Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

rencana pelaksanaan pembelajaran ciri - ciri hewan

5,442 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

rencana pelaksanaan pembelajaran ciri - ciri hewan

  1. 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)I. IDENTITAS NAMA SEKOLAH : SDN 16 SUMBAAWA KELAS / SEMESTER : VI / I MATA PELAJARAN : IPA HARI/TANGGAL : PERTEMUAN KE : ALOKASI WAKTU :II. STANDAR KOMPETENSI: 1. Memahami Hubungan Antara Ciri Ciri Mahluk Hidup Dengan Lingkkungan Tempat HidupnyaIII. KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mendeskribsikan hubungan antara ciri – ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bebek ) dengan lingkungan hidupnya.IV. INDIKATOR : 1. Menyebutkan ciri – ciri khusus pada beberapa hewan un tuk memenuhi kebutuhan hidupnya ( kelelawa, cecak, bebek ) 2. Menjjelaskan hubungan antara ciri khusus hewan dengan lingkungan hidupnyaV. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Melalui informasi dan pengamatan terhadap gambar hewan / sampel hewan kelelawar, cecak, dan bebek siswa dapat menyebutkan ciri – ciri khusus yang yang di miliki hewan kelelawar, cecak dan bebek dengan penuh ingin tahu, kerja sama dan ketelitian 2. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan hubungan antara ciri – ciri khusus hewan dengan lingkukungan hidupnya. Ketelitian, rasa ingin tahu, toleransi, kerja sama dan kreatifVI. NILAI BUDAYA DAN KAREKTER BANGSA - religiuns - Kreatif - Mandiri - Rasa ingin tahu - Cinta lingkunganVII. MATERI POKOK Ciri – ciri khusus yang di miliki hewanVIII. ALOKASI WAKTU : 2X 35 menit ( 1 x pertemuan )IX. METODE PEMBELAJARAN - Ceramah, tanyak jawab, diskusi dan pemberian tugas - Pendekan PAIKEMX. KEGIATAN PEMBELAJARAN A. PENDAHULUAN : 10 menit - Memotifasi siswa untuk mengikuti pelajaran IPA - Berdoa yang di pimpin oleh salah seorang siswa - Mengecek kehadiran siswa - Tanyak jawab tentang jenis – jenis hewan yang ada disekelilingnya untuk mengalih pengetahuan awal siswa ( rasa ingin tahu, ketelitian.) - Guru memperlihatkan gambar jenis hewan.siswa di tugaskan untuk menyebutkan nama – nama hewan sesui dengan gambar dengan rasa percaya diri, rasa ingin tahu dan kejujuran.
  2. 2. - Dimana hewan tersebut dapat hidup. - Apakah semua hewan hidup di tempat yang sama - Dari jawaban siswa, guru menuliskan topik pembelajaran “ ciri – ciri khusus yang di miliki hewan” ( kelelawar, cecak dan bebek ) - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan penuh rasa ingin tahu siswa menyimak dan memahaminya B. KEGIATAN INTI : 40 menit - Siswa berdiskusi dalam kelompok, mengerjakan LKS tentang ciri – ciri khusus hewan ,kelelawar, cecak dan bebek derta hubungan antara ciri khusus dengan lingkungan di tempat hidupnya ( rasa ingin tahu, kreatif, ketelitian dan kerja sama ). - Guru berkeliling untuk mengamati, memotifasi, dan memfasilitasi kegiatan siswa - Wakil dari salah satu kelompok memprentasekan hasil kerja dan kelompok lain menanggapi ( keberanian, tanggung jawab, dan toleransi ). - Dari jawaban siswa, siswa dan guru menyelesaikan masalah yang belum di pahami - Siswa dan guru membuat simpulan tentang ciri – ciri khusus kelelawar, cecak dan bebek serta hubungan dengan tempat hidupnya C. PENUTUP : 20 MENIT - Guru mengadakan refleksi, menanyakan kepada siswa tentang hal – hal yang dirasakan, materi yang belum dipahami serta kesan dan pesan setelah mengikuti pelajaran ( keberanian dan kejujuran ) - Siswa secara perorangan menyelesaikan lembar tugas rasa percaya diri jujur dan tanggung jawab. - Guru mengajak siswa untuk selalu mensyukuri karunia Allah dan selalu memelihara untuk kelestriannya ( cinta lingkungan ). - Pemberian PR pada siswa untuk mencari jenis – jenis hewan yang memiliki ciri – ciri khusus serta menjelaskan hubungan dengan tempat hidupnyaXI. PENILAIAN a. Prosedur : postes b. Jenis tes : lisan dan tulisan c. Instrumen : soal – soal tes / lembar pengamatanXII. SUMBER - SILABUS KELAS VI - IPA ERLANGGA 6 hal : 1 - 4 - GAMBAR JENIS HEWAN / SAMPEL HEWAN - IPA lain yang sesuai Sumbawa besar , Mengetahui kepala sekolah Guru kelas
  3. 3. LAMPIRAN LKS BIDANG STUDI : IPA KELAS / SEMERTER : VI / I TOPIK : CIRI – RIRI MAHLUK HIDUP- Carilah informasi tentang ciri – ciri mahluk hidup khususnya hewan seperti pada tabel berikut.- Diskusikan dengan anggota kelompokmu untuk menyelesaikan tugas ! NO NAMA HEWAN CIRI – CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN 1. KELELAWAR 2. CICAK 3. BEBEK
  4. 4. LAMPIRAN II KUNCI JAWABAN LK 1. Kelelawar memiliki ciri - ciri khusus :- mencari makan pada malam hari yang di sebut noktumal- sayapnya tipis dan dapat hidup bergantungan terbalik pada ranting- memiliki kemampuan untuk menentukan letak sesuatu dengan memanfaatkan bunyi yang di keluarkan melalui mulut ( ekolokasi ) yaitu kemampuan untuk memperkirakan letak suatu benda dengan mendengarkan pantulan / gema bunyinya 2. cecak :- kaki cecak memiliki bahan perekat yang terdiri atasyang sangut halus dan rambut – rambut lengket, dengan bantuan perekat ini memungkinkan cecak dapat memanjat dinding, berjalan terbalik di langit – langit rumah. 3. Bebek :- Memiliki selaput antara jari – jari kaki yang berfungsi sebagai pendayung pada saat berenang dan tidak tebenam jauh dalam lupur pada saat mencari makan di dalam lumpur- Memiliki paruh yang pipih dan lebar untuk menjepit tubuh ikan yang licin- Memiliki lapisan lemak pada buluh sehingga tidak basah pada waktu berenang.- LAMPIRAN III RANGKUMAN Tiap – tiap hewan memiliki ciri khusus untuk dapat bertahan hidup seperti pada hewan kelelawar, cecak dan bebek. 1 Kelelawar memiliki ciri - ciri khusus :- mencari makan pada malam hari yang di sebut noktumal- sayapnya tipis dan dapat hidup bergantungan terbalik pada ranting- memiliki kemampuan untuk menentukan letak sesuatu dengan memanfaatkan bunyi yang di keluarkan melalui mulut ( ekolokasi ) yaitu kemampuan untuk memperkirakan letak suatu benda dengan mendengarkan pantulan / gema bunyinya 2 cecak :- kaki cecak memiliki bahan perekat yang terdiri atasyang sangut halus dan rambut – rambut lengket, dengan bantuan perekat ini memungkinkan cecak dapat memanjat dinding, berjalan terbalik di langit – langit rumah. 3 Bebek :- Memiliki selaput antara jari – jari kaki yang berfungsi sebagai pendayung pada saat berenang dan tidak tebenam jauh dalam lupur pada saat mencari makan di dalam lumpur- Memiliki paruh yang pipih dan lebar untuk menjepit tubuh ikan yang licin- Memiliki lapisan lemak pada buluh sehingga tidak basah pada waktu berenang.
  5. 5. LAMPIRAN IV SOAL – SOAL Jawablah soal – soal dibawah ini dengan tepat . 1. Sebutkan masing – masing 2 ciri khusus yang di miliki khusus yang di miliki oleh : a. Kelelawar b. Cecak c. Bebek 2. Jelaskan ciri – ciri khusus yang dimiliki oleh kelewar, cecak, dan bebek dengan lingkungannya ? 3. Jelaskan apa yang di maksud dengan ekolokasi 4. Jelaskan mengapa cecak dapat memanjat dinding atau berjalan di langit – langit rumah ? KUNCI JAWABAN 1.1 Kelelawar : - mencari makan pada malam hari - Sayap tipis - Memiliki untuk mendeteksi mangsanya 2. Cecak : - Terdapat bantalan perekat kaki yang terdiri – dari rambut – rambut halus yang sangat lengkap - Memiliki lidah yang panjang 3. Bebek - Memiliki selaput antara jari – jari kaki - Memiliki paruh yang lebar ddan pipih - Memiliki lapisan lemak pada buluhnya2. Kelelawar memiliki ciri - ciri khusus :- mencari makan pada malam hari yang di sebut noktumal- sayapnya tipis dan dapat hidup bergantungan terbalik pada ranting- memiliki kemampuan untuk menentukan letak sesuatu dengan memanfaatkan bunyi yang di keluarkan melalui mulut ( ekolokasi ) yaitu kemampuan untuk memperkirakan letak suatu benda dengan mendengarkan pantulan / gema bunyinya cecak :- kaki cecak memiliki bahan perekat yang terdiri atasyang sangut halus dan rambut – rambut lengket, dengan bantuan perekat ini memungkinkan cecak dapat memanjat dinding, berjalan terbalik di langit – langit rumah. Bebek :- Memiliki selaput antara jari – jari kaki yang berfungsi sebagai pendayung pada saat berenang dan tidak tebenam jauh dalam lupur pada saat mencari makan di dalam lumpur- Memiliki paruh yang pipih dan lebar untuk menjepit tubuh ikan yang licin- Memiliki lapisan lemak pada buluh sehingga tidak basah pada waktu berenang.3. Kemampuan kelelawar untuk mendeteksi mangsa4. Karena ada bantuan perekat yang di tumbuhi rambut – rambut halus pada kaki sehingga cecak dapat merayap di dinding.
  6. 6. SKOR PENILAIAN BENTUK SOAL NO SOAL SKOR NAESSAY 1. 1X 6 NA = SP x 100 SM 2. 1X 6 3. 1X 4 4. 1 X 4 20

×