Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pasar oligopoli

10,711 views

Published on

  • Login to see the comments

Pasar oligopoli

  1. 1. Pasar Oligopoli Kelompok: 1. Anisyah Rahmadalena 2. Elfara Choirunnisa 3. Fatimah Azzahra 4. Lailatul Ramadhan
  2. 2. Definisi Pasar oligopoli dari segi bahasa berasal dari kata olio yang berarti beberapa dan poli yang artinya penjual adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
  3. 3. Faktor Penyebab Terbentuknya Pasar Oligopoli Efisiensi Teknis (teknologi) Teknis menyangkut pada penggunaan teknologi dalam proses produksi. Kemampuan produsen dalam menempatkan sumber daya secara optimal. Efisiensi Ekonomi (Biaya Produksi) Efisiensi ekonomi berkaitan pada biaya produksi. Bagaimana mengatur biaya pada komposisi yang tepat sehingga harga yang dipasarkan merupakan harga yang bisa diterima pasar & produsen.
  4. 4. Karakteristik Pasar Oligopoli Terdapat banyak pembeli dipasar. Hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang mendominasi pasar. Umumnya adalah perusahaan besar yang memiliki modal besar saja (konglomerasi) Produk yang dijual bisa saja satu jenis, namun mutunya berbeda, Adanya hambatan bagi pesaing baru. Adanya saling ketergantungan antar perusahaan (produsen) Advertensi (iklan) sangat penting dan intensif. Pengambilan keputusan yang saling mempengaruhi. Kompetisi non harga.
  5. 5. Jenis-jenis pasar Oligopoli PASAR OLIGOPOLI Pasar oligopoli murni (pure oligopoly) Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly)
  6. 6. Ini merupakan praktek oligopoli yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik. Contoh: produk air mineral kemasan atau semen. Pasar ini merupakan praktek oligopoly dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan. Contoh. Sepeda motor di Indonesia yang dikuasai oleh beberapa merk terkenal seperti; Honda, Yamaha, suzuki.
  7. 7. Kaitan antar perusahaan yang tidak melakukan persepakatan  Dalam pasar oligopolis, penurunan harga dari suatu perusahaan berkecenderungan menyebabkan perusahaan lain melakukan penurunan harga agar tidak kehilangan pelanggan.  Jika terdapat satu perusahaan yang menaikan harga, perusahaan lain tidak ikut menaikan harga yang akan berakibat menambahnya konsumen bagi mereka.
  8. 8. Maksimasi Keuntungan Oligopolis Dicapai pada tingkat output dan harga dimana dipenuhi kondisi MC=MR Karena ada saat-saat MR bergerak vertical maka harga bersifat tetap (rigid) dan cenderung berada pada harga yang ditetapkan pada permulaannya.
  9. 9. Stragesi Pemasaran  Price-fixing, bentuk praktek oligopoli dimana perusahaanperusahaan oligopolitis sepakat untuk menetapkan harga lebih tinggi dan memaksa konsumen untuk menerima harga tersebut.  Manipulasi penawaran, bentuk praktek oligopoli dimana perusahaan-perusahaan oligopolitis sepakat untuk menunda proses produksi atau menghentikan penawaran untuk kurun waktu tertentu sehingga terjadi kelangkaan barang dipasar.
  10. 10. Bentuk-bentuk hambatan masuk Pasar Oligopoli Skala Ekonomi Perbedaan Biaya Produksi Keistimewaan Produksi Sehingga Sulit ditiru Oleh Perusahaan lain.
  11. 11. Kebaikan dan Keburukan Pasar oligopoli Kebaikan 1. memberi kebebasan memilih bagi pembeli. 2. Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk. 3. Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual. 4. Adanya penerapan teknologi baru. Keburukan 1. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan. 2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnaya inflasi. 3. Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat pesaing berkurang. 4. Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli & pemilik faktor produksi. 5. Sulit ditembus atau dimasuki perusahaan baru.

×