Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

SIM, Ratna Dwi Anjani, Analisis dan Perencanaan Sistem Informasi Bank UOB, Hapzi Ali, Universitas Mercu Buana 2017

169 views

Published on

SIM, Ratna Dwi Anjani, Analisis dan Perencanaan Sistem Informasi Bank UOB, Hapzi Ali, Universitas Mercu Buana 2017

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

SIM, Ratna Dwi Anjani, Analisis dan Perencanaan Sistem Informasi Bank UOB, Hapzi Ali, Universitas Mercu Buana 2017

  1. 1. Dosen pengampu : Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM Ratna Dwi Anjani 43115120257
  2. 2. • Saat ini manusia dalam kesehariannya sebagai pengguna informasi sangat bergantung pada berbagai sistem informasi, mulai dari sistem informasi manual yang sederhana dengan menggunakan saluran informal, hingga sistem informasi berbasis komputer yang rumit dan menggunakan saluran telekomunikasi canggih. Di dalam organisasi, apapun jenis dan bentuknya, sistem informasi bahkan telah memainkan peran penting dalam mendukung kegiatan operasional, mendukung pengambilan keputusan hingga mendukung organisasi mencapai keunggulan kompetitif yang strategis
  3. 3. • PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) didirikan pada tanggal 31 Agustus 1956 dengan nama PT Bank Buana Indonesia. Pada bulan Mei 2011, berganti nama menjadi PT Bank UOB Indonesia. Jaringan layanan UOB Indonesia mencakup 41 kantor cabang, 168 kantor cabang pembantu dan 191 ATM yang tersebar di 54 kota di 18 provinsi. Layanan UOB Indonesia juga dapat dinikmati melalui jaringan ATM regional UOB, ATM Prima, ATM bersama serta jaringan VISA. UOB Indonesia memperoleh tingkat kelayakan investasi AAA (idn) dari lembaga pemeringkat independen, Fritch Rating.
  4. 4. • Untuk mengatasi berbagai persoalan yang masih dihadapi saat ini dan kendala yang dihadapi selama ini banyak perhitungan yang manual menggunakan Microsoft excel sebagai alat bantu perhitungan komisi dan bonus. Data-data yang telah dikerjakan oleh telesales agent (telemarketing) menghasilkan transaksi yang nantinya akan menjadi sumber data dari perhitungan komisi dan bonus. Sumber data tersebut sangat riskan terjadinya selisih atau kesalahan dalam perhitungan komisi dan bonus dengan hanya mengandalkan Microsoft Excel sebagai media perhitunganya. Dalam keterbatasan sumber daya manusia pada divisi portfolio selama ini hanya dengan media tersebut dilakukan perhitungan komisi dan bonus. Tujuan utama dari aplikasi penilaian kerja dan perhitungan komisi dan bonus adalah untuk mempermudah dan meningkatkan kinerja staff khususnya administrasi dalam menyajikan laporan-laporan yang tepat dan akurat.
  5. 5. • Sistem penilaian kerja dan perhitungan komisi selama ini masih menggunakan sistem yang manual dalam melakukan perhitungan komisi para agent, serta proses penilaian kerja yang juga masih bersifat manual, maka dari itu saya mengusulkan sistem program aplikasi untuk penilaian kerja dan perhitungan komisi agar lebih memudahkan kegiatan yang berhubungan dengan penilaian kerja dan perhitungan komisi. Pada dasarnya proses bisnis sistem usulan tidak berbeda jauh dengan sistem yang berjalan selama ini. Berdasarkan hasil analisa, maka akan dibuat suatu perancangan sistem informasi Penilaian Kerja dan Perhitungan Komisi dengan menggunakan PHP dan MySQL untuk melakukan perubahan maka dibutuhkan tahapan - tahapan tertentu. Pada siklus hidup pengembangan sistem dapat diperoleh dengan menganalisa masalah terhadap sistem yang sedang berjalan. Dimana sistem yang berjalan saat ini masih menggunakan sistem manual yang belum menggunakan sistem terkomputerisasi.
  6. 6. • Dengan adanya sistem informasi manajemen, maka hal ini akan sangat memudahkan para pegawai yang berada pada level manajerial untuk lebih bisa bekerja secara efisien dan tepat waktu, serta mempermudah pengambilan keputusan, serta pengawasan terhadap bawahannya. Kebutuhan untuk mensinkronisasi perencanaan strategis dengan pengembangan sistem informasi sudah semakin mendesak. Organisasi tidak bisa lagi berbangga bila memiliki beberapa sistem aplikasi yang mempermudah operasional, tetapi juga sudah harus mulai memikirkan bagaimana semua sistem aplikasi yang ada mendukung tujuan dan misi organisasi.
  7. 7. • http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi17 74579185803.pdf • http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi38 04556587611.pdf • http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab5/bab5_97-17a.pdf

×