Successfully reported this slideshow.

Sifat kepribadian utama yang mempengaruhi perilaku organisasi

4,243 views

Published on

-

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Sifat kepribadian utama yang mempengaruhi perilaku organisasi

  1. 1. Sifat Kepribadian Utama yang Mempengaruhi Perilaku Organisasi
  2. 2. 1.Evaluasi Inti Diri 2.Machiavellianisme 3.Narsisme 4.Pemantauan Diri 5.Pengambilan Risiko 6.Kepribadian Tipe A & B 7.Kepribadian Proaktif
  3. 3. 1.Evaluasi Inti Diri Individu memiliki pandangan yang berbeda mengenai apakah mereka menyukai atau tidak menyukai diri mereka sendiri dan apakah mereka menganggap diri mereka sendiri cakap dan efektif.
  4. 4. Evaluasi inti diri seorang individu ditentukan oleh dua elemen utama : a. Harga diri yaitu tingkat dimana individu menyukai atau tidak menyukai diri mereka sendiri dan sampai mana menganggap diri mereka berharga atau tidak sebagai manusia. b. Lokus kendali yaitu tingkat dimana individu yakin bahwa mereka adalah penentu nasib mereka sendiri
  5. 5. 2.Machiavellianisme Tingkat dimana seseorang individu pragmatis mempertahankan jarak emosional dan yakin bahwa hasil lebih penting daripada proses.
  6. 6. Telah ditemukan bahwa individu Match yang tinggi berkembang baik yaitu : a. Ketika mereka berinteraksi secara langsung . b. Ketika situasi mempunyai sedikit pereturan ,yang memungkinkan kebebasanimprovisasi. c. Bila keterlibatan emosional dengan detail detail yang tidak relevan dengan keberhasilan mengganggu individu match yang rendah.
  7. 7. 3.Narsisme Kecenderungan menjadi arogan ,mempunyai rasa kepentingan diri yang berlebihan danmengutamakan diri sendiri. Penelitian menunjukan bahwa individu narsis dinilai oleh atasan mereka sebagai individuyang kurang efektif, terutama ketika harus membantu individu lain.
  8. 8. 4.Pemantauan Diri Kemampuan seseorang individu untuk menyesuaikan perilakunya dengan faktor – faktor situasi eksternal. Individu dengan tingkat pemantauan diri yang tinggi akan lebih berhasil menduduki posisimanager dimana mereka diminta memainkan peran ganda,dan bahkan kontradiksi. Individu jenis ini pandai memperlihatkan wajah berbeda untuk penonton yang berbeda - beda.
  9. 9. 5.Pengambilan RisikoIndividu memiliki keberanian yang berbeda beda dalam mengambil kesempatan. Kecenderungan untuk mengambil atau menghindari risiko telah terbukti berpengaruhterhadap berapa lama waktu yang dibutuhkan manajer untuk membuat suatu keputusandan berapa banyak informasi yang mereka butuhkan sebelum membuat pilihan.
  10. 10. 6.Kepribadian Tipe A & B Kepribadian secara agresif dengan perjuangan terus menerus untuk mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit dan bila perlu melawan upaya upaya yang menentang dari orang atau hal lain.
  11. 11. Kepribadian tipe A Kepribadian Tipe A mudah direkrut dalam tempat kerja disebkan karena merka cenderungdinilai memiliki sifat- sifat yang diinginkan ,seperti dorongan,kecakapan, keagresifan,motivasi berhasil yang lebih tinggi.
  12. 12. Kepribadian tipe B Berbeda dengan kepribadian Tipe B yang jarang tergoda oleh keinginan untuk mendapatkan sejumlah hal yang terus meningkat atau berpartisipasi dalam serangkain peristiwa yang terisberkembang dengan jumlah waktu yang selalu berkurang kepribadian
  13. 13. 7.Kepribadian Proaktif Sikap yang cenderung oportunis, berinsiatif, berani bertindak,dan tekun hingga berhasil mencapai perubahan yang berarti. Individu proaktif berkemungkinan besar mencapai keberhasilan karier karena mereka memilih ,menciptakan ,dan mempengaruhi situasi kerja sesuai kehendak hati mereka. Individu tersebut cenderung mencari informasi pekerjaan mengenai organisasi,mengembangkan kontak posisi yang tinggi dalam perncanaan karier dan tekun ketikamenghadapi rintangan- rintangan karier.

×