Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
MENGENAL FUNGSI
SCANF() DAN PRINTF()
By Rahmat RijalTeknik Informatika
ITS
Pengertian dan fungsi
 Dalam membuat suatu program komputer, kita tidak akan
terlepas dari proses masukan(input) dan kelu...
Cara meimplementasikan
 Setelah kita mengetahui konsep dasar dan kerangka dari program
dalam bahasa C yang telag di teran...
Cara meimplementasikan
 Adapun sintak programnya adalah seperti yang tertera di bawah ini
:
 Apabila di jalankan program...
Cara meimplementasikan
 Sekarang kita akan membuat program yang akan membaca
masukan dari keyboard, yaitu dengan mengguna...
Cara meimplementasikan
 Apabila di jalankan program akan menampilkan hasil sebagai
berikut :
 Hal yang perlu kita ketahu...
Cara meimplementasikan
 %d di atas menunjukkan argumen yg di gunakan untuk
menampilkan nilai dengan tipe data int. Sedang...
Berikut ini daftar karakter yang dapat di jadikan sebagai
format untuk menentukan tipe argumen pada fungsi printf :
karakt...
Contoh penggunaan fungsi printf() yang mengandung
lebih dari satu argumen dan dari tipe yg berbeda
 Adapun contoh sintak ...
Contoh format untuk menampilkan bilangan yang
betipe int, dan float atau double
 %d untuk menampilkan bilangan bulat(inte...
Berikut ini daftar konstanta karakter yang telah di
identifikasikan dalam bahasa C
Sequence Arti dan kegunaan
a Alert: unt...
Cara mengimplementasikan
 Untuk lebih jelasnya, coba anda perhatikan program berikut ini yang
akan menggunakan konstanta ...
Mengenal fungsi scanf() dan printf()
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Mengenal fungsi scanf() dan printf()

19,943 views

Published on

ini adalah presentasi tentang apa dan bagaimana tata cara dalam menggunakan printf dan scanf dalam bahasa C.

Published in: Education
  • Login to see the comments

Mengenal fungsi scanf() dan printf()

  1. 1. MENGENAL FUNGSI SCANF() DAN PRINTF() By Rahmat RijalTeknik Informatika ITS
  2. 2. Pengertian dan fungsi  Dalam membuat suatu program komputer, kita tidak akan terlepas dari proses masukan(input) dan keluaran(output) data. Untuk melakukan hal tersebut didalam bahasa C telah di sediakan fungsi pustaka, yaitu printf() yang berguna untuk menampilkan keluaran data dan Fungsi scanf() yang berguna untuk membaca masukan data. Adapun prototipe dari kedua fungsi tersebut dapat di lihat seperti di bawah ini.
  3. 3. Cara meimplementasikan  Setelah kita mengetahui konsep dasar dan kerangka dari program dalam bahasa C yang telag di terangkan di atas, sekarang kita akan memulai penulisan kode program dengan menuliskan program yang sederhana. Disini kita akan menulis kode program dimana program tersebut dapat menampilkan teks “Saya Sedang Belajar Bahasa C” ke layar monitor sehingga kita membutuhkan file header <stdio.h>.
  4. 4. Cara meimplementasikan  Adapun sintak programnya adalah seperti yang tertera di bawah ini :  Apabila di jalankan program akan menampilkan hasil sebagai berikut :
  5. 5. Cara meimplementasikan  Sekarang kita akan membuat program yang akan membaca masukan dari keyboard, yaitu dengan menggunakan fungsi scanf().adapun sintak programnya adalah sebagai berikut :
  6. 6. Cara meimplementasikan  Apabila di jalankan program akan menampilkan hasil sebagai berikut :  Hal yang perlu kita ketahui dalam menggunakan fungsi printf() adalah format argumen yg terdapat di dalamnya. Perhatikan sintak berikut :  Hasil yang akan di tampilkan kelayar sebagai berikut :
  7. 7. Cara meimplementasikan  %d di atas menunjukkan argumen yg di gunakan untuk menampilkan nilai dengan tipe data int. Sedangkan nilai 10 menunjukkan nilai yang akan diisikan untuk menggantikan argumen tersebut. Selanjutnya, karakter d yang mengikuti tanda % disini berguna untuk memberitahu kepada kompilator bahwa nilai yang akan di tampilkan tersebut bertipe int. Artinya, apabila kita akan menampilkan nilai dengan tipe data lain(misalnya char,float,maupun Char*) maka karakter yang mengikuti tanda % pun akan berbeda.
  8. 8. Berikut ini daftar karakter yang dapat di jadikan sebagai format untuk menentukan tipe argumen pada fungsi printf : karakter Tipe argumen keterangan d, i int Untuk menampilkan tipe bilangan bulat dalam bentuk desimal(basis 10) o int Untuk menampilkan tipe bilangan bulat dalam bentuk oktal(basis 8) tanpa di awali angka 0 x, X int Untuk menampilkan tipe bilangan bulat dalam bentuk heksadesimal(basis 16) tanpa di awali tanda 0x atau 0X u int Menampilkan bilangan bulat tanpa tanda(unsigned) c char Menampilkan karakter s char* Menampilkan string(kumpulan karakter) f float Menampilkan bilangan riil dengan tipe float. Apabila tipenya double maka akan di tulis lf e, E double Menampilkan bilangan riil dalam bentuk eksponen g, G double Menampilkan bilangan riil, format ini akan secara otomatis memanggil %e, %E ataupun %f sesuai dengan bilangan yang dimasukkan. p void* Menampilkan pointer(alamat memori) % - Apabila tanda % di ikuti karakter %, maka program akan menampilkan tanda % sebagai keluarannya.
  9. 9. Contoh penggunaan fungsi printf() yang mengandung lebih dari satu argumen dan dari tipe yg berbeda  Adapun contoh sintak proramnya adalah sebagai berikut :  Sintak diatas akan memberikan hasil seperti dibawah ini :  Bilangan 2.3 yang terdapat pada %2.3lf diatas menunjukkan bahwa bilangan rill tersebut akan di tampilkan dalam dua persisi dengan tiga angka di belakang koma.
  10. 10. Contoh format untuk menampilkan bilangan yang betipe int, dan float atau double  %d untuk menampilkan bilangan bulat(integer).  %2d untuk menampilkan bilangan bulat denga lebar 2 karakter.  %f mencetak bilangan riil(floating point).  %2f mencetak bilangan riil dengan lebar 2 karakter.  %.3f mencetak bilangan riil dengan 3 angka di belakang koma.  %2.f mencetak bilangan riil dengan lebar 2 karater dan 3 angka di belakang koma.  Satu hal lagi yang perlu untuk di pahami dalam menggunakan fungsi printf() adalah konstanta karakter, yaitu suatu konstata yang di awali dengan tanda backslash ( ).
  11. 11. Berikut ini daftar konstanta karakter yang telah di identifikasikan dalam bahasa C Sequence Arti dan kegunaan a Alert: untuk membangkitkan suara dari speaker b Backspace: untuk meletakkan karakter backspace, kursor akan kembali kedepan sebanyak suatu karakter f Formfeed: untuk meletakkan karakter formfeed n Newline : untuk meletakkan baris baru r Carrige return : untuk meletakkan kursor di awal baris bersangkutan t Horizontal tab : untuk meletakkan tab horizontal v Vertical tab : untuk meletakkan tab vertikal Backslash : untuk menampilkan karakter ? Question mark : menampilkan karakter tanda tanya ( ? ) ’ Singgle quote : menampilkan karakter petik tunggal ( ‘ ) ” Double quote : menampilkan karakter petik ganda ( “ ) ooo Octal number : menampilkan bilangan dalam bentuk oktal (basis 8) xhh Hexadecimal number : menampilkan bilangan dalam bentuk heksadesimal (basis 16)
  12. 12. Cara mengimplementasikan  Untuk lebih jelasnya, coba anda perhatikan program berikut ini yang akan menggunakan konstanta karakter t, ” dan n. Adapun sintaknya adalah sebagai berikut :  Hasil yang akan di berikan dari program diatas adalah sebagai berikut :

×