Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bhineka

1,072 views

Published on

tiga pilar kerukunan

Published in: Spiritual
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Bhineka

  1. 1. BHINNEKA TUNGGAL IKA artinya BERBEDA-BEDA TETAPI TETAP SATU JUA, Sebuah semboyan yang di gunakan untuk bangsa yang besar yang merdeka pada 17 Agustus 1945 yaitu Indonesia.
  2. 2. Di dunia ini, kita mendapati begitu banyak keragaman: suku, agama, bangsa, bahasa, etnis,kebudayaan, status sosial, dll. Khususnya di Indonesia, secara dasar negara, meskipunterdiri dari beragam budaya, agama, dll, bangsa ini mengaku bahwa semuanya itu satuyaitu bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika).Menurut Alkitab berkaitan dengan keragaman dan kesatuan sejati.Kita dapat melihat pula pada Kitab Kejadian, digambarkan adanya keragaman. Allah sendiridi dalam penciptaan menciptakan keberagaman itu: “Berfirmanlah Allah: "Hendaklahtanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenispohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhandi bumi." Dan jadilah demikian.” (Kej. 1:11), “Maka Allah menciptakan binatang-binatanglaut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air,dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.” (Kej.1:21; bdk. ay. 24), dan terakhir tentunya Allah menciptakan manusia itu laki-laki danperempuan. Kesemuanya itu membuktikan bahwa keberagaman itu adalah ide Allahsendiri. Bahkan perintah Allah sendiri kepada manusia pertama di Kejadian 1:28menunjukkan bahwa Allah menyukai keberagaman, “Beranakcuculah dan bertambahbanyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut danburung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”
  3. 3. Selain dari pada itu, kita dapat melihat KitabLukas 10:25-37 dan Kisah Para Rasul 15:1-18disana digambarkan perwujudan menghargaipluralism dan menjalankan toleransi.Dalam hal ini, merajut Pluralitas, menjadikekuatan bangsa Indonesia”,untuk mewujudkanpersatuan dan kesatuan bangsa dan rakyatIndonesia dimanapun mereka berada di tanah airINDONESIA.Pluralism dapat berjalan dengan adanya toleransi.

×