Jurnal Seeking More Than Nothing: Two Elementary Teachers’ Conceptions of Zero

199 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
199
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Jurnal Seeking More Than Nothing: Two Elementary Teachers’ Conceptions of Zero

  1. 1. ISU-ISU KRITIS PEMBELAJARANPEMBELAJARAN MATEMATIKAMATEMATIKA Dosen : Dr. Kamid, M. SiDosen : Dr. Kamid, M. Si Oleh :Oleh : 1. Sri Wahyuni1. Sri Wahyuni 2. Ratumas Feby Purniance2. Ratumas Feby Purniance
  2. 2. COMPLETECOMPLETE LOADING SYSTEMLOADING SYSTEM Kelompok 1Kelompok 1
  3. 3. Processing Data. . .
  4. 4. Seeking More Than Nothing :Seeking More Than Nothing : Two Elementary Teachers’ Conceptions of ZeroTwo Elementary Teachers’ Conceptions of Zero Seeking More Than Nothing :Seeking More Than Nothing : Two Elementary Teachers’ Conceptions of ZeroTwo Elementary Teachers’ Conceptions of Zero
  5. 5. AbstrakAbstrak Nol adalah konsep yang rumit dan penting dalam matematika, namun penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa siswa, pre-service guru, dan guru semua memiliki kesalahpahaman tentang dan / atau kurangnya pengetahuan tentang nol. Hasil penelitian ini menambah wawasan baru mengenai pemahaman guru dan siswa yang berkaitan dengan nol dan asal-usulnya, hubungan dan konsekuensi dari pemahaman tentang nol. Signifikan kesenjangan dan kesalahpahaman dalam pemahaman kedua guru mengenai nol menunjukkan kebutuhan untuk program pra-layanan pendidikan untuk memperhatikan pengembangan yang lebih lengkap dan bermakna mengenai pemahaman tentang nol. Nol adalah konsep yang rumit dan penting dalam matematika, namun penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa siswa, pre-service guru, dan guru semua memiliki kesalahpahaman tentang dan / atau kurangnya pengetahuan tentang nol. Hasil penelitian ini menambah wawasan baru mengenai pemahaman guru dan siswa yang berkaitan dengan nol dan asal-usulnya, hubungan dan konsekuensi dari pemahaman tentang nol. Signifikan kesenjangan dan kesalahpahaman dalam pemahaman kedua guru mengenai nol menunjukkan kebutuhan untuk program pra-layanan pendidikan untuk memperhatikan pengembangan yang lebih lengkap dan bermakna mengenai pemahaman tentang nol.
  6. 6. Apa itu nol? Ketika ditanya, banyak guru dan siswa akan memberitahu Anda bahwa nol adalah “nothing" Meskipun untuk menjadi nothing, telah mendapat banyak perhatian dalam penelitian pendidikan matematika. Apa itu nol? Ketika ditanya, banyak guru dan siswa akan memberitahu Anda bahwa nol adalah “nothing" Meskipun untuk menjadi nothing, telah mendapat banyak perhatian dalam penelitian pendidikan matematika.
  7. 7. Siswa 1.bingung nol “0”dengan huruf "O“ 2.percaya bahwa nol itu bukan nomor, itu hanya ada 3.percaya nol adalah hanya bagian dari simbol untuk 'digit' sepuluh 4.percaya nol yang 'tidak ada‘ dan karena itu dapat diabaikan sehingga kesulitan dalam perhitungan aritmatika (pembagian dengan nol) ketika nol yang terlibat. Penelitian Sering : Pemahaman calon guru/guru tentang pembagian dengan nol 1.Bagaimana Anda memahami nol 2.Kapan dan mengapa nol menjadi bagian dari proses belajar mengajar di kelas Anda Siswa 1.bingung nol “0”dengan huruf "O“ 2.percaya bahwa nol itu bukan nomor, itu hanya ada 3.percaya nol adalah hanya bagian dari simbol untuk 'digit' sepuluh 4.percaya nol yang 'tidak ada‘ dan karena itu dapat diabaikan sehingga kesulitan dalam perhitungan aritmatika (pembagian dengan nol) ketika nol yang terlibat. Penelitian Sering : Pemahaman calon guru/guru tentang pembagian dengan nol 1.Bagaimana Anda memahami nol 2.Kapan dan mengapa nol menjadi bagian dari proses belajar mengajar di kelas Anda
  8. 8. LATAR BELAKANG Penelitian ini diinformasikan oleh sejarah perkembangan dan evolusi dari nol sebagai konsep matematika, penelitian pemahaman siswa tentang nol, dan penelitian yang berkaitan dengan pemahaman guru dengan nol. 1.Evolusi nol Sejarah nol didokumentasikan oleh :Barrow, Kaplan danSeife. Berisi pengembangan konsep matematika nol (termasuk peran sebagai tempat dudukan, nomor dan simbol) Di Yunani, penerimaan dari nol membutuhkan waktu lebih dari 1000 tahun (Barrow, 2000). Di Yunani, gagasan nol sebagai nomor bertentangan bukti matematis bahwa Allah ada (Kaplan, 1999). Filsuf Yunani tidak mau menerima bahwa sebuah simbol dapat digunakan untuk mewakili kekosongan, karena tidak dapat mewakili sesuatu yang tidak ada.Bahkan matematikawan Yunani menemukan nol tidak dapat diwakili oleh bentuk. Filsafat Pythagoras mengatakan bahwa semua nomor bisa (Seife, 2000). LATAR BELAKANG Penelitian ini diinformasikan oleh sejarah perkembangan dan evolusi dari nol sebagai konsep matematika, penelitian pemahaman siswa tentang nol, dan penelitian yang berkaitan dengan pemahaman guru dengan nol. 1.Evolusi nol Sejarah nol didokumentasikan oleh :Barrow, Kaplan danSeife. Berisi pengembangan konsep matematika nol (termasuk peran sebagai tempat dudukan, nomor dan simbol) Di Yunani, penerimaan dari nol membutuhkan waktu lebih dari 1000 tahun (Barrow, 2000). Di Yunani, gagasan nol sebagai nomor bertentangan bukti matematis bahwa Allah ada (Kaplan, 1999). Filsuf Yunani tidak mau menerima bahwa sebuah simbol dapat digunakan untuk mewakili kekosongan, karena tidak dapat mewakili sesuatu yang tidak ada.Bahkan matematikawan Yunani menemukan nol tidak dapat diwakili oleh bentuk. Filsafat Pythagoras mengatakan bahwa semua nomor bisa (Seife, 2000).
  9. 9. 2. Pemahaman Mahasiswa a. Siswa tidak mengenali nol sebagai nomor, mereka melihatnya sebagai hanya sebagian dari simbol selama sepuluh b. Nol tidak benar-benar nomor, itu hanya ada c. Siswa juga telah ditunjukkan berjuang dengan konsep matematika dari nol karena dari penggunaan yang tidak konsisten dari bahasa lisan dan tertulis terkait dengan nol dalam masyarakat d. Tidak ada [nol] berarti sesuatu. Ini berarti Anda tidak memiliki apa-apa 3. Pemahaman Guru a. Ketika ditanya, 4 dibagi dengan nol, sebagian menjawab "tidak terdefinisi", namun, ketika diminta untuk menjelaskan mengapa, mereka tidak bisa memberi penjelasan yang tepat. 2. Pemahaman Mahasiswa a. Siswa tidak mengenali nol sebagai nomor, mereka melihatnya sebagai hanya sebagian dari simbol selama sepuluh b. Nol tidak benar-benar nomor, itu hanya ada c. Siswa juga telah ditunjukkan berjuang dengan konsep matematika dari nol karena dari penggunaan yang tidak konsisten dari bahasa lisan dan tertulis terkait dengan nol dalam masyarakat d. Tidak ada [nol] berarti sesuatu. Ini berarti Anda tidak memiliki apa-apa 3. Pemahaman Guru a. Ketika ditanya, 4 dibagi dengan nol, sebagian menjawab "tidak terdefinisi", namun, ketika diminta untuk menjelaskan mengapa, mereka tidak bisa memberi penjelasan yang tepat.
  10. 10. b. Dalam beberapa kasus, para guru pra-layanan belajar bahwa apapun dibagi dengan nol adalah nol, mereka beralasan tahu jawaban dari nol dengan memikirkan nol sebagai "tidak ada". c. Juga seperti para siswa, banyak guru pra-layanan yang percaya bahwa nol bukan angka, menyebutnya sebagai ‘nothing'. Mereka menjelaskan bahwa itu tidak memenuhi kriteria untuk apa nomor tersebut, yakni bahwa nomor mewakili 'sesuatu' dan karena itu harus dihitung. Apa yang mereka tahu tentang nol, dan bahasa apa yang digunakan sehubungan dengan nol. b. Dalam beberapa kasus, para guru pra-layanan belajar bahwa apapun dibagi dengan nol adalah nol, mereka beralasan tahu jawaban dari nol dengan memikirkan nol sebagai "tidak ada". c. Juga seperti para siswa, banyak guru pra-layanan yang percaya bahwa nol bukan angka, menyebutnya sebagai ‘nothing'. Mereka menjelaskan bahwa itu tidak memenuhi kriteria untuk apa nomor tersebut, yakni bahwa nomor mewakili 'sesuatu' dan karena itu harus dihitung. Apa yang mereka tahu tentang nol, dan bahasa apa yang digunakan sehubungan dengan nol.
  11. 11. Pengetahuan Awal tentang Nol a. Elaine : pembelajaran yang nol adalah titik awal dari angka, tetapi bukan angka itu sendiri. Kemudian, di sekolah menengah, Elaine diberitahu bahwa nol adalah "Tengah bilangan bulat", seperti jenis pembagi fisik b. Nora : tidak belajar tentang nol, tatapi nol itu ada 2. Kenangan Terkait dengan Perhitungan Pengetahuan Awal tentang Nol a. Elaine : pembelajaran yang nol adalah titik awal dari angka, tetapi bukan angka itu sendiri. Kemudian, di sekolah menengah, Elaine diberitahu bahwa nol adalah "Tengah bilangan bulat", seperti jenis pembagi fisik b. Nora : tidak belajar tentang nol, tatapi nol itu ada 2. Kenangan Terkait dengan Perhitungan
  12. 12. Kesimpulan Kesalahpahaman tentang nol dapat menyebabkan siswa gagal untuk belajar ide-ide kunci dalam matematika dan guru berjuang untuk mencoba memperbaiki situasi tanpa memahaminya sendiri. Studi ini menunjukkan bahwa pengalaman belajar interaktif, kontekstual, dan bermakna sangat penting baik bagi siswa dan guru dapat belajar untuk lebih memahami nol. Kesimpulan Kesalahpahaman tentang nol dapat menyebabkan siswa gagal untuk belajar ide-ide kunci dalam matematika dan guru berjuang untuk mencoba memperbaiki situasi tanpa memahaminya sendiri. Studi ini menunjukkan bahwa pengalaman belajar interaktif, kontekstual, dan bermakna sangat penting baik bagi siswa dan guru dapat belajar untuk lebih memahami nol.

×