Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengantar telematika

296 views

Published on

Tugas Softkill

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pengantar telematika

  1. 1. PENGANTAR TELEMATIKA Nama Qolbi Ridho Putra NPM 15112802 Kelas 4KA39 E – mail etikatulisan.blogspot.co.id Tugas  Pengertian Telematika  Berikan Ringkasan  Berikan Keuntungan dan Kerugian  Berikan Contoh
  2. 2. A. Pengertian Telematika Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada cyber space sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai (the new hybrid technology) yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi. B. Peranan Telematika dalam Kehidupan Sehari – hari Penggunaan istilah telematika sendiri mungkin lebih akrab di telinga masyarakat umum dalam ranah hukum. Istilah ini, sering digunakan karena dianggap dapat membantu untuk mengungkap kebenaran dari suatu barang bukti, khususnya barang bukti yang berkaitan dengan media teknologi informasi, seperti video dan foto. Sehingga sangat membantu proses penyidikkan yang dilakukan oleh penegak hukum. Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu sempat muncul beberapa video asusila yang cukup menarik perhatian masyarakat. Apakah benar video tersebut dapat diterima kebenarannya? Disinilah salah satu kegunaan telematika. Melalui analisa-analisa dari sisi telematika maka dapat diketahui kebenaran dari video asusila tersebut. C. Keuntungan dan Kerugian dari Telematika Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana. 1. Keuntungan telematika antara lain : a. Kemudahan dalam memperoleh Informasi secara cepat. b. Transparasi dalam Informasi (Public Information). c. Kemudahan dalam memperoleh data. d. Penghematan Waktu.
  3. 3. 1.1. Keuntungan bagi anak – anak a. Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. b. Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. c. Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. 2. Kerugian telematika antara lain : a. Adanya cyber crime yaitu mengkloning data b. Menyadap data c. Mengubah data tanpa seizin pemilik data. d. Serangan Hacker e. Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial. Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. D. Peran penting orang tua kepada anak dalam mengenal Telematika 1. Introduction (memberikan arahan kepada anak) 2. Tutorial (memberikan contoh kepada anak) 3. Try it (memberi kesempatan anak untuk mencoba) 4. Controling (mengawasi kegiatan anak) E. Media Komunikasi yang Digunakan untuk Telematika 1. Internet 2. Handphone 3. Video Conference
  4. 4. F. Bidang yang terkait dengan Telematika 1. E – Government 2. E – Commerce 3. E – Learning 4. E – Business G. Contoh dari Telematika 1. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi. 2. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). 3. Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

×