Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Ketenagakerjaan dan
kependudukan
DISUSUN OLEH:
FAJAR ZUKHRUF RAMADHAN (201410160311117)
Definisi
Penduduk adalah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis Republik
Indonesia selama 6 bulan atau lebih da...
Komposisi penduduk dan tenaga kerja
Penduduk
Penduduk di
usia kerja
Angkatan kerja
Menganggur
Pengangguran
penuh
Setngah
M...
Rasio ketergantungan (usia kerja)
Menghitung jumlah penduduk yang ditanggung oleh setiap penduduk usia kerja,
dirumuskan:
...
Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK)
 Adalah untuk memperoleh gambaran tentang persentase angkatan kerja terhadap
pe...
Lanjutan. . .
Indikator yang dipergunakan untuk menghitung TPAK adalah rasio antara jumlah
angkatan kerja dengan penduduk ...
Alasan membahas mengenai
ketenagakerjaan
 Dapat melihat berapa besar jumlah penduduk yang bekerja
 Dapat melihat berapa ...
Jenis Pengangguran
Pengangguran Normal
Pengangguran teknologiPengangguran terselubung
Pengangguran terbuka
Pengangguran kr...
Sebab Pengangguran
Dampak Pengangguran
Tingkat perkembangan penduduk yang
tinggi
Tidak selamanya pertumbuhan penduduk yang cepat memberikan dampak yang
negatif t...
Lanjutan. . .
Permintaan akan meningkat seiring bertambahnya penduduk. Penawaranpun akan
bertambah pula karena semakin ban...
Kependudukan
Indonesia memiliki banyak penduduk yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia
tetapi sebagian besar penduduk ...
Karakteristik kependudukan Indonesia
Sampai dengan akhir repelita VI komposisi penduduk Indonesia menurut jenis
kelamin di...
Kepadatan penduduk Indonesia
Kepadatan penduduk merupakan perbandingan jumlah penduduk terhadap luas
wilayah yang dihuni. ...
Ledakan penduduk
Tingkat kematian
Tingkat kelahiran Migrasi
Beberapa permasalahan ketenagakerjaan
di Indonesia
Jumlah angkatan kerja yang
tidak sebanding dengan jumlah
pekerjaan
Pers...
Upaya pemecahan dan solusi
ketenagakerjaan
Pengendalian jumlah dan
pertumbuhan penduduk
Pemerataan persebaran
penduduk
Men...
Komposisi umur penduduk Indonesia
1988
Perkiraan struktur penduduk Indonesia
Perkiraan pertumbuhan angkatan kerja
dan kesempatan kerja
Perkiraan jumlah penduduk
Ppt ketenagakerjaan
Ppt ketenagakerjaan
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Ppt ketenagakerjaan

12,792 views

Published on

Materi Perekonomian Indonesia

Published in: Economy & Finance
  • Be the first to comment

Ppt ketenagakerjaan

  1. 1. Ketenagakerjaan dan kependudukan DISUSUN OLEH: FAJAR ZUKHRUF RAMADHAN (201410160311117)
  2. 2. Definisi Penduduk adalah semua orang yang berdomisili di wilayah geografis Republik Indonesia selama 6 bulan atau lebih dan atau mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan tetapi bertujuan untuk menetap Tenaga kerja adalah setiap orang laki-laki atau perempuan yang sedang dalam dan/atau akan dalam pekerjaan, baik di dalam maupun di luar hubungan kerja guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  3. 3. Komposisi penduduk dan tenaga kerja Penduduk Penduduk di usia kerja Angkatan kerja Menganggur Pengangguran penuh Setngah Menganggur Bekerja Bukan angkatan kerja Penerima pendapatan Mengurus rumah tangga Sekolah Penduduk di luar usia
  4. 4. Rasio ketergantungan (usia kerja) Menghitung jumlah penduduk yang ditanggung oleh setiap penduduk usia kerja, dirumuskan: Pend. Usia (0-14) + Pend. Di atas usia 65 Jumlah penduduk usia 15 sampai 64
  5. 5. Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK)  Adalah untuk memperoleh gambaran tentang persentase angkatan kerja terhadap penduduk usia kerja.  Tinggi rendahnya TPAK sangat dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin dan kesempatan untuk mendapat pekerjaan.
  6. 6. Lanjutan. . . Indikator yang dipergunakan untuk menghitung TPAK adalah rasio antara jumlah angkatan kerja dengan penduduk usia kerja. TPAK = X 100 Jumlah angkatan kerja Jumlah penduduk usia kerja
  7. 7. Alasan membahas mengenai ketenagakerjaan  Dapat melihat berapa besar jumlah penduduk yang bekerja  Dapat melihat berapa besar jumlah penduduk dan pencari kerja  Apabila dilihat dari segi pendidikan maka hal ini akan mencerminkan kualitas tenaga kerja  Dilihat dari statusnya dapat terlihat berapa jumlah penduduk, yang bekerja di sector formal yang jaminan sosialnya baik, dan berapa yang bekerja disektor informal  Pengetahuan tentang karakteristik dan kualitas tenaga kerja akan berguna sebagai dasar pengembangan kebijakan ketenagakerjaan, terutama pengembangan kesempatan kerja dan peningkatan kualitas SDM yang akan dapat meminimalkan jumlah pengangguran di suatu negara.
  8. 8. Jenis Pengangguran Pengangguran Normal Pengangguran teknologiPengangguran terselubung Pengangguran terbuka Pengangguran kronis Pengangguran konjungtural Pengangguran struktural Pengangguran sukarela
  9. 9. Sebab Pengangguran
  10. 10. Dampak Pengangguran
  11. 11. Tingkat perkembangan penduduk yang tinggi Tidak selamanya pertumbuhan penduduk yang cepat memberikan dampak yang negatif terhadap perkembangan ekonomi dalam suatu negara. Kaum klasik mengemukakan bahwa pertumbuhan penduduk yang cepat pada suatu negara yang maju, akan memberikan dampak positif. Dengan bertambahnya penduduk maka daya beli masyarakat semakin meningkat. Hal ini dikarenakan dalam negara maju, tingkat tabungan yang dimiliki mampu mengimbangi laju pertumbuhan penduduk, sehingga dengan penduduk yang banyak justru meningkatkan purchasing power.
  12. 12. Lanjutan. . . Permintaan akan meningkat seiring bertambahnya penduduk. Penawaranpun akan bertambah pula karena semakin banyak kebutuhan penduduknya yang harus dipenuhi. Efek yang lain, dengan semakin banyaknya penduduk yang berkualitas, maka sektor tenaga kerja ahli mudah didapat. Apalagi di negara maju ditunjang oleh banyak faktor. Hal ini sesuai dengan pendapat Keynes, bahwa dalam negara maju meningkatnya produktivitas tenaga kerja dan permintaan tenaga kerja akan selalu mengiringi kenaikan jumlah penduduk. Pertumbuhan penduduk di negara berkembang umumnya memberikan efek yang negatif, karena pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan kualitas dan produktivitas manusianya tersebut.
  13. 13. Kependudukan Indonesia memiliki banyak penduduk yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia tetapi sebagian besar penduduk nya berpindah ke kota kota besar dengan harapan untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik.Tetapi tidak semua harapan itu berjalan sesuai dengan rencana, bahkan banyak penduduknya di kota kota besar seperti Jakarta banyak yang terlantar dan kelaparan akibat jumlah penduduk yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Anggapan Jakarta adalah tempat untuk mencari pekerjaan yang lebih baik tidaklah benar karena semua itu diikuti dengan skill dan pendidikan baik. Besarnya sumber daya manusia Indonesia dapat di lihat dari jumlah penduduk yang ada. Jumlah penduduk di Indonesia berada pada urutan keempat terbesar setelah Cina, India, dan Amerika Serikat.
  14. 14. Karakteristik kependudukan Indonesia Sampai dengan akhir repelita VI komposisi penduduk Indonesia menurut jenis kelamin diperkirakan tidak akan berubah, penduduk perempuan masih tetap lebih banyak daripada laki-laki. Angka rata-rata harapan hidup meningkat dari 62,7 tahun pada akhir Pelita yang lalu menjadi 64,6 tahun pada akhir pelita VI yang akan datang. Pola ketimpangan pendidikan secara spasial tetap sama untuk jenjang yang lebih tinggi, keadaan daerah perdesaan selalu lebih memprihatinkan. Mayoritas penduduk kita hanya berpendidikan sekolah dasar. Proporsinya 36,77%, 30,09%, dan 34,60% masing-masing untuk daerah perdesaan, daerah perkotaan dan seluruh Indonesia sebagai suatu kesatuan.
  15. 15. Kepadatan penduduk Indonesia Kepadatan penduduk merupakan perbandingan jumlah penduduk terhadap luas wilayah yang dihuni. Ukuran yang digunakan biasanya adalah jumlah penduduk setiap satu km2 atau setiap 1mil2. permasalahan dalam kepadatan penduduk adalah persebarannya yang tidak merata. Kondisi demikian menimbulkan banyak permasalahan, misalnya pengangguran, kemiskinan, kriminalitas, pemukiman kumuh dsb.
  16. 16. Ledakan penduduk Tingkat kematian Tingkat kelahiran Migrasi
  17. 17. Beberapa permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia Jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan Persebaran tenaga kerja yang tidak merata Rendahnya kualitas kerja
  18. 18. Upaya pemecahan dan solusi ketenagakerjaan Pengendalian jumlah dan pertumbuhan penduduk Pemerataan persebaran penduduk Meningkatkan fleksibilitas tenaga kerja Peningkatan kualitas SDM
  19. 19. Komposisi umur penduduk Indonesia 1988
  20. 20. Perkiraan struktur penduduk Indonesia
  21. 21. Perkiraan pertumbuhan angkatan kerja dan kesempatan kerja
  22. 22. Perkiraan jumlah penduduk

×