Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Etika dan profesionalisme TSI part 3

114 views

Published on

Tugas softkil ke 3

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Etika dan profesionalisme TSI part 3

  1. 1. ETIKA PROFESIONALISME TSI Nama Qolbi Ridho Putra NPM 15112802 Kelas 4KA39 Email Etikatulisan.blogspot.com Tugas Materi : 1. Jelaskan dan berikan contoh beserta saran anda mengenai : - Prosedur pendirian Bisnis - Jenis – jenis Profesi di bidang IT, dan Deskripsi IT
  2. 2. A. PROSEDUR PENDIRIAN BISNIS 1. Tahapan pengurusan izin pendirian Bagi badan usaha berskala besar, hal ini menjadi prinsip yang paling penting demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hingga izin perluasan. 2. Tahapan pengesahan menjadi badan hukum Tidak semua badan usaha harus berbadan hukum. Akan tetapi, setiap badan usaha yang memang dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar, maka hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku. Izin yang mengikat suatu bentuk badan usaha tertentu di Indonesia memang terdapat lebih dari satu macam. 3. Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani Badan usaha dikelompokkan berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian, dan sebagainya. 4. Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin. Namun, diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional badan usaha, misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian industri yang berupa SIUP. B. JENIS JENIS PROFESI DI BIDANG IT DAN DESKRIPSI IT 1. Programmer adalah orang yang membuat suatu aplikasi untuk client/user baik untuk perusahaan, instansi ataupun perorangan. Deskripsi Kerja Profesi : - Mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak. - Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak. - Menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan. - Menyediaakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal.
  3. 3. 2. IT Support merupakan pekerjaan IT yang mengharuskan seseorang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada komputer seperti install software, perbaikan hardware dan membuat jaringan komputer. Deskripsi Kerja Profesi : - Menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT. - Membeli hardware IT, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut. - Instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll. - Korespondensi dengan penyedia jasa eksternal termasuk Internet Service Provider, penyedia jasa Email, hardware, dan software supplier, dll. 3. System Analyst adalah orang yang memiliki keahlian untuk menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan. Deskripsi Kerja Profesi : - Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan dan evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk rancangan suatu sistem. - Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade sistem pengoperasian. - Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem pengoperasiannya. - Melakukan analisis dan evaluasi terhadap prosedur bisnis yang ada maupun yang sedang diajukan atau terhadap kendala yang ada untuk memenuhi keperluan data processing. - Mempersiapkan flowchart dan diagram yang menggambarkan kemampuan dan proses dari sistem yang digunakan. - Melakukan riset dan rekomendasi untuk pembelian, penggunaan, dan pembangunan hardware dan software.
  4. 4. C. SARAN – SARAN 1. Untuk membangun sebuah Bisnis baik perorang maupun kelompok wajib mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh UUD jika bisnis tersebut berbentu PT, dan apabila bisnis tersebut berbentuk CV maka haruslah memenuhi HAM 2. Agar Profesi yang dipijaki sesuai dengan kemampuan, seorang HRD harus lebih teliti dalam mengarahkan tenaga kerjanya untuk nekerja sesuai dengan profesi mereka masing - masing

×