Cinta Dalam Pandangan Islam

4,483 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
4,483
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
50
Actions
Shares
0
Downloads
92
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Cinta Dalam Pandangan Islam

  1. 1. By. Ridho HudayanaCINTA DALAM PANDANGAN ISLAM
  2. 2. Quote of Love Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,(Alhujurat ayat 7) Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia menciptakan untukmu pasangan-pasangan dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan dijadikan-Nya di antaramu rasa cinta dan kasih sayang, (Ar-Ruum: 21)
  3. 3. Quote of Love “Cinta merupakan cermin bagi seseorang yang sedang jatuh cinta untuk mengetahui watak dan kelemah-lembutan dirinya dalam citra kekasihnya. Karena sebenarnya dia tidak jatuh cinta kecuali terhadap dirinya sendiri.” Apabila seseorang mencintai saudaranya maka hendaklah ia memberitahu bahwa ia mencintainya. (HR Abu Daud dan At- Tirmidzy).
  4. 4. Tanda-Tanda Cinta Lebih suka berbicara dengan yang dicintai dibanding dengan yang lain. Lebih suka berkumpul dengan yang dicintai dibanding dengan yang lain. Lebih suka mengikuti kemauan yang dicintai dibanding kemauan orang lain/diri sendiri.
  5. 5. Cinta menurut ibnu qoyyim Pertama : Cinta asmara yang merupakan amal ketaatan. Kedua : Cinta asmara yang dibenci Allah Ta’ala dan akan menjauhkan dari rahmat- Nya. Ketiga : Cinta yang mubah yang datang tanpa dapat dikuasai.

×