Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bakteri

377 views

Published on

Mikrobiologi & Parasitologi
Fakultas Farmasi
Universitas Halu Oleo

Published in: Education
  • Be the first to comment

Bakteri

  1. 1. OLEH : KELOMPOK I B AISYAH RIZQIE SALAMA (O1A115020) ASMA (O1A115011) DAYATRIANA MUTHALIB (O1A115014) BAKTERI JURUSAN FARMASI FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS HALU OLEO KENDARI 2016
  2. 2. DEFINISI DAN CIRI-CIRI BAKTERI
  3. 3. DEFINISI BAKTERI Bakteri adalah mikroorganisme uniseluler prokariotik yang mempunyai dinding sel serta berukuran mikroskopik.
  4. 4. CIRI-CIRI BAKTERI 1. Uniseluler (bersel tunggal), prokariotik (tidak mempunyai membran inti/ membran) 2. Ukurannya sangat kecil, biasanya hanya berukuran 0,5-5 μm. 3. Hidup secara soliter (sendiri-sendiri) atau berkoloni (berkelompok), serta ada yang bersimbiosis, parasit, dan saprofitik. 4. Umumnya tidak berkloroplas, kecuali bakterioklorofil dan bakteriopurpurin. 5. Berkembang biak secara seksual dan aseksual. 6. Hidupnya kosmopolit (dapat hidup dan ditemukan dimana saja)
  5. 5. JENIS-JENIS BAKTERI
  6. 6. JENIS-JENIS BAKTERI 1. Berdasarkan letak flagelnya a. Bakteri monotrik, memiliki satu flagel disalah satu ujungnya. b. Bakteri amfitrik, memiliki satu flagel di kedua ujungnya. c. Bakteri lofotrik, memiliki beberapa flagel di salah satu ujungnya. d. Bakteri peritrik, memiliki flagel di seluruh permukaan tubuhnya.
  7. 7. 2. Berdasarkan cara hidupnya a. Bakteri heterotrof : bakteri yang tidak memiliki klorofil sehingga sangat tergantung dengan bahan organik di sekitarnya. Bakteri heterotrof terbagi menjadi 2 yaitu bakteri parasit dan saprofit. b. Bakteri autotrof : bakteri yang mampu membuat makanan sendiri dengan cara mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik. Bakteri autotrof terbagi menjadi bakteri fotoautotrof dan kemoautotrof.
  8. 8. Thiobacillus thiooxidans Bakteri Aerob 3. Berdasarkan kebutuhannya akan oksigen, bakteri dikelompokkan menjadi: a. Bakteri Aerob adalah bakteri yang hanya tumbuh apabila ada oksigen. Jika tidak, bakteri ini akan mati. b. Bakteri Anaerob adalah bakteri yang tumbuh tanpa adanya oksigen bebas. Jika ada oksigen bebas, bakteri ini akan mati.
  9. 9. 4. Berdasarkan suhu pertumbuhannya, bakteri dibedakan menjadi bakteri psikrofil, mesofil, termofil, dan hipertermofil. a. Bakteri Psikrofil b. Bakteri Mesofil c. Bakteri Termofil d. Bakteri Hipertermofil Thermus aquaticus Pseudomonas aeruginosa Escherichia coli
  10. 10. 5. Berdasarkan bentuknya bakteri dikelompokkan menjadi: a. Bakteri coccus Streptococcus salivarius
  11. 11. b. Bakteri Basil Bakteri Monobasil : Nitrosomonnas
  12. 12. c. Bakteri Spiral/spirilia Vibrio cholerae
  13. 13. 5. Berdasarkan perbedaan dinding selnya bakteri dibedakan menjadi : a. Bakteri gram-positif adalah bakteri yang dinding selnya menyerap warna violet dan memiliki lapisan peptidoglikan yang tebal. b. Bakteri gram-negatif adalah bakteri yang dinding selnya menyerap warna merah, dan memiliki lapisan peptidoglikan yang tipis.
  14. 14. Dinding sel bakteri gram positif dan bakteri gram negatif
  15. 15. REPRODUKSI BAKTERI
  16. 16. Reproduksi Bakteri 1. Secara Seksual Reproduksi bakteri secara seksual yaitu dengan pertukaran materi genetik antara bakteri satu dengan bakteri lainnya. Pertukaran materi genetik disebut rekombinasi genetik atau rekombinasi DNA. Rekombinasi genetik dilakukan dengan 3 cara yaitu transformasi, transduksi dan konjugasi.
  17. 17. a. Transformasi adalah perpindahan materi genetik berupa DNA dari sel bakteri yang satu ke sel bakteri yang lain tanpa kontak langsung.
  18. 18. b. Transduksi adalah pemindahan materi genetik bakteri ke bakteri lain dengan perantaraan virus. c. Konjugasi adalah pemindahan materi genetik berupa plasmid secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan diantara dua sel bakteri yang berdekatan yang disebut pilus.
  19. 19. 2. Secara Aseksual Sebagian besar bakteri melakukan reproduksi aseksual melalui proses pembelahan sederhana yang disebut pembelahan biner Proses ini mampu mereproduksi salinan genetik dari sel induk secara tepat. Pembelahan biner mirip mitosis pada sel eukariot. Badanya, pembelahan biner pada sel bakteri tidak melibatkan serabut spindle dan kromosom.
  20. 20. 1. Replikasi DNA menjadi dua salinan DNA identik 2. Pembagian sitoplasma 3. Terbentuk dinding pemisah di antara kedua sel anak 4. Terbentuk dua sel anakan bakteri.
  21. 21. BAKTERI MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN
  22. 22. BAKTERI MENGUNTUNGKAN Bakteri yang menguntungkan adalah bakteri yang banyak digunakan dalam industri atau dalam proses pengubahan suatu zat. Escherichia coli
  23. 23. CONTOH BAKTERI MENGUNTUNGKAN 1. Lactobacillus bulgaricus (Penghasil yogurt) : Bekerja dengan mensekresikan enzim yang menurunkan keasaman susu dan menciptakan cita rasa khas yogurt.
  24. 24. 2. Bakteri penghasil antibiotik, contoh : bakteri Bacillus polymixa. 3. Bakteri penghasil biogas, contoh : bakteri Methano bacterium.
  25. 25. BAKTERI MERUGIKAN Bakteri yang merugikan adalah bakteri yang dapat membusukan atau yang hidup parasit baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan.
  26. 26. No. Nama bakteri inang Kerugian yang ditimbulkan 1. Neisseria gonorhoeae Manusia Kencing nanah pada laki-laki dan perempuan 2. Treponema pallidum Manusia Penyebab penyakit sifilis 3. Clostridium tetani Manusia Penyebab penyakit tetanus 4. Mycobacterium tuberculosis Manusia Penyebab penyakit TBC 5. Bacillus anthracis Hewan, Manusia Menyebabkan penyakit antraks pada sapi dan manusia 6. Pseudomonas solanacrearum Tanaman Menyebabkan penyakit pada tomat, terong dan cabai. 7. Salmonella typhi Manusia Penyebab penyakit demam tifoid
  27. 27. CONTOH PENYAKIT YANG DITIMBULKAN BAKTERI BESERTA CONTOH OBATNYA
  28. 28. 1. Tipes / demam tiphoid (Salmonella thyposa) Makanan Mulut Lambung Usus bagian distal J. limpoidLimfa dan usus halusfeses serangga
  29. 29. Obat Ciprofloxacin Obat ini tergolong antibiotika fluorokuinolon generasi kedua. Mekanisme kerjanya adalah dengan cara menghambat pembentukan DNA sel bakteri, sehingga pembelahan sel bakteri terganggu.
  30. 30. Makanan Mulut perut lambung Usus kecilDinding ususfeses serangga 2. Kolera (Vibrio cholerae)
  31. 31. Obat AceMax Mengandung senyawa Xanthone yang merupakan salah satu antioksidan radikal bebas, antibakteri, menetralisis racun serta penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Bekerja dengan membunuh sel-sel bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

×