Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Aliran Musik Barat "Musik Jazz"

1,301 views

Published on

Selamat membaca!

Published in: Education
  • Be the first to comment

Aliran Musik Barat "Musik Jazz"

  1. 1. ALIRAN MUSIK BARAT “MUSIK JAZZ” DISUSUN OLEH: Foreqah Khuliev Salsabilla Rinaldi XI MIA 9 SMA NEGERI 1 PEKANBARU
  2. 2. MUSIK JAZZ SEJARAH MUSIK JAZZ PENGERTIAN MUSIK JAZZ CIRI KHAS MUSIK JAZZ MUSISI TERKENAL MUSIK JAZZ JENIS-JENIS MUSIK JAZZ INSTRUMEN MUSIK JAZZ FUNGSI MUSIK JAZZ VIDEO PENAMPILAN MUSIK JAZZ
  3. 3. SEJARAH MUSIK JAZZ Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan instrumen gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Setengah abad kemudian, musik jazz di Amerika memberi banyak kontribusi di dunia musik, dipelajari di universitas, dan akhirnya menjadi sebuah aliran musik yang serius dan diperhitungkan.
  4. 4. PENGERTIAN MUSIK JAZZ Jazz (Jes) adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.
  5. 5. CIRI KHAS MUSIK JAZZ 1. Bluetonality  Sejenis irama yang lebih mirip dengan nada Blues. Hal ini dikarenakan awal dari musik Jazz berasal dari musik Blues 2. Winging  Iramanya yang terasa seperti mengayun 3. Sycopation (Singkup)  Singkup ini banyak di pakai di arransemen lagu-lagu modern 4. Improvisasi  Improvisasi dari jenis musik ini lebih ke solo instrument dan scatsing vokalis, dimana not-not yg keluar bukan hafalan dari backstage, tetapi spontan di stage, yang dengan kata lain, musisi Jazz langsung menciptakan musik "on the stage"
  6. 6. MUSISI MUSIK JAZZ TERKENAL 1. Charlie Parker 2. John Coltrane 3. Duke Ellington 4. Miles Davis 5. Dizzy Gillespie 6. Ornette Coleman 7. Chick Corea 8. Louis Armstrong 9. Michael Buble 1. Raisa 2. Tompi 3. Indra Lesmana 4. Andien 5. Tulus 6. Calvin Jeremy 7. Maliq & D’ Essential 8. Dira sugandi 9. Benny Likumahuwa
  7. 7. JENIS-JENIS MUSIK JAZZ 1) Swing Duke Ellington. 2) Ragtime  Scott Joplin dan Ben Harney. 3) Bossa Nova  Charlie Byrd dan Stan Getz. 4) Hot Jazz  Louis Armstrong. 5) Free Jazz  Ornette Coleman dan John Coltrane. 6) Bebop  Charlie Parker dan Dizzi Gillespie.
  8. 8. INSTRUMEN MUSIK JAZZ GITAR GITAR BASS PIANO SAKSOFON TRUMPET TROMBONE BIOLA DRUM CONTRA BASS
  9. 9. FUNGSI MUSIK JAZZ Musik jazz dapat memberikan suasana nyaman dan membantu kita untuk dapat mengintrepretasikan perasaan, serta mengekspresikan diri. Amarah dan kesedihan bisa terlampiaskan dengan mendengarkan musik jazz. Memainkan musik jazz malah lebih bagus lagi. Karena kita dapat menyalurkan semua perasaan terhadap alat musik yang kita gunakan. Jadi, tidak hanya musik klasik yang berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasaan otak, musik jazz juga berperan dalam perkembangan kecerdasan emosional yang diperantarai oleh hemisfer otak kanan.

×