Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Upcoming SlideShare
Sunnies Social
Next
Download to read offline and view in fullscreen.

Share

Presentation cloud

Download to read offline

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to like this

Presentation cloud

  1. 1. jajang.anjar7@yahoo.com Jajan anjar soleh 1206383 Linda Wulandari 12 Veny eliska Sari 12 Resi Lestari 12
  2. 2. • Pengantar Istilah e-Learning 2.0 digunakan untuk merujuk kepada cara pandang baru terhadap pembelajaran elektronik yang terinspirasi oleh munculnya teknologi Web 2.0. Sistem konvensional pembelajaran elektronik biasanya berbasis pada paket pelajaran yang disampaikan kepada siswa dengan menggunakan teknologi Internet (biasanya melalui LMS). Peran siswa dalam pembelajaran terdiri dari mempelajari materi dan mempersiapkan tugas. Kemudian tugas dievaluasi oleh guru. Sebaliknya, e-learning 2.0 memiliki penekanan pada pembelajaran yang bersifat sosial dan penggunaan perangkat lunak sosial (social networking) seperti blog, wiki, podcast dan Second Life. Fenomena ini juga telah disebut sebagai Long Tail learning. Selain itu juga, E-learning 2.0 erat hubungannya dengan Web 2.0, social networking (Jejaring Sosial) dan Personal Learning Environments (PLE).
  3. 3. • Penertian Untuk memahami apa yang Cloud Belajar adalah, Anda harus terlebih dahulu memahami apa yang Cloud Computing adalah. Kemungkinannya adalah bahwa Anda telah memiliki internet Anda turun untuk jangka waktu yang bisa membuat frustasi karena Anda tidak memiliki akses ke banyak program yang Anda gunakan sehari- hari. Ini dapat program email seperti Gmail atau Hotmail atau sistem manajemen pembelajaran online seperti Moodle atau Schoology. Mengapa Anda masih menjalankan beberapa program dan bukan orang lain? Jawabannya adalah bahwa beberapa program berada pada komputer Anda dan menggunakan sumber daya Anda komputer seperti ruang disk, RAM dan prosesor Anda. Program lain memerlukan koneksi jaringan, sebagai program yang ingin Anda jalankan berada pada komputer yang berbeda. Biasanya komputer diakses melalui internet yang kita sebut sebagai "The Cloud."
  4. 4. • Komputasi Awan (Cloud) Cloud computing atau komputasi awan merupakan definisi untuk teknologi komputasi grid (grid computing) yang digunakan pada pertengahan hingga akhir 1990-an. Jargon komputasi awan mulai muncul pada akhir tahun 2007, digunakan untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke Internet, bukan disimpan di komputer lokal lagi. Email yang tersedia dalam bentuk web mail merupakan contoh yang sangat kecil dari teknologi cloud computing. Dengan menggunakan layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail, orang tidak perlu lagi menggunakan Outlook atau aplikasi desktop lainnya untuk email mereka. Membaca email dengan browser memungkinkan dilakukan di mana saja sepanjang ada koneksi internet. Pada tahun 2007, layanan lain termasuk pengolahan kata, spreadsheet, dan presentasi telah dipindahkan ke dalam komputasi awan.
  5. 5. • Teori Social Learning Teori pembelajaran sosial adalah gagasan bahwa orang belajar paling efektif ketika mereka berinteraksi dengan pelajar lain tentang suatu topik tertentu. Psikolog pendidikan mengacu pada konstruktivisme sebagai sosial. Kredibilitas terakhir untuk teori ini datang dari sebuah studi oleh Dr Richard J. Cahaya (Harvard School of Education) yang mengidentifikasi faktor-faktor yang mengarah pada kesuksesan bagi mahasiswa. Menurut Dr Light, penentu terkuat dari siswa 'sukses di perguruan tinggi-bahkan lebih dari rincian instruktur mereka mengajar gaya-adalah kemampuan mereka untuk membentuk atau berpartisipasi dalam kelompok belajar kecil. Siswa yang belajar dalam kelompok, bahkan hanya sekali seminggu, lebih terlibat dalam studi mereka, lebih siap untuk kelas, dan belajar secara signifikan lebih dari siswa yang belajar sendiri.
  6. 6. • Prinsip-prinsip belajar sosial (konstruktivisme sosial) adalah sangat penting untuk para pemimpin belajar dan desainer instruksional bertanggung jawab untuk menciptakan pengalaman belajar online. Tanpa perencanaan yang disengaja untuk memungkinkan interaksi sosial, belajar online dapat mengisolasi peserta didik dari satu sama lain. Untungnya, adopsi online praktik pembelajaran sosial meningkat. Menurut Laporan Tahunan 2008 pada Pelatihan Perusahaan, kolaborasi terstruktur sekarang digunakan oleh sekitar 70 persen dari semua organisasi. Hal ini difasilitasi oleh peningkatan dramatis dalam ketersediaan alatalat online yang mendukung pembelajaran sosial. Menurut laporan yang sama, "Menggunakan komunitas, peserta didik dapat berinteraksi dan berbagi ide dalam sebuah masyarakat online . Kelompok ini belajar menarik format untuk lebih muda, pelajar sadar sosial dan dibangun di sekitar gagasan bahwa 'banyak pikiran lebih baik dari satu.
  7. 7. • Penutup Perkembangan teknologi informasi memang benar-benar tidak terbendung diabad 21 ini dikarenakan abad ini adalah abad informasi. Teknologi ini mengubah cara kita mencari informasi, berkomunikasi, belajar dan berbagai cara hidup kita. Dapat kita bayangkan kemudian, manakala teknologi ini benar-benar berkolaborasi secara optimal (Cloud, Social dan Mobile) maka eLearning akan menemukan bentuk barunya yang tidak sepenuhnya dapat kita perkirakan saat ini. Bukan tidak pada saatnya nanti kita harus melakukan redifinisi dari arti kata Belajar, Guru, Siswa dan Kelas yang sudah dikenal manusia selama berabad-abad. Adalah penting untuk menikmati segala perkembangan teknologi ini agar kita dapat berperan serta dalam proses kemajuan dunia yang berbasia digital pada era ini. Namun apapun perkembangan tersebut, senantiasa kita tanyakan kembali apakah kehadiran teknologi tersebut memang meningkatkan kualitas hidup kita lahir batin atau tidak. Teknologi mestinya membuat hidup menjadi lebih mudah dan berkualitas, bila tidak berarti ada yang salah dengan cara kita mengapresiasi teknologi. Semoga bermanfaat.

Views

Total views

257

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

66

Actions

Downloads

3

Shares

0

Comments

0

Likes

0

×