Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Sistem Pencernaan Pada Manusia

6,211 views

Published on

MATERI PRESENTASI BIOLOGI UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. SUDAH SAYA SUSUN RUNTUT, MENARIK DAN DETAIL. KUNJUNGI SAYA PADA http://aguspurnomosite.blogspot.com

Published in: Education

Sistem Pencernaan Pada Manusia

  1. 1. SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA Drs. Agus Purnomo aguspurnomosite.blogspot.com
  2. 2. SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA
  3. 3. Sistem pencernaan pada manusia Organ Gangguan - Lidah pada pencernaan - gigi pencernaan mulutkerongkongan lambung ulkusUsus halus sembelit diare maag Usus besar apendisitis anus parotitis
  4. 4. SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA Menurut pendapat kalian, apa yangterjadi pada makanan yang kalian makan?
  5. 5. MAKANAN & FUNGSINYA Karbohidrat Air LemakMineral Protein Vitamin
  6. 6. 1.KARBOHIDRAT Karbohidrat tersusun oleh 3 unsur,yaitu:  CN (karbon & nitrogen)  H2N (hidrogen & nitrogen)  ON (oksigen & nitrogen) Enam alasan pentingnya karbohidrat bagi tubuh anda: 1. Meningkatkan mood 2. Mencegah penambahan berat badan 3. Baik bagi jantung 4. Memangkas ukuran pinggang 5. Mempertajam memori 6. Membakar lemak lebih banyak
  7. 7. Fungsi Karbohidrat : 1. Sumber Energi 2. Pemberi rasa manis pada makanan 3. Penghemat Protein 4. Pengatur Metabolisme Lemak 5. Membantu Pengeluaran Feses
  8. 8. CONTOH MAKANAN BERKARBOHIDRAT
  9. 9. 2. LEMAK Fungsi lemak umumnya yaitu sebagai sumber energi, bahan baku hormon, membantu transport vitamin yang larut lemak, sebagai bahan insulasi terhadap perubahan suhu, sebagai pelarut vitamin A,D,E.K, serta sebagai pelindung organ- organ tubuh bagian dalam. Lemak di bagi menjadi 2,yaitu: 1. Lemak Nabati (Tumbuhan) 2. Lemak Hewani (Hewan)
  10. 10. CONTOHLEMAK NABATI LEMAK HEWANI
  11. 11. CONTOH MAKANAN BERLEMAK
  12. 12. 3.PROTEIN Fungsi Protein 1. Sebagai Enzim 2. Alat Pengangkut dan Penyimpan 3. Penunjang Mekanis 4. Media Perambatan Impuls Syaraf 5. Pengendalian Pertumbuhan 6. Pembangun Tubuh Protein di bagi 2,yaitu: 1. Hewani (daging, ikan, telur, dan susu) 2. Nabati (tempe, tahu, kacang-kacangan, dan jamur)
  13. 13. CONTOHPROTEIN HEWANI PROTEIN NABATI
  14. 14. 4.VITAMIN Macam-macam Vitamin  Vitamin A  Vitamin B  Vitamin B1  Vitamin B2  Vitamin B3  Vitamin B5  Vitamin B6  Vitamin B12  Vitamin C  Vitamin D  Vitamin E  Vitamin K
  15. 15. NO. VITAMIN FUNGSI AKIBAT JIKA KEKURANGAN 1 A Menjaga kesehatan mata dan Rabun senja dan kulit kasar kulit 2 B1 Pembentukan enzim Beri-beri dan gangguan saraf 3 B2 Metabolisme karbohidrat Gangguan pertumbuhan 4 B6 Pembentukan enzim untuk Dermatritis (gangguan saraf) metabolisme lemak 5 B12 Pembentukan inti sel Anemia 6 C Dibutuhkan untuk kolagen dan Sariawan dan gangguan jaringan ikat jaringan ikat (skorbut) 7 D Penyerapan kalsium Gangguan tulang (rickets) 8 E Pertumbuhan dan menjaga sel Sel darah merah mudah rusak darah merah dan kemandulan 9 K Pembekuan darah Apabila ada luka, darah sulit membeku
  16. 16. CONTOH VITAMIN
  17. 17. 5. MINERALMineral merupakan bahan-bahan anorganik(tak hidup)Fungsi Mineral,yaitu: Pembentukan Struktur Tubuh Pembentukan Tulang dan gigi (kalsium) Pembentukan Hemoglobin (zat besi) Proses Kontraksi Otot (natrium) Pembentukan Energi Dalam Sel (fosfor)
  18. 18. Ada beberapa macam mineral yang di perlukan olehtubuh :1. Kalsium : sebagai pembentuk tulang dan gigi.Bahan makanan yang mengandung kalsium adalah susu, roti, dan ikan.2. Zat besi : sebagai pengikat oksgen di dalam darah.Jika kekurangan, mengalami anemia.Bahan makanan yang mengandung zat besi adalah daging dan kacang.3. Fosfor : menjaga kesehatan serta kekuatan tulang dan gigi.Jika kekurangan, mengalami radang gusi.Bahan makanan yang mengandung fosfor adalah kuning telur.4. Iodin: mencegah penyakit gondok.Jika kekurangan, menyebabkan cacat mental.Bahan makanan yang mengandun iodin adalah garam dapur.
  19. 19. CONTOH MINERALContoh Mineral Ada Seperti Pada Susu
  20. 20. 6. AIR Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh.Air berfungsi memperlancar metabolisme, seperti proses pencernaan dan peredaran darah.
  21. 21. PENGERTIAN Penyusun sistem pencernaan makanan terdiri atas dua bagian besar, yaitu saluran pencernaan) tractus yang terdiri dari alat alat pencernaan dan kelenjar pencernaan (glandula) yang mengandung enzim – enzim pencernaan. Saluran –saluran pencernaan manusia adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, anus.
  22. 22. ORGAN KELENJAR PENCERNAAN PENCERNAAN1. Mulut 1. Kelenjar Ludah 2. Pankreas2. Kerongkongan 3. Hati3. Lambung4. Usus Halus5. Usus Besar6. Rektum7. Anus
  23. 23. PENCERNAAN MANUSIA DI BAGI MENJADI 5 :1. Mulut2. Kerongkongan3. Lambung4. Usus Halus5. Usus Besar6. Anus
  24. 24. 1. MULUTMulut adalah suatu rongga terbuka tempatmasuknya makanan dan air pada hewan. Mulutbiasanya terletak di kepala dan umumnyamerupakan bagian awal dari sistem pencernaanlengkap yang berakhir di anus. Bagian-bagian yang terdapat dalam mulut:a) Gigib) Lidah (lingua)c) Ludah (saliva) dihasilkan oleh kelenjar ludah
  25. 25. CONTOH GAMBAR MULUT :
  26. 26. A) GIGI Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.
  27. 27. Bagian-bagian gigi Mahkota gigi atau corona, merupakan bagian yang tampak di atas gusi. Terdiri atas: Lapisan email, merupakan lapisan yang paling keras. Tulang gigi (dentin), di dalamnya terdapat saraf dan pembuluh darah. Rongga gigi (pulpa), merupakan bagian antara corona dan radiks. Leher gigi atau kolum, merupakan bagian yang berada di dalam gusi. Akar gigi atau radiks, merupakan bagian yang tertanam pada tulang rahang. Akar gigi melekat pada tulang rahang dengan perantaraan semen gigi. Semen gigi melapisi akar gigi dan membantu menahan gigi agar tetap melekat pada gusi. Terdiri atas:  Lapisan semen, merupakan pelindung akar gigi dalam gusi.  Gusi, merupakan tempat tumbuh gigi.
  28. 28. JENIS - JENIS GIGIJenis-jenis gigi ada 3 : Gigi seri Gigi taring Gigi geraham
  29. 29.  GIGI SERIGigi seri adalah gigi yang memiliki satu akar yangberfungsi untuk memotong dan mengerat makananatau benda lainnya.
  30. 30.  GIGI TARINGGigi taring adalah gigi yang memilki satu akar danmemiliki fungsi untuk mengoyak makanan ataubenda lainnya.
  31. 31.  GIGI GERAHAMGigi geraham adalah gigi yang memiliki tiga akaryang memiliki fungsi untuk melumat danmengunyah makanan atau benda-benda lainnya.
  32. 32. B) LIDAH (LINGUA)Lidah termasuk dalam panca indra sebagai indrapengecap.Lidah mempunyai banyak fungsi yaitu 1. Indrayang bisa merasakan rasa baik makanan maupun minuman,2. Membantu melumatkan makanan yang masuk di bantubersama kelenjar ludah dan enzim, 3. Membantu manusiauntuk mengucapkan huruf saat berbicara,dll.Lidahmempunyai seperti tonjolan kecil yang di sebut papila.Lidahmempunyai 4 bagian yang peka terhadap rasa: Manis : Berada di ujung lidah Asin : Berada di sisi kanan dan kiri lidah Asam : Berada di tengah lidah Pahit : Berada di pangkal lidah
  33. 33. 1. Manis2. Asam3. Asin4. Pahit CONTOH GAMBAR LIDAH
  34. 34. C) LIUR (SALIVA) DI HASILKAN OLEH KELENJAR LIUR Kelenjar liur atau kelenjar ludah pada mamalia adalah kelenjar eksokrin, yaitu kelenjar yang mempunyai saluran sendiri, yang memproduksi air liur. Kelenjar ini juga menyekresi amilase, enzim yang memecah karbohidrat menjadi maltosa. Pada organisme lain seperti serangga, kelenjar ini sering digunakan untuk memproduksi protein yang penting secara biologis, seperti sutra atau lem. Kelenjar liur lalat mengandung kromosom politenol yang berguna dalam riset genetik. Kelenjar ini pada manusia terdapat di bawah lidah. Produksi air ludah dapat terganggu apabila terjadi dehidrasi, panas dalam, atau disebabkan oleh suatu penyakit.
  35. 35. 2. KERONGKONGAN kerongkongan adalah tabung (tube) berotot pada vertebrata yang dilalui sewaktu makanan mengalir dari bagian mulut ke dalam lambung. Makanan berjalan melalui esofagus dengan menggunakan proses peristaltik. Esofagus bertemu dengan faring – yang menghubungkan esofagus dengan rongga mulut – pada ruas ke-6 tulang belakang. Menurut histologi, esofagus dibagi menjadi tiga bagian: bagian superior (sebagian besar adalah otot rangka), bagian tengah (campuran otot rangka dan otot halus), serta bagian inferior (terutama terdiri dari otot halus).
  36. 36. 3. LAMBUNG Lambung secara umum adalah tempat di manamakanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanandiserap.Di bagian dinding lambung sebelah dalamterdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getahlambung.Getah lambung mengandung asam lambung(HCI), pepsin, musin, dan renin.Asam lambung berperansebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkanenzim pepsinogen menjadi pepsin.Pepsin merupakanenzim yang dapat mengubah protein menjadi molekulyang lebih kecil. Musin merupakan mukosa protein yangmelicinkan makanan.Renin merupakan enzim khususyang hanya terdapat pada mamalia, berperan sebagaikaseinogen menjadi kasein.Kasein digumpalkan olehCa2+ dari susu sehingga dapat dicerna olehpepsin.Pencernaan lambung adalah kimiawi.
  37. 37. 4. USUS HALUS Pencernaan di usus halus ditunjang oleh bentuk khusus pada tunika mukosa, yakni vili. [4] Vili merupakan penjuluran mukosa yang berbentuk jari dan merupakan ciri khas usus halus. Tinggi vili ini bervariasi tergantung pada daerah dan spesies. Pada karnivora, vili langsing dan panjang, sedangkan pada sapi vili pendek dan lebar. [4] Akhirnya, permukaan penyebaran ditingkatkan oleh mikrovili. Mikrovili merupakan penjuluran sitoplasma pada permukaan bebas epitel vili. [4] Vili dan mikrovili berfungsi memperluas permukaan usus halus sehingga penyerapan lebih efisien [4] Di antara dasar-dasar vili terdapat kelenjar-kelenjar yang meluas ke dalam bagian bawah mukosa yang disebut kripta. Sel-sel kripta menyediakan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel permukaan vili yang terbuang ke dalam lumen usus [5]
  38. 38. CONTOH GAMBAR USUS HALUS
  39. 39. 5. USUS BESARUsus besar atau kolon dalam anatomi adalahbagian usus antara usus buntu dan rektum.Fungsi utama organ ini adalah menyerap air darifeses. Pada mamalia, kolon terdiri dari kolonmenanjak (ascending), kolon melintang(transverse), kolon menurun (descending),kolon sigmoid, dan rektum. Bagian kolon dariusus buntu hingga pertengahan kolon melintangsering disebut dengan "kolon kanan", sedangkanbagian sisanya sering disebut dengan "kolonkiri".
  40. 40. CONTOH GAMBAR USUS BESAR
  41. 41. 6. ANUSAnus merupakan bagian terakhir dari saluranpencernaan makanan, yaitu berupa lubangpelepasan sisa-sisa makanan. Pada anus terdapatotot melingkar yang di sebut sfingter ani. Sfingterani itulah yang berfungsi untuk menutup danmembuka anus untuk mengendalikan keluarnyatinja.
  42. 42. CONTOH GAMBAR ANUS
  43. 43. GANGGUAN PADA SISTEM PENCERNAANGangguan pada sistem pencernaan dapat diakibatkan oleh kelainan sistem pencernaan,masuknya bibit penyakit, dan makanan yangtidak baik.Berikut contoh-contoh penyakitpada pencernaan :1.Gastritis2.Radang hati yang menular (Hepatitis)3.Diare4.Sembelit5.Kanker Lambung6.Radang Usus Buntu7.Hermaroid8.Keracunan makanan
  44. 44. 1.GASTRITISGastritis, adalah suatu radang yang akut ataukronis pada lapisan mukosa dinding lambung.Radang yang akut dapat disebabkan olehmakanan yang kotor, dan radang yang kronisdisebabkan oleh kelebihan asam dalamlambung.
  45. 45. 2.RADANG HATI YANG MENULAR (HEPATITIS)Radang hati yang menular (Hepatitis),merupakan infeksi virus pada hati, seringmeluas melalui air atau makanan yangterkontaminasi oleh virus.
  46. 46. 3.DIAREDiare, dapat ditimbulkan karena adanya iritasipada selaput dinding kolon oleh bakteri disentri,diet yang jelek, zat-zat beracun, rasa gelisah,atau makanan yang dapat menimbulkan iritasipada dinding usus.
  47. 47. 4.SEMBELITSembelit yang kronis bila defekasi terlambat,usus besar mengabsorpsi air secara berlebihandari feses dan menyebabkan feses menjadikering dan keras. Bila hal ini terjadi,pengeluaran feses menjadi sulit. Menahan buangair besar pada waktu-waktu yang normal dapatmenyebabkan sembelit. Sembelit dapat jugadisebabkan emosi seperti rasa gelisah, cemas,takut atau stress.
  48. 48. 5.KANKER LAMBUNGKanker lambung, yaitu gejala-gejalapermulaan dari kanker lambung hampirsama dengan gejala-gejala yangdisebabkan gangguan lain pada alatpencernaan, antara lain merasa panas,kehilangan nafsu makan, ketidaksanggupanmencerna (salah cerna) berlangsung terusmenerus, sedikit rasa muak, rasa gembungdan rasa gelisah sesudah makan, dankadang-kadang timbul rasa nyeri padalambung.
  49. 49. 6.RADANG USUS BUNTURadang usus buntu, bila usus buntu (umbaicacing) meradang, membengkak dan terisi olehnanah. Kondisi ini disebut radang usus buntuatau apendistis.
  50. 50. 7.HERMAROIDHemaroid, adalah pembengkakkan venadidaerah anus. Hemaroid cenderung berkembangpada orang-orang yang terlalu lama duduk terusmenerus atau pada orang yang menderitasembelit. Hemaroid juga sering terjadi padawanita hamil dan orang-orang yang terlalugemuk. Gejala-gejala hemaroid meliputi rasagatal-gatal, nyeri dan pendarahan.
  51. 51. 8.MAAG Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit,mulas, dan perih pada perut. Penyebabnya bisa karena penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengkonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak.
  52. 52. 9.KERACUNAN MAKANANKeracunan makanan, umumnya disebabkanoleh bakteri yang terdapat dalam makanan.Bakteri dalam makanan dapat membahayakanatau menghasilkan racun yang membahayakantubuh. Gejala-gejala keracunan makananmeliputi muntah-muntah, diare, nyeri (sakit)rongga dada dan perut serta demam.
  53. 53. Jangan lupa selalumembaca & belajar yaa …
  54. 54. aguspurnomosite.blogspot.com

×