosial Budaya Dlm Antropologi, perhatian terhadap proses-proses berulang dalam evolusi sosial buadaya baru timbul sekitar tahun 1920 bersama dg perhatian terhadap individu dlm masyarakat sebelumnya, Para ahli antropologi umumnya hanya memperhatikan adat istiadat yg lazim berlaku dlm masyarakat yg mereka teliti, tanpa memperhatikan sikap, perasaan serta tingkah laku para individu yg bertentangan dg adat istiadat. Dlm meneliti masalah ketegangan antara adat istiadat yg berlaku dg kebutuhan yg dirasakan oleh beberapa individu dalam suatu masyarakat, perlu diperhatikan 2 konsep yg berbeda, yaitu: a. Kebudayaan sebagai kompleks dari konsep norma-norma, pandangan-pandangan dsb yg bersifat abstrak (yaitu sistem budaya). b. Kebudayaan sebagai serangkaian tindakan yg konkrit dimana para individu saling berinteraksi (yaitu sistem sosial). Kedua sistem tersebut sering saling bertentangan dan dg mempelajari konflik-konflik yg ada dlm setiap masyarakat itulah dapat diperoleh pengertian mengenai dinamika masyarakat pada umumnya.
  17. 17. 3. Proses Mengarah dalam Evoksi Kebudayaan Apabila evolusi masyarakat dan kebudayaan dipandang darii suatu jarak yang jauh dengan suatu interval yang panjang, (misalnya beberapa ribu tahun), akan menetukan arah dari sejarah perkembbangan dari masyarakat dan kebudayaan yang bersangkutan. Karakteristik, Boss..
  18. 18. PROSES PERUBAHAN BUDAYA SECARA EVOLUSI KARAKTERISTIKNYA : • Perbubahan yang terjadi secara perlahan • Biasanya melalui perubahan kecil yang berkesinambungan • Terjadi tanpa rencana atau kehendak tertentu • Masyarakat menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru TEORI EVOLUSI KEBUDAYAAN
  19. 19. TEORI EVOLUSI KEBUDAYAAN • Evolusi Unilineal evolusi yang menempatkan kebudayaan tertentu dalam golongan mnrt tingkat perkembangan dan urutan universal • Evolusi Universal evolusi yang memperhatikan perkembangan yang terjadi pada suatu kebudayaan • Evolusi Multilineal memperhatikan persamaan bentuk, fungsi dan tingkatan yang dapat dibuktikan secara nyata dalam suatu kebudayaan Secara Revolusi
  20. 20. SECARA REVOLUSI Karakteristiknya : • Perubahan yang terjadi secara cepat • perubahan direncanakan • Dapat dilakukan secara kekerasan ( Violence Penetration) atau dengan jalan damai ( Pasifique Penetration)
  21. 21. 1. Penyebaran Manusia Ditinjau dari bentuk penyebaran manusia dibagi dua : Migrasi yang lambat dan otomatis Migrasi cepat dan mendadak. Contoh : Migrasi dari suatu perkotaan ke desa atau sebaliknya. Contoh : Migrasi daerah/suatu tempat yang terkena bencana. Difusi=penyebaran. Dalam Ilmu antropologi telah memperkirakan bahwa makhluk manusia dari suatu daerah dimuka bumi, yaitu sabana tropical di Afrika Timur, dan sekarang makhluk itu sudah menduduki hampir seluruh permukaan bumi ini. Ini dapat diterangkan dengan adanya proses migrasi yang disertai dengan proses penyesuaian atau adaptasi fisik dan sosial budaya dari manusia dalam jangka waktu beratus ribu tahun lamanya.
  22. 22. 2. Penyebaran Unsur-Unsur Kebudayaan Bersama dengan penyebaran dan migrasi kelompok masyarakat dimuka bumi ini, turut tersebar pula berbagai unsur kebudayaan. Penyebaran unsur-unsur kebudayaan dapat juga terjadi tanpa ada perpindahan kelompok manusia atau bangsa-bangsa tetapi karena unsur-unsur kebudayaan itu memang sengaja dibawa oleh individu-individu tertentu, seperti para pedagang dan pelaut. Catatan: zaman modern saat ini, penyebaran unsur kebudayaan tidak lagi dg migrasi kelompok. melainkan tanpa kontak langsung antar individu yang berbeda, disebabkan sekarang sudah banyak media-media yang membantu mempercepat persebaran kebudayaan dari satu tempat ketempat lain, seperti Televisi, radio, surat kabar dsb..
  23. 23. Akulturasi Asimilasi Perpaduan dua unsur budaya yg menghasilkan budaya baru tanpa menghilangkan unsur-unsur asli budaya yg telah ada. Perpaduan dua buah budaya yg menghasilkan budaya baru. Kebudayaan setempat berangsur-angsur hilang digantikan budaya yg baru. Ada 2 hal Boss..
  24. 24. www.wondershare.com PROSES SUATU MASYARAKAT DIHADAPKAN DENGAN PENGARUH KEBUDAYAAN ASING DIAMBIL SECARA SELEKTIF DITOLAK/ TIDAK DIAMBIL BENTUK-BENTUK PROSES AKULTURASI
  25. 25. SUBSTITUSI • Unsur budaya lama diganti dengan unsur budaya baru yang memberikan nilai lebih bagi pemakainya ex : Bajak yang ditarik sapi/kerbau diganti traktor Lanjut Boss..
  26. 26. Sinkretisme • Unsur-unsur budaya lama berpadu dengan unsur-unsur budaya yang baru sehingga melahirkan bentuk budaya baru ( biasanya di bidang agama/Kepercayaan) ex : Aliran Kejawen ( Di Jawa ) Aliran Mahayana ( dari agama Hindu – Budha) Lanjut Boss..
  27. 27. ADISI • Unsur budaya lama yang masih berfungsi ditambah dengan unsur baru sehingga memberi nilai lebih ex : Modifikasi kendaraan/mobil Lanjut Boss..
  28. 28. DEKULTURASI • Unsur budaya lama hilang dan digantikan oleh unsur baru Ex :Delman diganti dengan ANGKOT Lanjut Boss..
  29. 29. ORIGINASI • Masuknya unsur budaya baru yang belum dikenal sehingga menimbulkan perubahan yang besar dalam kehidupan manusia Ex : Program Listrik Masuk Desa, INTERNET, HP Lanjut Boss..
  30. 30. REJECTION • Masuknya unsur budaya yang baru sehingga menimbulkan perubahan yang cepat namun ditolak oleh masyarakat tertentu • Ex : Munculnya BIDAN menggeser DUKUN BAYI yang merasa tersaingi Masuknya budaya asing yang tdk sesuai ( Free Sex, Samen leven, dll)
  31. 31. Pembaharuan atau Inovasi  Proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi dan modal, pengaturan tenaga kerja dan penggunaan teknologi baru yang semua akan menyebabkan adanya sistem produksi dan dibuatnya produk-produk baru. Proses Perubahan Menuju Sesuatu Yang Baru Invention Boss..
  32. 32. INVENTION • Suatu penemuan baru yang dapat mempengaruhi berbagai kehidupan masyarakat seperti sosial, politik, pendidikan, agama dan budaya JENIS-JENIS PENGARUH INVENTION
  33. 33. I I I E I I 2 3 I INVENTION menyebabkan perubahan-perubahan menyebar pada bidang-bidang lain Ex : Penemuan Radio, Televisi INVENTION menyebabkan perubahan- perubahan yang menjalar pada bidang lainnya Ex : Penemuan pesawat terbang Beberapa jenis INVENTION menyebabkan satu jenis perubahan Ex : penemuan mobil, KA, Telepon menyebabkan munculnya daerah kumuh ( Sub Urban) di kota besar Faktor pemercepatMundur Boss..
  34. 34. FAKTOR PEMERCEPAT INOVASI ADA 3 MACAM Kesadaran akan kekurangan dalam kebudayaan Adanya sistem insentif atau perangsang untuk berprestasi Perasaan tidak puas terhadap apa yang ada Faktor Penghambat
  35. 35. www.wondershare.com FAKTOR PENGHAMBAT Kurang interaksi dengan masyarakat lain Perkembangan ilmu pengetahuan yang lambat Terlalu mengagungkan Tradisi Prasangka buruk dengan kebudayaan luar Faktor pemercepat Faktor Lain
  36. 36. 37 Faktor – faktor yang mempengaruhi perubahan kebudayaan • Jumlah dan komposisi penduduk • Perubahan lingkungan : bencana alam dan perubahan kuantitas dan kwalitas sumber daya/energi dalan lingkungan • Penemuan baru dalam teknologi dan ekonomi (inovasi) • Adanya invasi/penyerangan/penjajahan • Kontak hubungan dengan masyarakat lain (defusi) Proses perubahan
  37. 37. 38 Proses perubahan kebudayaaan • Tahap inovasi : para inovator membuat ciptaan- ciptaan baru dan kemudian mengkomunikasikannya pada para warga masyarakat. • Tahap pengintegrasian inovasi : mengintegrasikan keadaan yang baru melalui sebuah koreksi dengan caramemodifikasi pola 2 tradisional, atau pola 2 yang baru diterima atau ke dua 2 nya. • Tahap terminal : keadaan yang menyenangkan karena keseluruhan perubahan dapat diterima oleh masyarakat pendukung kebudayaan tersebut. merasa tenang aman sejahtera, yakin pada diri sendiri, mempunyai harga diri dsb.

×