Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Organisasi Konferensi Islam (OKI)
Nama Kelompok :
Abyan Amjad (02)
Alexander Deo (04)
Sejarah pembentukan OKI
 Pada 25 sampai 26 Agustus 1969, berlangsung konferensi
darurat para menteri luar negeri anggota ...
 Pada 22 – 25 September 1969 diadakan KTT di Rabat
Maroko. Keputusan yang dihasilkan dalam KTT tersebut
adalah kutukan te...
Tujuan OKI
 Tujuan dibentuknya Organisasi Konferensi Islam (OKI), antara
lain:
1) Meningkatkan solidaritas Islam antarang...
Badan-badan OKI
Ada dua badan dalam Organisasi Konferensi Islam, yaitu Badan-Badan Utama
dan Komite-Komite Khusus :
1) Bad...
C) Sekretariat jendral
 Sekretariat jendral merupakan badan eksekutif yang dipimpin oleh
seseorang sekretaris jendral den...
2) Komite-Komite
Didalam komite komite ini terdapat :
A) Komite Al Quds Yerusalem
 Komite Al Quds Yerusalem beranggotakan...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×
Upcoming SlideShare
Organisasi konferensi islam
Next
Download to read offline and view in fullscreen.

3

Share

Download to read offline

Organisasi konferensi islam (oki)

Download to read offline

SMAN 3 Klaten

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Organisasi konferensi islam (oki)

  1. 1. Organisasi Konferensi Islam (OKI) Nama Kelompok : Abyan Amjad (02) Alexander Deo (04)
  2. 2. Sejarah pembentukan OKI  Pada 25 sampai 26 Agustus 1969, berlangsung konferensi darurat para menteri luar negeri anggota Liga Arab. Hasil konferensi tersebut adalah mendesak agar diselenggarakan KTT Negara Islam. Tugas menyiapkan KTT tersebut kemudian diserahkan kepada Saudi Arabia dan Maroko. Saudi Arabia kemudian membentuk panitia penyelenggara KTT yang beranggotakan Malaysia, Palestina, Saudi Arabia, Maroko, Somalia, dan Nigeria.
  3. 3.  Pada 22 – 25 September 1969 diadakan KTT di Rabat Maroko. Keputusan yang dihasilkan dalam KTT tersebut adalah kutukan terhadap tindakan Israel menduduki Yerusalem dan rencana konferensi tingkat menteri luar negeri negra Islam di Jeddah, Saudi Arabia. Berdasarkan keputusan konferensi di Jeddah iniah dibentuk Organisasi Konferensi Islam di Karachi, Pakistan pada Desember 1970.
  4. 4. Tujuan OKI  Tujuan dibentuknya Organisasi Konferensi Islam (OKI), antara lain: 1) Meningkatkan solidaritas Islam antaranggotanya  2) Berusaha menghapuskan perbedaan rasial, kolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya, serta masalah diskriminasi.  3) Mengkoordinasi usaha-usaha untuk melindungi tempat- tempat suci Islam  4) Membendung dan membantu perjuangan rakyat Palestina untuk memperoleh hak-hak serta tanah airnya  5) Memperteguh perjuangan Islam dengan maksud melindungi kehormatan, kemerdekaan, dan hak-hak nasional mereka.
  5. 5. Badan-badan OKI Ada dua badan dalam Organisasi Konferensi Islam, yaitu Badan-Badan Utama dan Komite-Komite Khusus : 1) Badan-badan utama  Badan-badan utama dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI) ada empat macam, yaitu KTT OKI, Konferensi Menteri Luar Negeri, Sekretariat Jendral, dan Mahkamah Islam Internasional. A) Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI  KTT OKI merupakan pertemuan yang dihadairi oleh kepala negara dan pemerintahan negara anggota OKI. KTT ini biasanya diselenggarakan tiap tiga tahun sekali. KTT OKI merupakan otoritas tertinggi dalam OKI. B) Konferensi Menteri Luar Negeri  Konferensi Menteri Luar Negeri biasanya diselenggarakan tiap tahun. Konferensi ini biasanya membahas tentang pelaksanaan kebijakan OKI.
  6. 6. C) Sekretariat jendral  Sekretariat jendral merupakan badan eksekutif yang dipimpin oleh seseorang sekretaris jendral dengan empat orang asisten. Sekretariat jendral OKI berkedudukan di Jeddah, Saudi Arabia. D) Mahkamah Islam Internasional  Mahkamah islam internasional merupakan badan pengadilan yang bertugas menyelesaikan persengketaan antaranggota secara damai. Mahkamah ini berkedudukan di Kuwait.
  7. 7. 2) Komite-Komite Didalam komite komite ini terdapat : A) Komite Al Quds Yerusalem  Komite Al Quds Yerusalem beranggotakan lima belas orang yang diketahui oleh Raja Hasan dari Maroko. Komite ini dibentuk tahun 1975 dengan tujuan mengadakan pengkajian dari resolusi-resolusi yang diambil OKI atau organisasi Internasional yang menyangkut masalah Yerusalem. B) Komite tetap keuangan  Komite tetap keuangan beranggotaka semua negara anggota OKI. Komite ini bertugas mempersiapkan, melakukan, dan melaksanakan pengawasan atau penggunaan anggaran sekretariat jendral. C) Komite ekonomi, sosial dan budaya  Komite ekonomi, sosial da budaya beranggotakan semua negara anggota OKI. Komite ini bersidang dua kali dalam setahun di salah satu negara anggota.
  • aprawito

    Apr. 5, 2020
  • RifdahPutri

    Feb. 2, 2020
  • TriCahyo10

    Jan. 28, 2018

SMAN 3 Klaten

Views

Total views

2,326

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

1

Actions

Downloads

91

Shares

0

Comments

0

Likes

3

×