Ekosistem

11,484 views

Published on

semoga bermanfaat ..

Published in: Education
8 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
11,484
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
898
Comments
8
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ekosistem

  1. 1. OLEH1. LEVINA ANGGRAENI (18)2. VANIA OKTAVIANI (29)3. RR RAHAJENG KUSUMANINGAYU (25)
  2. 2. LINGKUNGANMakhluk hidup memerlukan lingkungan untuk tempat hidupnya. Makhluk hidup tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar makhluk hidup dan berperangaruh terhadap kehidupan makhluk hidup tersebut.
  3. 3. Setiap makhluk hidup memiliki tempathidup yang berbeda. Sebagai contoh :1. Ikan hidup di air2. Ayam hidup di darat3. Cacing tanah hidup di tempat yang banyak mengandung sisa makhluk hidup.Tempat yang sesuai bagi makhluk hidup untuk melakukan segala aktivitas hidupnya disebut habitat.
  4. 4. Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem. INDIVIDU POPUASI KOMUNITAS
  5. 5. Satuan makhluk hidup di dalam biosferIndividu Populasi Komunitas Biosfer Ekosistem
  6. 6. INDIVIDUSatu makhluk hidup tunggal dalam lingkungan KLIK VIDEO DI BAWAH INI ! disebut individu. Di dalam suatu habitat, tidak hanya terdapat satu jenis (species) makhluk hidup, melainkan ada berbagai species makhluk hidup.
  7. 7. POPULASIPopulasi adalah kumpulan individu sejenis atau (satu species) yang menetap si suatu daerah tertentu. Seperti contoh :• Ikan yang hidup di suatu kolam jumlahnya lebih dari satu. Semua ikan yang hidup di kolam itu disebut populasi ikan.
  8. 8. KOMUNITASSemua populasi KLIK VIDEO DIBAWAH INI ! makhluk hidup yang hidup dalam satu daerah atau lingkungan yang sama dan saling berinteraksi disebut komunitas.
  9. 9. EKOSISTEMDalam suatu habitat, selain terdapat berbagai species makhluk hidup, terdapat juga komponen lain,seperti air, tanah, cahaya matahari,dan udara. Di antara sesama anggota komunitas dan diantara anggota komunitas dan komponen- komponen tersebut terjadi hubungan interaksi yang saling mempengaruhi. Kesatuan ini membentuk sistem ekologi atau disebut ekosistem. Seluruh ekosistem yang ada di Bumi membentuk satu kesatuan yang disebut biosfer.
  10. 10. Ekosistem AlamiEkosistem Ekosistem Buatan
  11. 11. Ekosistem AlamiEkositem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alami, misalnya danau, rawa, laut, hutan, padang rumput, dan sungai. Ekosistem alami dapat dibedakan lagi ke dalam beberapa jenis ekosistem, yaitu ekosistem darat, ekosistem air tawar, ekosistem air laut, dan ekosistem pantai.
  12. 12. Ekosistem Buatan• Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia, misalnya waduk, sawah, kolam, dan akuarium.
  13. 13. Komponen-Komponen Ekosistem Abiotik Ekosistem Biotik
  14. 14. Komponen abiotikAbiotik berasal dari kata a dan biotik, a artinya tidak atau tanpa dan biotik artinya hidup. Jadi, abiotik artinya semua benda tak hidup yang terdapat dalam suatu ekosistem. Contoh komponen abiotik ialah air, tanah, batu, pasir, udara, cahaya, suhu, kelembapan, dan gaya tarik bumi.
  15. 15. Komponen biotikSemua hewan (termasuk manusia), tumbuhan, dan mikroorganisme yang terdapat dalam suatu ekosistem merupakan komponen biotik. Menurut peranannya, komponen biotik dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu produsen (penghasil), konsumen (pemakai), dekomposer (pengurai).
  16. 16. BiosferBiosfer adalah tempat hidup seluruh makhluk hidup. Biosfer terdiri dari bioma. Bioma adalah kumpulan makhluk hidup. Bioma terdiri atas :1. Bioma tundra => tempat dingin2. Bioma savana => padang rumput3. Bioma hutan hujan tropis => hutan tropis
  17. 17. POLA INTERAKSI Pola interaksi di bagi menjadi 4 :1. Simbiosis interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan.2. Antibiosis Antibiosis adalah penghambatan perkembangan suatu populasi akibat pembentukan (pengeluaran) zat racun oleh populasi lain3. Kompetisi dua organisme berbeda yang tinggal dalam satu ekosistem. Hubungan terjadi karena kekurangan air, makanan, dll.4. Predasi hubungan antara organisme yang memangsa dan organisme yang dimangsa.
  18. 18. 1. SIMBIOSIS Simbiosis dibagi menjadi 3 : Simbiosis Mutualisme hubungan sesama mahkluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak. Simbiosis Komensalisme di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan. Simbiosis Parasitisme di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya.
  19. 19. 1. SIMBIOSIS ( CONTOH – CONTOH ) Simbiosis Mutualisme : 1. kupu dengan bunga. 2. lebah dengan bunga. Simbiosis Komensalisme : 1. paku dengan tumbuhan inangnya. Simbiosis Parasitisme : 1. ulat memakan daun.
  20. 20. 1. SIMBIOSIS ( gambar )Simbiosis Mutualisme :Simbiosis Komensalisme :
  21. 21. 1. SIMBIOSIS ( gambar )Simbiosis Parasitisme :
  22. 22. 2. ANTIBIOSIS ( CONTOH & GAMBAR )Antibiosis : 1.alang – alang mengeluarkan zat alelopati yang dapat menghambat atau mematikan mikroorganisme lain yang hidup di sekitarnya.Gambar :
  23. 23. 3. KOMPETISI ( CONTOH & GAMBAR )Kompetisi : 1. kambing dan sapi dalam satu ekosistem. 2. dua tumbuhan yang hidup dalam satu ekosistem.Gambar :

×