Bab 5 sumberdaya komputasi dan komunikasi

4,710 views

Published on

My Presentation For Manajemen Information System...

Published in: Business
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,710
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
263
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bab 5 sumberdaya komputasi dan komunikasi

  1. 1. STIE EBEN HAEZAR MANADO - MANAJEMEN - WORKER CLASSBAB SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI Presented By - Kiki Mamengko - Vanrio Zeke
  2. 2. PIRANTI KERASProsesorProsesor atau CPU (CentralProcessing Unit) adalah tempatdimana pemrosesan data dilakukan.MemoriDisebut juga ruang penyimpananprimer atau Random Access Memory(RAM), mengacu pada penyimpananyang terdapat pada papan sirkuitkomputer
  3. 3. PIRANTI KERASRuang PenyimpananRuang Penyimpanan Tetap(Fixed Storage)Adalah ruang penyimpanan yangterpasang secara permanen di dalamkomputerRuang Penyimpanan Dapat Dilepas(RemovableStorage)Adalah ruang penyimpanan yangterpasang dapat dilepas dan dipasangkembali
  4. 4. PIRANTI KERASAlat – Alat Input (Input Device)Data yang diterima dari manusia(Human Captured Data)Mengacu pada seseorang yangmengetik pada sebuah keyboard,menekan mouse, menyentuh monitor,berbicara ke microfon, atau interaksilain yang serupa.Data yang diterima dari mesin(Machine Captured Data)Adalah data yang diterima oleh suatualat elektronik atau mekanis.
  5. 5. PIRANTI KERASAlat – Alat Output (Output Device)Suatu alat yang menyajikan dan/ ataumengirimkan data dari komputerkepada pengguna.Alat output yang dikenal luas berupamonitor dan printer.MultimediaMultimedia merupakan evolusi dariserangkaian Input Device dan OutputDevice yang digunakan secarabersamaan. Misalnya saja Layarsentuh pada sebuah monitor
  6. 6. ALAT – ALAT KOMPUTASI PRIBADITelepon Seluler dengan Pesan danVideo InteraktifPerusahaan-perusahaan pembuattelepon seluler populer telah membuattelepon yang menampilkan pesantulisan dan gambar-gambar videopendek. Keypad dan monitor menjadialat input dan output.Telephone Seluler Cerdas(Smartphone Celuler)Ketika sebuah telepon menjalankanpekerjaan-pekerjaan yang biasanyadihubungkan dengan komputer mikro(Personal Computer)
  7. 7. ALAT – ALAT KOMPUTASI PRIBADIJaringan RumahAdalah jaringan yang menggunakanmodem untuk koneksi internet(Broadband). Baik modem kabelmaupun Modem Telepon (DSL) dapatmembawa akses internetberkecepatan tinggi ke rumah anda. Router atau Hub Modem Internet
  8. 8. ALAT – ALAT KOMPUTASI PRIBADIKeamanan Komputasi RumahPerbaruanAdalah kegiatan memperbarui pirantilunak yang digunakan pada personalkomputer (PC)/ mikro komputer.HackerAdalah orang-orang yang mencobauntuk menerobos masuk ke sistemkomputer guna mengumpulkaninformasi.Virus KomputerProgram-program komputer kecil yangmenggandakan diri denganmemasukkan diri mereka ke dalamsumber daya komputer sepertiprogram atau file
  9. 9. ALAT – ALAT KOMPUTASI PRIBADIKeamanan Komputasi RumahWormHampir sama kerjanya dengan virus,namun worm tidak menempelkandirinya ke program atau file.SpywareAdalah Program-program komputerkecil yang mengawasi apa yangsedang anda kerjakan dengan sumberdaya komputer anda.
  10. 10. PIRANTI LUNAKGambar.Screenshot Desktop Operating System Windows XP, Windows 7,dan Mac OS X LeopardPiranti Lunak Sistem(Operating System)Mengelola proses-proses komputer, dan berfungsi sebagai suatu antarmukayang menghubungkan pengguna, piranti lunak aplikasi, dan piranti keras.
  11. 11. PIRANTI LUNAKPiranti Lunak AplikasiPiranti Lunak Siap PakaiYaitu aplikasi yang diproduksi olehPemasok dan Dijual kepada Pengguna.Piranti Lunak Aplikasi KhususYaitu aplikasi yang diproduksi olehpengguna dengan tujuan khusus dandijual kepada pengguna khusus juga.Piranti Lunak yang ditulis olehpenggunaAdalah aplikasi yang dibuat sendirioleh pengguna.
  12. 12. KOMUNIKASIKoneksi PublikKoneksi jaringan internet yangmenggunakan kabel telepon sebagaipenyalur data lewat modem telepon.Koneksi Saluran PribadiKoneksi yang menggunakan sirkuityang selalu terbuka untuk lalu lintaskomunikasi data.Jaringan Pribadi Maya(Virtual Private Networks)Jaringan yang dibuat khusus dalamkomunikasi internet tanpa adanya“terminal/ link” yang mengganggu.
  13. 13. KOMUNIKASIKomunikasi – Jaringan 7 Lapisan Aplikasi Melaksanakan Komunikasi aplikasi ke aplikasi 6 Lapisan presentasi Mengelola konversi penyajian data 5 Lapisan sesi Membuat dan memelihara saluran komunikasi 4 Lapisan transpor Menjamin integritas pengiriman data dari ujung ke ujung 3 Lapisan jaringan Mengedarkan data dari satu alamat jaringan ke alamat jaringan yang lain 2 Lapisan link data Memindahkan data dari satu alamat jaringan ke alamat jaringan yang lain 1 Lapisan fisik Menyimpan dan mengambil data dari media jaringan
  14. 14. KOMUNIKASIProtokol untuk KomunikasiKomputerSystem Network ArchitectureSNA membutuhkan satu komputer induk utama yang mengumpulkankomputer-komputer lain yang terhubung oleh suatu jaringan suatu urut-urutan, hampir sama dengan menunggu giliran.
  15. 15. KOMUNIKASIProtokol untuk KomunikasiKomputerToken RingHampir sama dengan SNA, yang membedakannya hanya pada saatmendistribusikan data tak hanya satu komputer yang dapat mengendalikanarus data tersebut tetapi komputer lainnyapun dapat mengendalikannya.
  16. 16. KOMUNIKASIProtokol untuk KomunikasiKomputerEthernetAdalah suatu protokol terbuka bagi komunikasi peer to peer. Ethernetbekerja dari jalur transmisi tunggal. Tidak ada token yang diedarkan untukmenentukan komputer mana yang akan mengendalikan media komunikasi.
  17. 17. KOMUNIKASIPaket PemahamanAdalah satu bagian dari data total Jika data yang akan dikirimkanyang akan dikomunikasikan, sebesar 20. Maka data tersebutdigabungkan dengan alamat komputer akan dipecah menjadi 4 bagianyang dituju, komputer pengirim, dan yang sama besar. Masing-masinginformasi kendali lainnya. data inilah yang disebut paket data.Alamat Jaringan InternetAdalah empat bagian kumpulan angka(yang masing-masing antara 0 hingga255) yang dipisahkan oleh titik.Alamat tersebut akan menunjukkan 172 . 16 . 254 . 1jaringan, host, subjaringan, dankomputer yang sedang dituju.
  18. 18. JENIS – JENIS JARINGANJaringan Area Lokal(Local Area Connection - LAN)Adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yangterkoneksi oleh suatu media yang sama.
  19. 19. JENIS – JENIS JARINGANInternet LAN 2 LAN 1 Hub Intranet Mainframe Server ServerIntranetMenggunakan protokol jaringan yang sama dengan internet, namunmembatasi akses sumber daya komputer hanya pada sekelompok orangterpilih di dalam perusahaan.
  20. 20. JENIS – JENIS JARINGANInternet PENGGUNA LUAR/ PELANGGAN LAN 2 LAN 1 Hub Intranet Mainframe Server ServerEkstranetKetika intranet diperluas untuk mencakup pengguna-pengguna diluarperusahaan maka disebut ekstranet.
  21. 21. SEKIAN DANTERIMA KASIH

×