Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Penjelasan tetang topology jaringan
Pengenalan media jaringan
Perbedaan antara intranet dan internet
Pengenalan alat-alat ...
Pengenalan Jaringan Komputer
 Jaringan komputer adalah kumpulan beberapa
komputer terdiri dari beberapa unit peralatan
ko...
Jenis Jenis Jaringan Komputer
 LAN (Local Area Network)
 WAN (Wide Area Network)
 MAN (Metropolitan Area Network)
Local Area Network
 LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya
hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan
komputer...
Local Area Network
Karakteristik LAN
 Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
 Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
 Tidak membutuhk...
Komponen Dasar LAN
 Workstation , merupakan node atau host yang berupa suatu sistem
komputer.
 Server, Perangkat keras (...
Wide Area Connection
 WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup
area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan
kompute...
Wide Area Connection
Wide Area Connection
Wide Area Connection
 DTE (Data terminal equipment)
 Demarc atau titik demarkasi
 Local Loops
 DCE (data circuit termi...
Metropolitan Area Network
 MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan
transfer data berkecepatan tinggi, yang
meng...
Metropolitan Area Network
Network Topology
Point to Point Topology
Bus Topology
Star Topology
Ring Topology
Mesh Topology
Tree Topology
Media Komunikasi Jaringan
Komputer
 Nirkabel
 Coaxial Cable
 Thick Coaxial Cable (Thick-Net)
 Thin Coaxial Cable (Thin...
7. pengenalan jaringan komputer
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

7. pengenalan jaringan komputer

  • Be the first to comment

7. pengenalan jaringan komputer

  1. 1. Penjelasan tetang topology jaringan Pengenalan media jaringan Perbedaan antara intranet dan internet Pengenalan alat-alat jaringan
  2. 2. Pengenalan Jaringan Komputer  Jaringan komputer adalah kumpulan beberapa komputer terdiri dari beberapa unit peralatan komputer yang bekerja secara bersama-sama dan saling membagi data.  Jaringan komputer biasanya terdiri dari sebuah komputer pusat (host) untuk men-supply data, biasa disebut sebagai komputer server dan beberapa komputer yang memanfaatkan data di komputer pusat ini (guest), biasa disebut client atau dumb terminal atau workstation.
  3. 3. Jenis Jenis Jaringan Komputer  LAN (Local Area Network)  WAN (Wide Area Network)  MAN (Metropolitan Area Network)
  4. 4. Local Area Network  LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
  5. 5. Local Area Network
  6. 6. Karakteristik LAN  Mempunyai pesat data yang lebih tinggi  Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit  Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
  7. 7. Komponen Dasar LAN  Workstation , merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer.  Server, Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan danworkstation yang terhubung pada jaringan tersebut.pada umumnya sumberdaya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendakdigunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada danbekerja pada server.  Link, Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung.  Network Interface Card (NIC) , Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringanataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yangdirancang khusus untuk menangani network protocol yang dikenal denganNetwork Interface Card (NIC).  Network Software , Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerjasebagaimana yang dikehendaki.
  8. 8. Wide Area Connection  WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik  WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain..
  9. 9. Wide Area Connection
  10. 10. Wide Area Connection
  11. 11. Wide Area Connection  DTE (Data terminal equipment)  Demarc atau titik demarkasi  Local Loops  DCE (data circuit terminating equipment)  WAN cloud  PSE (packet switching exchange)
  12. 12. Metropolitan Area Network  MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan  MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.  Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
  13. 13. Metropolitan Area Network
  14. 14. Network Topology
  15. 15. Point to Point Topology
  16. 16. Bus Topology
  17. 17. Star Topology
  18. 18. Ring Topology
  19. 19. Mesh Topology
  20. 20. Tree Topology
  21. 21. Media Komunikasi Jaringan Komputer  Nirkabel  Coaxial Cable  Thick Coaxial Cable (Thick-Net)  Thin Coaxial Cable (Thin-Net)  Twisted Pair Cable  Shielded Twisted Cable (STP)  Un-Shielded Twisted Cable (UTP)  Fiber Optic Cable  Non kabel  Teknologi Radio  Teknologi Infra Merah  Teknologi Microwave (Terrestrial Microwave , Satellite Microwave)

×